Berita


BNI Pulangkan 5.000 Pemudik Lebih dari 700 Gardu Tol di Jalur Mudik Siap Bertransaksi BNI TapCash

Jakarta, 1 Juli 2016 - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menggelar Program Loyalti Rejeki BNI Mudik 2016 untuk memberikan pengalaman positif kepada nasabah setianya dengan memberikan kesempatan pulang kampung atau mudik pada musim libur panjang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah secara gratis. Tahun ini, BNI membantu kepulangan sekitar 5.000 perantau yang ada di Jabodetabek serta 70 Buruh Migran Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarganya di kampung halaman.

Demikian terungkap pada acara Pelepasan Peserta Program Loyalti Rejeki BNI Mudik 2016 oleh Menteri BUMN Rini Sumarno di Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (1 Juli 2016). Hadir juga pada kesempatan yang sama Direktur Utama BNI Achmad Baiquni beserta jajaran Direksi BNI.

Mudik bersama yang disiapkan BNI tahun ini dilaksanakan melalui satu rangkaian kegiatan. Pada tanggal 30 Juni 2016, BNI memberangkatkan 10 bus masing-masing berkapasitas 50 orang pada Mudik Bersama BUMN. Kemudian, pada 1 Juli 2016, BNI memberangkatkan sekitar 4.000 peserta mudik menggunakan moda transportasi Bus eksekutif berkapasitas masing-masing 50 tempat duduk dan berpendingin udara.

Pemberangkatan pemudik dengan bus dilaksanakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Pemudik bus diantarkan ke beberapa kota yaitu Cirebon, Purwokerto, Semarang, Yogjakarta, Solo, Surabaya dan Malang,. Tidak hanya di Pulau Jawa, BNI juga mengantarkan pemudik ke Pulau Sumatera yaitu ke Lampung, Palembang, dan Padang.

Kemudian pada tanggal 2 Juli 2016, BNI memberangkatkan 1.000 pemudik yang menggunakan moda kereta. Terdapat 500 pemudik yang akan menggunakan kereta kelas ekonomi, dan 500 pemudik lainnya menggunakan kereta kelas eksekutif. Kereta kelas eksekutif mengantarkan pemudik ke jurusan Yogjakarta & Solo (400 tempat duduk) dan Surabaya (100 tempat duduk). Adapun kereta kelas ekonomi memulangkan pemudik ke Solo (200 tepat duduk) dan Surabaya (300 tempat duduk). Kereta kelas ekonomi diberangkatkan dari Stasiun Senen adapun Kereta kelas eksekutif diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Jakarta.

Program Loyalti Rejeki BNI Mudik 2016 ini diberikan kepada para nasabah setia BNI. Untuk menjadi peserta mudik menggunakan Bus, nasabah BNI diminta untuk menyisihkan saldo di tabungan BNI Taplus sebesar Rp 2 juta rata-rata selama sebulan. Adapun nasabah yang ingin mendapatkan tiket kereta kelas ekonomi dan kelas eksekutif diharuskan menyimpan saldo di tabungannya senilai rata-rata Rp 10 juta dan Rp 20 juta.

Apabila seluruh persyaratan tersebut terpenuhi, setiap nasabah yang akan mudik dengan bus dapat memperoleh 4 tiket. Adapun nasabah yang mudik dengan kereta memperoleh 2 tiket. Apabila mereka ingin menambah jumlah orang, para nasabah perlu melakukan pembukaan rekening baru, baik tabungan BNI Taplus, BNI Taplus Muda, maupun BNI Tapenas. Sebagai contoh, untuk menambah jumlah orang yang ikut dalam mudik bus, nasabah diminta membuka rekening BNI Taplus sebesar Rp 500.000 setiap tiket tambahannya.

"Untuk memperkenalkan layanan e-Banking kami, setiap nasabah yang ikut mudik bersama akan diminta melakukan satu transaksi chargeable baik melalui ATM, SMS, maupun internet banking," ujar Baiquni.

Transaksi di Tol
BNI juga memastikan perjalanan para pemudik yang melalui jalan tol dapat lebih dipermudah dengan beroperasinya pembayaran menggunakan uang elektronik BNI TapCash di lebih dari 100 gerbang tol atau sekitar 700 gardu pembayaran tol yang dilalui para pemudik pada musim libur Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah. Tol-tol yang dilalui para pemudik tersebut adalah jalur tol Cikarang – Palimanan, Cikarang – Purbaleunyi, Palimanan – Purbaleunyi, dan jalur tol Palimanan – Brebes Timur.

Sebelum memasuki jalur mudik, para pemudik dari Jakarta dan sekitarnya juga dapat menikmati mudahnya bertransaksi di gerbang tol dalam kota. Jalur-jalur tol dalam kota yang sudah dapat menerima transaksi menggunakan BNI TapCash adalah jalur tol Lingkar Luar Jakarta, jalur tol Meruya Ulujami, jalur tol Jakarta – Tangerang, dan jalur tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Ring Road sebanyak 1 gerbang tol. BNI TapCash juga dapat digunakan gerbang tol Jagorawi, serta gerbang tol Jakarta – Cikarang. Demikian diungkapkan Direktur Konsumer Banking BNI Anggoro Eko Cahyo.

Kartu BNI TapCash merupakan kartu uang elektronik BNI yang dapat diisi ulang dan dapat dipindahtangankan. Varian TapCash diantaranya adalah TapCash Generik Batik, TapCash Transportasi, TapCash Tematik Sport, TapCash Tematik Music, TapCash Tematik Tol dan masih banyak seri TapCash lainnya. Sejak diluncurkan pada tahun 2014, saat ini jumlah Kartu TapCash BNI yang telah tersebar sebanyak lebih dari 400 ribu kartu.

Saat ini, Kartu BNI TapCash dapat diperoleh di Kantor Cabang BNI dan channel-channel penjualan lainnya yang telah bekerjasama dengan BNI. BNI TapCash ini memiliki manfaat yang menarik seperti Transaksi mudah dan cepat dalam hitungan detik, Terhindar dari uang palsu dan lecek, dan Praktis tanpa uang kembalian, Untuk mengisi ulang (top up) BNI TapCash dapat dilakukan di BNI ATM berlogo TapCash, EDC Mini ATM yang berada di Cabang BNI, serta melalui BNI SMS Banking.

Kemudahan untuk para pemudik pun diberikan dengan memastikan akseptasi fitur-fitur lain yang dimiliki BNI TapCash. Antara lain tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses tol, tetapi juga dapat digunakan untuk membeli tiket Bus TransJakarta, Kereta Commuter Jabodetabek, e-Parking Reska, Kereta Bandara Kualanamu Medan, pembayaran di UGM Foodpark, Snowbay Waterpark, Alfamart Jabodetabek, Lawson Jabodetabek, Terminal Parkir Elektronik DKI Jakarta, serta Merchant lainnya berlogo TapCash. Selain itu sampai dengan bulan Agustus 2016 akan berlangsung Promo SENYUM (SENin Yuk Menghemat) dimana pembayaran di TransJakarta dan Commuter Line menggunakan BNI TapCash akan hemat Rp 700.

Pemudik Terlindungi
BNI memastikan para pemudik terlindungi oleh asuransi jiwa yang diterbitkan oleh salah satu perusahaan anak, yaitu BNI Life. BNI Life menyiapkan perlindungan asuransi jiwa bagi para peserta program BNI Rejeki Mudik 2016 sebagai wujud sinergi antara BNI Life dengan BNI, selaku perusahaan induk. BNI Life berharap dengan keberadaan program ini, seluruh peserta dapat lebih mengenal dan merasakan langsung manfaat asuransi jiwa/ produk BNI Life. Kerja sama ini juga diharapkan makin memperkuat posisi BNI Financial Services Group, yang berupaya menghadirkan layanan keuangan terpadu bagi masyarakat Indonesia. Dengan asuransi yang disiapkan BNI Life tersebut, setiap pemudik memperoleh manfaat berupa uang pertanggungan senilai Rp 2 juta hingga Rp 20 juta.

