Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Frequently Asked Quetion (FAQ)

BNI Debit Online

BNI Debit Online (VCN)

  1. Apa itu BNI Debit Online ?
    BNI Debit Online adalah suatu model inovasi pembayaran yang mudah, aman dan nyaman untuk transaksi belanja online di Merchant Online, mekanismenya dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli Kartu Debit BNI berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan BNI.
  2. Apa itu VCN ?
    VCN (Virtual Card Number) adalah data informasi BNI Debit Online berupa nomor kartu virtual 16 digit, masa berlaku (mm/yy) dan nomor cvc 3 digit. Informasi tersebut didapat melalui SMS yang diterima Nasabah dari kegiatan Request VCN melalui channel BNI SMS Banking atau channel lain kedepannya.
    Selanjutnya VCN dapat digunakan pada kolom yang tersedia pada halaman pembayaran merchant online yang terdapat logo MasterCard
  3. Apa saja fitur dari VCN ini dan keuntungannya ?
    1. Nasabah dapat melakukan transaksi online (e-commerce) dengan aman, tanpa cemas atas kemungkinan resiko kerugian yang diakibatkan oleh cyber fraud menggunakan BNI Debit Online VCN (dhi. nasabah tidak menggunakan nomor asli kartu debit saat bertransaksi online, serta nomor asli kartu debit Nasabah terjaga kerahasiaannya)
    2. VCN hanya berlaku dalam waktu terbatas, sehingga makin mengurangi resiko pencurian data Nasabah.
    3. VCN juga memudahkan nasabah mengatur finansial/budget transaksi belanja online karena saat kegiatan Request VCN, Nasabah dapat menentukan batas/limit maksimum nominal transaksi dari setiap VCN yang diterbitkan / yang di-request.
  4. Apa Persyaratan Memiliki BNI Debit Online ?
    1. Nasabah yang memiliki rekening tabungan/giro perorangan BNI untuk jenis sbb :
      • BNI Taplus
      • BNI Taplus Bisnis
      • BNI Taplus Muda
      • BNI Emerald Saving
      • BNI Giro Perorangan
      Serta Kartu Debit BNI yang berlogo MasterCard
    2. Melakukan Registrasi & Aktivasi BNI SMS Banking di kantor Cabang BNI terdekat.
    3. Melakukan Request VCN melalui BNI SMS Banking.
  5. Bagaimana proses Request BNI Debit Online (VCN) ?
    Request VCN dapat dilakukan melalui BNI SMS Banking dengan beberapa alternatif sebagai berikut :
    1. Request VCN melalui Syntax (perintah)
      Ketik sms REQ VCN [Nominal] lalu kirim ke nomor 3346, (gambar 1). Kemudian anda akan menerima SMS balasan dengan perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN Anda, (gambar 2). Anda akan mendapatkan SMS balasan kembali yg berupa Nomor Kartu Virtual (VCN) yg terdiri dari 16 digit, valid thru (bulan / tahun), 3 digit nomor CVC2, (gambar 3).
      VCN
    2. Request VCN melalui BNI USSD (Akses *141#)
      Provider Telkomsel di akses   :   *141*1#
      Provider Indosat & XL di akses   :   *141*2#
      Setelah melakukan akses diatas, berikut urutan langkah untuk Request VCN sbb :
      • Pilih menu "e-Commerce"
      • Pilih menu "e-Payment "
      • Pilih menu "BNI Debit Online (VCN)"
      • Masukkan Angka Nominal BNI Debit Online (VCN), dhi. tanpa Rp, koma , maupun titik
      • Masukkan 2 (dua) digit Pin Challenge BNI SMS Banking Anda
      • Notifikasi SMS akan dikirim ke No. Handphone Anda (seperti gambar 1 langkah ke 3)
    3. Request VCN melalui aplikasi BNI SMS Banking Menu.
      Dapat di unduh pada perangkat Android, iOs dan Blackberry
  6. Berapa lama nomor VCN ini berlaku ?
    VCN berlaku selama 1 (satu) minggu setelah Request VCN berhasil dilakukan.
  7. Berapa kali transaksi dari sebuah nomor VCN dapat digunakan ?
    1 (satu) kali transaksi setiap VCN yang diterbitkan.
  8. Bagaimana dengan saldo saya ketika meminta VCN ?
    Proses Request VCN sama sekali tidak men-debit atau memblokir Saldo Nasabah atas jumlah limit nominal yang di request.
  9. Biaya untuk melakukan Request VCN melalui BNI SMS Banking ?
    Nasabah hanya dikenakan biaya SMS dari pihak provider yang mengurangi pulsa bagi pelanggan kartu prabayar atau dibebankan ke tagihan bulanan bagi pelanggan kartu pasca bayar (dhi. mengikuti ketentuan BNI SMS Banking).
  10. Saya gagal meminta / Request VCN. Apa saja kemungkinannya ?
    1. Perintah syntax SMS untuk Request VCN yg diketik oleh nasabah belum benar sesuai syntax
    2. Pulsa handphone anda tidak mencukupi
    3. Anda belum melakukan Aktivasi BNI SMS Banking.
    4. Kartu Debit BNI dari tabungan/giro perorangan BNI Anda tidak berlogo MasterCard
  11. Di situs mana saja BNI Debit Online bisa digunakan ?
    BNI Debit Online memberikan kebebasan transaksi belanja online di merchant online mana saja di seluruh dunia yang menerima MasterCard
  12. Bagaimana cara saya melakukan transaksi online dengan BNI Debit Online ?
    1. Nasabah menyelesaikan pemilihan produk yang akan dibeli dan melakukan check out,
    2. Kemudian pilih metode pembayaran dengan menggunakan BNI Debit Online atau Kartu Kredit.
    3. Setelah itu Anda melakukan pembayaran yaitu dengan cara memasukkan 16 angka nomor kartu VCN, bulan / tahun, dan 3 digit nomor CVC2 yang telah Anda request melalui BNI SMS Banking.
      VCN
    4. Jika transaksi berhasil, jumlah saldo yang dipotong adalah sebesar nilai nominal transaksi belanja online Anda (dhi. bukan dari nominal request VCN).
  13. Bagaimana dengan saldo saya jika transaksi gagal ?
    Tidak ada pemotongan/pendebetan saldo jika transaksi gagal.
  14. Apakah saya bisa memberikan VCN ke orang lain ?
    Anda bisa memberikan BNI Debit Online (VCN) kepada kerabat atau rekan.
  15. Siapa yang bisa saya hubungi untuk penjelasan lebih lanjut tentang BNI Debit Online ?
    Kantor Cabang BNI terdekat atau BNI Call : (021) 1500046