Berita


Mensos Sebut BNI Bank Ramah Penyandang Disabilitas

Bekasi, 3 Desember 2018 --- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk menjadi bank yang memberikan layanan prima bagi para penyandang disabilitas. Salah satu realisasi dari komitmen tersebut adalah partisipasi BNI dalam perayaan Hari Disabilitas Internasional yang diadakan oleh Kementerian Sosial RI.

Hadir pada perayaan tersebut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang, dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati di Bekasi, Jawa Barat, Senin (3 Desember 2018). Pada kesempatan yang sama Joko Widodo secara simbolik menyerahkan Tabungan BNI Pandai bagi penyandang disabilitas yang berprestasi.

Dalam pesan khususnya untuk BNI Agus Gumiwang mewakili Kementerian Sosial RI mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada BNI yang telah melakukan langkah-langkah konkrit dalam memberikan pengakuan dan pemenuhan hak-hak para penyandang Disabilitas. Dalam hal ini, BNI telah menjalankan kebijakan strategis dan program-program keuangan inklusif yang ramah disabilitas.

"Semoga ke depannya BNI semakin bersinergi serta selalu hadir dalam rangka pengentaskan kemiskinan, kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan terus berperan dalam program keuangan inklusif yang ramah disabilitas," ujar Agus.

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menyebutkan, langkah-langkah Ramah Disabilitas yang telah dilakukan BNI adalah Pertama, penyediaan sarana mesin ATM ramah disabilitas yang dilengkapi headphone dan tombol dengan huruf braile, sehingga dapat digunakan oleh nasabah penyandang tuna netra untuk bertransaksi. Layar dari mesin ATM tidak akan menampilkan apapun demi keamanan transaksi tersebut. Tentunya, akan ada staf BNI yang mendampingi nasabah tersebut hingga selesai bertransaksi. 

Kedua, aplikasi mobile BNI virtual assistant dengan fitur voice command yang memberikan informasi mengenai BNI.  Ketiga, BNI turut serta mempekerjakan pegawai penyandang disabilitas.

Susi menambahkan, Tabungan BNI Pandai tersebut diberikan karena BNI menjunjung tinggi asas kesetaraan dalam melayani nasabah. Hal tersebut juga dibuktikan dengan para penyandang disabilitas dapat membuka rekening BNI di Kantor Cabang BNI.

“Semua kemudahan tersebut bertujuan untuk membangun kepedulian terhadap para penyandang disabilitas dan memperkuat peran mereka sebagai salah satu agen perubahan,” ujar Susi.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Kiryanto,

Corporate Secretary BNI

Telp: 021-5728387

Email: bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita