Berita


Eks Pabrik Gula Jadi Ajang Pameran Produk Mitra Binaan BUMN, 30 UMKM Diajak Jajakan Produk

Karanganyar, 29 April 2018 --- Puluhan pelaku usaha mikro dan kecil dari berbagai kota di Indonesia diajak menjajakan produk-produk khas mereka di bekas Pabrik Gula Colomadu di Karanganyar, Jawa Tengah. Para pelaku usaha mikro dan kecil ini merupakan mitra – mitra binaan dari Badan - badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang hadir di Surakarta dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) beberapa BUMN  yang dihadiri oleh Menteri BUMN RI Rini M Soemarno.

Terdapat dua pameran yang digelar dan disiapkan bagi para mitra binaan BUMN ini, yaitu Pameran Kuliner dan Pameran Kerajinan. Pameran Kuliner digelar di Stasiun Ketelan Pabrik Gula Colomadu, adapun Pameran Kerajinan digelar di Stasiun Gilingan Pabrik Gula Colomadu.

Pameran ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada 28 hingga 29 April 2018. Hadir pada kesempatan ini Menteri BUMN RI Rini M Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, jajaran direksi BUMN, serta 20 peserta Pameran Kuliner serta sekitar 10 peserta Pameran Kerajinan. Peringatan HUT BUMN ini juga dimeriahkan oleh penampilan Chef dan para barista yang memberikan workshop penyajian kopi. Workshop penyajian kopi diketengahkan oleh salah satu mitra binaan BNI yaitu Kopi Sedulur.

BNI melengkapi perhelatan ini dengan menyediakan layanan – layanan bertransaksi  digital terkini. Tidak hanya menyediakan sarana transaksi pembayaran menggunakan Kartu Kredit, Kartu Debit, atau uang elektronik, BNI juga menyediakan sarana pembayaran dengan menggunakan BNI yap!. BNI yap! Merupakan terobosan terbaru dari lembaga perbankan saat ini karena merupakan aplikasi pembayaran dengan  dana dari 3 sumber sekaligus, yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit, dan UnikQu.

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, Pengunjung Pameran yang bertransaksi menggunakan BNI yap! Dapat membeli beberapa produk dengan harga spesial. Sebagai contoh produk minuman dan es krim yang biasanya dijual seharga Rp 20.000 dapat dibeli dengan menggunakan BNI yap! seharga Rp 1.946.

Pada kesempatan ini BUMN - BUMN yang mengajak mitra binaannya adalah BNI, Angkasa Pura II, Pertamina, Pelni, Pupuk Indonesia Holding Company, Jasa Marga, PTPN 9, Wijaya Karya, Taspen, Pegadaian, Kereta Api, Askrindo, Bank BRI, Mandiri, BTN, PLN, Bukit Asam, Telkom Indonesia, dan Hutama Karya.

Mitra binaan tersebut membawa beragam produk khas antara lain produk jamur Bara Jamur, minuman herbal, camilan tradisional, madu, mie berbahan buah naga, hingga beragam minuman kopi. Para mitra binaan juga menjajakan beragam kerajinan tangan mulai dari aksesoris logam, hiasan topeng kayu, kain batik, hingga sepatu.

HUT BUMN ini juga dimeriahkan oleh peragaan busana dengan tema A Night Fashion Show In The Museum, Kartini Millennials Inspiring Runway pada Sabtu, 28 April 2018 malam. Uniknya, peragaan busana kali ini tidak hanya diisi oleh peragawan dan peragawati profesional, melainkan juga jajaran direksi BUMN dan pejabat teras Kementerian BUMN RI perempuan. Salah satunya adalah Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati. 

Keesokan harinya, Minggu (29 April 2018), ribuan pesepeda memeriahkan sepeda santai Tour De Tjolomadu 2018 dalam rangka Sinergi BUMN. Menteri BUMN RI Rini Soemarno mengikuti sepeda santai ini ditemani direktur – direktur utama Bank-bank Milik Negara, termasuk Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Kiryanto, 

Corporate Secretary 

Telp.: 021-5729387

Email: bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita