Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Pengumuman

Emerald Daily Update 2 November 2021

Tuesday, 2 November 2021

"Money is Not Only the Answer, But It Make a Difference."
–Barack Obama–

Indikator

Indikator

Global Market

Perkembangan militer dan alutsista di China sangat pesat. Hal ini tentu membuat Amerika Serikat (AS), yang saat ini sedang mengalami permasalahan birokrasi, ketar-ketir. Wakil Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jendral John Hyten mengatakan lambat lalu China akan menjadi negara dengan kemampuan militer terkuat di dunia, dengan adanya gangguan dan permasalahan birokrasi di AS. Hal tersebut diperkuat dengan kabar rudal hipersonik yang dikabarkan berhasil diluncurkan China. AS sendiri gagal meluncurkan rudal serupa tak lama setelah pemberitaan hipersonik China dimuat di media kata Hyten dikutip dari CNBC.

Mengutip dari CNBC mayoritas pasar kripto kembali bergairah pada perdagangan senin (1/11). Namun umumnya, bergairahnya kripto pada hari ini cenderung terjadi di kripto yang memiliki kapitalisasi pasar kecil. Melansir data dari CoinMarketCap, dari keenam kripto yang harganya di bawah US$ 1 per koin, koin digital Shiba Inu (SHIB) masih memimpin penguatan kripto dalam tujuh hari terakhir, yakni meroket hingga 83,8%. Pada sekitar pukul 11.00 WIB, SHIB melesat hingga 11,8% ke Level US$ 0,00007625/koin (Rp 1/koin).

Menteri Keuangan Malaysia, Tengku Jafri Aziz, pada jumat lalu mengumumkan anggaran penerimaan dan belanja negara untuk 2022. Dalam pengumumannya, mengatakan akan ada rencana belanja dengan angka terbesar sepanjang sejarah yang mencapai 332 miliar ringgit (US$ 80 Miliar) atau sekitar Rp 1.120 triliun. Salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan tersebut guna membiayai kebutuhan belanja salah satunya adalah menaikan PPH Badan untuk Perusahaan dengan pendapat di atas 100 juta ringgit (Sekitar Rp 334 miliar) per tahun, dari 24% menjadi 33% di 2022.

Indonesia

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen atau IHK pada Oktober 2021 mengalami inflasi sebesar 0,12% mtm atau kenaikan dari 106,63 menjadi 106,66. Sementara itu Inflasi pada bulan Oktober 2021 sebesar 1,66% secara yoy atau 0,93% secara ytd setelah pada bulan September 2021 mengalami deflasi sebesar 0,04%. Inflasi tesebut menjadi inflasi yang tertinggi kedua sejak Mei 2021 yang sebesar 1,68%, karena saat itu ada perayaan Idul Fitri dikuti dari Kompas.

Pemerintah kembali menetapkan aturan baru perjalanan Udara di Jawa dan Bali, saat naik pesawat boleh menggunakan tes Antigen. Sebelumnya, masyarakat hanya boleh untuk melakukan tes RT-PCR. Kenyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers evaluasi PPKM secara virtual, Senin (1/11).

Harga mayoritas obligasi pemerintah atau Surat Berharga Negara (SBN) kembali ditutup melemah pada perdagangan Senin (1/11) ditengah hadirnya sentiment positif dari data aktivitas manufaktur dan inflasi Indonesia yang tercatat positif. Mayoritas investor kembali cenderung melepas SBN pada hari ini ditandai dengan menguatnya Imbal hasil (yield). Hanya SBN bertenor 20 dan 25 tahun yang masih diburu investor, ditandai dengan pelemahan yield-nya.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Closing Market 1 November 2021).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani, Edo Yonathan, Rynaldi Kresna Adiprana.

Related