Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Siaran Pers

Perkuat Campus Financial Ecosytem, BNI Bersama Iluni UI Berikan Kartu Kehormatan

Perkuat Campus Financial Ecosytem, BNI Bersama Iluni UI Berikan Kartu Kehormatan

Jakarta, 17 Maret 2022 -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI bersama Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) meluncurkan kartu Iluni UI bagi para alumni. Hal ini merupakan bagian dari upaya BNI sebagai bank kampus dalam memperkuat Campus Financial Ecosytem. 

Adapun, BNI bersama Iluni UI telah menjalin banyak kerjasama dalam beberapa hal, antara lain Kegiatan UI Half Marathon, Pengembangan UI Connect, Penerbitan Kartu Kredit Iluni UI, Penerbitan Kartu Anggota Iluni UI hingga pengembangan Edupreneur.

Kali ini, Iluni UI memberikan apresiasi kepada  non alumni yang sudah bekerja sama selama ini dengan mengadakan acara “Penganugerahan Alumni Kehormatan Iluni Universitas Indonesia” yang bertujuan untuk memberikan gelar kehormatan untuk para tokoh yang selalu mendukung Universitas Indonesia. 

Dalam acara ini telah dilakukan pemberian secara simbolis Kartu Tanda Anggota Iluni UI BNI oleh Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik, berikut beberapa alumni kehormatan  yang menerima gelar Penganugrahan tersebut  antara lain, Saleh Husin (Ketua MWA UI/ Mantan Menteri Perindustrian), Wiku Bakti Bawono (Anggota MWA UI / Ketua Tim Pakar Satgas Covid), Noni Sri Ayati Purnomo  (Anggota MWA UI / owner Blue Bird Group ), dan Erick Thohir (Menteri BUMN).

Kartu Tanda Anggota ini merupakan Kartu Debit yang memiliki 3 fungsi (kartu combo) antara lain sebagai kartu tanda alumni Universitas Indonesia, sebagai kartu debit, sekaligus kebagai kartu uang elektronik/ Tapcash. 

Syarat untuk memiliki kartu ini sangatlah mudah hanya dengan menunjukkan bukti alumni UI melalui aplikasi UI Connect, maka para alumni dapat membuka kartu anggota tersebut dimanapun berada tanpa harus datang ke kantor Alumni UI untuk mendapat pengesahan sebagai alumni UI. 

Aplikasi UI Connect adalah satu aplikasi yang dapat menjadi wadah penghubung antar alumni UI dan bertujuan mengeratkan ikatan antar alumni. Dalam waktu dekat aplikasi UI Connect akan merevitalisasi menuju UI Connect generasi 2.0  dengan fitur-fitur digitalisasi yang lebih lengkap termasuk menggandeng BNI dalam pengembangan Virtual Card bagi anggota  alumni, dan hal ini sejalan dengan impian BNI dalam mewujudkan Campus Financial Ecosytem. 

Sis Apik Wijayanto menyampaikan, BNI telah berada di kampus-kampus di Indonesia ini sejak tahun 60-an sehingga sering disebut juga sebagai Bank Kampus. Bahkan, BNI telah banyak bekerjasama dengan UI dan Iluni UI wujudkan Campus Financial Ecosystem antara lain melalui Penerbitan Kartu Multi Fungsi bagi anggota ILUNI UI, Penerbitan Kartu Kredit UI Card, Produk Reksadana BNI AM Makara Investasi untuk Endowment Fund UI, Program UI Connect sebagai platform yang menghubungkan antar alumni UI di Indonesia maupun di luar negeri.

“Kerja sama kali ini merupakan salah satu tujuan dari BNI dan UI dalam meluncurkan Kartu Tanda Anggota Iluni UI BNI ini sebagai wujud konsisten mendukung Campus Financial Ecosystem sekaligus membuka lebih banyak dan memperkuat hubungan produktif di antara para alumni. Kami harap ke depannya akan lebih banyak lagi kegiatan sekaligus kerja sama yang dapat terwujud di antara para alumni guna meningkatkan kesempatan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,”sebutnya. 

ILUNI UI Berikan Gelar Anggota Kehormatan 

Dalam kesempatan ini, ILUNI UI memberikan gelar Anggota Kehormatan Iluni UI kepada empat orang tokoh nasional yakni Erick Thohir, Saleh Husin,  Wiku Bakti Bawono Adisasmito, dan Noni Sri Ayati Purnomo. 

Acara pelantikan ini sejalan dengan Anggaran Dasar Iluni UI dan merupakan bentuk apresiasi kepada para tokoh tersebut atas kontribusi yang telah diberikan kepada UI dan Iluni UI. 

“Gelar Anggota Kehormatan ILUNI UI adalah bentuk apresiasi kepada para tokoh yang selama ini sudah berjasa pada berbagai kegiatan sebagai bagian dari Hasil Temu Iluni,” ungkap Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian dalam sambutannya pada acara Penganugerahan Gelar Anggota Kehormatan ILUNI UI bertempat di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (17/3/2022). 

Andre menuturkan keempat tokoh ini telah memberikan kontribusi besar bagi sivitas akademika UI, alumni UI, dan masyarakat sesuai peranan dan bidangnya masing-masing. Saleh Husin sebagai Ketua MWA UI dinilai mampu menjembatani UI, Iluni UI, dan pihak eksternal, serta memberikan solusi dalam setiap audiensi yang diinisiasi oleh UI maupun Iluni UI. 

Bahkan, Erick Thohir sebagai Menteri BUMN berjasa besar, salah satunya melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian BUMN dan UI yang meliputi kerja sama penelitian, serta hilirisasi temuan atau inovasi potensial guna mendukung kinerja BUMN. Selain Erick, Noni Purnomo juga merupakan sosok Anggota Kehormatan ILUNI UI yang dinilai telah memberikan inspirasi melalui kepemimpinan dan dukungannya terhadap pembangunan sarana di beberapa fakultas di UI, juga dukungan pada kegiatan-kegiatan Iluni UI. 

Selanjutnya, kontribusi kepada UI dan masyarakat juga ditunjukkan oleh peranan Prof. Wiku sebagai juru bicara Satgas COVID-19 yang membantu dalam memberantas hoaks terkait COVID-19 di tengah masyarakat. 

Andre berharap pemberian gelar Anggota Kehormatan Iluni UI akan mempererat silaturahmi dengan para tokoh, sekaligus memberikan manfaat lebih besar bagi sivitas akademika UI dan alumni UI, terutama di tengah situasi pandemi dari ancaman polarisasi. Selain itu, diharapkan penganugerahan ini akan berdampak pada kemajuan bangsa dan negara melalui visi kohesi kebangsaan yang diinisiasi Iluni UI. 

“Diharapkan kehadiran para tokoh sebagai Anggota Kehormatan Iluni UI membawa kontribusi untuk mendorong persatuan antara elemen bangsa, serta berkontribusi untuk Indonesia bangkit setelah pandemi. Iluni UI siap berkolaborasi dengan berbagai pihak ke depannya,” tutur Andre. (*)

Related