Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

LinkAja - Frequently Asked Questions (FAQ)


BNI SimPel

Demi menghadirkan layanan transaksi digital yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat, yap! dan UnikQu akan berubah menjadi LinkAja.

LinkAja merupakan sebuah produk fintech sinergi milik BUMN (Himbara, Telkomsel, Pertamina dan Jiwasraya) yang menghadirkan layanan untuk kemudahan dan kenyamanan bertransaksi, untuk kebutuhan masyarakat.

LinkAja menghadirkan layanan holistik dengan beragam fitur pembayaran seperti pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, internet), transaksi di merchant, pembayaran moda transportasi, hingga pembelian online.

FAQ

  1. Mengapa yap! dan UnikQu berubah menjadi LinkAja

    Demi menghadirkan layanan transaksi digital yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat Indonesia, yap! dan UnikQu berubah menjadi LinkAja.

  2. Apa perbedaan antara yap!, UnikQu dengan LinkAja ?

    Dengan bergantinya yap! dan UnikQu menjadi LinkAja, akan terdapat beberapa penambahan layanan dan fitur di LinkAja untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Indonesia.

  3. Adakah benefit lebih yang bisa didapat dari LinkAja ?

    Pada periode perkenalannya, LinkAja akan menyediakan banyak promosi dan rewards menarik bagi pelanggan. Promosi dan rewards ini akan dapat dinikmati oleh pelanggan baru LinkAja dan juga pelanggan yap! dan UnikQu yang bersedia mengkonversi akunnya ke akun LinkAja.

  4. Adakah fitur baru di LinkAja yang tidak tersedia di aplikasi yap! dan UnikQu ?

    Ada, fitur pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, internet), pembelian pulsa dan paket data, serta fitur-fitur menarik lainnya yang dapat dilakukan langsung dari handphone. Pelanggan juga dapat melakukan top up saldo LinkAja langsung dari channel 4 Bank Himbara (BNI, Mandiri, BRI, dan BTN) ataupun dari channel Bank-Bank selain Himbara (misal BCA, CIMB NIAGA, dan lain-lain). Fitur-fitur tersebut akan diperkenalkan bersamaan dengan tersedianya aplikasi LinkAja di toko aplikasi AppStore dan Play Store mulai tanggal 1 Maret 2019.

  5. Apakah pelanggan yap! dan UnikQu perlu melakukan registrasi ulang ke LinkAja ?

    Perlu. Saat melakukan registrasi LinkAja, pelanggan diharapkan mendaftarkan nomor handphone yang sama dengan nomor yang didaftarkan pada akun yap! dan UnikQu.

  6. Apa yang terjadi dengan saldo pelanggan di yap! dan UnikQu setelah update ke LinkAja ?

    Saldo yap! (sumber dana : Uang Elektronik atau UnikQu) pelanggan akan ditransfer secara otomatis ke akun LinkAja apabila pelanggan mendaftarkan nomor handphone yang sama pada akun yap! (UnikQu) dan LinkAja.

  7. Apakah yang harus pelanggan yap! dan UnikQu lakukan untuk menjadi pelanggan LinkAja ?

    Pelanggan perlu melakukan unduh aplikasi LinkAja di AppStore (iOS) dan Play Store (Android) mulai tanggal 1 Maret 2019, lalu melakukan registrasi. Pelanggan diharapkan mendaftarkan nomor handphone pada akun LinkAja sesuai dengan nomor yang terdaftar pada akun yap! dan UnikQu.

  8. Kapan pelanggan bisa mulai melakukan unduh aplikasi LinkAja ?

    Pelanggan dapat melakukan unduh aplikasi LinkAja mulai tanggal 1 Maret 2019.

  9. Apakah aplikasi yap! dan UnikQu akan tetap bisa diakses setelah LinkAja diluncurkan ?

    Aplikasi UnikQu tidak dapat diakses lagi setelah LinkAja diluncurkan dan aplikasi yap! tetap dapat diakses namun dengan sumber dana Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI.

  10. Apabila pelanggan tidak melakukan unduh aplikasi LinkAja, apakah tetap bisa melakukan transaksi ?

    Pelanggan tidak dapat melakukan transaksi pada Aplikasi yap! dengan menggunakan sumber dana UnikQu setelah LinkAja diluncurkan, kecuali penggunaan aplikasi yap! untuk keperluan para Notaris (AHU) membayar PNBP dengan sumber dana Kartu Debit BNI.

  11. Apabila pelanggan dengan adanya perubahan yap! dan UnikQu menjadi LinkAja tidak bersedia melakukan migrasi, apa yang harus dilakukan ?

    Jika terdapat sisa saldo yap! (sumber dana Uang Elektronik atau UnikQu), pelanggan dapat melakukan mekanisme penutupan akun dan untuk penarikan saldo yap! (sumber dana : Uang Elektronik atau UnikQu) melalui email ke unikqu-support@bni.co.id dengan melampirkan beberapa data yang dibutuhkan antara lain :

    1. Nama, nomor HP dan alamat email yang didaftarkan pada akun UnikQu.
    2. Foto KTP.
    3. Nomer rekening BNI.
    4. Scan halaman depan buku rekening atau e-statement BNI.
  12. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi BNI Call di 1500046.

    Catatan :

    1. Penarikan saldo yap! (sumber dana Uang Elektronik atau UnikQu) hanya dapat dilakukan jika nama akun UnikQu sama dengan nama di KTP.
    2. Seluruh layanan UnikQu resmi ditutup pada tanggal 22 Maret 2019 pkl. 00:00:00 WIB. Sehingga pengguna tidak dapat melakukan transaksi. Saldo yap! (Sumber dana: uang elektronik atau UnikQu) pelanggan akan ditransfer secara otomatis ke akun LinkAja pada tanggal 27 Maret 2019.