Digital Disbursement dan Payment Management


Sebuah solusi pengelolaan transaksi pembayaran dari BNI yang memberikan kemudahan kepada Nasabah Institusi atau Perusahaan untuk melakukan penyelesaian atas kewajiban-kewajiban keuangannya dan pengelolaan operasional secara tepat waktu dan akurat.

Kebutuhan atas laporan pembayaran kewajiban-kewajiban tersebut juga dapat diperoleh secara cepat dan real-time, sehingga Nasabah akan langsung mendapatkan rekapitulasi atas laporan-laporan yang dibutuhkan.

Solusi ini sangat bermanfaat untuk kemudahan penyelesaian pembayaran kewajiban-kewajiban Nasabah, baik yang bersifat single maupun masal (dengan jumlah volume transaksi yang besar) serta memudahkan melakukan rekonsiliasi dalam identifikasi pengeluaran operasional Nasabah secara real-time.

Fitur Untuk Penyaluran Dana, yaitu :

  1. BNI Virtual Account Debit (Virtual Account untuk Penyaluran Dana).

    Virtual Account Debit adalah 16 digit rekening virtual yang bertujuan untuk membantu transaksi penyaluran dana dimana rekening virtual tersebut dimiliki, diatas namakan, dan diadministrasikan oleh Nasabah pengguna, yang kemudian diberikan kepada mitranya untuk dijadikan sebagai rekening operasional dengan sumber dana pendebetan berasal dari rekening pooling.

    Keunggulan :
    • Kemudahan dalam identifikasi pembayaran/pengeluaran untuk keperluan pembayaran/transfer dana dari rekening sesuai kebutuhan yang dikehendaki.
    • Kemudahan dalam proses pemantauan transaksi Virtual Account.
    • Kemudahan dalam melakukan rekonsiliasi pembayaran/pengeluaran.
    • Dapat diterbitkan Kartu Debit.
    • Dapat melakukan pengaturan limit transaksi (per rekening virtual) sesuai kebutuhan.
    • Memperoleh laporan transaksi Virtual Account secara rutin pada H+1 setelah transaksi atau secara real-time (H+0) via Portal Virtual Account ataupun BNIDirect.
    • Kanal transaksi : kantor cabang, BNI ATM, Internet Banking BNIDirect, ATM Bersama/ATM Bank lain, Mesin EDC BNI.
    • Waktu implementasi yang mudah dan singkat.
    • Laporan akan diterima melalui email PIC yang ditunjuk, dapat dilakukan sendiri oleh customer melalui BNIDirect atau melalui portal BNI Debit VA.

    Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account Debit :
    • Memiliki rekening BNI Giro sebagai rekening sumber dana.
    • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account.

  2. BNI API Corporate

    BNI telah mempersiapkan Open Banking untuk menjawab disrupsi di era reformasi digital khususnya pada sektor Perbankan. Solusi BNI API Corporate yang diperuntukkan bagi Nasabah korporasi maupun fintech, dimana Nasabah dapat mengakses layanan Perbankan, terutama yang berkaitan dengan transaksional dalam aplikasi keuangan yang dibangun secara mandiri oleh masing-masing Perusahaan dengan mengintegrasikan langsung dengan API BNI. Melalui BNI API Corporate, kerjasama B2B dapat dilakukan dengan mudah.

    Terdapat 7 (tujuh) jenis API yang dapat diintegrasikan dengan Nasabah korporasi :

    1. BNI API One Gate Payment (OGP)

      Adalah solusi integrasi BNI dengan Nasabah korporasi, dimana Nasabah korporasi dapat mengakses langsung layanan perbankan melalui integrasi dengan aplikasi Nasabah korporasi antara lain layanan informasi saldo, informasi rekening, pemindahbukuan, status transaksi dan info kurs.

    2. BNI API Peer to Peer (P2P) Lending

      Adalah solusi integrasi BNI dengan Nasabah fintech, dimana BNI sebagai Partner Bank, penyedia layanan Perbankan dalam rangka pembukaan rekening investor dan pembayaran/penyaluran pinjam meminjam secara digital melalui sistem elektronik milik P2P Lending.

    3. BNI API Autopay

      Adalah fasilitas penerimaan dana yang disediakan oleh BNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung (Direct Debit) pada situs dan/atau aplikasi Nasabah yang dilengkapi dengan sistem pengaturan limit transaksi, serta OTP sebagai validasi registrasi dan transaksi.

    4. BNI API Payment Virtual Account (VA)

      Adalah fasilitas API yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Virtual Account dan Top Up Wallet (OVO, DANA, Paytren, Netzme, Shopee Pay, dan lain-lain) Perusahaan yang telah bekerjasama dengan BNI pada platform atau sistem yang dimiliki Nasabah.

    5. BNI API Rekening Dana Fintech (RDF)

      Adalah solusi untuk Perusahaan fintech yang terdaftar di OJK dalam pembukaan rekening secara digital untuk memfasilitasi transaksi pemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.

