Emerald Daily Update 26 Maret 2021 - Produk | BNI Emerald
Chat With Us
Chat With Us
Internet Banking
 
 
 
 
 
 
 

Produk

Pastikan Anda mengetahui Profil Risiko Anda sebelum memulai berinvestasi.

INVESTASI DAN ASURANSI


INFO INVESTASI

 

Emerald Daily Update 26 Maret 2021

Friday, 26 March 2021

"Problems are not stop signs, they are guidelines."
–Robert H. Schuller–

Indikator

Indikator

Global Market

Harga minyak Brent Crude Oil kembali bergerak fluktuatif. Posisi terakhir harga minyak menguat tipis ke level 62.5/barel. Harga minyak sebelumnya sempat tertekan akibat ekspektasi penguranan demand dari Eropa mengikuti lonjakan kasus Covid19 yang memaksa beberapa negara mengumumkan perpanjangan lockdown.

Hubungan China dan Eropa yang memburuk semakin berlanjut. Reuters melaporkan China memberikan sanksi kepada beberapa individu dan entitas di Inggris atas tuduhan pembohongan terhadap isu HAM di Xinjiang. Aktivis Eropa memang sering menyuarakan tuduhan pelanggaran HAM yang terjadi di Xinjiang, dan dibantah oleh China. Dalam hal ekonomi, hal ini mengambat rencana kerjasama investasi antar kedua belah pihak.

Indonesia

Pemerintah memperluas relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DPT) untuk kendaraan bermotor roda empat dengan kapasitas mesin 1.501 cc – 2.500 cc. Segmen 4x2 yang sebelumnya dikenakan pajak 20%, pada tahap I April hingga Agustus 2021 menjadi 10% dan tahap II September – Desember 2021 menjadi 15%. Sedangkan Segmen 4x4 yang sebelumnya dikenakan pajak 40%, pada tahap I April – Agustus 2021 menjadi 30% dan tahap II September – Desember 2021 menjadi 35%.

Dilaporkan CNBC, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk menyetujui pembagian dividen atas laba bersih tahun 2020. BBRI akan membagikan dividen sebesar Rp 12,1 triliun atau 65% dari total laba bersih Bank BRI sebesar Rp 18,65 triliun. Sementara itu sisa 35% atau sebesar Rp 6,5 triliun digunakan sebagai saldo laba ditahan.

Per 25 Maret 2021, Komite Penanganan Covid19 melaporkan warga negara Indonesia yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama adalah sebanyak 6.4 juta penduduk. Sedangkan warga negara yang telah menerima vaksinasi dosis kedua adalah sebanyak 2.9 juta penduduk.

Analisis

Fluktuasi pasar dengan kecenderungan sideways masih terjadi. Di pasar obligasi dipengaruhi Yield US Treasury yang bergerak naik tipis ke 1.627%. Sedangkan Pasar Saham menguat dengan naiknya indeks Dow Jones kemarin. Potensi penguatan pasar saham dalam jangka panjang masih optimis terjadi, meskipun dalam jangka pendek masih akan fluktuatif dipengaruhi berbagai sentimen. Investor disarankan tetap berinvestasi pada horison menengah panjang, bertahap dan dengan dana dingin.

Periode pelaporan SPT Pajak tahun 2020 akan segera berakhir. Nasabah diingatkan untuk segera melaporkan pajak melalui e-filing maupun kantor DJP.

Index Saham

Nilai Tukar

Government Yield

Government Yield

Reksa Dana

Komoditas

Sumber data : Bloomberg dan Infovesta (Pkl. 12.00 WIB).

Disclaimer : Dokumen ini tidak diperuntukan sebagai suatu penawaran, atau permohonan dari suatu penawaran, permintaan untuk membeli atau menjual efek dan segala hal yang berhubungan dengan efek. Seluruh informasi dan opini yang terdapat dalam dokumen ini dengan cara baik telah dihimpun dari atau berasal dari sumber-sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan. Tidak ada pengatasnamaan atau jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung dari BNI termasuk pihak-pihak lain dari Grup BNI dari mana dokumen ini dapat diperoleh, terhadap keakuratan atau kelengkapan dari informasi yang terdapat dalam dokumen ini. Seluruh pendapat dan perkiraan dalam laporan ini merupakan pertimbangan kami pada tanggal tertera dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Investment Specialist : Samuel Panjaitan, Tristian Kurniawan, Panji Tofani.

  • Kurs Valas
  • Konversi

Konversi Mata Uang

Special Rates
TT Counter
Bank Notes

Panduan Transaksi Investasi di BNI Mobile Banking