bni.co.id

TIPS KEAMANAN DENGAN KARTU KREDIT

Menjaga keamanan kartu kredit adalah tanggung jawab Anda sebagai  pemegang kartu dan Bank penerbit kartu. Sebagai salah satu upaya menjaga keamanan kartu kredit Anda, BNI akan memberikan edukasi  sebanyak mungkin kepada para pemegang kartu. Anda sebagai pemegag kartu dapat ikut berkontribusi untuk menjaga keamanan kartu kredit Anda.

 

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari penipuan sebagai upaya menjaga keamanan kartu kredit Anda :

  1. Jangan berikan/pinjamkan kartu Anda pada orang lain tanpa pengawasan. Petugas BNI tidak akan mendatangi Anda untuk mengambil kartu kredit dan atau mengganti kartu Anda dengan alasan apapun.

  2. Jangan menerima tawaran kenaikan limit kartu kredit dari pihak yang mendatangi Anda. Jika Anda ingin meminta kenaikan limit kartu kredit, silakan menghubungi BNI Call di (021) 500046. Jika penggunaan dan pembayaran kartu kredit Anda bagus, ada kemungkinan  BNI akan menghubungi Anda untuk menawarkan kenaikan limit kartu kredit, tetapi tidak dengan mendatangi dan mengambil kartu kredit Anda.

  3. Penghancuran kartu salah satunya dapat dilakukan dengan cara digunting. Pengguntingan kartu hendaknya dilakukan sampai bagian chip dan magnetic strip kartu rusak kedua-duanya. Karena jika tidak, CHIP dan magnetic stripe kartu kredit Anda masih bisa digunakan bertransaksi oleh pihak yang tidak bertangggung jawab.

 
  1. Bersikaplah selektif dalam menerima penawaran berupa voucher makan / tour / keanggotaan / hotel / dll yang penggunaannya dengan cara ditukarkan dengan barang / jasa yang dimaksud di kemudian hari. Konfirmasikanlah melalui lebih dari 1 sumber mengenai kebenaran voucher tersebut. Jika voucher tersebut merupakan kerjasama antara penjual barang/jasa dengan BNI, maka Anda dapat menanyakan detil voucher ke BNI Call di (021) 500046.

  2. Mesin EDC adalah peralatan bertransaksi . Mesin EDC tidak dapat digunakan untuk menaikkan limit atau aktivasi kartu kredit. Jika Anda ingin melakukan aktivasi kartu kredit, silakan menghubungi BNI Call di (021) 500046. Jika Kartu belum Anda aktivasi dalam periode tertentu, ada kemungkinan BNI akan menghubungi Anda untu proses aktivasi. Proses aktivasi ini dilakukan tanpa menggunakan mesin EDC


 

Informasi lengkap kunjungi Kantor cabang BNI terdekat, atau hubungi BNI Call di 500046 atau (021) 500046/68888 melalui ponsel.