Berita


BNI Menggandeng Sumitomo Life Untuk Mengembangkan BNI Life

Jakarta, 2 Desember 2013. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI melakukan kemitraan strategis dengan Sumitomo Life Insurance Company ("Sumitomo Life"). Kemitraan strategis ini dilakukan melalui pembelian saham baru yang diterbitkan oleh PT BNI Life Insurance ("BNI Life"), anak perusahaan BNI yang bergerak dibidang asuransi jiwa, oleh Sumitomo Life senilai Rp 4,2 Triliun.  Dengan pembelian tersebut, Sumitomo Life akan memiliki +/- 40% saham BNI Life, transaksi ini akan berlaku efektif setelah mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang.

Kemitraan strategis ini ditandai dengan penandatanganan dokumen kerja sama di Jakarta, Senin (2/12/2013), oleh Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo, President and Chief Executive Officer of Sumitomo Life Insurance Company Yoshio Sato, dan Direktur Utama BNI Life A Junaedy Ganie.

Kemitraan strategis ini menggambarkan keyakinan akan besarnya peluang yang akan diperoleh dari kerja sama jangka panjang bancassurance antara BNI dan BNI Life. BNI dan BNI Life akan memfokuskan pada pengembangan jaringan bancassurance , dimana Annualized Premium Equivalent untuk tahun 2013 diproyeksikan akan tumbuh sebesar +/- 50%.

Selain bancassurance yang telah mencapai lebih dari separuh pendapatan premi BNI Life, BNI Life akan tetap mengembangkan strategi distribusi multi-channel yaitu agen cy, employee benefits dan asuransi syariah dalam upaya untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penetrasi pasar asuransi di Indonesia, serta untuk menangkap peluang pertumbuhan permintaan asuransi di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Terpilihnya Sumitomo Life sebagai mitra strategis jangka panjang merupakan bagian dari tekad BNI dan BNI Life untuk menjadikan BNI Life sebagai perusahaan asuransi terdepan di industri bancassurance dan asuransi jiwa di Indonesia. Kemitraan strategis ini diyakini akan meningkatkan kemampuan operasional dan kemampuan bisnis BNI Life untuk menciptakan pertumbuhan bisnis dan pertumbuhan laba yang berkelanjutan bagi BNI Life.

Kemitraan strategis dengan Sumitomo Life juga akan mempercepat proses transformasi organisasi yang telah dilakukan secara menyeluruh oleh BNI Life sejak September 2011, yang ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan bisnis dan pertumbuhan laba yang berkelanjutan.

Bagi Sumitomo Life, kemitraan strategis ini merupakan salah satu investasi penting yang sesuai dengan strategi bisnis internasional mereka. Sumitomo Life mempunyai rekam jejak yang telah terbukti yang antara lain ditunjukan dengan jumlah agen yang mencapai +/- 31.000 sales representatives di Jepang, dan jaringan bancassurance yang hampir tidak tersaingi di Jepang karena kerjasamanya dengan bank-bank komersial dan lembaga keuangan terkemuka.

Gatot M Suwondo, Direktur Utama BNI, mengutarakan bahwa kemitraan strategis dengan perusahaan asuransi terkemuka dunia seperti Sumitomo Life ini akan memberikan manfaat bagi BNI Life dalam hal penerapan best practice dan tata kelola perusahaan yang terbaik dengan standar tinggi seperti yang dilakukan oleh Sumitomo Life. "Kemitraan strategis antara BNI dan Sumitomo Life akan meningkatkan pertumbuhan BNI Life untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar sekaligus menciptakan nilai tambah bagi nasabah serta pemangku kepentingan kami di pasar asuransi nasional yang sedang tumbuh, mengingat masih rendahnya penetrasi pasar asuransi di Indonesia, kondisi demografi yang menarik, serta pasar yang menjanjikan karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh kuat," tuturnya.

BNP Paribas, Bahana Securities, Danareksa Sekuritas, dan BNI Securities telah membantu BNI dan BNI Life sebagai penasihat keuangan untuk kemitraan strategis dengan Sumitomo Life ini.

Jakarta, 2 December 2013 - Bank Negara Indonesia (BNI) is pleased to announce a new strategic partnership with Sumitomo Life Insurance Company (Sumitomo Life) via Sumitomo Lifes acquisition of approximately 40% interest in BNIs life insurance subsidiary, PT BNI Life Insurance (BNI Life), via a subscription of new shares issued by BNI Life, for IDR 4.2 trillion.

Life in conjunction with the new share subscription. BNI and BNI Life will focus on expanding the bancassurance channel where new business Annualized Premium Equivalent is expected to grow by approximately 50% year-over year for fiscal year 2013. In addition to bancassurance which accounts for about half of BNI Lifes total premiums, BNI Life will continue to further develop its multi-channel distribution strategy involving agency, employee benefits and Sharia distribution channels, in order to increase its reach and penetration in the Indonesian market and to tap the growth opportunities present across all customer segments.

The selection of Sumitomo Life as a long term strategic partner is part of BNI and BNI Lifes ambition to become the leading bancassurance and life insurer in Indonesia. BNI and BNI Life view the partnership with Sumitomo Life as helping to secure operational and business expertise and best practices so as to build long-term sustainable growth and profitability for BNI Life. BNI and BNI Life believe the partnership with Sumitomo Life will accelerate the organization-wide transformation initiatives that BNI Life has been implementing since September 2011 and which have resulted in increased and sustainable growth and profitability. 

The strategic partnership is one of the critical investments for Sumitomo Life, which is in line with its international business strategy. Sumitomo Lifes proven track record includes an established agency force underpinned by a network of around 31,000 sales representatives in its home market Japan, and an unrivaled bancassurance network in Japan with leading commercial banks and financial institutions, including megabanks.

Commenting on the partnership, BNI President Director Gatot Mudiantoro Suwondo said, “A strategic participation in BNI Life by an internationally renowned life insurer like Sumitomo Life will benefit BNI Life in terms of achieving the best practices and corporate governance of the highest standards. Together, BNI and Sumitomo Life will further grow BNI Life to capture greater market share and create sustainable value for our customers and stakeholders in an attractive market that presents tremendous upside with its low insurance penetration, favorable demographics and strong economic growth outlook”.

BNP Paribas, Bahana Securities, Danareksa Sekuritas and BNI Securities acted as financial advisors to BNI and BNI Life. The transaction is pending regulatory approvals.

Related

Arsip Berita