Berita


BNI Dukung UI Goes Digital Melalui Campus Financial Ecosystem

BNI Dukung UI Goes Digital Melalui Campus Financial Ecosystem

Jakarta, 28 Oktober 2021 -- Perkembangan dunia digital telah semakin cepat merambah ke layanan perbankan. Dunia kampus pun tidak terlepas dari transformasi transaksi perbankan digital tersebut. Oleh karena itu, sebagai Bank yang sangat dekat dengan lingkungan kampus dan ramah mahasiswa, PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (BNI) berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) untuk memberikan pelayanan lengkap bagi seluruh civitas akademika salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini. Kerjasama berupa Campus Financial Ecosystem ini menandai babak baru pelayanan BNI untuk UI yang sudah berlangsung 40 tahun lamanya.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, BNI dan UI melakukan Kick Off Campus Financial Ecosystem dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Penyediaan Layanan Jasa Perbankan. Kick Off ini dilaksanakan secara virtual pada hari Kamis (28 Oktober 2021). Hadir pada kesempatan tersebut Rektor UI Ari Kuncoro, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, dan Direktur Bisnis Konsumer Corina Leyla Karnalies.

MoU ini dituangkan dalam beberapa Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang meliputi Integrasi BNI Payment yang mendukung UI Goes Digital, Cash Management, Ecosmart, Pengeloaan Endowment Fund BNI Makara Investasi, dan kerjasama penyaluran BNI Fleksi Pendidikan Mahasiswa Pascasarjana S2/S3. Selain itu, terdapat juga PKS tentang Pembayaran Biaya Pendidikan menggunakan Installment Kartu Kredit; PKS Magang, beasiswa dan rekrutmen calon pegawai BNI. Selain itu, BNI juga menyiapkan program Digital Entrepreneur untuk mendukung UMKM binaan UI melalui program BNI Edu Preneur.

Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan bahwa peluncuran UI Goes Digital menjadi momentum yang sangat tepat bagi BNI untuk turut mendorong transformasi UI ke area digitalisasi melalui layanan dan sistem jasa keuangan yang dikembangkan oleh BNI. BNI menyediakan solusi digital terintegrasi dalam rangka memberikan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan kegiatan di UI baik berupa Corporate Support, Layanan Produk Consumer, Cash Management System, serta solusi IT lainnya.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto mengatakan, BNI berkomitmen untuk dapat menyediakan solusi keuangan yang terintegrasi berbasis digital dan sesuai dengan kebutuhan segenap Civitas Akademika, dari mulai solusi keuangan bagi Kampus UI, dosen atau staff pengajar, staff pegawai, mahasiswa, bahkan lebih luas lagi, sampai dengan keluarga mahasiswa dan pelaku usaha di sekitar kampus UI.

“Semua ini kami lakukan agar seluruh nasabah kami dapat bertransaksi keuangan secara aman, cepat, nyaman, serta dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Untuk nasabah perorangan kami mengembangkan layanan mobile banking, dan untuk institusi/perusahaan kami mengembangkan solusi cash management.”, tutur Sis.

Duta Digital

Sementara itu, Corina Leyla Karnalies mengatakan bahwa pada kesempatan tersebut, BNI juga memilih Duta Digital BNI, yang merupakan perwakilan mahasiswa UI terpilih. Pemilihan Duta ini bertujuan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan mahasiswa dan lingkungan sekitarnya, terutama dalam mengoptimalkan fitur-fitur transaksi keuangan BNI. Fasilitas tersebut antara lain ditanamkan dalam aplikasi BNI Mobile Banking, yang sangat cocok dengan lifestyle mahasiswa UI yang didominasi oleh kaum milenial.

"Diharapkan, Program Duta Digital ini dapat mendorong kreativitas dan kemampuan komunikasi dari mahasiswa dalam mensosialisasikan layanan digital BNI serta mendorong cashless society. Tentunya bagi Duta Digital BNI yang terpilih akan memperoleh beberapa benefit, mulai sertifikat sampai dengan memperoleh credit point sebagai talent BNI masa depan. Dan yang paling utama, Duta Digital BNI dapat melaksanakan magang di BNI dan dapat berpotensi menjadi pegawai BNI," ujar Corina.

Sebelumnya, BNI juga telah bekerjasama dengan UI terkait saat ini UI telah menikmati beberapa layanannya dan terbukti memudahkan transaksi serta pengelolaan keuangan kampus UI antara lain API Cash Management, Student Payment Center (SPC) Host to Host, Payroll, Penggunaan Kartu Tanda Mahasiswa dan Kartu Pegawai dengan Tapcash, BNI Griya dan Fleksi pegawai, Pembayaran Parkir menggunakan EDC BNI, Kartu Kredit Affinity UI (UI Card), Kartu Debit Iluni UI, Kerjasama Makara Investasi UI untuk pengelolaan endowment fund/ dana abadi UI, serta Rekrutmen dan Magang Mahasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :
Corporate Secretary BNI
Telp : 021-5728387
Email : bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita