Berita


HUT Ke-77, BNI Jadi Salah Satu Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Nasional

HUT Ke-77, BNI Jadi Salah Satu Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Jakarta, Rabu (5/7/2023) -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI kini telah memasuki usia ke-77 tahun. Di usia yang semakin matang ini, BNI tetap berkomitmen untuk terus setia melayani masyarakat dan juga dapat terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Adapun, sejak didirikan pada 5 Juli 1946, BNI telah didesain untuk melengkapi kedaulatan yang telah diraih Indonesia, khususnya dalam bidang moneter.

BNI, pada awalnya didirikan sebagai bank sentral yang kemudian diberikan amanah untuk mengemban tugas yang sangat mulia, yaitu sebagai Bank Perjuangan dan Bank Pembangunan.

Saat ini BNI telah tumbuh menjadi salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia dalam memberikan layanan finansial secara terpadu. Hal ini juga didukung oleh sejumlah perusahaan anak yang solid, yakni BNI Multifinance, BNI Sekuritas, BNI Life, BNI Asset Manajemen, BNI Ventures, BNI Remittance, dan hibank.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, perseroan mengusung tema Global Reach Indonesian Pride dalam perayaan HUT kali ini, yang terinspirasi dari visi BNI untuk menjadi lembaga keuangan yang unggul dalam layanan dan kinerja berkelanjutan.

"Kami bersyukur, perjalanan BNI sudah sampai sejauh ini dan tentunya masih akan terus berlanjut. Secara tersirat tema yang kami bawa tahun ini menegaskan kembali misi BNI, untuk mewujudkan tujuan besar, mencapai market global dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia," ungkapnya dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BNI ke-77 bertema Global Reach Indonesian Pride di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Pada tahun ini, lanjut Royke, BNI memanfaatkan momentum untuk dapat menjadi salah satu episentrum pertumbuhan perekonomian nasional. BNI berupaya proaktif memainkan peran penting dalam mendorong bisnis yang lebih bertanggung jawab salah satunya dengan mempertimbangkan prinsip berkelanjutan dan ramah lingkungan (ESG).

BNI juga menguatkan komitmen dan baktinya kepada NKRI dengan turut terlibat aktif dalam pembangunan ekonomi di Ibu Kota Negara (IKN) yang tentunya terdapat sejumlah potensi bisnis yang akan digarap dan dioptimalkan seiring dengan partisipasi perseroan dalam mega proyek tersebut.

Tak berhenti di situ, BNI juga menaruh perhatian penuh terhadap kebangkitan UMKM Indonesia pascapandemi Covid-19. BNI terus mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan menembus pasar global melalui program BNI Xpora.

Royke menegaskan, pencapaian perjalanan usia 77 tahun membuktikan kemampuan BNI dalam beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi sehingga dapat memberikan layanan yang optimal serta mampu bersaing di tengah kompetisi yang semakin kompetitif.

BNI Mengedepankan Core Value AKHLAK

Dalam kesempatan tersebut, Komisaris Utama BNI Agus D.W. Martowardojo menyampaikan, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dunia, untuk menjadi Bank kebanggaan bangsa, BNI didukung tidak hanya dengan infrastruktur yang baik tetapi juga sumber daya manusia yang berintegritas, kompeten, serta selalu mengedepankan core value AKHLAK.

"Oleh karena itu perseroan yakin visi BNI untuk menjadi lembaga keuangan yang terunggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan, dapat tercapai," katanya.

Agus menambahkan, sejalan dengan kondisi perekonomian Indonesia yang semakin membaik, BNI akan memanfaatkan momentum untuk meningkatkan pencapaian kinerjanya hingga akhir tahun.

Maka dari itu, perseroan mengajak seluruh stakeholder untuk meningkatkan awareness terhadap pengelolaan bank yang baik sesuai prinsip-prinsip good corporate governance (GCG), lebih meningkatkan budaya sadar risiko dan budaya kepatuhan, serta menerapkan Performance Risk Based Management dengan konsisten agar risiko di kemudian hari dapat diminimalkan, serta terus disiplin dalam melakukan transformasi perbaikan. 

"BNI harus mampu terus melakukan lompatan perubahan, membangun nilai-nilai yang baik dalam bekerja, serta tanggap dan cepat beradaptasi dalam menghadapi perubahan," ujar Agus.

Dia berharap pada usia ke-77 ini, BNI dapat Semakin Kuat, Tangguh dan Terpercaya Melayani Negeri Kebanggaan Bangsa.

"Kami mengajak seluruh BNI Hi-Movers, untuk memanfaatkan momentum sehingga pada tahun ini BNI dapat mewujudkan tujuan mulianya menjadi lembaga keuangan kebanggaan bangsa dan dapat melompat lebih tinggi hingga tahun-tahun berikutnya,"  pungkasnya. (*)

Related

Arsip Berita