Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Services


  • Cash Management
  • BNIDirect
  • Bank Guarantee
  • Digital Disbursement
    and Payment Management
  • Collection Management
  • Liquidity Management
  • BNI FSCM-SCF
  • Pengambilalihan SC Pay
  • Other Services

Cash Management


Sejak dikembangkan dari tahun 2009 sampai dengan sekarang, Cash Management BNI telah bertransformasi menjadi Solusi dan Layanan yang lebih unggul dan menjadi pilihan utama Nasabah dalam bertransaksi. Demi menjawab tantangan dan kebutuhan nasabah, BNI menyiapkan berbagai pilihan solusi dan layanan Cash Management antara lain Payment Management, Collection Management, Liquidity Management, Value Chain Management, Open Banking Solutions, Garansi Bank Online dan lainnya.

Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN agar dapat mengoptimalkan Bisnis Global, BNI melalui Divisi Solusi Wholesale telah menginisiasi dengan menyediakan layanan dan solusi transaksional dengan KCLN London sebagai Langkah awal. Langkah strategis ini dilakukan untuk memberikan value added bagi nasabah korporasi baik domestic maupun overseas untuk melakukan transaksi dengan mudah, nyaman, aman kapanpun dan dimanapun. BNI Global Transaction Banking akan lebih memperkuat Posisi BNI di dunia Internasional sebagai Bank Nasional (State Owned Bank) yang mengoptimalkan jaringan luar negeri terbanyak, mendukung Perusahaan Indonesia untuk Go Global dan mendukung investor asing dalam melakukan transaksi secara digital dengan Global Transaction Banking Solutions.

Dengan menjadi Global Bank yang menyediakan solusi transaction banking yang terintegrasi dan customized untuk nasabah di berbagai penjuru dunia artinya BNI dapat mengoptimalkan potensi pasar yang selama ini belum tersentuh di area Kantor Cabang Luar Negeri seperti kedutaan dan konsulat, BUMN, Indonesian related corporates, Perusahaan Indonesia yang memiliki bisnis, cabang atau representative office di luar negeri di samping bekerjasama dengan Fintech global player yang memiliki market di Indonesia.

Tentunya integrasi cash management dengan KCLN akan memberikan dampak positif dalam peningkatan CASA dan fee based income BNI dan untuk selanjutnya, cash management akan diintegrasikan juga dengan KCLN Tokyo dan diteruskan ke KCLN lainnya.

BNIDirect


Pengertian :

BNIDirect merupakan kanal elektronik yang disediakan oleh BNI bagi nasabah non perorangan untuk melakukan aktivitas transaksi keuangan dari rekening nasabah di BNI serta untuk memperoleh informasi transaksi yang tercatat di rekening Perusahaan dengan lebih Cepat, Mudah dan Aman.

Cepat

  • Akses Internet 24 jam.
  • Tersedia dalam versi mobile (BNIDirect Mobile).
  • Real Time dalam melakukan Transaksi dan mendapatkan Informasi Rekening.

Mudah

  • User Friendly.
  • Dilengkapi dengan panduan transaksi (User Guide dan Quick Guide).
  • Dapat melakukan transaksi dimana saja.

Aman

  • Secure Line dengan Verisign Security Certification Socket Secure Line (SSL) 128 bit.
  • Otorisasi transaksi menggunakan Electronic Signature (BNI e-Secure/Token) dengan nomor PIN yang dinamis.
  • Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan Password.
  • Pembagian kewenangan transaksi terdiri dari Maker, Approver dan Releaser, Matrix Kewenangan Transaksi dan Limit Transaksi.

Manfaat :

  1. Nyaman dan mudah dalam bertransaksi dengan dukungan fitur yang lengkap.
  2. Efisiensi dalam proses transaksi serta biaya.
  3. Real time dan fleksibilitas dalam mengakses dari manapun dan kapanpun.
  4. Aman dalam bertransaksi, dapat dilakukan pembagian kewenangan dan dilengkapi dengan BNI e-Secure/Mobile Token untuk BNIDirect, dan OTP serta MPIN untuk BNIDirect Mobile.
  5. User Level yang sangat fleksibel, dapat disesuaikan sesuai kebutuhan nasabah.
  6. Dedicated customer service untuk menangani pre-transaction dan post-transaction.

Fitur :

  1. Menu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah :
    1. Account Information, antara lain :
      • Balance Inquiry.
      • Transaction Inquiry.
      • Account Statement, dan lain-lain.
    2. Transfer Management :
      • In-house Transfer.
      • Kliring (LLG).
      • RTGS.
      • Online Transfer.
      • International Fund Transfer.
    3. Mass Payment :
      • Bulk Payment.
      • Payroll.
    4. Liquidity Management, antara lain :
      • Cash Pooling.
      • Cash Distribution.
      • Range Balance, dan lain-lain.
    5. Tax Payment.
    6. Bill Payment.
    7. Utility Payment.
    8. Auto Debit.
    9. Virtual Account Management.
    10. Pembelian produk Pertamina (BNI POPS) :
      • Cash and Carry.
      • Product Allocation.
  2. Jumlah user dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  3. Akses atau kewenangan atas fitur dan rekening dapat ditentukan oleh nasabah.
  4. Otorisasi transaksi dilakukan dengan PIN dinamis yang dihasilkan oleh electronic signature (hard token (BNI e-Secure)/Mobile Token).
  5. Memiliki berbagai jenis format laporan yang dapat diunduh (download) atas transaksi nasabah dan dapat dikirimkan melalui email.
  6. Tersedia BNIDirect Mobile, yang memiliki fitur sebagai berikut :
    1. Salah satu User Interface untuk mengakses layanan BNIDirect melalui handphone, dimana kedudukannya sama/setara dengan BNIDirect versi Web.
    2. Proses yang di inisiasi melaui BNIDirect Mobile akan di eksekusi oleh eksisting BNIDirect Apps Server.
    3. Menu-menu yang terdapat di BNIDirect versi Web tersedia juga di BNIDirect Mobile, perbedaannya adalah untuk BNIDirect Mobile hanya tersedia single transaction.
    4. Transaksi yang di inisasi dari BNIDirect web browser akan dapat dipantau dan dilihat di BNIDirect Mobile dan sebaliknya, transaksi yang di inisiasi oleh BNIDirect Mobile dapat di pantau melalui BNIDirect web browser.
  7. Terdiri dari dua bahasa, yaitu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Sistem Keamanan :

  1. Nasabah memiliki Unique Company ID.
  2. User Level, User ID dan password ditentukan sendiri oleh nasabah. User Level terdiri atas Maker, Approver dan Releaser.
  3. Transaksi menggunakan teknologi Encryption terkini.
  4. Hard Token/Mobile Token dan rekening yang akan diakses atau ditransaksikan telah didaftarkan terlebih dahulu.
  5. Untuk BNIDirect Mobile, autentikasi transaksi berupa OTP yang dikirimkan ke handphone milik user, terdapat penggunaan MPIN, komunikasi data antara Device dan App server ter-enkripsi AES 256.

Perangkat Sistem :

  1. Personal Computer/Notebook : minimum Intel Core Duo CPU 3 GB.
  2. RAM minimum 2 GB dengan space Hard Disk minimum 80GB.
  3. OS Microsoft Windows Professional version 202 Service Pack 2.
  4. Internet Explorer version 7 atau Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  5. Terkoneksi dengan jaringan internet.
  6. Untuk BNIDirect Mobile,
    1. Versi minimum Android : Lollipop.
    2. Versi minimum iOS : iOS 8.

Persyaratan :

Syarat untuk menjadi Nasabah Pengguna BNIDirect adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki rekening Simpanan (Giro dan/atau Taplus Bisnis Non Perorangan) atau rekening simpanan lainnya di BNI.
  2. Mengisi formulir/Aplikasi Pendaftaran BNIDirect yang dapat diperolah di kantor cabang terdekat atau melalui Sales Advisory kami.
  3. Untuk BNIDirect Mobile, nasabah telah terdaftar sebagai pengguna BNIDirect.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biaya layanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Divisi Solusi Wholesale.

Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Bank Guarantee


BNI sebagai partner usaha memahami kebutuhan Anda dalam memperlancar transaksi perdagangan atau proyek yang umumnya mempersyaratkan penyertaan Jaminan Bank (Garansi Bank). Kami memahami tujuan dan kebutuhan Nasabah berbeda-beda, karena itu kami telah mendesain produk Garansi Bank ini sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.

BNI Garansi Bank merupakan pernyataan secara tertulis dari BNI yang berisi kesanggupan untuk menjamin pembayaran sejumlah uang kepada penerima jaminan (bowheer), apabila pihak yang dijamin (applicant) wanprestasi atau tidak dapat memenuhi kewajiban yang telah diperjanjikan dalam suatu perjanjian kerjasama/ kontrak.

Jenis BNI Garansi Bank

  • Jaminan Penawaran (Bid Bond).
  • Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond).
  • Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond).
  • Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond).
  • Jaminan Sanggahan Banding.
  • Jaminan Lainnya (Jaminan Pembayaran, Jaminan Reklamasi, Jaminan dalam rangka Kepabeanan/Bea Cukai, dan sebagainya).

Manfaat BNI Garansi Bank

  • Menjamin Perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnis.
  • Dapat dipergunakan untuk transaksi domestik maupun internasional.

Keunggulan BNI Garansi Bank

  • Selesai pada hari yang sama.
  • Aman dan terpercaya.
  • Proses mudah.
  • Format dapat disesuaikan.
  • Biaya kompetitif.
  • Fleksibilitas jaminan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, BNI menghadirkan Garansi Bank Online (BNI e-Bank Guarantee dan m-BG Checking) sebagai solusi yang memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan permohonan penerbitan, pemantauan dan pengecekan garansi Bank secara online.

Manfaat bagi Nasabah

  • Mudah.
  • Hemat waktu dan biaya.
  • Aman.
  • Paperless.
  • Pengajuan dan pemantauan status penerbitan garansi Bank secara online.
  • Pengecekan warkat garansi Bank secara online.
  • Reporting penerbitan garansi Bank dan monitoring plafond garansi Bank secara online.

BNI e-Bank Guarantee

Adalah solusi web based yang memiliki fitur sebagai berikut :

  • e-Application
    Pengajuan permohonan penerbitan garansi Bank secara online yang dilengkapi dengan approval berjenjang.
  • e-Tracking
    Monitoring status penerbitan garansi Bank.
  • e-Reporting
    Report garansi Bank yang telah diterbitkan (sebagai applicant) dan diterima (sebagai beneficiary).
  • e-Checking
    Pengecekan keabsahan warkat garansi Bank yang telah diterbitkan (sebagai applicant) dan/atau ditterima sebagai bowheer.
  • e-Plafond Monitoring
    Pemantauan plafond garansi Bank (maksimum, pemakaian dan sisa plafond).

BNI m-BG Checking

Adalah pengecekan kebenaran warkat garansi Bank via mobile apps melalui scanning QR Code pada garansi Bank.

