Collection Management


Jika Anda memiliki usaha dengan jaringan yang tersebar luas dan menginginkan proses collection atas penjualan produk/jasa dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta dapat mengidentifikasi hasil penjualan secara cepat dan akurat, maka BNI memberi solusi kepada Anda melalui solusi Collection Management.

Fitur Collection Management :

  1. BNI Virtual Account Kredit (Virtual Account for Collection)

  2. Adalah rekening virtual yang dibuka untuk mendukung pengelolaan transaksi penerimaan (Collection) Perusahaan/Institusi agar berjalan efektif dan efisien. BNI Virtual Account menawarkan kemudahan mengidentifikasi mitra/pelanggan yang melakukan pembayaran, pemantauan dan pelaporan yang akurat, serta kemudahan dan kecepatan dalam proses rekonsiliasi.

    Virtual Account dalam hal ini digunakan sebagai identifikasi pelanggan atau penyetor, dimana setiap setoran pada virtual account tersebut otomatis akan terbuku ke dalam rekening utama yang menjadi tujuan setoran.

    Fitur lengkap BNI Virtual Account terakomodir dalam platform BNI e-Collection yang dapat menjawab berbagai kebutuhan pengelolaan penerimaan dana (Collection Management) sesuai kebutuhan Nasabah.

    Keunggulan :
    • Nama dan nomor virtual account sebagai nomor tujuan transfer dan identifikasi pelanggan/penyetor, dapat ditentukan sendiri oleh customer.
    • Nomor dan nama virtual account akan muncul di rekening koran (Account Statement) setiap transaksi.
    • Penyetoran dapat dilakukan di berbagai channel pembayaran maupun dari Bank lain, (kliring/RTGS/transfer antar Bank Online) baik dalam Rupiah maupun USD Dollar.
    • Hasil transaksi dapat dilihat secara online melalui BNIDirect maupun portal BNI e-Collection.
    • Proses implementasi yang relatif singkat.
    • Penyetor tidak harus memiliki rekening di BNI.
    • Proses upload data dapat dilakukan sendiri oleh customer melalui BNIDirect atau portal BNI e-Collection.
    • Channel transaksi : kantor cabang, ATM BNI, Internet Banking Corporate BNIDirect, SMS Banking BNI, ATM Bersama/ATM Bank lain, kantor cabang Bank lain, Internet Banking Bank lain.

    Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account :
    • Memiliki rekening BNI Giro sebagai rekening pooling atau rekening utama.
    • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account.

  3. Layanan Penjemputan dan Pengantaran Uang (Pick-up & Delivery Services)

  4. Adalah layanan pengambilan/penjemputan uang (Tunai/Cek atau Bilyet Giro) dari lokasi Nasabah untuk disetorkan ke rekening Nasabah di BNI, dan atau layanan pengantaran uang tunai yang berasal dari pencairan dana dari rekening Nasabah untuk diantarkan ke lokasi Nasabah sesuai nominal dan lokasi yang telah disepakati.

    Manfaat :
    • Nasabah dapat merealisasikan hasil penjualan/penerimaan dana ke dalam rekeningnya di Bank secara aman, cepat, dan efisien.
    • Nasabah dapat merealisasikan pencairan dana secara tunai dari rekening mereka di Bank dan diterima oleh Nasabah secara aman, cepat, dan efisien.

    Persyaratan :
    • Memiliki rekening BNI Giro.
    • Memenuhi ketentuan minimum rata-rata pengendapan dana Giro yang ditentukan.

  5. BNI Student Payment Center (BNI SPC)

  6. Layanan khusus bagi Nasabah Institusi Pendidikan, Universitas baik negeri atau swasta yang ditujukan membantu pengelolaan penerimaan pembayaran tagihan/biaya pendidikan/akademik secara terintegrasi, meliputi fitur-fitur penerimaan pembayaran, rekonsiliasi, penyelesaian (settlement), sampai dengan pelaporan.

  7. Autodebit

  8. Adalah pembayaran otomatis yang ditarik dari rekening giro atau tabungan setiap bulan dengan mata uang yang sama. Rekening yang didebet harus terdaftar terlebih dahulu.

  9. BNI Autopayment

  10. Adalah fasilitas penerimaan dana yang disediakan oleh BNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung pada situs dan/atau aplikasi Biller dengan limit harian yang dapat diatur sesuai kebutuhan dan OTP sebagai validasi Registrasi.

    Keunggulan BNI Autopay :
    • Transaksi pembayaran hanya dalam sekali tekan.
    • Tidak perlu membuka aplikasi lain.
    • Transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
    • Transaksi dijamin aman dengan validasi berkala.
    • Limit harian transaksi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

    Terdapat tiga jenis BNI Autopay yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah, diantaranya :
    • Autopay Retail.
    • Autopay Non-Retail.
    • Autopay Billing.

  11. OPBS Pertamina

  12. Adalah fitur yang tersedia bagi Nasabah untuk melakukan pemesanan dan pembayaran atas pembelian produk PERTAMINA dengan menggunakan sistem Host to Host sehingga kenyamanan dan keamanan Pelanggan PERTAMINA dalam bertransaksi dapat terjaga.

  13. e-PBB

  14. Adalah solusi yang memudahkan masyarakat dan Perusahaan di berbagai daerah dalam melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan kapanpun dan dimanapun melalui fasilitas BNI e-Banking.

    Pembayaran dapat dilakukan pada :
    BNI ATM, BNI SMS Banking, BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking Personal, BNIDirec dan Kantor Cabang.

  15. Ecosmart

  16. Merupakan solusi yang khusus dirancang untuk membantu Nasabah Perusahaan dalam melakukan aktivitas pengelolaan member untuk berbagai ecosystem secara optimal, efektif, efisien yang dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan.

    BNI ECOSmart juga dapat menjadi solusi bagi Perusahaan dalam melakukan pengelolaan dan pembuatan tagihan, pelaporan dan dashboard pembayaran, monitoring pembayaran serta penyampaian informasi dan berita. Dengan BNI ECOSmart implementasi akan lebih mudah dan cepat dengan adanya pilihan skema integrasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

    BNI ECOSmart, telah didukung dengan layanan BNI e-Collection (BNI Virtual Account) yang dirancang untuk membantu management Perusahaan dalam mengelola aktivitas penerimaan dana (collection) secara optimal, serta untuk identifikasi pembayar. Selain itu didukung juga dengan layanan BNIDirect untuk kemudahan pembayaran operasional tenant dan tersedia pula Dashboard untuk kemudahan pelaporan.

    Memiliki Fitur antara lain :
    • Mobile Friendly
      Seluruh tagihan dengan mudah diakses melalui mobile Aplikasi BNI ECOSmart baik melalui Aplikasi IOS dan Android.
    • Informasi Tagihan
      Tidak perlu khawatir dengan melewatkan tanggal jatuh tempo tagihan, BNI ECOSmart memiliki fitur informasi tagihan lengkap dari mulai unpaid, on process hingga history tagihan.
    • User Guide
      Aplikasi mobile BNI ECOSmart sangat mudah digunakan karena dilengkapi dengan user guide yang akan menambah experience dalam menggunakannya.
    • Real-time notification
      Konfirmasi pembayaran secara otomatis dan real-time.
    • Handling Complaint
      Nasabah dapat menggunakan fitur help untuk mengajukan keluhan/complaint serta melakukan tracking atas proses complaint tersebut.
    • Chat with the Owner
      Nasabah dapat menggunakan fitur chat di aplikas BNI ECOSmart Mobile untuk bertanya dan memberikan saran kepada Management.

    Keunggulan :
    • Cepat dan Mudah
      Implementasi mudah dan cepat dengan beberapa pilihan skema integrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
    • Fleksibilitas Implementasi
      Dapat di implementasikan di berbagai ekosistem seperti : Apartemen, Kondotel, Pasar, Keanggotaan, Kawasan Industri, dan lain-lain.
    • Komunikasi Dua Arah
      Kemudahan dalam melakukan komunikasi dua arah antara Manajemen dan client.
    • Fleksibilitas Cara Pembayaran
      Kemudahan pembayaran tagihan oleh customer Anda di seluruh chanel Bank di Indonesia.
    • Dashboard, Report dan Rekonsiliasi Real-time dan Online
      Tersedia Dashboard bagi manajemen dan sistem reporting dan rekonsiliasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan manajemen dan dapat diakses secara Real-time online (akurat, cepat, dan tepat).

  17. BNI EduPatrol

  18. BNI eduPATROL atau BNI education parental control adalah solusi Pendidikan bagi sekolah dan orang tua dalam monitoring perkembangan Pendidikan anak dengan fitur-fitur yang menyesuaikan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diimplementasikan pada masa pandemic Covid-19.

    Manfaat BNI EduPATROL :
    1. Untuk Orangtua/Wali Siswa
      • Mudah mengawasi aktivitas anak.
      • Pembayaran pendidikan anak dapat dimana saja dan kapan saja.
      • Pengajuan izin tidak masuk sekolah lebih praktis.
      • Mudah dalam mengakses informasi, pengumuman atau info kegiatan sekolah.
      • Notifikasi elektronik melalui aplikasi pada smartphone.
    2. Untuk Siswa
      • Mudah dalam melakukan absensi.
      • Mudah dalam mengakses informasi, pengumuman atau info kegiatan sekolah.
      • Mudah dalam mengetahui nilai (hasil ujian) dari sekolah.
    3. Untuk Sekolah
      • Sistem administrasi yang rapi, terpusat dan terintegrasi.
      • Mudah dalam memberikan informasi kepada pihak orang tua, terkait siswa atau aktivitas sekolah secara online.
      • Penerimaan pembayaran biaya pendidikan langsung ke dalam rekening sekolah.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)

Telp : (021) 29946046

Email : tbs_sat@bni.co.id