    6. BNI API Rekening Dana Nasabah (RDN)

      Adalah inovasi BNI dalam memberikan solusi untuk Perusahaan sekuritas dalam pembukaan rekening secara digital untuk investor dan dapat memfasilitasi transaksi pemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.

    7. BNI API Virtual Account (VA) Debit Cardless

      Adalah layanan BNI Virtual Account Debit yang dapat ditransaksikan melalui kanal BNI, antara lain ATM BNI dan Teller BNI, tanpa perlu menggunakan Kartu Debit dan hanya perlu memiliki nomor Virtual Account. Saat bertransaksi, pemegang nomor Virtual Account akan menerima SMS OTP sebagai validasi. Transaksi yang dapat dilakukan antara lain, cek saldo VA, tarik tunai, dan pemindahbukuan ke BNI.

Fitur untuk Penerimaan Dana, yaitu :

Sebuah solusi untuk Nasabah dalam melakukan penerimaan dana atas penjualan produk/jasa sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta dapat mengidentifikasi hasil penjualan secara cepat dan akurat.

  1. BNI Virtual Account Kredit (Virtual Account untuk Penerimaan Dana).

    Adalah rekening virtual yang dibuka untuk mendukung pengelolaan transaksi penerimaan Perusahaan/Institusi agar berjalan efektif dan efisien. BNI Virtual Account menawarkan kemudahan mengidentifikasi mitra/pelanggan yang melakukan pembayaran, pemantauan dan pelaporan yang akurat, serta kemudahan dan kecepatan dalam proses rekonsiliasi.

    Virtual Account dalam hal ini digunakan sebagai identifikasi pelanggan atau penyetor, dimana setiap setoran pada virtual account tersebut otomatis akan terbuku ke dalam rekening utama (pooling) yang menjadi tujuan setoran.

    Fitur lengkap BNI Virtual Account terakomodir dalam platform BNI e-Collection yang dapat menjawab berbagai kebutuhan pengelolaan penerimaan dana (collection management).

    Keunggulan :

    • Nama dan nomor Virtual Account sebagai nomor tujuan transfer dan identifikasi pelanggan/penyetor, dapat ditentukan sendiri oleh customer.
    • Nama dan nomor Virtual Account akan muncul di rekening Koran setiap transaksi.
    • Penyetoran dapat dilakukan di berbagai kanal pembayaran maupun dari Bank lain, (kliring/RTGS/transfer antar Bank Online) baik dalam IDR maupun USD.
    • Hasil transaksi dapat dilihat secara online melalui BNIDirect maupun portal BNI e-Collection.
    • Proses implementasi yang relatif singkat.
    • Penyetor tidak harus memiliki rekening di BNI.
    • Proses upload data dapat dilakukan sendiri oleh Nasabah melalui BNIDirect atau portal BNI e-Collection.
    • Kanal transaksi : kantor cabang, ATM BNI, Internet Banking corporate BNIDirect, SMS Banking BNI, ATM Bersama/ATM Bank lain, kantor cabang Bank lain, Internet Banking Bank lain.

    Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account Kredit :
    • Memiliki rekening BNl Giro sebagai rekening pooling atau rekening utama.
    • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account Kredit.

  2. BNI Autopayment (Autopay)

    Adalah fasilitas penerimaan dana yang disediakan oleh BNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung pada situs dan/atau aplikasi Biller dengan limit harian yang dapat diatur sesuai kebutuhan dan OTP sebagai validasi Registrasi.

    Keunggulan BNI Autopay :
    • Transaksi pembayaran hanya dalam sekali tekan.
    • Tidak perlu membuka aplikasi lain.
    • Transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
    • Transaksi dijamin aman dengan validasi berkala.
    • Limit harian transaksi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

    Terdapat tiga jenis BNI Autopay yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah, diantaranya :
    • Autopay Retail.
    • Autopay Non-Retail.
    • Autopay Billing.

  3. BNI MPN G3

    Modul Penerimaan Negara Generasi 3 (MPN G3) BNI adalah sistem penerimaan Negara secara elektronik yang dibangun oleh Bank Negara Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Keuangan sebagai pengembangan yang berkelanjutan dari MPN G2.

    MPN G3 memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak/Wajib Bayar/Wajib Setor dalam melakukan pembayaran/penyetoran Pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Cukai, cukup dengan menggunakan kode billing elektronik sesuai dengan jenis penerimaan negara yang kemudian akan dijadikan kode pembayaran pada saat melakukan setoran di channel BNI.

    Pembayaran dapat melalui : EDC, BNI ATM, BNIDirect, BNI Internet Banking, dan BNI Mobile Banking.
    Manfaat MPN G3 bagi Wajib Pajak/Wajib Byar/Wajib Setor :
    • Transaksi pembayaran Pajak, PNBP dan Cukai secara fleksibel dan cepat.
    • Akuntabilitas seluruh data transaksi penerimaan negara.
    • Menghindari human error dalam perekam data Pajak, PNBP dan Cukai.
    • Kepastian pembayaran lebih terjamin karena menggunakan kode billing elektronik.