Cara mendapatkan layanan BNI e-Bank Guarantee dan m-BG Checking

  • Nasabah mengajukan pendaftaran sebagai user pengguna aplikasi BNI e-Bank Guarantee ke kantor cabang Bni terdekat atau ke Divisi Transactional Banking Services (TBS).
  • Nasabah mendaftarkan nama user (maker, approver dan releaser) pada aplikasi BNI e-Bank Guarantee.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, nasabah akan mendapatkan username dan password untuk mengakses dan menggunakan aplikasi BNI e-bank Guarantee dan diberikan pelatihan penggunaannya.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Digital Disbursement and Payment Management


Adalah solusi pengelolaan transaksi pembayaran dari BNI yang memberikan kemudahan kepada Nasabah Institusi/Perusahaan untuk melakukan penyelesaian atas kewajiban-kewajiban keuangannya dan pengelolaan operasional secara tepat waktu, dan akurat.

Kebutuhan atas laporan pembayaran kewajiban-kewajiban tersebut juga dapat diperoleh secara cepat dan realtime, sehingga nasabah akan langsung mendapatkan rekapitulasi atas laporan-laporan yang dibutuhkan.

Solusi ini sangat bermanfaat untuk kemudahan penyelesaian pembayaran kewajiban-kewajiban nasabah, baik yang bersifat single maupun massal (dengan jumlah volume transaksi yang besar) serta memudahkan melakukan rekonsiliasi dalam identifikasi cash out dalam operasional Nasabah secara realtime.

Fitur-fitur Payment Management antara lain :

BNI Virtual Account Debit (Virtual Account for Disbursement)


Virtual Account Debit adalah Virtual Account yang bertujuan untuk membantu transaksi penyaluran dana (disbursement) dimana rekening Virtual Account tersebut dimiliki, diatasnamakan dan diadministrasikan oleh Nasabah Pengguna, untuk kemudian diberikan kepada mitranya untuk dijadikan sebagai rekening operasional dengan sumber dana pendebetan berasal dari Rekening Pooling.

Keunggulan :

  • Kemudahan dalam identifikasi cash out (uang keluar) untuk keperluan pembayaran/transfer dana dari rekening sesuai kebutuhan yang dikehendaki.
  • Kemudahan dalam melakukan rekonsiliasi pembayaran/pengeluaran.
  • Dapat diterbitkan Kartu Debit.
  • Dapat melakukan pengaturan limit transaksi (per rekening virtual) sesuai kebutuhan.
  • Memperoleh laporan transaksi Virtual Account secara rutin pada H+1 setelah transaksi atau secara realtime (H+0) via Portal Virtual Account ataupun BNIDirect.
  • Channel transaksi : kantor cabang, BNI ATM, internet banking BNIDirect, ATM Bersama/ATM bank lain, Mesin EDC BNI.
  • Waktu implementasi yang mudah dan singkat.
  • Report akan diterima melalui email PIC yang ditunjuk, dapat dilakukan sendiri oleh customer melalui BNIDirect atau melalui portal BNI Debit VA.

Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account Debit :

  • Memiliki rekening BNI Giro sebagai rekening sumber dana (main account).
  • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account.

Untuk Infomasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNIDirect


Merupakan kanal elektronik yang disediakan oleh BNI bagi nasabah non perorangan untuk melakukan aktivitas transaksi keuangan dari rekening nasabah di BNI serta untuk memperoleh informasi transaksi yang tercatat di rekening Perusahaan dengan lebih Cepat, Mudah dan Aman.

Cepat

  • Akses Internet 24 jam.
  • Tersedia dalam versi mobile (BNIDirect Mobile).
  • Real Time dalam melakukan Transaksi dan mendapatkan Informasi Rekening.

Mudah

  • User Friendly.
  • Dilengkapi dengan panduan transaksi (User Guide dan Quick Guide).
  • Dapat melakukan transaksi dimana saja.

Aman

  • Secure Line dengan Verisign Security Certification Socket Secure Line (SSL) 128 bit.
  • Otorisasi transaksi menggunakan Electronic Signature (BNI e-Secure/ Token) dengan nomor PIN yang dinamis.
  • Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan Password.
  • Pembagian kewenangan transaksi terdiri dari Maker, Approver dan Releaser, Matrix Kewenangan Transaksi dan Limit Transaksi.

Manfaat

  1. Nyaman dan mudah dalam bertransaksi dengan dukungan fitur yang lengkap.
  2. Efisiensi dalam proses transaksi serta biaya.
  3. Real time dan fleksibilitas dalam mengakses dari manapun dan kapanpun.
  4. Aman dalam bertransaksi, dapat dilakukan pembagian kewenangan dan dilengkapi dengan BNI e-Secure/ Mobile Token untuk BNIDirect, dan OTP serta MPIN untuk BNIDirect Mobile.
  5. User Level yang sangat fleksibel, dapat disesuaikan sesuai kebutuhan nasabah.
  6. Dedicated customer service untuk menangani pre-transaction dan post-transaction.

