Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Siaran Pers

Smart Remittance & Cash Management BNI Tetap Terbaik

Kuala Lumpur, 23 Januari 2014. Kekuatan pelayanan Smart Remittance & Cash Management PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI semakin diakui didunia dengan diraihnya dua gelar dari Alpha South East Asia Magazine sebagai The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut. Status Smart Remittance terbaik tidak pernah lepas dari BNI sejak 2009 hingga 2013, sedangkan peringkat Cash Management terbaik selalu diraih BNI sejak 2011 hingga 2013.

Kedua penghargaan tersebut disampaikan kepada BNI di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (23/1/2014). Hadir pada kesempatan tersebut Pemimpin Divisi Internasional BNI A Firman Wibowo dan Pemimpin Divisi Jasa Transaksional Perbankan BNI Iwan Kamaruddin.

Menurut Firman, Smart Remittance BNI unggul karena sukses memenuhi harapan dan kebutuhan nasabah melalui pelayanan remitan yang ditandai dengan peningkatan volume remitan di tahun 2013. BNI terus berkomitmen memberikan manfaat dan nilai lebih kepada nasabah setia melalui sejumlah keunggulan Smart Remittance BNI yaitu (1) jaringan yang luas di dalam dan luar negeri. Saat ini, ada lebih dari 60 Kantor Virtual tersebar di Arab Saudi, Abu Dhabi, Dubai, Qatar, Kuwait, Oman, Bahrain, Yordania, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Brunei, Singapura, Australia, dan Belanda. Smart Remittance BNI juga dapat dilayani di 5 cabang BNI di luar negeri (New York, London, Tokyo, HongKong, Singapore), BNI Remittance Limited di HongKong, serta Remittance Representatives di negara potensial penempatan TKI.

Jaringan Smart Remittance BNI juga diperkuat di dalam negeri. Smart Remittance BNI dapat dilayani di lebih dari 1.600 kantor cabang BNI serta di seluruh Kantor Pos, Alfamart, Pegadaian, Bank NTT, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang sudah bekerja sama dan mitra-mitra lainnya. Dengan demikian, terdapat lebih dari 15.000 outlet yang dapat melayani Smart Remittance BNI. Itu belum terhitung Remittance Representatives di daerah kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

(2) Keunggulan lain adalah inovasi fitur produk yang variatif yang dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, yaitu Incoming transfer (ITR) atau kiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri, Outgoing Transfer (OTR) atau kiriman uang dari dalam negeri ke luar negeri.

Produk ITR adalah produk Tunai (BNI Wesel PIN dan BNI Wesel PIN Dalam Negeri), Credit to BNI Account, dan Credit to Non BNI Account. Keunggulan produk ITR BNI yaitu mudah, cepat, dan aman. Produk Tunai BNI (BNI Wesel PIN dan BNI Wesel PIN Dalam Negeri) dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang non-bankable karena kiriman uang dapat diambil secara tunai tanpa rekening.

Untuk mendekatkan diri dengan para TKI, BNI juga memiliki Program Corporate Community Responsibility (CCR) bernama BNI Sahabat TKI. Dalam program ini, BNI menjalankan kombinasi antara program promosi dan CCR secara berimbang untuk memberikan nilai lebih dan membedakan BNI Smart Remittance di antara para pesaing. Program-program BNI Sahabat TKI tersebut adalah Beasiswa Anak TKI, Pasar Murah BNI Rejeki Ramadhan, Kado Natal BNI Wesel PIN, Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk TKI dan Keluarganya, Pelatihan Kewirausahaan untuk TKI dan Keluarganya, Edukasi Produk Perbankan kepada nasabah, Rumah Edukasi TKI, Tarif yang Fleksibel dan kompetitif, Remittance Call Centre melalui nomor 021-29946099 yang beroperasi 7 hari seminggu.

Nilai uang yang ditransfer melalui produk remitan yang dilayani BNI selama tahun 2013 meningkat, baik ITR maupun OTR. Jumlah uang yang ditransfer dari luar negeri ke Indonesia selama 2013 mencapai USD 40,44 miliar melampaui jumlah dana selama periode yang sama tahun 2012, yaitu USD 37,48 miliar. Adapun jumlah dana yang ditransfer dari Indonesia ke luar negeri mencapai USD 44.4 miliar, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2012 sebesar USD 36.75 miliar. Transaksi remitan BNI secara keseluruhan mencapai USD 84.84 juta atau meningkat 14,3% dari tahun 2012.
"Pelayanan transfer dana ini menghasilkan pendapatan untuk BNI yang meningkat 13,3% pada 2013 dibandingkan periode yang sama tahun 2012," tutur Firman.

Keunggulan Cash Management BNI
Iwan Kamaruddin mengungkapkan, BNI dapat mempertahankan kinerjanya sebagai bank operasional pilihan nasabah dalam era persaingan bisnis pelayanan Cash Management antar perbankan di Indonesia yang semakin sengit. Di tengah semakin tipisnya pendapatan bank dari marjin bunga dan besar tantangan di pasar, pelayanan cash management muncul menjadi sumber pendapatan baru yang semakin menjanjikan yang berbasis komisi (fee based income).

"Cash Management BNI tidak hanya fokus membantu nasabah dalam menjalankan bisnis dengan lebih efisien, efektif dan aman, melainkan juga menjadi solusi dalam meningkatkan pelayanan publik di Indonesia," ujar Iwan.

Pelayanan publik yang menggunakan pelayanan Cash Management BNI adalah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yaitu otomasi lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, dan Direktorat Jenderal Imigrasi yang berada dibawah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Badan Pengawasan Obat dan Makanan dan banyak instansi pemerintah lainnya yang dibantu oleh BNI dalam rangka mendukung tata laksana pemerintahan yang baik.

Kepercayaan terhadap pelayanan Cash Management BNI juga semakin meningkat dengan tumbuhnya jumlah nasabah pengguna fasilitas itu dan jumlah transaksi yang disalurkan melalui BNI. Tahun 2013, jumlah account institusi yang mempercayakan dananya dalam Cash Management BNI mencapai 188.000 account nasabah, atau meningkat 11% dibandingkan jumlah nasabah hingga tahun sebelumnya . Seiring bertambahnya nasabah, volume transaksi elektronik melalui Cash Management juga meningkat mencapai 15 juta transaksi.

BNI diunggulkan dalam layanan Cash Management karena terus meragamkan fitur-fitur unggulannya. Fitur layanan Cash Management BNI antara lain BNIDirect (Internet Banking), Solusi Pembayaran yang terintegrasi (Integrated Payment Solution), Virtual Account, Student Payment Center untuk Perguruan Tinggi, Corporate Billing, Account Pooling dan Supply Chain Management, serta salah BNI e-Tax. Salah satu yang menjadi unggulan yang diminati nasabah adalah BNI e-tax dimana memberikan kemudahan, kecepatan proses dan pengendalian terhadap pembayaran pajak.

Kuala Lumpur, 23 Januari 2014. Kekuatan pelayanan Smart Remittance & Cash Management PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI semakin diakui didunia dengan diraihnya dua gelar dari Alpha South East Asia Magazine sebagai The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut. Status Smart Remittance terbaik tidak pernah lepas dari BNI sejak 2009 hingga 2013, sedangkan peringkat Cash Management terbaik selalu diraih BNI sejak 2011 hingga 2013.

Kedua penghargaan tersebut disampaikan kepada BNI di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (23/1/2014). Hadir pada kesempatan tersebut Pemimpin Divisi Internasional BNI A Firman Wibowo dan Pemimpin Divisi Jasa Transaksional Perbankan BNI Iwan Kamaruddin.

Menurut Firman, Smart Remittance BNI unggul karena sukses memenuhi harapan dan kebutuhan nasabah melalui pelayanan remitan yang ditandai dengan peningkatan volume remitan di tahun 2013. BNI terus berkomitmen memberikan manfaat dan nilai lebih kepada nasabah setia melalui sejumlah keunggulan Smart Remittance BNI yaitu (1) jaringan yang luas di dalam dan luar negeri. Saat ini, ada lebih dari 60 Kantor Virtual tersebar di Arab Saudi, Abu Dhabi, Dubai, Qatar, Kuwait, Oman, Bahrain, Yordania, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Brunei, Singapura, Australia, dan Belanda. Smart Remittance BNI juga dapat dilayani di 5 cabang BNI di luar negeri (New York, London, Tokyo, HongKong, Singapore), BNI Remittance Limited di HongKong, serta Remittance Representatives di negara potensial penempatan TKI.

Jaringan Smart Remittance BNI juga diperkuat di dalam negeri. Smart Remittance BNI dapat dilayani di lebih dari 1.600 kantor cabang BNI serta di seluruh Kantor Pos, Alfamart, Pegadaian, Bank NTT, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang sudah bekerja sama dan mitra-mitra lainnya. Dengan demikian, terdapat lebih dari 15.000 outlet yang dapat melayani Smart Remittance BNI. Itu belum terhitung Remittance Representatives di daerah kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

(2) Keunggulan lain adalah inovasi fitur produk yang variatif yang dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, yaitu Incoming transfer (ITR) atau kiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri, Outgoing Transfer (OTR) atau kiriman uang dari dalam negeri ke luar negeri.

Produk ITR adalah produk Tunai (BNI Wesel PIN dan BNI Wesel PIN Dalam Negeri), Credit to BNI Account, dan Credit to Non BNI Account. Keunggulan produk ITR BNI yaitu mudah, cepat, dan aman. Produk Tunai BNI (BNI Wesel PIN dan BNI Wesel PIN Dalam Negeri) dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang non-bankable karena kiriman uang dapat diambil secara tunai tanpa rekening.

Untuk mendekatkan diri dengan para TKI, BNI juga memiliki Program Corporate Community Responsibility (CCR) bernama BNI Sahabat TKI. Dalam program ini, BNI menjalankan kombinasi antara program promosi dan CCR secara berimbang untuk memberikan nilai lebih dan membedakan BNI Smart Remittance di antara para pesaing. Program-program BNI Sahabat TKI tersebut adalah Beasiswa Anak TKI, Pasar Murah BNI Rejeki Ramadhan, Kado Natal BNI Wesel PIN, Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk TKI dan Keluarganya, Pelatihan Kewirausahaan untuk TKI dan Keluarganya, Edukasi Produk Perbankan kepada nasabah, Rumah Edukasi TKI, Tarif yang Fleksibel dan kompetitif, Remittance Call Centre melalui nomor 021-29946099 yang beroperasi 7 hari seminggu.

Nilai uang yang ditransfer melalui produk remitan yang dilayani BNI selama tahun 2013 meningkat, baik ITR maupun OTR. Jumlah uang yang ditransfer dari luar negeri ke Indonesia selama 2013 mencapai USD 40,44 miliar melampaui jumlah dana selama periode yang sama tahun 2012, yaitu USD 37,48 miliar. Adapun jumlah dana yang ditransfer dari Indonesia ke luar negeri mencapai USD 44.4 miliar, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2012 sebesar USD 36.75 miliar. Transaksi remitan BNI secara keseluruhan mencapai USD 84.84 juta atau meningkat 14,3% dari tahun 2012.
"Pelayanan transfer dana ini menghasilkan pendapatan untuk BNI yang meningkat 13,3% pada 2013 dibandingkan periode yang sama tahun 2012," tutur Firman.

Keunggulan Cash Management BNI
Iwan Kamaruddin mengungkapkan, BNI dapat mempertahankan kinerjanya sebagai bank operasional pilihan nasabah dalam era persaingan bisnis pelayanan Cash Management antar perbankan di Indonesia yang semakin sengit. Di tengah semakin tipisnya pendapatan bank dari marjin bunga dan besar tantangan di pasar, pelayanan cash management muncul menjadi sumber pendapatan baru yang semakin menjanjikan yang berbasis komisi (fee based income).

"Cash Management BNI tidak hanya fokus membantu nasabah dalam menjalankan bisnis dengan lebih efisien, efektif dan aman, melainkan juga menjadi solusi dalam meningkatkan pelayanan publik di Indonesia," ujar Iwan.

Pelayanan publik yang menggunakan pelayanan Cash Management BNI adalah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yaitu otomasi lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, dan Direktorat Jenderal Imigrasi yang berada dibawah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Badan Pengawasan Obat dan Makanan dan banyak instansi pemerintah lainnya yang dibantu oleh BNI dalam rangka mendukung tata laksana pemerintahan yang baik.

Kepercayaan terhadap pelayanan Cash Management BNI juga semakin meningkat dengan tumbuhnya jumlah nasabah pengguna fasilitas itu dan jumlah transaksi yang disalurkan melalui BNI. Tahun 2013, jumlah account institusi yang mempercayakan dananya dalam Cash Management BNI mencapai 188.000 account nasabah, atau meningkat 11% dibandingkan jumlah nasabah hingga tahun sebelumnya . Seiring bertambahnya nasabah, volume transaksi elektronik melalui Cash Management juga meningkat mencapai 15 juta transaksi.

BNI diunggulkan dalam layanan Cash Management karena terus meragamkan fitur-fitur unggulannya. Fitur layanan Cash Management BNI antara lain BNIDirect (Internet Banking), Solusi Pembayaran yang terintegrasi (Integrated Payment Solution), Virtual Account, Student Payment Center untuk Perguruan Tinggi, Corporate Billing, Account Pooling dan Supply Chain Management, serta salah BNI e-Tax. Salah satu yang menjadi unggulan yang diminati nasabah adalah BNI e-tax dimana memberikan kemudahan, kecepatan proses dan pengendalian terhadap pembayaran pajak.

Related