Digital Disbursement dan Payment Management


Sebuah solusi pengelolaan transaksi pembayaran dari BNI yang memberikan kemudahan kepada Nasabah Institusi atau Perusahaan untuk melakukan penyelesaian atas kewajiban-kewajiban keuangannya dan pengelolaan operasional secara tepat waktu dan akurat.

Kebutuhan atas laporan pembayaran kewajiban-kewajiban tersebut juga dapat diperoleh secara cepat dan real time, sehingga Nasabah akan langsung mendapatkan rekapitulasi atas laporan-laporan yang dibutuhkan.

Solusi ini sangat bermanfaat untuk kemudahan penyelesaian pembayaran kewajiban-kewajiban Nasabah, baik yang bersifat single maupun masal (dengan jumlah volume transaksi yang besar) serta memudahkan melakukan rekonsiliasi dalam identifikasi pengeluaran operasional Nasabah secara real time.

Fitur Untuk Penyaluran Dana, yaitu :

  1. BNI Virtual Account Debit (virtual account untuk penyaluran dana).

    Virtual account debit adalah 16 digits rekening virtual yang bertujuan untuk membantu transaksi penyaluran dana dimana rekening virtual tersebut dimiliki, diatas namakan, dan diadministrasikan oleh Nasabah pengguna, yang kemudian diberikan kepada mitranya untuk dijadikan sebagai rekening operasional dengan sumber dana pendebetan berasal dari rekening pooling.

    Keunggulan :
    • Kemudahan dalam identifikasi pembayaran/pengeluaran untuk keperluan pembayaran/transfer dana dari rekening sesuai kebutuhan yang dikehendaki.
    • Kemudahan dalam proses pemantauan transaksi virtual account.
    • Kemudahan dalam melakukan rekonsiliasi pembayaran/pengeluaran.
    • Dapat diterbitkan Kartu Debit.
    • Dapat melakukan pengaturan limit transaksi (per rekening virtual) sesuai kebutuhan.
    • Memperoleh laporan transaksi virtual account secara rutin pada H+1 setelah transaksi atau secara real time (H+0) via portal virtual account ataupun BNIDirect.
    • Kanal transaksi : kantor cabang, BNI ATM, Internet Banking BNIDirect, ATM Bersama/ATM Bank lain, Mesin EDC BNI.
    • Waktu implementasi yang mudah dan singkat.
    • Laporan akan diterima melalui e-mail PIC yang ditunjuk, dapat dilakukan sendiri oleh customer melalui BNIDirect atau melalui portal BNI Debit VA.

    Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI virtual account debit :
    • Memiliki rekening BNI Giro sebagai rekening sumber dana.
    • Menandatangani formulir penggunaan BNI virtual account.

  2. BNI API Corporate

    BNI API Services

    BNI telah mempersiapkan open banking untuk menjawab disrupsi di era reformasi digital khususnya pada sektor Perbankan. Solusi BNI API Corporate yang diperuntukkan bagi Nasabah korporasi maupun fintech, dimana Nasabah dapat mengakses layanan Perbankan, terutama yang berkaitan dengan transaksional dalam aplikasi keuangan yang dibangun secara mandiri oleh masing-masing Perusahaan dengan mengintegrasikan langsung dengan API BNI. Melalui BNI API Corporate, kerjasama B2B dapat dilakukan dengan mudah.

    Keunggulan Menggunakan API BNIDirect

    Terdapat 14 (empat belas) jenis API yang dapat diintegrasikan dengan Nasabah korporasi :

    1. BNI API One Gate Payment (OGP)

      Adalah one stop solution untuk cash management Nasabah korporasi, dimana Nasabah korporasi dapat mengakses langsung layanan Perbankan melalui integrasi dengan aplikasi Nasabah korporasi antara lain layanan informasi saldo, informasi rekening, pemindahbukuan, dan status transaksi. BNI AP OGP saat ini telah berstandar SNAP (Standar Nasional Open API Pembayaran) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

    2. BNI API Virtual Account (VA)

      Adalah fasilitas API yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran virtual account dan top up wallet dari Perusahaan yang telah bekerjasama dengan BNI pada platform atau sistem yang dimiliki Nasabah. BNI virtual account saat ini telah berstandar SNAP (Standar Nasional Open API Pembayaran) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

    3. BNI API Autopay

      Adalah fasilitas penerimaan dana yang disediakan oleh BNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung (direct debit) pada situs dan/atau aplikasi Nasabah yang dilengkapi dengan sistem pengaturan limit transaksi, serta OTP sebagai validasi registrasi dan transaksi. BNI Autopayment saat ini telah berstandar SNAP (Standar Nasional Open API Pembayaran) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

    4. BNI API Rekening Dana Lender (RDL)

      Adalah solusi integrasi BNI dengan Nasabah P2P Lending dalam pembukaan rekening user penggunanya (lender), dan pembayaran/penyaluran pinjam meminjam secara digital melalui sistem elektronik milik P2P Lending

    5. BNI API Rekening Dana Fintech (RDF)

      Adalah solusi untuk Perusahaan fintech yang terdaftar di OJK dalam pembukaan rekening secara digital untuk memfasilitasi transaksi pemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.

    6. BNI API Rekening Dana Nasabah (RDN)

      Adalah inovasi BNI dalam memberikan solusi untuk Perusahaan sekuritas dalam pembukaan rekening secara digital untuk investor dan dapat memfasilitasi transaksi pemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.

    7. BNI API Corporate Disbursement

      Solusi BNI bagi Perusahaan (atau nasabah non perorangan lainnya) untuk menyediakan fasilitas disbursement atau pembayaran Perusahaan kepada vendor atau mitra yang memiliki rekening non BNI dengan beberapa keunggulan dibandingkan dengan layanan transfer antar Bank yang ada saat ini.

    8. BNI API Notification Account Statement

      Solusi BNI bagi Nasabah non perorangan untuk menyediakan fasilitas pemberian informasi berupa notifikasi atas transaksi secara real time, yang dikirimkan ketika adanya transaksi pada rekening milik Nasabah yang telah didaftarkan.

    9. BNI API BNIDirect

      BNI API BNIDirect

      Solusi BNI yang diperuntukan bagi Nasabah Perusahaan ataupun non perorangan untuk mengintegrasikan sistem Perusahaan dengan BNIDirect melalui API Open Banking.

    10. BNI API Sharing Biller

      Solusi layanan Perbankan yang menggabungkan kemampuan pembayaran billing dan pembelian dari aplikasi mitra untuk meningkatkan pendapatan dan transaksi.

    11. BNI API Remittance

      Solusi API yang digunakan oleh Nasabah untuk melakukan pengiriman uang dalam bentuk valuta asing baik penerimaan (incoming) maupun pengiriman (outgoing).

    12. BNI API Financial Supply Chain Management (FSCM)

      BNI API FSCM

      Solusi bagi Perusahaan untuk melakukan transaksi terkait dengan supply chain financing secara mudah dan cepat melalui aplikasi/sistem Nasabah yang telah terintegrasi dengan platform BNI FSCM.

    13. BNI API QRIS

      API QRIS digunakan untuk generate QR yang memberikan kemudahan dalam pembayaran di aplikasi atau device Nasabah.

    14. BNI API TapCash

      TapCash adalah uang elektronik BNI berbasis chip (dapat berbentuk kartu, gelang atau lainnya) yang dapat diisi ulang. Dengan menggunakan API TapCash mitra dapat terhubung dengan sistem TapCash BNI, dimana mitra dapat menghadirkan fitur top up TapCash dan fitur update balance TapCash ke dalam aplikasi mitra secara real time.

Fitur untuk Penerimaan Dana, yaitu :

Sebuah solusi untuk Nasabah dalam melakukan penerimaan dana atas penjualan produk/jasa sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta dapat mengidentifikasi hasil penjualan secara cepat dan akurat.

  1. BNI Virtual Account Kredit (virtual account untuk penerimaan dana).

    Adalah rekening virtual yang dibuka untuk mendukung pengelolaan transaksi penerimaan Perusahaan/Institusi agar berjalan efektif dan efisien. BNI virtual account menawarkan kemudahan mengidentifikasi mitra/pelanggan yang melakukan pembayaran, pemantauan dan pelaporan yang akurat, serta kemudahan dan kecepatan dalam proses rekonsiliasi.

    Virtual account dalam hal ini digunakan sebagai identifikasi pelanggan atau penyetor, dimana setiap setoran pada virtual account tersebut otomatis akan terbuku ke dalam rekening utama (pooling) yang menjadi tujuan setoran.

    Fitur lengkap BNI Virtual Account terakomodir dalam platform BNI e-Collection yang dapat menjawab berbagai kebutuhan pengelolaan penerimaan dana (collection management).

    Keunggulan :

    • Nama dan nomor virtual account sebagai nomor tujuan transfer dan identifikasi pelanggan/penyetor, dapat ditentukan sendiri oleh customer.
    • Nama dan nomor virtual account akan muncul di rekening Koran setiap transaksi.
    • Penyetoran dapat dilakukan di berbagai kanal pembayaran maupun dari Bank lain, (kliring/RTGS/transfer antar Bank online) baik dalam IDR maupun USD.
    • Hasil transaksi dapat dilihat secara online melalui BNIDirect maupun portal BNI e-Collection.
    • Proses implementasi yang relatif singkat.
    • Penyetor tidak harus memiliki rekening di BNI.
    • Proses upload data dapat dilakukan sendiri oleh Nasabah melalui BNIDirect atau portal BNI e-Collection.
    • Kanal transaksi : kantor cabang, ATM BNI, Internet Banking corporate BNIDirect, SMS Banking BNI, ATM Bersama/ATM Bank lain, kantor cabang Bank lain, Internet Banking Bank lain, Agent46.
    Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account Kredit :
    • Memiliki rekening BNl Giro sebagai rekening pooling atau rekening utama.
    • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account Kredit.

  2. BNI MPN G3

    Modul Penerimaan Negara Generasi 3 (MPN G3) BNI adalah sistem penerimaan Negara secara elektronik yang dibangun oleh Bank Negara Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Keuangan sebagai pengembangan yang berkelanjutan dari MPN G2.

    MPN G3 memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak/Wajib Bayar/Wajib Setor dalam melakukan pembayaran/penyetoran Pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Cukai, cukup dengan menggunakan kode billing elektronik sesuai dengan jenis penerimaan negara yang kemudian akan dijadikan kode pembayaran pada saat melakukan setoran di channel BNI.

    Pembayaran dapat melalui : EDC, BNI ATM, BNIDirect, BNI Internet Banking, dan BNI Mobile Banking.
    Manfaat MPN G3 bagi Wajib Pajak/Wajib Byar/Wajib Setor :
    • Transaksi pembayaran Pajak, PNBP dan Cukai secara fleksibel dan cepat.
    • Akuntabilitas seluruh data transaksi penerimaan negara.
    • Menghindari human error dalam perekam data Pajak, PNBP dan Cukai.
    • Kepastian pembayaran lebih terjamin karena menggunakan kode billing elektronik.

  3. BNIDirect

    BNIDirect

    BNIDirect adalah platform online dari BNI yang khusus diperuntukkan bagi Nasabah non-perorangan (bisnis dan institusi) untuk melakukan transaksi keuangan dengan lebih cepat, mudah, dan aman. BNIDirect dapat digunakan melalui website (web base) dan aplikasi mobile (BNIDirect Mobile).

    Keunikan BNIDirect terletak pada integrasinya antara aplikasi web dan mobile. Hal ini memungkinkan Nasabah untuk memantau dan melihat transaksi yang diinisiasi dari platform mana pun, baik itu website maupun aplikasi mobile.

    Keunggulan BNIDirect

    Keunggulan BNIDirect

    1. Akses
    2. Akses internet 24 jam (untuk transaksi in-house dan online transfer).

    3. Mudah
      • User friendly.
      • Dilengkapi dengan panduan transaksi.
      • Dapat melakukan transaksi dimana saja.
    4. Aman
      • Secure Line dengan Verisign Security Certification Socket Secure Line (SSL) 128 bit.
      • Otorisasi transaksi menggunakan electronic signature, yaitu BNI e-Secure (hard token) atau mobile token.
      • Menggunakan DigiCert untuk memastikan keamanan komunikasi dan transfer data antara server dan pengguna, serta meningkatkan keamanan Nasabah.
      • Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan password. Pembagian kewenangan transaksi terdiri dari hirarki approval, Matrix kewenangan transaksi dan limit transaksi.
    5. Various Connectivity and Customize Integration
    6. Kemampuan untuk terhubung dengan berbagai perangkat dan sistem, dan menyesuaikan integrasi agar sesuai dengan kebutuhan Nasabah.

      • Web access.
      • Mobile access.
      • Integration with file.
      • Integration with API.
    7. Fitur Keunggulan
    8. Fitur Keunggulan

      • Transfer Management.
      • Mass Payment (Bulk Payment and Payroll).
      • Tax Payment.
      • Liquidity Management.
      • Collective DPLK.
      • Bill Payment.
      • VA Management.
      • BNI POPS.

    Keunggulan BNIDirect Mobile :

    Mudah diakses di berbagai perangkat Android dan iOS, BNIDirect Mobile menghadirkan :

    • Tampilan responsif yang menyesuaikan dengan layar perangkat Anda.
    • Persetujuan transaksi mudah, menggunakan hard token atau soft token.
    • Keamanan berlapis dengan berbagai fitur keamanan untuk melindungi data Anda.
    • Pembaruan otomatis untuk fitur BNIDirect Mobile, tanpa perlu install ulang.

    Versi Yang digunakan :

    Versi minimal Android : Marshmallow.

    Versi minimal iOS : iOS 11.

    Keamanan BNIDirect Mobile :

    • Autentifikasi transaksi menggunakan challenge number yang terintegrasi dengan soft token atau hard token.
    • Akses ke menu yang transaksional memerlukan MPIN.
    • Komunikasi data antara device dan app server ter-enkripsi AES 256.
    • Verifikasi Web Application Firewall (WAF).

  4. Platform
    1. Dashboard VA Restrukturisasi Kementrian Keuangan

      Dashboard untuk monitoring cash in, cash out, saldo awal, saldo akhir dari tiap satker (VA Account) yang di akumulasikan ke tingkat Eselon, Kementerian dan Nasional.

    2. Dashboard Universitas

      Dashboard untuk monitoring transaksi pada segment Universitas group per masing-masing fakultas.

    3. Digipay

      Platform (market place) bagi satuan kerja Kementerian untuk melakukan pemesanan barang dan jasa dan melakukan pembayaran menggunakan VA dan KK.

  5. BNI Fast

    Infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang memberikan fasilitas pembayaran ritel secara real time, aman, efisien, dan bisa dilakukan kapan saja (24 jam non stop).

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)

Telp : (021) 29946046

Email : tbs_sat@bni.co.id