Fitur

  1. Menu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
    1. Account Information, antara lain :
      • Balance Inquiry.
      • Transaction Inquiry.
      • Account Statement, dan lain-lain.
    2. Transfer Management.
      • In-house Transfer.
      • Kliring (LLG).
      • RTGS.
      • Online Transfer.
      • International Fund Transfer.
    3. Mass Payment.
      • Bulk Payment.
      • Payroll.
    4. Liquidity Management, antara lain :
      • Cash Pooling.
      • Cash Distribution.
      • Range Balance, dan lain-lain.
    5. Tax Payment.
    6. Bill Payment.
    7. Utility Payment.
    8. Auto Debit.
    9. Virtual Account Management.
    10. Pembelian produk Pertamina (BNI POPS) :
      • Cash and Carry.
      • Product Allocation.
  2. Jumlah user dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  3. Akses atau kewenangan atas fitur dan rekening dapat ditentukan oleh nasabah.
  4. Otorisasi transaksi dilakukan dengan PIN dinamis yang dihasilkan oleh electronic signature (hard token (BNI e-Secure)/ Mobile Token).
  5. Memiliki berbagai jenis format laporan yang dapat diunduh (download) atas transaksi nasabah dan dapat dikirimkan melalui email.
  6. Tersedia BNIDirect Mobile, yang memiliki fitur sebagai berikut :
    1. Salah satu User Interface untuk mengakses layanan BNIDirect melalui handphone, dimana kedudukannya sama/ setara dengan BNIDirect versi Web.
    2. Proses yang di inisiasi melaui BNIDirect Mobile akan di eksekusi oleh eksisting BNIDirect Apps Server.
    3. Menu-menu yang terdapat di BNIDirect versi Web tersedia juga di BNIDirect Mobile, perbedaannya adalah untuk BNIDirect Mobile hanya tersedia single transaction.
    4. Transaksi yang di inisasi dari BNIDirect web browser akan dapat dipantau dan dilihat di BNIDirect Mobile dan sebaliknya, transaksi yang di inisiasi oleh BNIDirect Mobile dapat di pantau melalui BNIDirect web browser.
  7. Terdiri dari dua bahasa, yaitu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sistem Keamanan

  1. Nasabah memiliki Unique Company ID.
  2. User Level, User ID dan password ditentukan sendiri oleh nasabah. User Level terdiri atas Maker, Approver dan Releaser.
  3. Transaksi menggunakan teknologi Encryption terkini.
  4. Hard Token/ Mobile Token dan rekening yang akan diakses atau ditransaksikan telah didaftarkan terlebih dahulu.
  5. Untuk BNIDirect Mobile, autentikasi transaksi berupa OTP yang dikirimkan ke handphone milik user, terdapat penggunaan MPIN, komunikasi data antara Device dan App server ter-enkripsi AES 256.

Perangkat Sistem :

  1. Personal Computer/ Notebook : minimum Intel Core Duo CPU 3 GB.
  2. RAM minimum 2 GB dengan space Hard Disk minimum 80GB.
  3. OS Microsoft Windows Professional version 202 Service Pack 2.
  4. Internet Explorer version 7 atau Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  5. Terkoneksi dengan jaringan internet.
  6. Untuk BNIDirect Mobile :
    1. Versi minimum Android : Lollipop.
    2. Versi minimum iOS : iOS 8.

Persyaratan

Syarat untuk menjadi Nasabah Pengguna BNIDirect adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki rekening Simpanan (Giro dan/atau Taplus Bisnis Non Perorangan) atau rekening simpanan lainnya di BNI.
  2. Mengisi formulir/Aplikasi Pendaftaran BNIDirect yang dapat diperolah di kantor cabang terdekat atau melalui Sales Advisory kami.
  3. Untuk BNIDirect Mobile, nasabah telah terdaftar sebagai pengguna BNIDirect.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biaya layanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI API Corporate

BNI telah mempersiapkan Open Banking untuk menjawab disrupsi di era reformasi digital khususnya pada sektor perbankan.

Solusi BNI API Corporate yang diperuntukkan bagi Nasabah Korporasi maupun Fintech, dimana nasabah dapat mengakses layanan perbankan, terutama yang berkaitan dengan transaksional dalam aplikasi keuangan yang dibangun secara mandiri oleh masing-masing Perusahaan dengan mengintegrasikan langsung dengan API BNI.

Melalui BNI API Corporate, Kerjasama B2B dapat dilakukan dengan mudah.

Terdapat tujuh jenis API yang dapat diintegrasi dengan nasabah korporasi :

  1. BNI API One Gate Payment
    Adalah solusi integrasi BNI dengan nasabah korporasi, dimana nasabah korporasi dapat mengakses langsung layanan perbankan melalui integrasi dengan aplikasi nasabah korporasi antara lain layanan informasi saldo, informasi rekening, pemindah bukuan, status transaksi dan info kurs.
  2. BNI API Peer to Peer (P2P) Lending
    Adalah solusi integrasi BNI dengan nasabah fintech, dimana BNI sebagai Partner Bank sebagai penyedia layanan perbankan dalam rangka pembukaan rekening investor dan pembayaran/penyaluran pinjam meminjam secara digital melalui sistem elektronik milik P2P Lending.
  3. BNI API Autopay
    Adalah fasilitas collection yang disediakan oleh BNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung (Direct Debit) pada situs dan/atau aplikasi Biller yang dilengkapi dengan system pengaturan limit transaksi, serta OTP sebagai validasi registrasi dan transaksi.
  4. BNI API Payment VA
    Adalah fasilitas API yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Virtual Account dan Top Up Wallet (OVO, DANA, Paytren, Netzme, Shopee Pay, dan lain-lain) Perusahaan yang telah bekerjasama dengan BNI Pada platform atau sistem yang dimiliki biller/client.
  5. BNI API Rekening Dana Fintek
    Adalah solusi untuk Perusahaan fintech yang terdaftar di OJK dalam pembukaan rekening secara digital untuk memfasilitasi transaksi pemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.
  6. BNI API Rekening Dana Nasabah
    Adalah inovasi BNI dalam memberikan solusi untuk Perusahaan sekuritas dalam pembukaan rekening secara digital untuk investor dan dapat memfasilitasi transaksi pemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.
  7. BNI API VA Debit Cardless
    Merupakan layanan BNI Virtual Account Debit yang dapat ditransaksikan melalui channel-channel BNI, antara lain ATM BNI dan Teller BNI, tanpa perlu menggunakan kartu debit dan hanya perlu memiliki nomor Virtual Account. Saat bertransaksi, pemegang nomor Virtual Account akan menerima SMS OTP sebagai validasi. Transaksi yang dapat dilakukan antara lain, cek saldo VA, tarik tunai, dan pemindahbukuan ke BNI.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biaya layanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Collection Management


Jika Anda memiliki usaha dengan jaringan yang tersebar luas dan menginginkan proses collection atas penjualan produk/jasa dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta dapat mengidentifikasi hasil penjualan secara cepat dan akurat, maka BNI memberi solusi kepada Anda melalui solusi Collection Management.

Fitur-fitur Collection management Solution antara lain :

BNI Virtual Account Kredit (Virtual Account for Collection)


Adalah rekening virtual yang dibuka untuk mendukung pengelolaan transaksi penerimaan (collection) Perusahaan/Institusi agar berjalan efektif dan efisien. BNI Virtual Account menawarkan kemudahan mengidentifikasi mitra/pelanggan yang melakukan pembayaran, pemantauan dan pelaporan yang akurat, serta kemudahan dan kecepatan dalam proses rekonsiliasi.

Virtual Account dalam hal ini digunakan sebagai identifikasi pelanggan atau penyetor, dimana setiap setoran pada virtual account tersebut otomatis akan terbuku ke dalam rekening utama yang menjadi tujuan setoran.

Fitur lengkap BNI Virtual Account terakomodir dalam platform BNI e-Collection yang dapat menjawab berbagai kebutuhan pengelolaan penerimaan dana (collection management) sesuai kebutuhan nasabah.

Keunggulan :

  • Nama dan Nomor Virtual Account sebagai nomor tujuan transfer dan identifikasi pelanggan/penyetor, dapat ditentukan sendiri oleh customer.
  • Nomor dan Nama Virtual Account akan muncul di rekening Koran (account statement) setiap transaksi.
  • Penyetoran dapat dilakukan di berbagai channel pembayaran maupun dari Bank lain, (kliring/RTGS/transfer antar Bank Online) baik dalam Rupiah maupun USD Dollar.
  • Hasil transaksi dapat dilihat secara online melalui BNIDirect maupun portal BNI e-Collection
  • Proses implementasi yang relatif singkat.
  • Penyetor tidak harus memiliki rekening di BNI.
  • Proses upload data dapat dilakukan sendiri oleh customer melalui BNIDirect atau portal BNI e-Collection.
  • Channel transaksi : kantor cabang, ATM BNI, internet banking corporate BNIDirect, SMS banking BNI, ATM Bersama/ATM Bank lain, kantor cabang Bank lain, internet banking Bank lain.

Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account :

  • Memiliki rekening BNl Giro sebagai rekening pooling atau rekening utama.
  • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Layanan Penjemputan dan Pengantaran Uang (Pick-up dan Delivery Services)


Adalah layanan pengambilan/penjemputan uang (tunai/cek atau bilyet giro) dari lokasi Nasabah untuk disetorkan ke rekening Nasabah di BNI, dan atau layanan pengantaran uang tunai yang berasal dari pencairan dana dari rekening nasabah untuk diantarkan ke lokasi nasabah sesuai nominal dan lokasi yang telah disepakati.

Manfaat :

  • Nasabah dapat merealisasikan hasil penjualan/penerimaan dana ke dalam rekeningnya di Bank secara aman, cepat. dan efisien.
  • Nasabah dapat merealisasikan pencairan dana secara tunai dari rekening mereka di Bank dan diterima oleh nasabah secara aman, cepat, dan efisien.

Persyaratan :

  • Memiliki rekening BNI Giro.
  • Memenuhi ketentuan minimum rata-rata pengendapan dana Giro yang ditentukan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI Student Payment Center (BNI SPC)


Layanan khusus bagi Nasabah Institusi Pendidikan, universitas baik negeri atau swasta yang ditujukan membantu pengelolaan penerimaan pembayaran tagihan/biaya pendidikan/akademik secara terintegrasi, meliputi fitur-fitur penerimaan pembayaran, rekonsiliasi, penyelesaian (settlement), sampai dengan pelaporan.

Benefit :

Memberikan nilai tambah kepada Nasabah Institusi Pendidikan dan komunitas Peserta Didik (Mahasiwa/Pelajar), berupa solusi layanan penerimaan pembayaran biaya pendidikan/akademik, yang terintegrasi secara Host to Host, secara mudah, cepat, dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Autodebit


Adalah pembayaran otomatis yang ditarik dari rekening giro atau tabungan setiap bulan dengan mata uang yang sama. Rekening yang didebet harus terdaftar terlebih dahulu.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI Autopayment (Autopay)


Adalah fasilitas collection untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung pada situs atau aplikasi Biller dengan limit harian yang dapat diatur dan One Time Password (OTP) sebagai validasi Registrasi.

Manfaat :

Mudah, aman, simpel dan tanpa batas, termonitor.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Liquidity Management


Adalah solusi yang disediakan bagi Nasabah Non Perorangan agar pengelolaan cash flow keuangan Perusahaan/Institusi dapat selalu dijaga pada posisi yang ideal untuk memenuhi kebutuhan operasional Perusahaan.

Benefit :

  • Mendapatkan kemudahan untuk memindahkan (mengkonsolidasikan) dana Perusahaan yang tersebar di berbagai rekening BNI secara realtime dengan dukungan mekanisme perpindahaan dana secara otomatis (automatic sweeping).
  • Minimize operation handling cost.
  • Optimalisasi return sesuai instrumen yang dipilih oleh nasabah.

Persyaratan :

  • Membuka (memiliki) rekening Giro di BNI
  • Menandatangani formulir Pendaftaran.
  • Menyetujui term dan condition berikut skema pricing yang ditentukan.

Jenis :

Liquidity Management dapat dilakukan otomatis melalui Cabang atau BNIDirect, yaitu :

  1. Liquidity Management via Kantor Cabang
  2. Liquidity Management dengan pendaftaran via Kantor Cabang, yakni “BNI Account Sweep” yang memiliki beberapa fitur, antara lain :

    1. Account Sweep Online

      Transaksi pemindahan dana otomatis dari secondary account ke rekening utama (primary account) secara real time (online) baik dengan fitur limit atau tanpa fitur limit (maksimum nominal sweep).

    2. Account Sweep Push

      Transaksi otomatis pemindahan/mengirimkan kelebihan dana dari primary account ke secondary account dilakukan secara batch pada akhir hari (End Off Day) system Bank.

    3. Account Sweep Pull

      Transaksi otomatis pemindahan/mengambil kekurangan dana dari secondary account ke rekening primary account dilakukan secara batch pada akhir hari (End Off Day) system Bank.

    4. Account Sweep Push-Pull

      Aktivitas memelihara saldo pada rekening primary account dengan mengambil dari atau memindahkan ke secondary account dimana pemindahan dilakukan secara batch pada akhir hari (End Off Day) system Bank baik dengan fitur limit atau tanpa fitur limit (maksimum nominal sweep).

    5. Account Sweep Online Loan-Dep

      Transaksi pemindahan dana otomatis dari rekening secondary account yang berupa rekening pinjaman ke primary account secara real time (online) baik dengan fitur limit atau tanpa fitur limit (maksimum nominal sweep).

    Seluruh fitur “BNI Account Sweep” hanya dapat dilakukan dalam mata uang yang sama (single currency).

  3. Liquidity Management via Internet Banking (BNIDirect) :
  4. Liquidity Management dengan pendaftaran via Internet Banking (BNIDirect) memiliki beberapa fitur, yaitu :

    1. Cash Pooling
      • Pemindahan dana ke satu rekening pooling dapat berjalan secara harian atau diatur sesuai skedul tertentu pada jam-jam tertentu.
      • Sweeping dana (sweep in) dari multi account (sub account) ke main account (pooling account).
      • Sweeping dilakukan dalam mata uang yang sama (single currency) atau berbeda (multiple currency).
    2. Cash Distribution
      • Distribusi dana dari main account ke sub/target account dapat berjalan harian atau sesuai skedul tertentu.
      • Sweeping dana (sweep out) dari single account ke multiple account dilakukan secara otomatis pada jam-jam tertentu.
      • Sweeping dilakukan dalam mata uang yang sama (single currency) atau berbeda (multiple currency).
    3. Sweep Balance

      Pemindahan dana dari satu rekening ke rekening lainnya dapat diatur secara otomatis sesuai nominal yang dibutuhkan, baik dalam Range balance account (RBA), Target Balance Account (TBA), maupun Zero Balance Account (ZBA).

Untuk infomasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

BNI FSCM-SCF (BNI Financial Supply Chain Management-Supply Chain Financing)


Supply Chain Financing adalah solusi bisnis dalam suatu mata rantai pasokan yang disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah. Dengan platform BNI FSCM (BNI Financial Supply Chain Management), Nasabah mendapatkan transparansi dalam pemantauan flow document dan money dari ketiga pihak (BNI, Korporat, dan Mitra Korporat), informasi real time, pencairan, pelunasan dan implementasi lebih flexible, memudahkan Nasabah dalam rekonsiliasi dokumen invoice secara paperless dan aman. Layanan BNI FSCM terbagi menjadi tiga solusi : Supplier Financing, Distributor Financing, dan Receivable Financing.

Supplier Financing

Supplier Financing adalah fasilitas pengambilalihan tagihan Mitra Korporat (Supplier) kepada Korporat sebelum tanggal jatuh tempo untuk dibayarkan dengan waktu lebih cepat. Layanan Supplier Financing kami sediakan untuk Perusahaan yang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat proses cash cycle produksinya dengan cara memberikan talangan pembayaran tagihan yang telah diakseptasi Korporat.

Manfaat Supplier Financing :

Bagi Korporat :

  • Bisnis yang berkesinambungan.
  • Menjadi ‘preferred buyer’.
  • Maksimalisasi Keuntungan.

Bagi Mitra Korporat (Supplier) :

  • Memperoleh pembayaran lebih cepat sehingga membantu perputaran working capital.
  • Kesinambungan pasokan kepada Korporat.
  • Memperoleh rate yang kompetitif.
  • Meningkatkan volume penjualan.

Distributor Financing

Distributor Financing Financing adalah fasilitas pembiayaan tagihan Korporat kepada Mitra Korporat (Distributor) pada saat tanggal jatuh tempo dan memberikan perpanjangan pelunasan tagihan dari Mitra Korporat kepada BNI. Layanan Distributor Financing, kami sediakan untuk Perusahaan yang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mengatur proses cash cycle produksinya dengan kelonggaran pelunasan tagihan Korporat. Dalam hal ini Mitra Korporat dapat melakukan pengaturan pelunasan tagihan sesuai kemampuan cash flownya.

Manfaat Distributor Financing :

Bagi Korporat :

  • Memperoleh kepastian pembayaran yang tepat waktu dan efisien.
  • Meningkatkan volume penjualan.
  • Memberikan kemudahan dan keamanan di dalam transaksi dokumen (Preferred).

Bagi Mitra Korporat (Distributor) :

  • Memperoleh Turn Of Payment (TOP) lebih lama sehingga membantu perputaran working capital.
  • Fleksibilitas dalam pengaturan modal kerja.
  • Mendapatkan rate yang kompetitif.

Receivable Financing

Receivable Financing adalah fasilitas berupa pengambilalihan tagihan Korporat kepada Mitra Korporat (Distributor) untuk dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo tagihan. Layanan Receivable Financing, kami sediakan untuk Korporat yang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat proses cash cycle produksinya dengan talangan pembiayaan tagihan Korporat guna membiayai collection piutangnya. BNI memberikan talangan piutang Korporat untuk dibayarkan lebih cepat.

Manfaat Receivable Financing :

Bagi Korporat :

  • Memperoleh pembayaran piutang yang lebih cepat sehingga membantu dalam perputaran modal kerja.
  • Meningkatkan volume penjualan.
  • Memberikan kemudahan dan keamanan di dalam transaksi dokumen (Preferred).
  • Mendapatkan rate yang kompetitif.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Pengambilalihan SC Pay


SC Pay merupakan pengembangan dari fitur pemindahbukuan (inhouse transfer) secara terjadwal (forward value) yang ada di BNIDirect. Adapun perbedaan SC Pay dibandingkan dengan pemindahbukuan yang ada saat ini, terdapat mekanisme persetujuan oleh pihak penerima (beneficiary) untuk dapat melakukan transaksi SC Pay, sehingga membuat SC Pay menjadi janji bayar dari pengirim (remitter) kepada penerima.

Untuk memberikan benefit tambahan dari SC Pay, maka tersedia skema pengambilalihan (tagihan) SC Pay, dimana penerima dapat mengajukan percepatan pembayaran SC Pay dengan rate diskonto yang kompetitif.

Benefit :

  • Pemantauan jangka waktu SC Pay (aging payable).
  • Meningkatkan kualitas account payable dan account receivable.
  • Meningkatkan trust antara entitas bisnis yang terlibat.

Persyaratan :

  • Telah terdaftar sebagai pengguna BNIDirect.
  • Menyetujui syarat dan ketentuan berikut skema harga yang ditentukan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Other Services

BNI ECOSmart


Merupakan solusi yang khusus dirancang untuk membantu nasabah Perusahaan dalam melakukan aktivitas pengelolaan member untuk berbagai ecosystem secara optimal, efektif, efisien yang dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan.

BNI ECOSmart juga dapat menjadi solusi bagi Perusahaan dalam melakukan pengelolaan dan pembuatan tagihan, pelaporan dan dashboard pembayaran, monitoring pembayaran serta penyampaian informasi dan berita.

Dengan BNI ECOSmart implementasi akan lebih mudah dan cepat dengan adanya pilihan skema integrasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

BNI ECOSmart telah didukung dengan layanan BNI e-Collection (BNI Virtual Account) yang dirancang untuk membantu management Perusahaan dalam mengelola aktivitas penerimaan dana (collection) secara optimal, serta untuk identifikasi pembayar. Selain itu didukung juga dengan layanan BNIDirect untuk kemudahan pembayaran operasional tenant dan tersedia pula Dashboard untuk kemudahan pelaporan.

Fitur

  • Mobile Friendly
    Seluruh tagihan dengan mudah diakses melalui mobile Aplikasi BNI ECOSmart baik melalui Aplikasi IOS dan Android,
  • Informasi Tagihan
    Tidak perlu khawatir dengan melewatkan tanggal jatuh tempo tagihan, BNI ECOSmart memiliki fitur informasi tagihan lengkap dari mulai unpaid, on process hingga history tagihan,
  • User Guide
    Aplikasi mobile BNI ECOSmart sangat mudah digunakan karena dilengkapi dengan user guide yang akan menambah experience dalam menggunakannya.
  • Real time notification
    Konfirmasi pembayaran secara otomatis dan realtime,
  • Handling Complaint
    Nasabah dapat menggunakan fitur help untuk mengajukan keluhan/complaint serta melakukan tracking atas proses complaint tersebut.
  • Chat with the Owner
    Nasabah dapat menggunakan fitur chat di aplikas BNI ECOSmart Mobile untuk bertanya dan memberikan saran kepada Management.

Keunggulan

  • Cepat dan Mudah
    Implementasi mudah dan cepat dengan beberapa pilihan skema integrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Fleksibilitas Implementasi
    Dapat di implementasikan di berbagai ekosistem seperti : Apartment, Kondotel, Pasar, Keanggotaan, Kawasan Industri, dan lain-lain.
  • Komunikasi Dua Arah
    kemudahan dalam melakukan komunikasi dua arah antara Manajemen dan client.
  • Fleksibilitas Cara Pembayaran
    Kemudahan pembayaran tagihan oleh customer Anda di seluruh chanel Bank di Indonesia.
  • Dashboard, Report & Rekonsiliasi Realtime & Online
    Tersedia Dashboard bagi manajemen dan sistem reporting dan rekonsiliasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan manajemen dan dapat diakses secara real time online (akurat, cepat, dan tepat).

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

BNI eduPATROL


BNI eduPATROL atau BNI education parental control adalah solusi Pendidikan bagi sekolah dan orang tua dalam monitoring perkembangan Pendidikan anak dengan fitur-fitur yang menyesuaikan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diimplementasikan pada masa pandemic Covid-19.

  1. Wali Murid.
    1. Paket Gold.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
      • Media Pembelajaran.
      • Rapat Online.
    2. Paket Silver.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
  2. Wali Kelas.
    1. Paket Gold.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
    2. Paket Silver.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.

Manfaat BNI EduPATROL :

  1. Untuk Orang Tua/Wali Siswa :
    • Mudah mengawasi aktivitas anak.
    • Pembayaran pendidikan anak dapat dimana saja dan kapan saja.
    • Pengajuan izin tidak masuk sekolah lebih praktis.
    • Mudah dalam mengakses informasi, pengumuman atau info kegiatan sekolah.
    • Notifikasi elektronik melalui aplikasi pada smartphone.
  2. Untuk Siswa :
    • Mudah dalam melakukan absensi.
    • Mudah dalam mengakses informasi, pengumuman atau info kegiatan sekolah.
    • Mudah dalam mengetahui nilai (hasil ujian) dari sekolah.
  3. Untuk Sekolah :
    • Sistem administrasi yang rapi, terpusat dan terintegrasi.
    • Mudah dalam memberikan informasi kepada pihak orang tua, terkait siswa atau aktivitas sekolah secara online.
    • Penerimaan pembayaran biaya pendidikan langsung ke dalam rekening sekolah.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT) Transactional Bankin Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

BNI Smart Redi


BNI Smart Redi adalah Solusi BNI untuk dunia perdagangan dan distribusi barang retail untuk mempermudah proses pemesanan, pengiriman, serta pembayaran pembelian barang berbasis teknologi dan otomasi.

Fitur Portal BNI Smart Redi :

  1. Melihat total nominal pembelian dan penjualan yang pernah dilakukan.
  2. Melakukan purchase order dan melihat stock real time.
  3. Melakukan verifikasi pengiriman barang dengan scan QR-Code.
  4. Menerima invoice dan nomor Virtual Account untuk melakukan pembayaran tagihan.
  5. Melihat historikal pembelian yang pernah dilakukan.

Manfaat :

  1. 24 x 7 realtime online.
  2. Pembayaran melalui semua channel Bank (BNI dan Non BNI) dan non perbankan (keagenan).
  3. Proses integrasi yang cepat dan fleksibel.
  4. Mengakomodir berbagai metode pembayaran.
  5. Online reporting dan dashboard monitoring.
  6. Rekonsiliasi online secara otomatis.
  7. Notifikasi elektronik atas tagihan dan pembayaran, bagi pengguna jasa nasabah.
  8. Excellence customer service support.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT) Transactional Bankin Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

BNI API Corporate


BNI telah mempersiapkan Open Banking untuk menjawab disrupsi di era reformasi digital khususnya pada sektor perbankan.

Solusi BNI API Corporate yang diperuntukkan bagi Nasabah Korporasi maupun Fintech, di mana nasabah dapat mengakses layanan perbankan, terutama yang berkaitan dengan transaksional dalam aplikasi keuangan yang dibangun secara mandiri oleh masing-masing Perusahaan dengan mengintegrasikan langsung dengan API BNI. Melalui BNI API Corporate, Kerjasama B2B dapat dilakukan dengan mudah.

Terdapat tujuh jenis API yang dapat diintegrasi dengan nasabah korporasi :

  1. BNI API One Gate Payment
    Adalah solusi integrasi BNI dengan nasabah korporasi, dimana nasabah korporasi dapat mengakses langsung layanan perbankan melalui integrasi dengan aplikasi nasabah korporasi antara lain layanan informasi saldo, informasi rekening, pemindah bukuan, status transaksi dan info kurs.
  2. BNI API Peer to Peer (P2P) Lending
    Adalah solusi integrasi BNI dengan nasabah fintech, dimana BNI sebagai Partner Bank sebagai penyedia layanan perbankan dalam rangka pembukaan rekening investor dan pembayaran/penyaluran pinjam meminjam secara digital melalui sistem elektronik milik P2P Lending.
  3. BNI API Autopay
    Adalah fasilitas collection yang disediakan oleh BNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung (Direct Debit) pada situs dan/atau aplikasi Biller yang dilengkapi dengan system pengaturan limit transaksi, serta OTP sebagai validasi registrasi dan transaksi.
  4. BNI API Payment VA
    Adalah fasilitas API yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Virtual Account dan Top Up Wallet (OVO, DANA, Paytren, Netzme, Shopee Pay, dan lain-lain) Perusahaan yang telah bekerjasama dengan BNI Pada platform atau sistem yang dimiliki biller/client.
  5. BNI API Rekening Dana Fintek
    Adalah solusi untuk Perusahaan fintech yang terdaftar di OJK dalam pembukaan rekening secara digital untuk memfasilitasi transaksi pemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.
  6. BNI API Rekening Dana Nasabah
    Adalah inovasi BNI dalam memberikan solusi untuk Perusahaan sekuritas dalam pembukaan rekening secara digital untuk investor dan dapat memfasilitasi transaksi pemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.
  7. BNI API VA Debit Cardless
    Merupakan layanan BNI Virtual Account Debit yang dapat ditransaksikan melalui channel-channel BNI, antara lain ATM BNI dan Teller BNI, tanpa perlu menggunakan kartu debit dan hanya perlu memiliki nomor Virtual Account. Saat bertransaksi, pemegang nomor Virtual Account akan menerima SMS OTP sebagai validasi. Transaksi yang dapat dilakukan antara lain, cek saldo VA, tarik tunai, dan pemindahbukuan ke BNI.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biaya layanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946