Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

FAQ UnikQU


Question & Answer

  1. Apa itu UnikQu ?
    UnikQu adalah aplikasi uang elektronik berbasis server BNI yang digunakan sebagai solusi pembayaran dengan metode scan QR code.
  2. Apa saja fitur yang terdapat dalam aplikasi UnikQu ?
    • Dapat digunakan sebagai metode pembayaran pada merchant offline maupun online.
    • Pembelian pulsa telepon prabayar
    • Pembayaran telepon pascabayar
    • Info saldo dan info riwayat transaksi
    • Ubah PIN, ubah profile dan ubah email
    • Lokasi merchant terdekat dan promo yang berlaku
  3. Siapa saja yang dapat menjadi pengguna UnikQu ?
    UnikQu dapat digunakan oleh seluruh pengguna smartphone berbasis iOS dan Android. Pengguna tidak perlu menjadi nasabah Bank untuk dapat menggunakan aplikasi UnikQu.
  4. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan apabila menggunakan UnikQu ?
    • Tidak perlu membuka rekening bank
    • Kemudahan isi ulang saldo
    • Sebagai pengganti uang tunai
    • Transaksi cepat dan praktis.
    • Berhemat dengan beragam promosi yang ditawarkan.
    • Bebas biaya administrasi bulanan.
  5. Apakah ada persyaratan khusus smartphone yang dapat menggunakan UnikQu ?
    Smartphone yang dapat menggunakan UnikQu adalah sebagai berikut :
    • Berbasis Android (OS 4.0 ke atas) atau iOS (iOS 9.0 ke atas)
    • Tidak di-root/ jailbreak(*)
    • Memiliki kamera
    • Terkoneksi dengan internet (wifi atau jaringan provider)
    • Nomor HP aktif (tidak dalam masa tenggang)
    * Pengertian root/jailbreak https://id.wikipedia.org/wiki/Root (Android) / https://id.wikipedia.org/wiki/Jailbreaking (iOS)
  6. Bagaimana bila calon pengguna tidak memiliki smartphone ?
    Apabila calon pengguna ingin menggunakan UnikQu namun tidak memiliki smartphone, UnikQu dapat diakses melalui USSD *946# khusus untuk pengguna Telkomsel dan Indosat.
  7. Bagaimana cara mendaftar sebagai pengguna UnikQu ?
    • Unduh (download) aplikasi UnikQu di Google Play atau App Store
    • Install aplikasi dan lakukan registrasi.
    • Setelah UnikQu aktif, pengguna dapat langsung top up saldo UnikQu dengan maksimum saldo Rp1.000.000,-.
    Pengguna yang telah melakukan pendaftaran akan terdaftar sebagai pegguna unregistered. Untuk dapat menjadi pengguna registered, pengguna harus melakukan upgrade layanan UnikQu terlebih dahulu.
  8. Apakah perbedaan pengguna unregistered dan pengguna registered ?
    Perbedaan pengguna unregistered dan registered adalah sebagai berikut :
    No. Deskripsi Unregistered Registered
    1. Saldo Maksimum Rp 1.000.000,- Rp 10.000.000,-
    2. Pembayaran - Pembelian
    3. Transfer x
    4. Tarik Tunai x
  9. Apakah akan dikenakan biaya pada saat melakukan transaksi menggunakan UnikQu ?
    Pengguna hanya dikenakan biaya pada saat registrasi yaitu sebesar 1x SMS (tergantung jenis operator). Biaya SMS akan memotong pulsa (prabayar) atau masuk ke tagihan bulanan (pascabayar).
  10. Bagaimana cara top up saldo UnikQu ?
    Top up saldo UnikQu dapat dilakukan melalui e-Channel BNI (SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking), ATM BNI (on-us dan off-us) dan Agen46. Selanjutnya channel top up akan diperluas melalui merchant dan e-channel bank lain (virtual account).
  11. Apakah top up saldo UnikQu dikenakan biaya ?
    Apabila top up saldo UnikQu dilakukan melalui e-channel dan ATM BNI on-us tidak dikenakan biaya. Sedangkan apabila melalui Agen46 dan ATM BNI off-us dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  12. Bagaimana keamanan aplikasi UnikQu ?
    UnikQu menggunakan PIN 6 digit numerik untuk login dan otorisasi setiap akan melakukan transaksi. Kerahasiaan PIN harus dijaga dan pengguna diharapkan melakukan penggantian secara rutin.
  13. Apakah bisa memiliki lebih dari satu akun UnikQu ?
    Bisa, tetapi harus dengan nomor handphone dan smartphone yang berbeda.
  14. Apakah ada batasan saldo minimum UnikQu ?
    Tidak ada batasan saldo minimum UnikQu.
  15. Apakah UnikQu dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga ?
    Sesuai ketentuan Bank Indonesia, uang elektronik UnikQu tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak diberikan bunga.
  16. Bagaimana cara melihat informasi apakah transaksi berhasil atau tidak ?
    Apabila transaksi berhasil dilakukan, akan ditampilkan pada riwayat transaksi
  17. Bagaimana apabila lupa PIN UnikQu ?
    Apabila lupa PIN, tekan Lupa PIN pada halaman login dan PIN baru akan dikirimkan ke alamat email yang telah di daftarkan.
  18. Apa saja penyebab registrasi UnikQu tidak berhasil ?
    • SMS-Center operator sibuk/antri
    • Pulsa telepon seluler tidak cukup
    • Tidak terhubung oleh koneksi internet/gangguan jaringan
  19. Apa yang harus dilakukan bila saldo UnikQu terdebet namun transaksi gagal atau terdebet 2x atas transaksi yang sama ?
    Datang ke cabang atau menghubungi BNI Call 1500046 untuk ditindaklanjuti. BNI akan melakukan verifikasi data diri dan transaksi nasabah untuk diproses lebih lanjut.
  20. Dimana sajakah UnikQu dapat digunakan ?
    BNI bekerjasama dengan DIMO Pay sehingga saat ini ada lebih dari 2.000 merchant yang dapat menerima transaksi pembayaran menggunakan UnikQu. Beberapa merchant nasional antara lain Share Tea, Haagen-Dazs, Pepper Lunch, Amazon, Puyo dan lain-lain.