Berita


Physical Distancing, Uang Pensiun Taspen Bisa Diambil di ATM BNI

Jakarta, 1 April 2020 --- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk telah bekerja sama dengan PT Taspen (Persero) dalam hal pembayaran uang pensiun. Ada kabar baik bagi pensiunan Taspen, untuk pengambilan uang pensiun bulan April 2020 tidak perlu datang ke bank.

Pensiunan yang memiliki Kartu ATM dapat dengan mudah melakukan tarik tunai di ATM BNI dan Agen46 terdekat tanpa perlu melakukan autentifikasi atau datang ke kantor cabang BNI. Bagi pensiunan yang belum memiliki kartu ATM BNI silahkan datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengikuti prosedur penarikan tunai tanpa kartu ATM.

Kebijakan yang humanis ini ditempuh oleh Taspen dan BNI sebagai respon atas  perlunya kewaspadaan terhadap penyebaran wabah Virus Corona Deseas (COVID - 19) dan guna mengikuti arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing.

"Kemudahan ini kami maksudkan untuk meningkatkan perlindungan terhadap para pensiunan yang rata-rata merupakan kelompok masyarakat yang paling rentan terjangkit COVID-19. Dengan cara ini transaksi penarikan dana pensiun menjadi jauh lebih aman dan nyaman," ujar Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati di Jakarta, Rabu (1 April 2020).

Jumlah pensiunan Taspen yang akan menerina manfaat dana pensiunnya pada  April 2020 dan dilayani BNI mencapai sekitar 34.701 nasabah. Pembayaran dana pensiun tersebut dapat dilakukan di seluruh cabang BNI. Cabang-cabang berada dibawah 57 cabang padanan Taspen yang disebut Kantor Cabang Koordinator (Kancako). Di tengah penyebaran COVID - 19,  pensiunan disarankan untuk bertransaksi secara elektronik menggunakan sarana mobile banking sehingga arahan pemerintah untuk “dirumah saja” dapat diikuti dengan nyaman.

Apabila tetap membutuhkan layanan perbankan di cabang, layanan ke pensiunan dipastikan aman karena telah diterapkan protokol pengamanan virus corona. Protokol tersebut antara lain protokol tindakan preventif, yaitu berupa pengecekan suhu tubuh kepada semua orang yang masuk ke kantor cabang. Selain itu BNI juga menyiapkan hand sanitizer di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau oleh pensiunan.

Kemudahan yang sama juga diberikan oleh Dana Pensiun dan Lembaga Keuangan (DPLK) BNI. Untuk menekan potensi terjangkit COVID -19,  para peserta DPLK dapat melakukan aktivitas setoran ke rekening DPLK-nya (BNI Simponi) melalui e channel BNI (i-bank, M-bank, ATM, SMS Banking, Phone Banking, BNI Direct).

Sedangkan bagi para peserta yang akan mencairkan dananya, dapat melakukan pengiriman soft copy dokumen via email dan mengirimkan hard copy- nya ke DPLK BNI. Setelah  proses selesai maka pengambilan dananya dapat dilakukan melalui ATM bank manapun.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Corporate Secretary BNI

Telp: 021-5728387

Email: bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita