en-USid-ID
X

Services


  • Cash Management
  • Sindikasi
  • Agen Fasilitas
  • Agen Jaminan
  • Agen Penampungan
  • Fund Services
  • Custody Services
  • Wali Amanat
  • Garansi Bank
  • Agen Pembayaran

Sekilas Cash Management

Excellence Delivery Everyday. Merupakan komitmen kami dalam menawarkan keunggulan untuk memberikan solusi dan layanan yang prima terhadap nasabah kami, berkat komitmen ini kami telah menjadi "Best Local Cash Management Bank 2010 for Large Corporations and Medium Sized Companies" berdasarkan survey yang dilakukan oleh majalah AsiaMoney.

Kami Mengucapkan terima kasih atas dukungan para nasabah kami dan kami akan tetap berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik untuk nasabah sehingga kami bisa menjadi mitra terpercaya dalam pengelolaan Cash Management dan BNI manjadi bank pilihan utama bagi nasabah.

Sebagai dukungan untuk memberikan solusi Cash Management yang terbaik bagi nasabah, BNI kini telah menyempurnakan platform IT yang dimiliki sehingga selain memiliki fitur-fitur transaksi yang semakin kaya, juga kemudahan dalam melakukan integrasi dengan platform IT yang dipergunakan oleh nasabah. Selain kelengkapan dan kemudahan, BNI tidak mengabaikan aspek keamanan transaksi.

Untuk kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam memanfaatkan solusi Cash Management tersebut, BNI menyediakan saluran distribusi yang telah memenuhi standard keamanan internasional yaitu melalui corporate internet banking dengan nama ”BNIDirect”, yang dapat diakses melalui web service :

Sindikasi

Jasa BNI Sindikasi secara garis besar terdiri dari jasa Arrangement dan Syndication Agencies (Keagenan Sindikasi).

  1. Arrangement
  2. Jasa Arrangement BNI Sindikasi membantu Anda untuk mengkoordinasikan dan membentuk fasilitas kredit secara bersama-sama (baik dalam bentuk sindikasi, club deal, konsorsium maupun bentuk-bentuk pembiayaan bersama lainnya) antara bank-bank dan lembaga pembiayaan untuk memberikan kredit dalam jumlah besar kepada perusahaan Anda (selaku Debitur), antara lain untuk kebutuhan pendanaan perusahaan (Corporate Finance) maupun pendanaan proyek (Project Finance).

    Manfaat bagi Anda :

    1. BNI Sindikasi membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan kredit dalam jumlah besar dalam waktu dan biaya yang reasonable dan kompetitif. Kepercayaan dari bank-bank dan lembaga pembiayaan baik skala nasional maupun internasional dalam bentuk pemberian fasilitas kredit sindikasi dapat meningkatkan corporate image dari perusahaan Anda. Di samping itu relationship perusahaan Anda dengan bank-bank dan lembaga pembiayaan yang memiliki pengalaman dan keahlian yang beragam dapat menjadi sumber berharga bagi pengembangan perusahaan yaitu berupa advisory, akses kepada informasi dan pasar lebih baik sehingga memberikan dampak positif bagi pengelolaan perusahaan Anda.

    2. Networking BNI Sindikasi yang luas tidak terbatas hanya dengan kalangan perbankan tetapi juga dengan Capital Market termasuk reputasi BNI Sindikasi dalam Bloomberg – League Table Indonesian Borrower Loans selaku Mandated Lead Arranger & Bookrunner serta berbagai penghargaan internasional yang diterima oleh BNI Sindikasi, merupakan keuntungan tersendiri dimana BNI Sindikasi dapat menjadi intermediary sehingga perusahaan Anda memiliki akses yang lebih baik ke kalangan perbankan dan Capital Market.

  3. Syndication Agencies (Keagenan Sindikasi)
    1. Facility Agent (Agen Fasilitas)
    2. Jasa keagenan Facility Agent (Agen Fasilitas) BNI Sindikasi memberikan kemudahan bagi perusahaan Anda dalam mengelola fasilitas kredit sindikasi yang perusahaan Anda peroleh sehingga lebih efektif dan efisien bagi perusahaan Anda. BNI Sindikasi selaku Agen Fasilitas akan bertindak mewakili para kreditur sindikasi, sehingga perusahaan Anda cukup melakukan koordinasi secara keseluruhan dengan satu pihak yaitu Agen Fasilitas.

      BNI Sindikasi sebagai partner usaha Anda memberikan jasa sebagai Agen Fasilitas akan melakukan fungsi utama yaitu bertindak sebagai koordinator dalam hal pemenuhan syarat-syarat dan kewajiban-kewajiban yang tertuang dalam perjanjian kredit sindikasi yang harus dipenuhi baik oleh perusahaan Anda selaku debitur maupun yang dipenuhi oleh para kreditur sindikasi sampai dengan fasilitas kredit sindikasi berakhir, atau sampai dengan berakhirnya fungsi Agen Fasilitas, antara lain dalam hal proses pencairan kredit, perhitungan pembayaran bunga, pembayaran angsuran pokok, monitoring kewajiban dan penyampaian laporan serta fungsi-fungsi utama lainnya yang ditentukan dalam perjanjian kredit sindikasi.

    3. Security Agent (Agen Jaminan)
    4. Jasa keagenan Security Agent (Agen Jaminan) BNI Sindikasi sebagai partner usaha Anda siap memberikan jasa yaitu melakukan fungsi utama untuk bertindak sebagai koordinator dalam hal pemenuhan syarat-syarat dan kewajiban-kewajiban yang tertuang dalam perjanjian kredit sindikasi dan dokumen jaminan yang terkait dengan jaminan yang harus dipenuhi baik oleh debitur maupun kreditur sampai dengan fasilitas kredit lunas, atau sampai dengan berakhirnya fungsi Agen Jaminan, antara lain mengadministrasikan dokumen jaminan, melakukan pengikatan jaminan, monitoring jaminan serta fungsi-fungsi lainnya yang ditentukan dalam perjanjian kredit sindikasi.

      BNI Sindikasi siap membantu perusahaan Anda selaku debitur dan para kreditur sindikasi dalam pengelolaan dokuman jaminan sindikasi secara praktis dan efisien.

    5. Escrow Agent (Agen Penampungan)
    6. Jasa keagenan Escrow Agent (Agen Penampungan) BNI Sindikasi sebagai partner usaha Anda siap memberikan jasa yaitu melakukan fungsi utama untuk mengelola arus kas perusahaan Anda selaku debitur sesuai dengan mekanisme cash waterfall yang diatur dalam perjanjian kredit sindikasi maupun dalam perjanjian pengelolaan rekening penampungan (cash account management agreement).

      BNI Sindikasi akan membantu perusahaan Anda dalam melaksanakan transaksi terkait pemenuhan kewajiban perusahaan Anda selaku debitur sesuai perjanjian kredit sindikasi, antara lain pembayaran angsuran dan bunga ke masing-masing kreditur sindikasi, dan kewajiban lain sesuai perjanjian kredit sindikasi maupun perjanjian pengelolaan rekening penampungan (cash account management agreement), serta membantu dalam memantau dan monitoring dana kas dalam rekening penampungan (escrow account) perusahaan Anda.

      BNI Sindikasi juga memberikan jasa keagenan Escrow Agent (Agen Penampungan) untuk transaksi-transaksi sebagai berikut :

      1. Transaksi antara kreditur dan debiturnya dimana debitur yang bersangkutan membuka rekening di BNI untuk menampung seluruh pendapatan debitur dan selanjutnya dana pendapatan tersebut digunakan berdasarkan instruksi/persetujuan kreditur,

      2. Transaksi antara 2 atau lebih perusahaan yang mengadakan kerjasama, dimana di dalam kerjasama tersebut disepakati di antara perusahaan-perusahaan tersebut untuk membuka suatu rekening bersama (joint account) yang digunakan untuk menampung pendapatan bersama perusahaan-perusahaan, dan selanjutnya dana tersebut digunakan/didistribusikan oleh agen penampungan sesuai instruksi/kesepakatan perusahaan-perusahaan tersebut,

      3. Transaksi lainnya yang membutuhkan escrow account maupun jasa Escrow Agent (Agen Penampungan)

      BNI Sindikasi memiliki tenaga-tenaga ahli yang sangat berpengalaman dan menguasai bidang perkreditan, hukum, sindikasi perbankan, serta secara institusi memiliki pengalaman membentuk sindikasi yang sukses, memiliki relationship yang sangat baik dengan perbankan nasional maupun perbankan internasional terutama regional Asia, menjadikan BNI Sindikasi sebagai Arranger dan Syndication Agents yang terpercaya dan handal.

      Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :


      PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

      Unit Bisnis Sindikasi

      Gedung BNI Lantai 16

      Jalan Jenderal Sudirman Kav. 1 Jakarta Pusat 10220

      Telepon (021) 5728076

      Faksimili (021) 2511132

Agen Fasilitas (Facility Agent)

BNI sebagai partner usaha Anda memberikan jasa sebagai Agen Fasilitas (Facility Agent) yang melakukan fungsi utama yaitu bertindak sebagai koordinator dalam hal pemenuhan syarat-syarat dan kewajiban-kewajiban yang tertuang dalam Perjanjian Kredit Sindikasi yang harus dipenuhi baik oleh perusahaan Anda selaku Debitur maupun yang dipenuhi oleh Kreditur Sindikasi sampai dengan fasilitas Kredit Sindikasi berakhir, atau sampai dengan berakhirnya fungsi Agen Fasilitas, antara lain : dalam hal proses pencairan kredit, perhitungan pembayaran bunga, pembayaran angsuran, monitoring kewajiban dan penyampaian laporan.

Manfaat :

  • Memberikan kemudahan bagi perusahaan Anda selaku Debitur dalam monitoring dan pendistribusian kewajiban Debitur.
  • Memudahkan perusahaan Anda selaku Debitur maupun kreditur sindikasi dalam hal berkoordinasi.
  • Lebih praktis dan efisien bagi perusahaan Anda selaku Debitur terkait administrasi fasilitas Kredit Sindikasi antara lain dalam proses pencairan kredit, pembayaran angsuran dan bunga, dan lain-lain sesuai Perjanjian Kredit Sindikasi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Divisi Bisnis Korporasi & Multinasional 1 (LMC1) Kelompok Sindikasi

Gedung BNI , Lantai 16 Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.

Telp : (021) 5728601

Fax : (021) 2511132

Agen Jaminan (Security Agent)

BNI sebagai partner usaha Anda memberikan jasa sebagai Agen Jaminan (Security Agent) yang melakukan fungsi utama yaitu bertindak sebagai koordinator dalam hal pemenuhan syarat-syarat dan kewajiban-kewajiban yang tertuang dalam Perjanjian Kredit Sindikasi yang terkait dengan jaminan yang harus dipenuhi baik oleh debitur maupun kreditur sampai dengan fasilitas kredit lunas, atau sampai dengan berakhirnya fungsi Agen Jaminan, antara lain : mengadministrasikan dokumen jaminan, melakukan pengikatan jaminan, monitoring jaminan.

Manfaat :

  • Membantu perusahaan Anda selaku Debitur maupun membantu Kreditur Sindikasi dalam memonitor administrasi dokumen yang berhubungan dengan jaminan.
  • Lebih praktis dan efisien bagi perusahaan Anda selaku Debitur dalam mengelola jaminan.
  • Agen Jaminan sebagai pihak yang menyimpan dan mengelola jaminan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Divisi Bisnis Korporasi & Multinasional 1 (LMC1) Kelompok Sindikasi

Gedung BNI , Lantai 16 Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.

Telp : (021) 5728601

Fax : (021) 2511132

Agen Penampungan (Escrow Agent)

BNI sebagai partner usaha Anda memberikan jasa sebagai Agen Escrow (Escrow Agent) yang melakukan fungsi utama dalam hal mengelola arus kas perusahaan Anda selaku Debitur dalam Rekening Escrow sesuai dengan cash waterfall yang diatur dalam Perjanjian Kredit Sindikasi dan Perjanjian Rekening Escrow.

Manfaat :

  • Membantu melaksanakan transaksi terkait pemenuhan kewajiban perusahaan Anda selaku Debitur sesuai Perjanjian Kredit Sindikasi, antara lain pembayaran angsuran dan bunga ke masing-masing kreditur sindikasi, dan kewajiban lain sesuai Perjanjian Kredit Sindikasi dan/atau Perjanjian Rekening Escrow (apabila ada).
  • Membantu dalam memantau dan monitoring dana kas dalam Rekening Escrow.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Divisi Bisnis Korporasi & Multinasional 1 (LMC1) Kelompok Sindikasi

Gedung BNI , Lantai 16 Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.

Telp : (021) 5728601

Fax : (021) 2511132

Fund Services

BNI memiliki bentuk solusi yang dapat menjadikan bisnis Anda optimal yaitu Fund Services. Layanan Fund Service, layanan administrasi handal untuk produk investasi Anda yang optimal meliputi :

  • Jasa layanan terhadap proses aktivitas transaksi sampai dengan perhitungan nilai aktiva bersih (meliputi Neraca, laba/rugi, laporan aktivitas dan laporan portfolio) untuk reksa dana, discretionary fund atau Kontrak Pengelolaan Dana (KPD).
    Layanan yang diberikan meliputi fund accounting, fund administration, pengawasan pelaporan dan publikasi.
  • Penyelesaian transaksi secara online dan real time, yang aman dan cepat dengan kemampuan Straight Through Processing (STP) yang mampu menghubungkan 2 (dua) sistem kustodi BNI (Core Custody System dan Fund Services System) dengan sistem Core Banking BNI serta sistem yang berhubungan dengan pasar modal
  • Agen Transfer (Transfer Agency)
    Jasa yang diberikan untuk melakukan pencatatan terhadap pembelian, penjualan dan melakukan pembayaran atas transaksi yang dilakukan pemilik unit penyertaan reksa dana.

Kemudahan :

  • Memberikan keamanan & kenyamanan terhadap nasabah yang menyimpan assetnya di BNI Kustodi
  • Nasabah dapat mengetahui setiap waktu jumlah assetnya
  • Memastikan nasabah mendapatkan Haknya atas kepemilikan surat berharga
  • Memperoleh informasi atas setiap tindakan corporate action dari emiten
  • Nasabah memperoleh laporan Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang akurat
  • Nasabah memperoleh kemudahan dalam pencatatan dan penyelesaian transaksi di Pasar Modal
  • Membantu Fund Manager (MI) dalam pemenuhan kepatuhan komposisi investasi reksadana agar sesuai dengan regulasi, dengan adanya pemantauan kepatuhan reksa dana agar sesuai dengan regulasi, dengan adanya pemantauan kepatuhan reksa dana (Compliance Monitoring) oleh petugas BNI

Persyaratan :

  • Perusahaan berdomisili di Indonesia & memiliki ijin usaha yang masih berlaku
  • Menandatangani perjanjian dengan BNI Kustodi
  • Membuka rekening giro di BNI

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Divisi Jasa Transaksional Perbankan (TBS) Kelompok Custodial Services

Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220

Telp : (021) 29946077

Fax : (021) 5728874

Custody Services

BNI memahami kebutuhan Anda yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan dalam mengelola assetnya. Solusi yang BNI berikan adalah Custody Services, solusi kenyamanan penyelesaian transaksi dan keamanan penyimpanan portfolio Anda dalam bentuk :

  • Penyelesaian transaksi secara online dan real time, yang aman dan cepat dengan kemampuan Straight Through Processing (STP) yang mampu menghubungkan Core Custody System dengan sistem Core Banking BNI serta sistem yang berhubungan dengan pasar modal
  • Penyimpanan, pengelolaan dan pengadministrasian surat berharga/efek baik yang terdaftar (scrip less) ataupun yang tidak terdaftar (scrip) pada Bursa Efek Indonesia
  • Layanan Jasa sub registry berupa penyimpanan, pengelolaan dan pengadministrasian surat berharga yang diterbitkan pemerintah seperti Surat Utang Negara (SUN), Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Surat Perbendaharaan Negara (SPN).
  • Penyimpanan, pengelolaan dan pengadministrasian surat berharga di pasar internasional yang terdaftar pada Euroclear sebagai salah satu lembaga depositori internasional. BNI Kustodi memiliki rekening langsung pada Euroclear dan menggunakan sarana komunikasi SWIFT secara otomatis dari sistem BNI Kustodi
  • Menjadi perwakilan nasabah nasabah untuk hadir dalam RUPS/RUPO (proxy services)
  • Melakukan pengurusan atas tindakan korporasi (corporate action) seperti right issue, saham bonus, pembayaran deviden/kupon, dll.

Kemudahan :

  • Anda dapat mengetahui setiap waktu jumlah assetnya
  • Memastikan Anda mendapatkan Haknya atas kepemilikan surat berharga
  • Memperoleh informasi atas setiap tindakan corporate action dari emiten

Persyaratan :

  • Melengkapi dokumen sesuai dengan persyaratan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia & Bapepam
  • Menandatangani perjanjian dengan BNI Kustodi
  • Membuka rekening giro di BNI

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Divisi Jasa Transaksional Perbankan (TBS) Kelompok Custodial Services

Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220

Telp : (021) 29946077

Fax : (021) 5728874

Wali Amanat

BNI memiliki layanan dalam bertindak sebagai pihak yang mewakili kepentingan investor (Bond Holder). Solusi yang BNI tawarkan adalah Wali Amanat dalam rangka emisi obligasi yang dapat membantu Anda dalam hal :

  • Penyusunan kontrak perwaliamanatan dengan Emiten
  • Monitoring emiten atas pemenuhan kewajiban-kewajibannya dan ketentuan lain dalam kontrak perwaliamanatan.
  • Penyampaian laporan dan keterbukaan informasi serta penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) berikut pelaksanaan keputusan RUPO

Kemudahan :

  • Memenuhi salah satu persyaratan atas penerbitan obligasi.
  • Meningkatkan kepercayaan investor untuk membeli obligasi yang diterbitkan.
  • Menambah kepercayaan investor atas bonafiditas emiten.

Persyaratan :

  • Bertempat kedudukan di Indonesia.
  • Dalam dua tahun terakhir secara berturut-turut memperoleh laba/ keuntungan.
  • Laporan keuangan telah diperiksa akuntan publik/akuntan negara untuk dua tahun berturut-turut dengan pernyataan pendapat wajar tanpa syarat untuk tahun terakhir.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Divisi Jasa Transaksional Perbankan (TBS) Kelompok Custodial Services

Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220

Telp : (021) 29946077

Fax : (021) 5728874

Garansi Bank

BNI sebagai partner usaha telah memahami kebutuhan Anda dalam memperlancar transaksi perdagangan atau proyek yang umumnya mempersyaratkan penyertaan Jaminan Bank (Bank Guarantee) . Kami memahami tujuan dan kebutuhan Nasabah berbeda-beda, karena itu kami telah mendesain produk Garansi Bank ini sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.

Garansi Bank adalah pernyataan secara tertulis dari Bank yang berisi kesanggupan untuk menjamin pembayaran sejumlah uang kepada pihak lain (penerima jaminan), apabila nasabah (pihak yang dijamin) wanprestasi atau tidak dapat memenuhi kewajiban yang telah diperjanjikan (perjanjian pokok).

Kemudahan :

  • Meningkatkan citra perusahaan Nasabah
  • Memperlancar transaksi bisnis yang disebabkan oleh ketidakpercayaan para pihak
  • Dapat dipergunakan untuk transaksi domestik maupun internasional

Jenis Garansi Bank

  1. Bid Bond/Jaminan Tender
    Adalah Garansi Bank untuk menjamin bahwa kontraktor/peserta tender sebagai pemohon tidak akan mengundurkan diri selama masa tender berlangsung dan bersedia menandatangani kontrak setelah ditunjuk sebagai pemenang tender
  2. Advance Payment Bond/Jaminan Uang Muka
    Adalah Garansi Bank untuk menjamin bahwa pelaksana proyek akan melaksanakan pekerjaan/kewajibannya setelah menerima uang muka pekerjaan dari pemberi kerja sebagai pemilik proyek (bouwheer) untuk mencegah hilangnya uang muka karena pemenang proyek cidera janji.
  3. Performance Bond
    Yang termasuk dalam kelompok jaminan ini adalah :
    1. Garansi Bank Pelaksana (Performance Bond)
      Adalah Garansi Bank untuk menjamin bahwa penerima pekerjaan sebagai Pemohon akan menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan pemberi kerja/pemilik pekerjaan. Nilai dan waktu penyerahan dapat disesuaikan dengan nilai keseluruhan proyek atau per termin proyek.
    2. Garansi Bank Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond/Retention Bond)
      adalah GB untuk menjamin bahwa pelaksana proyek sebagai Pemohon akan melaksanakan pemeliharaan terhadasp proyek yang telah selesai selama massa warranty atau pemelihatraan berlangsung.
    3. Garansi Bank Pembayaran
      adalah GB untuk menjamin pemberi kerja/pemilik pekerjaan/agen/dealer/distributor sebagai Pemohon akan melakukan pembayaran kepada pelaksana/penerima pekerjaan/produsen/pedagang besar sebagai Beneficiary sesuai kontrak/perjanjian.
  4. Custom Bond
    Adalah Garansi Bank untuk menjamin bahwa pemilik barang/perusahaan/pabrik sebagai terjamin akan melunasi penanggungan pembayaran bea masuk atas barang yang dikeluarkan dari pelabuhan atau pembayaran pita cukai dll kepada kantor bea cukai/pajak sebagai penerima jaminan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services

Gedung Wisma 46, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.

Telp : (021) 29946046

Agen Pembayaran (Paying Agent)

BNI menawarkan kepada Anda bentuk layanan pembayaran dalam bentuk jasa pembayaran . Solusi yang BNI tawarkan adalah Agen Pembayaran (Paying Agent) meliputi jasa pembayaran kupon/bunga obligasi, dividen, pokok obligasi atau surat hutang lainnya serta jasa pembayaran pembagian hasil jual/beli minyak, gas dan lain-lain.

Kemudahan :

  • Mempercepat proses pembayaran karena jaringan BNI yang luas.
  • Membantu tertib administrasi keuangan pelanggan sehingga lebih efektif dan efisien.
  • Meningkatkan reputasi pelanggan.

Persyaratan :

  • Menandatangani perjanjian agen pembayaran dengan BNI.
  • Membuka rekening di Cabang BNI yang ditunjuk.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Divisi Loan Multinational Company (LMC1) Kelompok Custody dan Trustee

Gedung BNI , Jalan Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta 10220.

Telp : (021) 5728211

Fax : (021) 2511311