  4. BNIDirect

    BNIDirect merupakan kanal elektronik yang disediakan oleh BNI bagi Nasabah non perorangan untuk melakukan aktivitas transaksi keuangan dari rekening Nasabah di BNI dengan lebih cepat, mudah, dan aman. BNIDirect dapat diakses dengan Web Base, Mobile Apps dan API Base.

    BNIDirect yang di akses melalui aplikasi mobile apps bernama BNIDirect Mobile sebagai tambahan aplikasi BNIDirect versi web. Transaksi yang di inisasi dari BNIDirect versi web akan dapat dimonitor dan dilihat di BNIDirect Mobile dan sebaliknya, transaksi yang di inisiasi oleh BNIDirect Mobile dapat dimonitor melalui BNIDirect versi web.

    Keunggulan BNIDirect, yaitu :
    CEPAT
    • Akses internet 24 jam (untuk transaksi in-house dan online transfer).

    MUDAH
    • User Friendly.
    • Dilengkapi dengan panduan transaksi.
    • Dapat melakukan transaksi dimana saja.

    AMAN
    • Secure Line dengan Verisign Security Certification Socket Secure Line (SSL) 128 bit.
    • Otorisasi transaksi menggunakan Electronic Signature, yaitu BNI e-Secure (Hard Token) atau mobile token (soft token).
    • Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan password. Pembagian kewenangan transaksi terdiri dari Maker, Approver dan Releaser, Matrix kewenangan transaksi dan limit transaksi.

    Keunggulan Fitur BNIDirect :
    • Menu yang fleksibel dapat disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah.
    • Jumlah user dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan.
    • Akses kewenangan atas fitur dan rekening dapat ditentukan oleh Nasabah.
    • Otorisasi transaksi dilakukan dengan PIN dinamis yang dihasilkan oleh electronic signature (BNI e-Secure/mobile token).
    • Memiliki berbagai jenis format laporan yang dapat diunduh atas transaksi Nasabah dan dapat dikirimkan melalui email.
    • Terdiri dari dua bahasa, yaitu dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.

    Keunggulan BNIDirect Mobile :
    • Diakses melalui device yang berbasis Android dan iOS.
    • Tampilan sesuai ukuran layar.
    • Tidak perlu membawa token.
    • Keamanan berlapis.
    • Auto update Fitur BNIDirect Mobile (tidak perlu install ulang).
    • Mobile Apps Versi min. Android : Lollipop dan Versi min. iOS : iOS8.

    Keamanan BNIDirect Mobile :
    • User pengguna BNIDirect Mobile harus melakukan aktivasi.
    • Autentifikasi transaksi menggunakan M-PIN dan OTP yang dikirimkan ke nomor Handphone user yang terdaftar di BNIDirect.
    • Akses ke menu yang sensitive diperlukan M-PIN.
    • Komunikasi data antara Device dan App server ter-enkripsi AES 256.
    • Verifikasi Web Aplication Firewall (WAF).

    Syarat dan Ketentuan Menjadi Nasabah Pengguna BNIDirect Mobile :
    • Sudah terdaftar pada aplikasi BNIDirect versi web.
    • Untuk Nasabah baru, menggunakan Aplikasi Pendaftaran BNIDirect dengan menambahkan fitur BNIDirect Mobile dan mencantumkan nomor mobile/HP masing-masing user.
    • Untuk Nasabah lama (existing), menggunakan Aplikasi Maintenance BNIDirect untuk ditambahkan fitur BNIDirect Mobile dan nomor mobile/HP masing-masing user.

    Fitur Unggulan BNIDirect :
    1. Tax Payment.
    2. Account Information.
    3. Bill Payment.
    4. Transfer Management.
    5. Mass Payment.
    6. BNI Pops.
    7. Collection Management.
    8. Liquidity Management.
    9. SC Pay Management.
    10. Information Management.
    11. Collective DPLK.
    12. BNI Kepabeanan.
    13. Virtual Account Management.
    14. Import / Export LC.
    15. FSCM.

  5. Platform
    1. Dashboard VA Restrukturisasi Kementrian Keuangan

      Dashboard untuk monitoring cash in, cash out, saldo awal, saldo akhir dari tiap satker (VA Account) yang di akumulasikan ke tingkat Eselon, Kementerian dan Nasional.

    2. Dashboard Universitas

      Dashboard untuk monitoring transaksi pada segment Universitas group per masing-masing fakultas.

    3. Digipay

      Platform (MarketPlace) bagi satuan kerja Kementerian untuk melakukan pemesanan barang dan jasa dan melakukan pembayaran menggunakan VA dan KK.

  6. BNI Fast

    Infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang memberikan fasilitas pembayaran ritel secara Real-time, aman, efisien, dan bisa dilakukan kapan saja (24 jam non stop).