Berita


Polri Gandeng BNI Wujudkan Digitalisasi Setoran PNBP Plat Nomor Cantik

Jakarta, 7 November 2019 --- Bertempat di Kuta, Bali, Rabu Malam  (6 November 2019),  Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia  (POLRI) menyelenggarakan kegiatan launching Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional (ROPILNAS). Launching tersebut merupakan rangkaian dari acara tahunan Korlantas POLRI yaitu Rapat Kerja Teknis Fungsi Lalulintas Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan tema “Polantas Promoter dalam mengimplementasikan Road Safety Policing menuju Indonesia Maju”.

Acara tersebut dihadiri oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo S, para Pejabat Himbara, pejabat utama Korlantas Polri, serta Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) se-Indonesia.

Dalam usianya yang ke- 64 tahun, Korlantas Polri terus melakukan berbagai Inovasi. Setelah sukses meluncurkan Smart SIM bulan September lalu,  pada kegiatan Rakernis ini ditampilkan kembali berbagai inovasi Digitalisasi layanan. Salah satunya adalah ROPILNAS (Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional ), yang disiapkan Korlantas Polri dalam rangka memudahkan layanan kepada masyarakat.

“Selama ini banyak masyarakat mengeluh kesulitan dalam mendapatkan Nomor Polisi Pilihan/ NRKB pilihan. Namun, berkat kerjasama dengan BNI, kami hari ini meresmikan inovasi baru yaitu kemudahan dalam pembayaran NRKB Pilihan tersebut secara Digital, agar lebih mudah, cepat, akurat, dan informatif," demikian  disampaikan Refdi disela acara.

Kini masyarakat yang menginginkan Plat Nomor Pilihan untuk Kendaraannya, sangat mudah prosesnya, yaitu  cukup datang ke Dealer Mobil (untuk mobil baru) atau kantor pelayanan BPKB (untuk mobil lama).  Dengan menggunakan alat atau Kios ROPILNAS yang tersedia ditempat tersebut, pemohon bisa memilih nomor polisi yang dikehendaki sesuai domisili/ atau Kartu Tanda Penduduk (KTP). Apabila nomor pilihan tersebut belum digunakan atau masih available, pemohon langsung bisa mengisi e-form pada Kios atau Alat ROPILNAS dengan data diri seperti NIK, No HP dan Alamat Email, kemudian pemohon akan memperoleh Kode barcode booking nomor polisi dan nomor virtual account BNI untuk kemudian melakukan pembayaran melalui berbagai Cashless Banking channel seperti Mobile Banking, SMS Banking, ATM dan Teller, atau Outlet BNI maupun bank lain.

“Atas kerja sama dengan BNI, Inovasi layanan Registrasi Online NRKB pilihan sudah berjalan di lima Polda, yaitu Jawa Tengah, Sumatera Utara, Lampung, Riau, dan Banten. Selanjutnya akan berjalan juga pada tahap dua di tahun selanjutnya pada 14 Polda dan yang tahap tiga 15 Polda. Pada akhirnya semua Polda sudah bisa menggunakan Registrasi Online NRKB Pilihan. Terimakasih kepada BNI yang terus mendampingi Korlantas dalam melakukan berbagai Digitalisasi Layanan kepada Masyarakat,” terang Kakorlantas.

Sementara itu, Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi mengungkapkan, “Sesuai Komitmen kami, BNI Siap mendukung upaya Korlantas POLRI yang terus melakukan inovasi digital guna meningkatkan layanan lalu lintas bagi masyarakat, sehingga tercapai Road Safety bagi pengguna lalu lintas menuju Indonesia Maju,” ungkapnya.

Susi juga menambahkan bahwa kehadiran Ropilnas atau Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional yang diinisiasi oleh Korlantas POLRI, menjadi jawaban atau solusi terhadap permintaan masyarakat yang begitu mendambakan kemudahan dalam pembayaran, saat mencari nomor pilihan untuk kendaraan bermotornya.  Pembayaran PNBP secara Cashless merupakan pembayaran secara nontunai menggunakan kode bayar virtual account, ini  merupakan upaya mendukung program dan instruksi Presiden, Kapolri dan Korlantas polri yaitu untuk menghindari korupsi, perampokan, pencurian, dan uang palsu.

Mulai saat ini kepada masyarakat yang menginginkan Nomor Pilihan untuk Kendaraan Bermotornya atau sering disebut Plat Nomor Cantik, silahkan memanfaatkan Sarana ROPILNAS yang ada di dealer Mobil dan atau kantor layanan BPKB setempat yang mudah, cepat, akurat, dan informatif.

BNI sebagai Bank Pemerintah yang selalu melakukan inovasi dan dengan mengusung digitalisasi  dalam layanannya siap mendukung program-program digitalisasi Korlantas POLRI guna meningkatkan layanan lalu lintas. BNI juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan lalu lintas, seperti program Samsat Online, hingga smart SIM. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Corporate Secretary BNI

Telp: 021-5728387

Email: bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita