Berita


10 e-Warong KUBE PKH Launched Simultaneously in Bandung

Bandung, 4 September 2016 - Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera atau KMIS yang dikembangkan Kementerian Sosial RI dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam bentuk Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik Program Keluarga Harapan atau e-Warong KUBE PKH terus diperluas jangkauannya. Kali ini, 10 e-Warong KUBE PKH dibuka di Kota Bandung sebagai awal untuk mendorong percepatan pembukaan e-Warong KUBE PKH lainnya di Provinsi Jawa Barat, dan melengkapi e-Warong KUBE PKH lainnya dari provinsi yang sama sebelumnya, yaitu di Kota Bogor.

Pembukaan e-Warong KUBE PKH di Bandung ini dilaksanakan di e-Warong KUBE PKH "Jadi Barokah” yang dikelola Ibu Ngadini di Kelurahan Binong, Kecamatan Batu Nunggal, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (2 September 2016). Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto.

Peresmian di Batu Nunggal ini menandai dimulainya 9 e-Warong KUBE PKH lainnya di Bandung. Ke-9 e-Warong KUBE PKH lainnya adalah e-Warong KUBE PKH "Juara" di Kelurahan Ciseureuh, e-Warong KUBE PKH "Binangkit" di Kelurahan Sukapada, e-Warong KUBE PKH "Maslahah" di Kelurahan Cibadak, e-Warong KUBE PKH "Motekar" di Keluarahan Cigondewah Kaler, e-Warong KUBE PKH "Maju Jamuga" di Kelurahan Cisurupan, e-Warong KUBE PKH "Ukhuwah" di Kelurahan Pasir Wangi, e-Warong KUBE PKH "Suyunan" di Kelurahan Cibaduyut Kidul, e-Warong KUBE PKH "Sawargi" di Kelurahan Sukawarna, dan e-Warong KUBE PKH "Someah" di Kelurahan Margahayu Utara.

Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, e-Warong KUBE PKH adalah ikhtiar pemerintah untuk menyalurkan bantuan sosial dan subsidi secara non tunai. Pada tahap awal, baru 10 e-Warong KUBE PKH yang diresmikan untuk wilayah Bandung. Jumlah itu perlu ditambahkan karena kebutuhan e-Warong KUBE PKH di Bandung adalah sebanyak 62 e-Warong KUBE PKH.

"Dengan e-Warong KUBE PKH ini tidak perlu khawatir sisa uang bantuan sosial akan habis karena tersimpan di tabungan yang disediakan BNI. e-Warong KUBE PKH juga akan menghilangkan ketergantungan warga Bandung terhadap rentenir," ujarnya.

e-Warong KUBE PKH Jadi Barokah yang diresmikan operasionalnya di Bandung tersebut merupakan e-Warong KUBE PKH ke-18 yang dikembangkan oleh BNI dengan dukungan penuh Kemensos RI. Sebelumnya di Malang, BNI telah membuka 6 e-Warong KUBE, kemudian masing-masing 2 e-Warong KUBE PKH di Sidoarjo dan Surabaya, dan masing-masing 1 e-Warong KUBE PKH di Mojokerto, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. BNI juga telah membuka 1 e-Warong KUBE PKH di Johar Baru, Jakarta yang menjadi lokasi peluncuran pertama e-Warong KUBE PKH bank-bank milik negara yang terhimpun dalam HIMBARA.

Sebagai bank yang mengembangkan jaringan Branchless Banking dalam program Laku Pandai, BNI menjadikan e-Warong KUBE PKHsebagai agen Laku Pandai BNI, yang dinamai Agen46. Sebagai Agen46, e-Warong KUBE PKH “Jadi Barokah” dapat membukakan rekening bagi para anggota Koperasinya, yang nantinya akan menampung dana Bantuan Sosial dan Subsidi. Selain buku tabungan, anggota koperasi akan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yang nantinya akan digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi secara digital.

Pemilik KKS yang juga penerima manfaat Bantuan Sosial dan Subsidi dapat mencairkan bantuan dari pemerintah tersebut di seluruh jaringan e-Warong KUBE, seluruh outlet dan ATM BNI, maupun jaringan yang dimiliki oleh bank-bank milik negara, yaitu BRI, Mandiri, dan BTN.

e-Warong KUBE PKH juga beroperasi sesuai dengan konsep Rumah Pangan Kita yang dikembangkan oleh BULOG. Dengan demikian, pada satu e-Warong KUBE, tertanam juga fungsi sebagai penjual barang-barang kebutuhan pokok (Rumah Pangan Kita) plus fungsi sebagai Branchless Banking (sebagai Agen46), sehingga menjadi sebuah perpaduan yang lengkap.

Aplikasi Minimarket
Suprajarto mengungkapkan, salah satu keunggulan utama KKS adalah adanya dua sistem yang tertanam di dalamnya, yaitu tertanam sistem Saving Account sekaligus sebagai e-Wallet. Dengan fungsi tersebut, penerima manfaat bantuan sosial dapat membelanjakan dana bantuan sosial atau subsidi untuk pembelian bahan kebutuhan pokok, atau menarik dana bantuan sosial secara tunai.

"Apabila ada sisa dana di dalam tabungan, akan kami berlakukan seperti tabungan lain di BNI, sehingga tetap mendapatkan bunga. Seluruh e-Warong KUBE PKH adalah Agen46 yang kami lengkapi dengan aplikasi minimarket yang terintegrasi, sehingga akan memudahkan proses penjualan dan pemesanan barang," ujarnya.

Sebelumnya, Peresmian e-Warong KUBE PKH dan uji coba KKS telah dilakukan oleh BNI bersama Kementerian Sosial RI, di sebelas kota, yaitu Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, DKI Jakarta, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. Pada uji coba transaksi di Bandung kali ini, penyaluran bantuan sosial dan subsidi dilaksanakan secara lengkap hingga ke transaksi pembelian barang-barang kebutuhan pokok. Pengelola e-Warong KUBE PKH dan penerima manfaat diajak untuk mencoba bertransaksi dengan menggunakan KKS dan mesin Electronic Data Capture (EDC). Dengan KKS dan EDC itu, penerima manfaat akan memperoleh informasi saldo dana bantuan sosial dan subsidi yang mereka miliki, kemudian membelanjakan dana bantuan tersebut di e-Warong KUBE PKH.

Dengan dukungan sistem dari BNI ini, penyaluran bantuan sosial yang diterima masyarakat akan dilakukan secara non tunai, dimana bantuan sosial akan langsung masuk ke rekening penerima manfaat dan selanjutnya dapat digunakan untuk membeli barang yang telah ditetapkan di e-Warong KUBE PKH, melakukan tarik tunai, atau tetap disimpan di dalam Tabungan. KKS juga dapat difungsikan sebagai kartu Debit yang dapat bertransaksi di ATM.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp.021-5728387, Email: bni@bni.co.id

Bandung, 4 September 2016 - Indonesian Welfare Society Cooperative or KMIS, developed by the Ministry of Social Affairs, collaborated with PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk to form Cooperative Joint Electronic Family Hope Program or e-Warong KUBE PKH, and had continuously expanded its reach. 10 e-Warong KUBE PKH were launched in Bandung to accelerate other e-Warong KUBE PKH in West Java, and to accompany e-Warong KUBE PKH in Bogor.

e-Warong KUBE PKH launch in Bandung took place at e-Warong KUBE PKH "Jadi Barokah” managed by Ngadini in Binong regency, Nunggal Batu subdistrict, Bandung, West Java, on Friday (2 September 2016). Social Affairs Minister Khofifah Indar Parawansa, Bandung Mayor Ridwan Kamil, and BNI Deputy Director Suprajarto.

The launch at Batu Nunggal marked the beginning of nine other e-Warong KUBE PKH in Bandung: e-Warong KUBE PKH "Juara" in Ciseureuh, e-Warong KUBE PKH "Binangkit" in Sukapada, e-Warong KUBE PKH "Maslahah" in Cibadak, e-Warong KUBE PKH "Motekar" in Cigondewah Kaler, e-Warong KUBE PKH "Maju Jamuga" in Cisurupan, e-Warong KUBE PKH "Ukhuwah" in Pasir Wangi, e-Warong KUBE PKH "Suyunan" in Cibaduyut Kidul, e-Warong KUBE PKH "Sawargi" in Sukawarna, and e-Warong KUBE PKH "Someah" in Margahayu Utara.

Khofifah Indar Parawansa noted that e-Warong KUBE PKH program is a government initiative to channel social assistance and subsidies in non-cash forms. In the initial phase, the ten new e-Warong KUBE PKH inaugurated in Bandung will increase to 62 e-Warong KUBE PKH, the amount needed in Bandung.

“e-Warong KUBE PKH diminishes the worry social assistance fund will run out, because it is saved in a savings account provided by BNI. e-Warong KUBE PKH will also eliminate citizen dependence on moneylenders," she explained.

e-Warong KUBE PKH Jadi Barokah officially operated in Bandung, and was the 18th e-Warong KUBE PKH developed by BNI with the full support of the Ministry of Social Affairs. Earlier in Malang, BNI has opened 6 e-Warong KUBEs, two e-Warong KUBE PKH in Sidoarjo and Surabaya, and one e-Warong KUBE PKH each in Mojokerto, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, West Progo, and the city of Yogyakarta. BNI has also opened the first e-Warong KUBE PKH in Johar Baru, Jakarta, where the first HIMBARA state-owned banks e-Warong KUBE PKH first debuted.

As the bank involved in developing Branchless Banking network, BNI has transformed e-Warong KUBE PKH as agents of BNI Branchless Banking Agen46. As Agen46, e-Warong KUBE PKH “Jadi Barokah” have the authority to open an account that accommodate funds Social Assistance and subsidies for cooperative member. In addition to the passbook, cooperative members will get a card Family Welfare (KKS), which will be used as a means to conduct digital transactions.

KKS owners who are also Social Assistance and subsidy beneficiaries may access government assistance through e-Warong KUBE PKH network, all BNI outlets and ATMs, as well as state owned banks BRI, Mandiri, and BTN networks.

E-Warong KUBE PKH also operates in accordance with Our Food House, developed by BULOG. Thus, a e-Warong KUBE may also function as a seller of goods and basic needs (Food Rumah Kita), in addition to acting as Branchless Banking (Agen46), providing one stop shop for customers.

Aplikasi Minimarket

Suprajarto explained that BNI’s latest technology is highly beneficial for social assistance recipients, because it consisted of two embedded systems: Savings Account and e-Wallet functions. With these functions, beneficiaries of social assistance can spend social grants or subsidies to purchase basic necessities, or withdraw social assistance funds in cash.

"Should there be any remaining funds in the account, BNI ensures that the funds are saved as a saving to maintain interest and prevent loss. All e-Warong KUBE PKH are Agen46 outlets equipped with mini-integrated application to facilitate selling and ordering of goods.," ujarnya.

Previously, BNI and the Ministry of Social Affairs conducted the launch of e-Warong KUBE PKH and KKS trials in 11 cities, which are Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, Jakarta, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, Kulon Progo, and Yogyakarta. At the trial in Bandung, the distribution of social assistance and subsidies were implemented in full, up to the purchase of staple goods. e-Warong KUBE PKH managers and beneficiaries were invited to try transactions using KKS and Electronic Data Capture (EDC). With PSC and EDC, beneficiaries will obtain balanced information regarding social grants and subsidies, and spend the funds at e-Warong KUBE PKH.

 With BNI support system, distribution of social assistance received by the community will be non cash, where funds will go directly to the beneficiary’s account to be used to purchase goods specified at e-Warong KUBE PKH, withdraw cash, or be kept in the Savings. KKS may also function as a debit card to use at ATMs.

For more information, please contact :

Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp : 021-5728387, Email : bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita