Tips & Edukasi


Kondisi Jika Rekening Tabungan Kamu Tidak Ada Aktivitas

RekeningDormantWebsi...

Yth. Nasbah BNI,

Beberapa orang - termasuk kamu, yang memiliki rekening lebih dari satu untuk berbagi tujuan seperti, untuk menabung, rekening gaji, serta transaksi harian atau kebutuhan lain-lain. Namun terkadang kamu lupa dengan salah satu rekening tabungan milikmu, karena jarang digunakan. Kemudian apa yang terjadi pada rekening tersebut?

Rekening Tabungan Menjadi Pasif (Dormant)

Rekening tabungan dinyatakan pasif (dormant) jika Selama 6 (enam) bulan berturut-turut pada rekening tersebut tidak ada transaksi debet dan kredit selain pendebetan dan pengkreditan oleh system karena biaya administrasi, denda saldo minimum, pajak dan bunga, dan Berlaku untuk nilai saldo berapapun yang ada di rekening.

Sedangkan untuk Rekening BNI Simpanan Pelajar akan dinyatakan pasif (dormant) bila tidak aktif Selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut.

Apa Dampak Jika Rekening Tabungan Pasif (Dormant)?

  • Rekening tabungan pasif (dormant) tidak dapat dilakukan transaksi pendebetan sebagai berikut :
    1. Penarikan tunai dan pemindahbukuan/transfer melalui e-channel.
    2. Pembelanjaan di merchant/melalui EDC.
  • Rekening tabungan pasif (dormant) tidak boleh dilakukan aktivasi e-channel.
  • Rekening tabungan pasif (dormant) bisa menerima transaksi transfer masuk selain melalui cabang/outlet BNI (transfer) dari bank lain/transfer dari transaksi e-channel) namun tidak merubah status rekening menjadi aktif.

Apakah Rekening Tabungan Pasif (Dormant) Bisa Diaktifkan Lagi?

Kalau status rekening tabunganmu dinyatakan pasif (dormant), kamu masih bisa mengaktifkannya kembali. Caranya :

  1. Aktivasi rekening dormant dapat dilakukan di seluruh cabang/outlet oleh nasabah pemilik rekening dengan otorisasi.
  2. Transaksi setoran, penarikan tunai atau pemindahbukuan debet rekening pasif (dormant) melalui cabang/outlet dengan otorisasi. Khusus untuk transaksi setoran, minimal setoran adalah sebesar Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah).
  3. Atau hubungi BNI Call di 1500046 untuk mengecek status rekeningmu. Jika ternyata dormant, segera aktivasi kembali rekening tersebut di kantor cabang BNI terdekat.

Rekening Tabungan Otomatis Tertutup

Jika saldo rekening tabungan sebesar 0 (nol) selama periode bulan tertentu, rekening tabungan kamu bisa ditutup. Ketentuannya, sebagai berikut :

  1. Untuk rekening BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Tappa (Taplus Pegawai dan Anggota), BNI Taplus Muda, BNI Taplus Muda Co-Brand, BNI Taplus Anak, dan BNI Emerald Saving, sistem BNI akan menutup rekening yang berstatus dormant dan tidak bersaldo (nol), dengan last financial date (tanggal terakhir transaksi termasuk pembukuan oleh sistem) adalah H-9 bulan, akan ditutup otomatis oleh sistem (autoclosure).
  2. Rekening BNI Simpanan Pelajar akan ditutup oleh sistem BNI, jika telah berstatus rekening pasif (dormant) saldo di bawah atau sama dengan Rp 5.000,- (lima ribu rupiah).

Related