Mudik BMI
Sementara itu, sebagai rasa syukur atas kerja sama yang terjalin antara BNI dengan para Buruh Migran Indonesia (BMI) di luar negeri yang kerap menggunakan jasa perbankan yang disediakan oleh BNI cabang-cabang luar negeri, terutama jasa remitansi dan bagian dari kegiatan CSR menjelang HUT ke-70 BNI tahun ini, BNI membantu memulangkan para BMI yang kurang mampu untuk dan bermasalah sebanyak 30 TKI dari Malaysia, 20 orang dari Taiwan, dan 20 dari Oman.

Tahap pertama Pemulangan TKI dari Malaysia dilaksanakan pada 1 Juli 2016. Setelah tiba di tanah air, para TKI tersebut akan diserahkan oleh BNI kepada Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk selanjutnya akan diantar menuju kota-kota asal para BMI tersebut, yaitu Ambon, Banda Aceh, Tasikmalaya, Bandung, Cianjur, Kupang, Sumba, Medan, Semarang, Solo, dan Surabaya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387, Email: bni@bni.co.id

BNI Transported 5.000 Mudik Travelers

More than 700 Tol Gates in Mudik Routes Are Ready To Accept BNI TapCash

Jakarta, July 1, 2016 - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk or BNI once again held BNI Mudik Fortune Loyalty Program 2016, offering a positive experience to its loyal customers by facilitating free of charge mudik transportation during the Ramadan and Ied Mubarak holiday season 1437 Hijriyah. This year, BNI helped facilitate about 5,000 people in the Jabodetabek area, as well as 70 Indonesian overseas Migrant Workers to celebrate Ied Mubarak with families in their hometowns.

BNI Mudik Fortune Loyalty Program 2016 participants were unveiled by SOE Minister Rini Sumarmo at Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Friday (July 1, 2016). BNI President Director Achmad Baiquini and BNI Board of Directors also attended the event.

Mudik facilities, prepared by BNI, was carried out as one of the series of the bank’s social activites this year. On June 30, 2016, BNI facilitated 10 buses, each carrying 50 people, during Mudik with SOE. On July 1, 2016, BNI facilitated 4,000 mudik travelers using air conditioned executive buses, each with capacity of 50 people.

The mudik travelers departed from Parkir Timur Senayan, Jakarta, each heading towards various cities, including Cirebon, Purwokerto, Semarang, Yogjakarta, Solo, Surabaya, and Malang. BNI also facilitated mudik travelers coming home to Sumatra, specifically Lampung, Palembang, and Padang.

Furthermore, on July 2, 2016, BNI facilitated 1,000 mudik travelers via trains—500 travelers on economy class trains bound for Solo (200 seats) and Surabaya (300 seats), and 500 travelers on executive class train bound for Yogjakarta & Solo (400 seats) and Surabaya (100 seats). The economy class train departed from Senen Station, whereas the executive class train departed from Gambir Station, Jakarta.

BNI Mudik Fortune Loyalty Program 2016 was given to BNI’s loyal customers. To be part of the bus Mudik program, BNI customers were asked to maintain an average balance of Rp 2 million in their BNI Taplus account for a month. Those interested in economy class and executive class train tickets are required to maintain an average balance ofRp 10 million and Rp 20 million, respectively.

Once all of the conditions are met, customers traveling via bus will receive four tickets, and those traveling via train will receive 2 tickets. To add the number of tickets, customers was required to open new BNI Taplus, BNI Taplus Muda, or BNI Tapenas savings accounts. For example, to add one person when traveling via bus, customers will be asked to open a BNI Taplus account for Rp 500.000 for every additional ticket.

“To introduce our e-Banking facility, every customer participating in the Mudik program will be asked to do one chargeable transaction, either through ATM, SMS, or Internet banking,” Baiquni explained.

Toll Transactions

BNI also ensured mudik travelers traversing via toll roads are facilitated through the operation of electronic money BNI TapCash at more than 100 tollbooths, or about 700 toll payments throughout the toll road network during Ramadan and Ied Mubarak holiday season 1437 Hijriyah. The toll roads include Cikarang – Palimanan, Cikarang – Purbaleunyi, Palimanan – Purbaleunyi, and Palimanan – Brebes Timur.

Before entering the mudik routes, travelers from Jakarta and surrounding area can also enjoy BNI TapCash benefits on inner city tolls, such as Lingkar Luar Jakarta Toll, Meruya Ulujami Toll, Jakarta – Tangerang Toll, and Lingkar Luar Bogor or Bogor Ring Road in 1 tollbooth. BNI TapCash can also be used in Jagorawi tollbooth, and Jakarta – Cikarang tollbooth, according to BNI Consumer Banking Director Anggoro Eko Cahyo.

BNI TapCash Card is an electronic money product from BNI that can be topped up and is transferable to other individuals. TapCash variants include TapCash Generic Batik, TapCash Transportation, TapCash Sport theme, TapCash Music theme, TapCash Toll theme, and many more. Since its launch in 2014, the number of BNI TapCash has reached over 400.000 cards.

At the moment, BNI TapCash Card can be obtained at BNI Branch Office and other merchant channels partnering with BNI. BNI TapCash offers attractive benefits, such as convenient transaction in a matter of seconds, avoidance of counterfeit money and crumpled money, and practical services without change. To top up BNI TapCash, customers can do it at BNI ATM with TapCash logo, EDC Mini ATM located at BNI branches, as well as through BNI SMS Banking.

Mudik travelers are provided with convenience with the availability of other BNI TapCash features, such as ticket purchase for TransJakarta Bus, Jabodetabek Commuter Train, Reska e-Parking, Kualanamu Airport Train Medan, purchases at UGM Foodpark, Snowbay Waterpark, Alfamart Jabodetabek, Lawson Jabodetabek, Electronic Parking Terminal DKI Jakarta, as well as other merchants with TapCash logo.

Furthermore, TransJakarta and Commuter Line ticket purchases using BNI TapCash will save travelers Rp 700 until August 2016 through the Promo SENYUM (Lets Save on Monday) program.

Mudik Travelers Protection

BNI also ensures mudik travelers are protected through life insurance issued by one of its subsidiaries BNI Life. BNI Life offers life insurance protection for BNI Mudik Fortune 2016 participants as part of a synergy between BNI Life and its parent company BNI. BNI Life hopes that the program can introduce and educate participants on the benefits of life insurance and BNI Life products. Furthermore, the cooperation is hoped to strengthen the position of BNI Financial Services Group, which strives to offer integrated financial services for Indonesians. With BNI Life insurance, each traveler will benefit from insurance coverage valued between Rp 2 million-Rp 20 million.

BMI Mudik

Moreover, as gratitude for the cooperation between BNI and Buruh Migran Indonesia (BMI) overseas for its continued use of BNI financial services, especially remittance service, at BNI overseas branches and, as in honor of BNI’s 70th Anniversary CSR program, BNI helped to bring home BMIs who were facing difficulties in visiting their families. The Indonesian migrant workers included 30 people working in Malaysia, 20 from Taiwan, and 20 from Oman.

The first phase in getting Indoensian migrant workers home from Malaysia was carried out in July 1, 2016. After arriving back to Indonesia, the workers were handed over by BNI to National Body of Placement and Protection of Indonesian Migrant Workers (BNP2TKI) to be escorted back to their hometowns, which included Ambon, Banda Aceh, Tasikmalaya, Bandung, Cianjur, Kupang, Sumba, Medan, Semarang, Solo, and Surabaya.

For further information, please contact :

Kiryanto, BNI Corporate Secretary
Phone : 021-5728387, Email : bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita