Berita


BNI Xpora Dorong Kayu Produksi Ciamis Diekspor Hingga Mancanegara

BNI Xpora Dorong Kayu Produksi Ciamis Diekspor Hingga Mancanegara

Jakarta, 23 Oktober 2023 -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus mendorong kinerja ekspor debitur UMKM melalui program Xpora. Kali ini BNI berhasil mengantarkan produk kayu Kaytama dari Ciamis, Jawa Barat hingga ke berbagai negara asing.

Pemilik Kaytama, Yudi Eko Santosa mengatakan bahwa Kaytama menyediakan berbagai macam produk kayu jadi seperti ubin kayu/exterior decking, finger joint laminating, tiang, balok, hingga kusen, pintu dan jendela.

Kaytama juga dapat memproduksi produk olahan kayu secara custom berdasarkan permintaan dari customer.

"BNI telah banyak berkontribusi dalam perjalanan Kaytama. Tidak hanya memberikan pembiayaan, BNI semakin mempermudah Kaytama untuk memperluas pangsa pasarnya ke luar negeri melalui business matching dari Xpora," ujar Yudi.

Hingga saat ini, Kaytama telah melakukan ekspor ke Singapura, China, Korea Selatan, Australia, New Zealand, Amerika, UAE, hingga berbagai negara Eropa.

Kinerja BNI Xpora tersebut turut mendapatkan apresiasi dari Anggota Komisi XI DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa.

"UMKM merupakan salah satu kontributor utama perekonomian nasional, sehingga perlu untuk mendapatkan dukungan yang maksimal dari kita semua. Melalui Xpora, BNI secara konsisten memudahkan UMKM lokal untuk merambah pasar di luar negeri," ujar Agun.

Agun juga mengatakan, UMKM juga menjadi penyerap utama tenaga kerja. Dengan semakin banyak bisnis UMKM yang berkembang hingga ke luar negeri, diharapkan dapat semakin banyak tenaga kerja yang terserap sehingga turut mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

"Bahkan selama pandemi Covid-19, terbukti UMKM yang menyelamatkan perekonomian nasional kita. BNI tidak hanya memberi dukungan ekspor kepada UMKM, bahkan banyak membantu masyarakat melalui CSR di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar hingga Pangandaran," tutup Agun.

Related

Arsip Berita