
Sebagai salah satu Bank yang menjadi motor penggerak pelaksana Keuangan Berkelanjutan (Sustainable Finance) di Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (“BNI”) terus menggalang energi dari seluruh insan BNI untuk berada di garda terdepan penerapan keuangan berkelanjutan. Kami percaya bahwa apa yang kami lakukan adalah sejalan dan mendukung pembangunan berkelanjutan, di samping meningkatkan daya tahan dan daya saing BNI.
Komitmen BNI dalam keberlanjutan ditandai dengan penerapan keuangan berkelanjutan (sustainable finance) sebagai payung nilai-nilai (values), sikap dan budaya kerja, strategi Perusahaan, kebijakan operasional serta sistem dan prosedur operasional Perusahaan. Selain itu, kami pun terus mencari peluang kerja sama dengan berbagai pihak, untuk bersama BNI menyatukan energi demi keberlanjutan bumi berserta segenap isinya.

Menjadi lembaga keuangan yang unggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan merupakan Visi BNI dan didukung oleh Misi BNI yang sejalan dengan Keuangan Berkelanjutan. BNI senantiasa mengembangkan Perusahaan berdasarkan Lima Pilar Keberlanjutan, yaitu BNI untuk Indonesia, BNI untuk Nasabah, BNI untuk Pegawai, BNI untuk Masyarakat, dan BNI untuk Lingkungan Hidup.
Per Juni 2021, BNI memiliki investasi pada portfolio hijau sebesar Rp 139.4 Triliun atau 24.5% dari total penyaluran kredit BNI, terdiri dari kredit yang disalurkan ke sektor-sektor yang memenuhi Kriteria Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB) termasuk di dalamnya adalah pemberdayaan sosial ekonomi, pengelolaan sumber daya alam hayati dan penggunaan lahan yang berkelanjutan, energi terbarukan, efisiensi pencegahan polusi energi dan pengelolaan air dan limbah yang sejalan dengan aspek keberlanjutan.

BNI berupaya menyediakan produk dan layanan yang berdampak baik bagi kelestarian lingkungan. Saat ini BNI memiliki 3,243 unit ATM yang dilengkapi layanan suara untuk membantu nasabah berkebutuhan khusus, mempromosikan program dukungan inklusi keuangan melalui agen perbankan (Agen46), serta meningkatkan intensitas pengembangan digital untuk memperkuat moto #BNItuDigital.
Selama masa pandemi yang sedang kita hadapi, BNI telah melakukan distribusi bantuan ke berbagai penjuru Indonesia demi turut meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19. BNI fokus menjalankan bisnis ramah lingkungan dengan memperhatikan penggunaan material, energi dan air, dan penanganan emisi dan limbah. BNI juga senantiasa meningkatkan kesadaran pegawai terkait isu lingkungan, serta menyediakan pelatihan yang memperhatikan aspek lingkungan dan sosial.