Berita


BNI Perluas RKB Hingga Pulau Terdepan dan Pedalaman

Tual, 20 Januari 2018 --- Direktur Bisnis Menengah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, Putrama Wahju Setyawan mengunjungi outlet BNI di Kota Tual, Maluku. Kunjungan tersebut bersamaan dengan peresmian pusat pelatihan usaha atau yang lebih dikenal dengan nama Rumah Kreatif BUMN (RKB) dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pembangunan rumah ibadah.

Kunjungan yang dilakukan tersebut merupakan bentuk komitmen BNI untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam hal layanan perbankan dan tanggung jawab sosial. Kunjungan Direksi BNI ke Tual pada Sabtu (20 Januari 2018) ini juga merupakan bagian dari program kunjungan pimpinan perusahaan ke outlet-outlet di daerah pedalaman.

Putrama menuturkan, Rumah Kreatif BUMN merupakan kolaborasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembinaan guna peningkatan kapasitas dan kapabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dengan fungsinya sebagai pusat informasi, edukasi, dan pengembangan digitalisasi, Rumah Kreatif BUMN diharapkan dapat menghasilkan Usaha Kecil dan Menengah yang berkualitas.

Sejauh ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah membangun 200 Rumah Kreatif BUMN (RKB) di mana 44 di antaranya dibangun oleh BNI dan salah satunya ada di Maluku Tenggara.

"Tidak hanya menghasilkan UKM yang berkualitas dan memiliki daya saing, RKB juga memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi pelaku usaha UKM dengan dunia digital agar produk-produknya dapat dipasarkan melalui media internet, salah satunya lewat portal blanja.com," ujar Putrama.

Untuk menyempurnakan dukungannya terhadap UKM, BNI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 2.093 debitur di Wilayah Makassar dan 162 debitur di Wilayah Maluku sepanjang tahun 2017. BNI juga mendukung usaha pariwisata di Hoat Tamngil, Ohoi Rumadian dengan memberikan angkutan wisata.

Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun menuturkan,  keberadaan RKB diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM, khususnya  di wilayah Maluku Tenggara. RKB juga secara tidak langsung mendukung sektor pariwisata di kawasan ini.

"Kami sangat mengharapkan BNI atau perbankan mendukung perkembangan pariwisata dan dapat mendukung investor untuk menanamkan modalnya di Maluku Tenggara dengan memberikan kredit yang menunjang pariwisata, misalnya hotel atau homestay," ujarnya

Sarana ibadah

Di samping menyalurkan bantuan untuk kemajuan ekonomi, BNI juga turut membantu pembangunan masjid sebagai sarana beribadah masyarakat dan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH). BNI telah membangun banyak masjid di seluruh pelosok Indonesia dan salah satunya adalah Masjid Al-Fatah Larat Fiditan di Kota Tual. Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan yang disalurkan melalui Kantor Cabang Pembantu BNI adalah kepada 2.712 keluarga di tahap pertama dan kepada 1.506 keluarga di tahap kedua atau pada minggu ke-4 Bulan Januari.

Peresmian RKB, penyerahan CSR kepada Masjid Al-Fatah Larat Fiditan di Kota Tual dan wisata Hoat Tamngil, serta pemberian Bantuan Sosial PKH dilakukan secara simbolis oleh Putrama Wahju Setyawan dan perwakilan dari pihak penerima bantuan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387, Email: bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita