Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Services


  • Cash Management
  • BNIDirect
  • Garansi Bank
  • Payment Management
  • Collection Management
  • Liquidity Management
  • BNI FSCM
  • Lainnya

Cash Management


Excellence Delivered Everyday adalah komitment yang selalu kami jaga dan kami pertahankan sehingga kami terus menjadi mitra terpercaya dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah.

Fokus kami adalah bagaimana kebutuhan nasabah akan cash management yang memiliki nilai tambah (value added) terpenuhi dan secara signifikan dapat meningkatkan dan memperbaiki proses bisnis nasabah sehingga dapat mencapai tujuan.

Sebagai dukungan untuk memberikan solusi Cash Management yang terbaik bagi nasabah, BNI selalu menyempurnakan platform IT agar sesuai kebutuhan terkini dengan tidak mengabaikan aspek keamanan, sehingga solusi Cash Management dari BNI selalu prima dan unggul di pasar.

BNIDirect


Pengertian :

BNI Direct merupakan kanal elektronik yang disediakan oleh BNI bagi nasabah non perorangan untuk melakukan aktivitas transaksi keuangan dari rekening nasabah di BNI serta untuk memperoleh informasi transaksi yang tercatat di rekening perusahaan dengan lebih Cepat, Mudah dan Aman.

Cepat.  :  Akses Internet 24 jam.
Real Time dalam melakukan Transaksi dan mendapatkan Informasi Rekening.
Mudah.  :  User Friendly.
Dilengkapi dengan panduan transaksi (Quick Guide).
Dapat melakukan transaksi dimana saja.
Aman.  :  Secure Line dengan Verisign Security Certification Socket Secure Line (SSL) 128 bit.
Otorisasi transaksi menggunakan Electronic Signature (BNI e-Secure/ Token) dengan nomor PIN yang dinamis.
Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan Password. Pembagian kewenangan transaksi terdiri dari Maker, Approver dan Releaser, Matrix Kewenangan Transaksi dan Limit Transaksi.

Manfaat :

  1. Nyaman dan mudah dalam bertransaksi dengan dukungan fitur yang lengkap.
  2. Efisiensi biaya.
  3. Real time dan fleksibilitas dalam mengakses dari manapun dan kapanpun.
  4. Aman dalam bertransaksi, dapat dilakukan pembagian kewenangan dan dilengkapi dengan electronic signature.
  5. User Level yang sangat fleksibel, dapat disesuaikan sesuai kebutuhan nasabah.
  6. Dedicated customer service untuk menangani pre-transaction dan post-transaction.

Fitur :

  1. Menu yang fleksible dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah :
    1. Inquiry.
    2. Transfer management (In-house, Kliring (LLG)/RTGS & IFT).
    3. Mass payment (bulk payment & payroll).
    4. Liquidity management (Cash pooling, cash distribution, dll).
    5. Tax payment.
    6. Billing payment.
    7. Utility payment.
    8. Autodebet.
    9. Virtual account management.
    10. Pembelian produk Pertamina.
  2. Jumlah user dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan.
  3. Akses atau kewenangan atas fitur dan rekening dapat ditentukan oleh nasabah.
  4. Otorisasi transaksi dilakukan dengan PIN dinamis yang dihasilkan oleh electronic signature (hard token /mobile token).
  5. Memiliki berbagai jenis format laporan yang dapat diunduh (download) atas transaksi nasabah dan dapat dikirimkan melalui email.
  6. Terdiri dari dua bahasa, yaitu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sistem Keamanan :

  1. Nasabah memiliki Unique Company ID.
  2. User Level, User ID dan password ditentukan sendiri oleh nasabah. User Level terdiri atas Maker, Approver dan Releaser.
  3. Transaksi menggunakan teknologi Encryption terkini.
  4. Hard Token /mobile token dan rekening yang akan diakses atau ditransaksikan telah didaftarkan terlebih dahulu.

Perangkat Sistem :

  1. Personal Computer/Notebook : minimum Intel Core Duo CPU 3 GB.
  2. RAM minimum 2 GB dengan space Hard Disk minimum 80GB.
  3. OS Microsoft Windows Professional version 202 Service Pack 2.
  4. Internet Explorer version 7 atau Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  5. Terkoneksi dengan jaringan internet.

Persyaratan :

Syarat untuk menjadi Nasabah Pengguna BNIDirect adalah sbb :

  1. Memiliki rekening Simpanan (Giro dan/atau Taplus Bisnis Non Perorangan) atau rekening simpanan lainnya di BNI.
  2. Mengisi formulir/aplikasi pendaftaran BNIDirect yang dapat diperoleh di kantor cabang terdekat atau melalui Sales Advisory kami.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biaya layanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services.
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

Garansi Bank


BNI sebagai partner usaha memahami kebutuhan Anda dalam memperlancar transaksi perdagangan atau proyek yang umumnya mempersyaratkan penyertaan Jaminan Bank (Garansi Bank). Kami memahami tujuan dan kebutuhan Nasabah berbeda-beda, karena itu kami telah mendesain produk Garansi Bank ini sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.

BNI Garansi Bank merupakan pernyataan secara tertulis dari BNI yang berisi kesanggupan untuk menjamin pembayaran sejumlah uang kepada penerima jaminan (bowheer), apabila pihak yang dijamin (applicant) wanprestasi atau tidak dapat memenuhi kewajiban yang telah diperjanjikan dalam suatu perjanjian kerjasama/ kontrak.

Jenis BNI Garansi Bank :

  • Jaminan Penawaran (Bid Bond).
  • Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond).
  • Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond).
  • Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond).
  • Jaminan Sanggahan Banding.
  • Jaminan Lainnya (Jaminan Pembayaran, Jaminan Reklamasi, Jaminan dalam rangka Kepabeanan/Bea Cukai).

Manfaat BNI Garansi Bank :

  • Menjamin perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnis.
  • Dapat dipergunakan untuk transaksi domestik maupun internasional.

Keunggulan BNI Garansi Bank :

  • Selesai pada hari yang sama.
  • Aman dan terpercaya.
  • Proses mudah.
  • Format dapat disesuaikan.
  • Biaya kompetitif.
  • Fleksibilitas jaminan.

Garansi Bank Online


Seiring dengan perkembangan teknologi, BNI hadir untuk memberikan kemudahan kepada nasabah melalui transaksi perbankan secara elektronik (online) terkait produk Garansi Bank. BNI menghadirkan BNI e-Bank Guarantee (Garansi Bank Online), solusi yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan permohonan penerbitan, memantau proses penerbitan Garansi Bank yang telah diajukan, memantau report Garansi Bank yang telah diterbitkan (sebagai applicant) dan yang telah diterima dari mitra/vendor (sebagai beneficiary), memantau penggunaan dan sisa plafond Garansi Bank, serta melakukan pengecekan warkat Garansi Bank BNI yang diterima dari vendor/ mitra secara online.

Manfaat bagi Nasabah :

  • Mudah.
  • Hemat waktu & biaya.
  • Aman.
  • Paperless.
  • Pemantauan status penerbitan secara online.
  • Monitoring plafond garansi bank.

Fitur BNI Garansi Bank Online :

  • e-Application Pengajuan permohonan penerbitan Garansi Bank secara online yang dilengkapi dengan approval berjenjang.
  • e-Tracking Monitoring status penerbitan Garansi Bank.
  • e-Reporting Report Garansi Bank yang telah diterbitkan (sebagai applicant) dan diterima (sebagai beneficiary).
  • e-Checking Pengecekan warkat Garansi Bank yang telah diterbitkan (sebagai applicant) dan/atau diterima (sebagai bowheer).
  • e-Plafond Monitoring Pemantauan Plafond Garansi Bank (maksimum, pemakaian dan sisa plafond).

Cara Mendapatkan Layanan BNI e-Bank Guarantee :

  • Nasabah melakukan pengajuan pendaftaran sebagai user pengguna aplikasi BNI e-Bank Guarantee ke Kantor Cabang BNI terdekat / Divisi TBS.
  • Nasabah mendaftarkan nama user (maker, approver & releaser) pada aplikasi BNI e-Bank Guarantee.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, nasabah akan mendapatkan username dan password untuk mengakses dan menggunakan aplikasi BNI e-Bank Guarantee & diberikan pelatihan penggunaannya.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services

Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

Payment Management


Adalah solusi pengelolaan transaksi pembayaran dari BNI yang memberikan kemudahan kepada Nasabah Institusi/Perusahaan untuk melakukan penyelesaian atas kewajiban-kewajiban keuangannya secara tepat waktu dan akurat.

Kebutuhan atas laporan pembayaran kewajiban-kewajiban tersebut juga dapat diperoleh secara cepat dan realtime, sehingga nasabah akan langsung mendapatkan rekapitulasi atas laporan-laporan yang dibutuhkan.

Solusi ini sangat bermanfaat untuk kemudahan penyelesaian pembayaran kewajiban-kewajiban nasabah, baik yang bersifat single maupun massal (dengan jumlah volume transaksi yang besar).

 

Fitur-fitur Payment Management antara lain :

BNI Virtual Account Debit (Virtual Account for Disbursement)


Virtual Account Debit merupakan nomor rekening virtual (bukan real account) yang dapat digunakan sebagai rekening untuk bertransaksi yang terafiliasi dengan 1 (satu) rekening master sebagai rekening sumber dana untuk keperluan berbagai jenis transaksi pengeluaran dana (disbursement).

Keunggulan :

  • Kemudahan dalam identifikasi cash out (uang keluar) untuk keperluan pembayaran/transfer dana dari rekening sesuai kebutuhan yang dikehendaki.
  • Kemudahan dalam melakukan rekonsiliasi pembayaran/pengeluaran.
  • Dapat diterbitkan Kartu Debit per rekening virtual sebagai sarana transaksi melalui ATM/EDC ataupun penarikan tunai di Teller.
  • Dapat melakukan pengaturan limit transaksi (per rekening virtual) sesuai kebutuhan.
  • Memperoleh laporan transaksi Virtual Account secara rutin pada H+1 setelah transaksi atau secara realtime (H+0) via Portal Virtual Account ataupun BNIDirect.
  • Transaksi dapat dilakukan di berbagai channel (Teller, ATM, BNIDirect).
  • Waktu implementasi yang mudah dan singkat.

Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account Debit :

  • Memiliki rekening BNI Giro sebagai rekening sumber dana (main account).
  • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account.
  • Memiliki alamat e-mail yang didaftarkan sebagai sarana pengiriman informasi transaksi BNI Virtual Account.

Untuk Infomasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Sewices
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

BNI e-Tax (MPN G2)


BNI e-Tax merupakan solusi pembayaran penerimaan negara bagi nasabah BNI khususnya nasabah giran yang dilakukan melalui chanel BNIDirect. BNI e-Tax mengakomodir kebutuhan transaksi pajak nasabah dengan berbagai fitur dan fasilitas yang tidak dimiliki oleh bank lain.

Keunggulan :

  • Fitur yang terintegrasi dalam 1 platform, mulai dari Create Billing Pajak, Pembayaran dan Pelaporan).
  • Fitur Create Billing Pajak (baik single dan bulk) yang terintegrasi didalam sistem BNIDirect dan terhubung dengan sistem Billing DJP.
  • Fitur Check NPWP untuk memastikan validitas NPWP.
  • Fitur Predefine Wajib Pungut (WAPU) untuk mempermudah proses Reimbursement PPN untuk KKKS.
  • Bisnis Proses e-Tax MPN G2 sama dengan e-Tax MPN G1 sehingga user experience nasabah tidak berubah.
  • Pelaporan yang lengkap dan terintegrasi dengan sistem Pajak dan SKK Migas, SSP, BPN (Bukti Penerimaan Negara) dengan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara), NTB (Nomor Transaksi Bank), ID Billing, Faktur Pajak dan sesuai format E-Filling.
  • Email Notification bisa dikirimkan ke pihak ketiga sesuai yang dibutuhkan.
  • BNI adalah bank persepsi penerimaan USD dan IDR.
  • After sales di dukung oleh tim profesional yang handal.

Persyaratan mendapatkan BNI e-Tax (MPN G2) :

  • Mempunyai rekening Giro di BNI.
  • Memilih fitur Tax Payment pada Form Aplikasi Pendaftaran BNIDirect atau Form Aplikasi Maintenance BNIDirect.
  • Menyetujui dan menandatangani syarat dan ketentuan BNI e-Tax.

Untuk informasl lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
tbs_sat@bni.co.id

Bulk Payment


Merupakan fitur yang tersedia bagi nasabah untuk melakukan transfer/pemindahbukuan dana dalam jumlah banyak (bulk) secara elektronik dari satu rekening di BNI ke sejumlah rekening lainnya baik di BNI maupun di Bank lain dalam negeri, baik dalam mata uang Rupiah maupun Valuta Asing.

Keunggulan :

  • Sebagai solusi bagi nasabah yang menginginkan agar proses pembayaran kewajiban-kewajibannya dapat diselesaikan secara tepat waktu dan efisien.
    Pembayaran kewajiban-kewajiban dapat dilakukan secara massal dan tepat waktu pada saat kewajiban jatuh tempo hanya dengan satu kali proses eksekusi transaksi sehingga mengoptimalkan penggunaan dana idle perusahaan.
  • Instruksi Transaksi Bulk Payment bisa dilakukan secara langsung (immediate) atau terjadwal (forward value/standing instruction). Jenis instruksi terjadwal tersedia dalam 10 (sepuluh) pilihan waktu/sesi.

Persyaratan mendapatkan fasilitas Bulk Payment :

  • Memiliki rekening Simpanan.
  • Menjadi Nasabah Pengguna Layanan BNIDirect.

Untuk informasl lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
tbs_sat@bni.co.id

Payroll


Merupakan fitur yang tersedia bagi nasabah untuk melakukan transfer/pemindahbukuan pembayaran gaji karyawan secara elektronik dari satu rekening di BNI ke sejumlah rekening lainnya baik di BNI maupun di Bank lain dalam negeri, baik dalam mata uang Rupiah maupun Valuta Asing.

Keunggulan :

  • Proses pembayaran gaji karyawan dapat dilaksanakan secara tepat waktu dan efisien.
  • Instruksi Transaksi Payroll (pembayaran gaji karyawan) bisa dilakukan secara langsung (immediate) atau terjadwal (forward value/standing instruction). Jenis instruksi terjadwal tersedia lebih dari 10 (sepuluh) pilihan waktu/sesi.

Menjaga kerahasiaan data gaji karyawan karena tersedia fitur yang dapat mengatur siapa saja yang mendapat kewenangan untuk melihat mutasi rekening atas transaksi pembayaran gaji tersebut.

Persyaratan mendapatkan fasilitas Payroll :

  • Memiliki rekening Simpanan.
  • Menjadi Nasabah Pengguna Layanan BNIDirect.

Untuk informasl lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
tbs_sat@bni.co.id

BNI POPS


Merupakan fitur yang tersedia bagi nasabah untuk melakukan pemesanan dan pembayaran atas pembelian produk PERTAMINA dengan menggunakan sistem Host to Host sehingga kenyamanan dan keamanan Pelanggan PERTAMINA dalam bertransaksi dapat terjaga.

Produk Pertamina yang dapat dibeli diantaranya sbb :

Produk BBM, antara lain :

  • BBM Premium.
  • Pertamax/Pertamax Plus.
  • Solar.
  • Avtur.
  • Minyak Tanah.

Produk Non BBM, antara lain :

  • Jenis Oli.
  • Produk Pertamina lainnya diluar Bahan Bakar Minyak.

Keunggulan :

  • Nasabah dapat mensimulasikan terlebih dahulu pemesanan produk Pertamina yang akan dilakukan, sehingga nasabah mengetahui perkiraan besarnya pembayaran atas pembelian produk Pertamina tersebut.
  • Pembelian produk Pertamina dilakukan secara real time dan pengirimannya dilakukan pada H+1.
  • Pemesanan maupun Pembayaran produk Pertamina bisa dilakukan dari lokasi nasabah berada tanpa perlu mengantri di kantor cabang karena fitur ini tersedia pada channel BNIDirect yang merupakan layanan bagi nasabah BNI yang berbasis internet.

Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI POPS :

  • Memiliki rekening Simpanan (Non Perorangan).
  • Menjadi Nasabah Pengguna Layanan BNIDirect.

Untuk informasl lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
tbs_sat@bni.co.id

Pembayaran Kartu Kredit


Merupakan fitur yang tersedia bagi nasabah untuk melakukan pembayaran tagihan Kartu Kredit, baik kartu kredit BNI maupun kartu kredit bank lain.

Keunggulan :

  • Nasabah dapat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit ke bank lain secara real time.
  • Instruksi Transaksi Pembayaran Kartu Kredit bisa dilakukan secara langsung (immediate), terjadwal (forward value/standing instruction) maupun berulang (recurring). Jenis instruksi terjadwal dan berulang tersedia dalam 10 (sepuluh) pilihan waktu/sesi.

Persyaratan mendapatkan fasilitas Pembayaran Kartu Kredit :

  • Memiliki rekening Simpanan (Non Perorangan).
  • Menjadi Nasabah Pengguna Layanan BNIDirect.

Untuk informasl lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
tbs_sat@bni.co.id

Pembayaran Telco


Merupakan fitur yang tersedia bagi nasabah untuk melakukan pembayaran tagihan telepon dan internet.

Keunggulan :

  • Nasabah dapat melakukan pembayaran tagihan telco secara real time.
  • Instruksi Transaksi Pembayaran telco bisa dilakukan secara langsung (immediate), tedadwal (forward value/standing instruction) maupun berulang (recurring). Jenis instruksi terjadwal dan berulang tersedia dalam 10 (sepuluh) pilihan waktu/sesi.

Persyaratan mendapatkan fasilitas Pembayaran Telco :

  • Memliki rekening Simpanan (Non Perorangan).
  • Menjadi Nasabah Pengguna Layanan BNIDirect.

Untuk informasl lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
tbs_sat@bni.co.id

Collection Management


Jika Anda memiliki usaha dengan jaringan yang tersebar luas dan menginginkan proses collection atas penjualan produk/jasa dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta dapat mengidentifikasi hasil penjualan secara cepat dan akurat, maka BNI memberi solusi kepada Anda melalui solusi Collection Management.

Fitur-fitur Collection management Solution antara lain :

BNI Virtual Account Kredit (Virtual Account for Collection)


Adalah rekening virtual yang dibuka untuk mendukung pengelolaan transaksi penerimaan (collection) Perusahaan/Institusi agar berjalan efektif dan efisien. BNI Virtual Account menawarkan kemudahan mengidentifikasi mitra/pelanggan yang melakukan pembayaran, pemantauan dan pelaporan yang akurat, serta kemudahan dan kecepatan proses rekonsiliasi.

Virtual Account dalam hal ini digunakan sebagai Identifikasi pelanggan atau penyetor, dimana setiap setoran pada virtual account tersebut otomatis akan terbuku ke dalam rekening utama yang menjadi tujuan setoran.

Fitur lengkap BNI Virtual Account terakomodir dalam platform BNI e-CoIIection yang dapat menjawab berbagai kebutuhan pengelolaan penerimaan dana (collection management) sesuai kebutuhan nasabah.

Keunggulan :

  • Nama dan Nomor Virtual Account sebagai nomor tujuan transfer dan identifikasi pelanggan/penyetor, dapat ditentukan sendiri oleh customer.
    Nomor dan Nama Virtual Account akan muncul di rekening Koran (account statement) setiap transaksi.
  • Penyetoran dapat dilakukan di berbagai channel pembayaran maupun dari bank lain, (kliring/RTGS/transfer antar Bank Online) baik dalam rupiah maupun valas.
  • Hasil transaksi dapat dilihat secara online melalui BNIDirect maupun portal BNI e-Collection.
  • Proses implementasi yang relatif singkat.
    Penyetor tidak harus memiliki rekening di BNI.
  • Proses upload data dapat dilakukan sendiri oleh customer melalui BNIDirect atau portal BNI e-Collection.

Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account :

  • Memiliki rekening BNl Giro sebagai rekening pooling atau rekening utama.
  • Memiliki alamat e-mail yang didaftarkan sebagai sarana pengiriman informasi transaksi BNI Virtual Account.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Layanan Penjemputan dan Pengantaran Uang (Pick-up & Delivery Services)


Adalah layanan pengambilan/penjemputan uang (tunai/cek atau bilyet giro) dari lokasi Nasabah untuk disetorkan ke rekening Nasabah di BNI, dan atau layanan pengantaran uang tunai yang berasal dari pencairan dana dari rekening nasabah untuk diantarkan ke lokasi nasabah sesuai nominal dan lokasi yang telah disepakati.

Manfaat :

  • Nasabah dapat merealisasikan hasil penjualan/penerimaan dana ke dalam rekeningnya di Bank secara aman, cepat. dan efisien.
  • Nasabah dapat merealisasikan pencairan dana secara tunai dari rekening mereka di Bank dan diterima oleh nasabah secara aman, cepat, dan efisien.

Persyaratan :

  • Memiliki rekening BNI Giro.
  • Memenuhi ketentuan minimum rata-rata pengendapan dana Giro yang ditentukan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI Student Payment Center (BNI SPC)


Layanan khusus bagi Nasabah institusi Pendidikan, yang ditujukan membantu pengelolaan penerimaan pembayaran tagihan/biaya pendidikan/akademik secara terintegrasi, meliputi fitur-fitur penerimaan pembayaran. rekonsiliasi. penyelesaian (settlement). sampai dengan pelaporan.

Benefit :

Memberikan nilai tambah kepada Nasabah Institusi Pendidikan dan komunitas Peserta Didik (Mahasiwa/Pelajar), berupa solusi layanan penerimaan pembayaran biaya pendidikan/akademik, yang terintegrasi, secara mudah, cepat, dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Billing Payment


Merupakan solusi yang menjawab kebutuhan Nasabah Perusahaan/Institusi atas pengelolaan penerimaan pembayaran tagihan (billing) secara terintegrasi, sehingga penerimaan pembayaran tagihan dapat dilakukan secara cepat, realtime, efektif dan efisien.

Keunggulan :

  • Fitur penerimaan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
  • Dilengkapi dengan fitur rekonsiliasi dan pelaporan sesuai kebutuhan nasabah.
  • Transaksi dan monitoring dapat dilakukan secara realtime.

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI e-Collection


Merupakan solusi lebih lanjut dari BNI Virtual Account, dimana dapat mengintegrasikan antara berbagai pihak yang terlibat dalam bisnis melalui satu platform (one stop collection - for producers, buyers, couriers, e-commerce).

Keunggulan :

  • Transaksi online selama 24 jam.
  • Kemampuan transaksi melalui berbagai channel, baik channel BNI, channel bank lain, maupun non bank channel.
  • Integrasi system yang cepat.
  • Invoice/billing management yang fieksible.
  • Tersedia dashboard untuk monitoring dan report.
  • Rekonsiliasi dan laporan yang tepat waktu.
  • Notifikasi transaksi yang otomatis.

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Liquidity Management


Adalah solusi yang disediakan bagi Nasabah Non Perorangan agar pengelolaan cash flow keuangan perusahaan/institusi dapat selalu dijaga pada posisi yang ideal untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan.

Benefit :

  • Mendapatkan kemudahan untuk memindahkan (mengkonsolidasikan) dana perusahaan yang tersebar di berbagai rekening BNI secara realtime dengan dukungan mekanisme perpindahaan dana secara otomatis (automatic sweeping).
  • Minimize operation handling cost.
  • Optimalisasi return sesuai instrumen yang dipilih oleh nasabah.

Persyaratan :

  • Membuka (memiliki) rekening Giro di BNI
  • Menandatangani formulir Pendaftaran.
  • Menyetujui term & condition berikut skema pricing yang ditentukan.

Jenis :

Liquidity Management dapat dilakukan otomatis melalui Cabang atau BNIDirect, yaitu :

  1. Liquidity Management via Kantor Cabang
  2. Liquidity Management dengan pendaftaran via Kantor Cabang, yakni “BNI Account Sweep” yang memiliki beberapa fitur, antara lain :

    1. Account Sweep Online

      Transaksi pemindahan dana otomatis dari secondary account ke rekening utama (primary account) secara real time (online) baik dengan fitur limit atau tanpa fitur limit (maksimum nominal sweep).

    2. Account Sweep Push

      Transaksi otomatis pemindahan/mengirimkan kelebihan dana dari primary account ke secondary account dilakukan secara batch pada akhir hari (End Off Day) system Bank.

    3. Account Sweep Pull

      Transaksi otomatis pemindahan/mengambil kekurangan dana dari secondary account ke rekening primary account dilakukan secara batch pada akhir hari (End Off Day) system Bank.

    4. Account Sweep Push-Pull

      Aktivitas memelihara saldo pada rekening primary account dengan mengambil dari atau memindahkan ke secondary account dimana pemindahan dilakukan secara batch pada akhir hari (End Off Day) system Bank baik dengan fitur limit atau tanpa fitur limit (maksimum nominal sweep).

    5. Account Sweep Online Loan-Dep

      Transaksi pemindahan dana otomatis dari rekening secondary account yang berupa rekening pinjaman ke primary account secara real time (online) baik dengan fitur limit atau tanpa fitur limit (maksimum nominal sweep).

    Seluruh fitur “BNI Account Sweep” hanya dapat dilakukan dalam mata uang yang sama (single currency).

  3. Liquidity Management via Internet Banking (BNIDirect) :
  4. Liquidity Management dengan pendaftaran via Internet Banking (BNIDirect) memiliki beberapa fitur, yaitu :

    1. Cash Pooling
      • Pemindahan dana ke satu rekening pooling dapat berjalan secara harian atau diatur sesuai skedul tertentu pada jam-jam tertentu.
      • Sweeping dana (sweep in) dari multi account (sub account) ke main account (pooling account).
      • Sweeping dilakukan dalam mata uang yang sama (single currency) atau berbeda (multiple currency).
    2. Cash Distribution
      • Distribusi dana dari main account ke sub/target account dapat berjalan harian atau sesuai skedul tertentu.
      • Sweeping dana (sweep out) dari single account ke multiple account dilakukan secara otomatis pada jam-jam tertentu.
      • Sweeping dilakukan dalam mata uang yang sama (single currency) atau berbeda (multiple currency).
    3. Sweep Balance

      Pemindahan dana dari satu rekening ke rekening lainnya dapat diatur secara otomatis sesuai nominal yang dibutuhkan, baik dalam Range balance account (RBA), Target Balance Account (TBA), maupun Zero Balance Account (ZBA).

Untuk infomasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT).
Transactional Banking Services.
Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI FSCM (BNI Financial Supply Chain Management)


Seluruh perusahaan berusaha mempertahankan keberlangsungan usahanya dengan meningkatkan efisiensi dan profit usahanya melalui reduce cost dan optimalisasi modal kerja. Optimalisasi modal kerja saat ini dilakukan melalui pengaturan cash flow dan mempercepat cash-convertion-cycle baik disisi Nasabah Korporat (Korporat) maupun Mitra Korporat-nya (Supplier/Distributor). BNI memberikan layanan solusi transaksional terintegrasi yang unggul melalui program Supply Chain Financing (SCF) dengan menggunakan platform BNI FSCM (BNI Financial Supply Chain Management) untuk membantu Korporat mengoptimalkan modal kerja dan pengaturan cashlow dalam bekerja sama dengan partner bisnis (Mitra Korporat/Supplier/Distributor), serta memberikan solusi bisnis dalam suatu mata rantai dari hulu ke hilir yang disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah Korporat.

Program Supply Chain Financing dengan menggunakan platform BNI FSCM berbasis web ini dapat diakses melalui https://bnifscm.bni.co.id/. Keuntungan penggunaan BNI FSCM antara lain akan diperoleh transparansi pemantauan document flow dan money flow dari ketiga pihak (BNI, Korporat, dan Mitra Korporat nya), informasi real time, pencairan dan implementasi lebih mudah serta flexible, memudahkan rekonsiliasi dokumen tagihan (invoice), paperless, dan aman (web dilengkapi dengan secure https).

Layanan BNI FSCM senantiasa membantu kebutuhan bisnis Nasabah dengan solusi yang kami tawarkan, yaitu :

  1. Supplier Financing
  2. Fasilitas berupa pengambilalihan tagihan kepada Korporat sebelum tanggal jatuh tempo untuk dibayarkan kepada Mitra Korporat (Supplier) dengan waktu lebih cepat. Layanan Supplier Financing kami sediakan untuk perusahaan yang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat proses cash cycle produksinya dengan cara mengalihkan kepada Bank atau Bank membiayai lebih dulu tagihan Mitra Korporat (Supplier) ke Korporat.

    Sasaran Suplier Financing :

    Ditujukan untuk Mitra Korporat (Supplier) dengan fasilitas dapat diberikan kepada Mitra Korporat maupun melalui Korporat.

    Manfaat Supplier Financing :

    Bagi Korporat :

    • Bisnis yang berkesinambungan.
    • Menjadi “preferred buyer”.
    • Maksimalisasi Keuntungan.

    Bagi Mitra Korporat (Suplier) :

    • Memperoleh pembayaran lebih cepat sehingga membantu perputaran working capital.
    • Kesinambungan pasokan kepada Korporat.
    • Memperoleh rate yang kompetitif.
    • Meningkatkan volume penjualan.

  3. Distributor financing
  4. Fasilitas berupa pembayaran tagihan Korporat pada saat tanggal jatuh temponya oleh BNI, dan perpanjangan pembayaran tagihan dari Mitra Korporat (Distributor) kepada BNI. Layanan Distributor Financing, kami sediakan untuk perusahaan yang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mengatur proses cash cycle produksinya dengan talangan pembiayaan tagihan dari BNI kepada Mitra Korporat (Distributor). Dalam hal ini dapat dilakukan pengaturan pembayaran pada saat jatuh tempo tagihan atau diperpanjang sesuai kebutuhan Mitra Korporat (Distributor).

    Sasaran Distributor Financing :

    Ditujukan untuk Mitra Korporat (Distributor) dengan fasilitas diberikan kepada Mitra Korporat (Distributor).

    Manfaat Distributor Financing :

    Bagi Korporat :

    • Memperoleh kepastian pembayaran yang tepat waktu dan efisien.
    • Meningkatkan volume penjualan.
    • Memberikan kemudahan dan keamanan di dalam transaksi dokumen (Preferred).

    Bagi Mitra Korporat (Distributor) :

    • Memperoleh Turn Of Payment (TOP) lebih lama sehingga membantu perputaran working capital.
    • Fleksibilitas dalam pengaturan modal kerja.
    • Mendapatkan rate yang kompetitif.

  5. Receivable Financing
  6. Fasilitas berupa pengambilalihan tagihan dari Korporat kepada Mitra Korporat (Distributor) untuk dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempo tagihan. Layanan Receivable Financing, kami sediakan untuk Korporat yang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat proses cash cycle produksinya dengan talangan pembiayaan tagihan dari BNI kepada Korporat guna membiayai collection piutangnya. BNI memberikan talangan piutang Korporat untuk dibayarkan lebih cepat.

    Sasaran Receivable Financing :

    Ditujukan untuk Korporat secara langsung, dengan fasilitas diberikan kepada Korporat.

    Manfaat Receivable Financing :

    Bagi Korporat :

    • Memperoleh pembayaran piutang yang lebih cepat sehingga membantu dalam perputaran modal kerja.
    • Meningkatkan volume penjualan.
    • Memberikan kemudahan dan keamanan di dalam transaksi dokumen (Preferred).
    • Mendapatkan rate yang kompetitif.

Untuk Infomasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services.
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

Service Lainnya

BNI eduPATROL


BNI eduPATROL atau BNI education parental control adalah salah satu solusi BNI bagi sektor pendidikan untuk membantu sekolah dan orangtua dalam melakukan monitoring perkembangan anak di sekolah yang dilengkapi dengan fitur pembayaran biaya sekolah dan fitur unggulan lainnya.

Fitur :

  1. Portal untuk Sekolah (melalui website)
    1. Class Management.
    2. Payment & Reporting.
    3. Student Management.
    4. Absent Management.
    5. Employee Management.
    6. Dashboard Monitoring.
  2. Aplikasi untuk Orang tua/Wali siswa (melalui smartphone)
    1. Pengumuman dari sekolah.
    2. Absensi siswa.
    3. Biaya Pendidikan.
    4. Live Chat.
    5. Profil sekolah.
    6. Biodata siswa.

Manfaat :

  1. Untuk Orang tua/wali siswa :
    • Kemudahan dalam mengontrol aktifitas anak di sekolah.
    • Melakukan pembayaran biaya pendidikan anak dapat dimana saja dan kapan saja.
    • Pengajuan Izin tidak masuk sekolah lebih praktis.
    • Kemudahan dalam mengakses informasi, pengumuman, atau info kegiatan sekolah.
    • Notifikasi elektronik melalui aplikasi pada smartphone.
  2. Untuk Siswa :
    • Kemudahan dalam melakukan absensi.
    • Kemudahan dalam akses pengumuman dan informasi dari sekolah.
    • Kemudahan dalam mengetahui nilai-nilai di sekolah.
  3. Untuk Sekolah :
    • Memiliki sistem administrasi yang rapi, terpusat, dan terintegrasi.
    • Kemudahan dalam memberikan informasi kepada pihak orangtua baik terkait Siswa maupun aktivitas sekolah secara online.
    • Penerimaan pembayaran biaya pendidikan langsung ke dalam rekening sekolah.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT) Transactional Bankin Services.
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

BNI Digital Services


Merupakan inovasi terbaru BNI dalam upaya menghadirkan solusi bagi Nasabah dalam mengintegrasikan sistem aplikasi Nasabah dengan layanan transaksi perbankan melalui solusi berbasis Open Application Programming Interface (API). Nasabah dapat melakukan transaksi operasional keuangan langsung ataupun fitur perbankan lain melalui aplikasi Nasabah ke fitur layanan perbankan BNI yang tersedia.

BNI Digital Services memberikan nilai tambah kepada Perusahaan untuk meningkatkan efisiensi serta pengendalian dan pengelolaan keuangan yang sangat efektif.

Fitur :

Beberapa fitur transaksi dan layanan yang saat ini sudah dikembangkan menjadi service API BNI diantaranya sebagai berikut :

getBalance  :  Mendapatkan informasi saldo rekening yang terdaftar di bank.
getInHouseInquiry  :  Mendapatkan informasi rekening (nama & status rekening).
doPayment  :  Untuk melakukan transaksi transfer antar rekening BNI.
getPaymentStatus  :  Untuk mendapatkan status transaksi transfer.
getInterbankInquiry  :  Untuk mendapatkan informasi rekening bank lain.
getInterbankPayment  :  Untuk melakukan transfer ke bank lain.

Manfaat :

  • Perusahaan dapat melakukan transaksi operasional keuangan langsung melalui aplikasi Perusahaan ke Services BNI yang tersedia melalui perantara Application Programming Interface (API).
  • Meningkatkan efisiensi perusahaan melalui pengendalian dan pengelolaan keuangan yang efektif.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT) Transactional Bankin Services.
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id