Chat With Us
Chat With Us
en-USid-ID
X

Siaran Pers

BNI Kembali Raih Penghargaan The Best Trade Finance Bank in Indonesia

Kuala Lumpur, 21 Mei 2014. Dalam bidang layanan trade (perdagangan internasional), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali memperoleh pengakuan dari institusi internasional. Untuk kedua kalinya, BNI kembali memenangkan penghargaan sebagai The Best Trade Finance Bank in Indonesia dari Letter The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014. Selain itu, BNI juga memperoleh penghargaan untuk kategori The Leading Counterparty Bank in Indonesia.

Penghargaan ini diperoleh setelah melalui proses evaluasi yang sangat ketat sejak awal bulan Januari tahun 2014 dengan dilakukan review atas submission dan interview terhadap bank-bank di kawasan Asia Pasifik. Aspek yang dinilai antara lain kepuasan customer trade, inovasi produk dan layanan dalam perkembangan teknologi untuk memenuhi kebutuhan customer trade saat ini, serta perkembangan market share dibandingkan dengan bank pesaing domestik, sehingga menghasilkan suatu income dan cost benefit.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Suwoko Singoastro, Direktur Tresuri & Financial Institutional BNI, pada acara The Asian Banker Annual Business Achievement Awards Dinner 2014, di Kuala Lumpur (21/05). Menurut Suwoko, dengan diraihnya penghargaan secara berturut-turut ini membuktikan bahwa BNI memiliki produk dan layanan trade yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor lain dan prestasi ini terus akan dipertahankan.

Keberhasilan BNI meraih penghargaan ini tidak lepas dari faktor pendukung antara lain:

  • Berpengalaman menangani trade finance sejak didirikannya BNI pada tahun 1946
  • Jaringan yang luas, dengan dukungan jaringan cabang dalam negeri sebanyak 1695 outlet dan 5 cabang luar negeri serta dukungan lebih dari 1695 bank koresponden di s eluruh dunia
  • Layanan pemrosesan dokumen trade finance yang dipusatkan di Trade Processing Center bersertifikasi ISO 9001 : 2008 memastikan layanan yang terstandar dan aman,
  • Sumber daya manusia yang kompeten di bidang trade finance dan bersertifikasi Internasional (CDCS)
  • Produk dan layanan yang inovatif , terintegrasi dan customer centric, dan komitment untuk meningkatkan kualitas layanan dari same-day-service menjadi half-day-service yang di support oleh sistem yang canggih.
  • Tersedianya layanan advisory dan pemasaran di bidang trade finance oleh tim Marketing Representative Officers (MRO) di seluruh wilayah pusat bisnis trade finance di Indonesia
  • Pelaksanaan transaksi trade finance dengan prinsip prudent dan Risk management yang komprehensif dan terintegrasi.
  • Produk dan layanan transaksi trade finance yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan berorientasi pada pelanggan.
  • Sistem layanan elektronik terintergrasi yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi trade finance, yang dikenal dengan BNI Smart Trade Portal (BSTP), sehingga nasabah dapat mengikirmkan dokumen ataupun aplikasi pembukaan LC via online dan langsung terhubung dengan Trade Processing Center kami. Kami merupakan bank nasional pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan ini sebagai nilai tambah bagi layanan kepada nasabah.

Sepanjang periode tahun 2013, BNI berhasil meningkatkan volume transaksi trade finance sebesar 27,8% di bandingkan tahun sebelumnya. Dan untuk tahun ini, BNI menargetkan peningkatan volume bisnis trade finance sebesar 30%. Dengan volume tersebut BNI menjadi salah satu market leader di bidang layanan trade finance perbankan di Indonesia.

The Leading Counterparty Bank in Indonesia
Mengikuti kesuksesan pada bisnis remittansi dan perdagangan internasional, BNI mulai menunjukkan peingkatan dalam bisnis bank to bank baik dalam lingkup domestik maupun internasional yang dibuktikan dengan berhasilnya BNI meraih penghargaan sebagai The Leading Counterparty Bank in Indonesia.

Sejak 3 tahun terakhir BNI memfokuskan diri untuk bekerjasama dan aktif dalam bersinergi dengan bank bank lokal yang bertujuan untuk mendorong market domestik dalam meningkatkan transaksi perdagangan internasional.

BNI fokus pada peningkatan bisnis bank to bank transaksi seperti pembiayaan transaksi export import dari bank lokal. Transaksi bank to bank financing bertumbuh secara significant dari tahun ke tahun. Berawal di tahun 2011, BNI berhasil membukukan transaksi yang terus bertumbuh dengan tingkat pertumbuhan rata rata diatas 50 persen setiap tahunnya.

Selain bank to bank financing, fokus bisnis FI lainnya adalah dalam hal penerbitan bank guarantee under counter guarantee. BNI saat ini menjadi salah satu bank preferensi dalam penerbitan bank guarantee under counter guarantee. Salah satu keunggulan BNI dalam bisnis ini adalah kecepatan proses dan fleksibilitas dalam penerbitan bank guarantee under counterguaranty. Bekerja sama dengan bank koresponden di seluruh dunia, BNI menerbitkan ribuan bank guarantee setiap tahunnya.

Untuk terus menunjang bisnisnya, BNI Aktif untuk terus memperluas jaringan bank koresponden di luar negeri dengan tetap memperhatikan azas kehati-hatian. Saat ini BNI telah menjalin hubungan koresponden dengan hampir mencapai 2000 bank koresponden di seluruh dunia

Kuala Lumpur, 21 Mei 2014. Dalam bidang layanan trade (perdagangan internasional), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali memperoleh pengakuan dari institusi internasional. Untuk kedua kalinya, BNI kembali memenangkan penghargaan sebagai The Best Trade Finance Bank in Indonesia dari Letter The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014. Selain itu, BNI juga memperoleh penghargaan untuk kategori The Leading Counterparty Bank in Indonesia.

Penghargaan ini diperoleh setelah melalui proses evaluasi yang sangat ketat sejak awal bulan Januari tahun 2014 dengan dilakukan review atas submission dan interview terhadap bank-bank di kawasan Asia Pasifik. Aspek yang dinilai antara lain kepuasan customer trade, inovasi produk dan layanan dalam perkembangan teknologi untuk memenuhi kebutuhan customer trade saat ini, serta perkembangan market share dibandingkan dengan bank pesaing domestik, sehingga menghasilkan suatu income dan cost benefit.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Suwoko Singoastro, Direktur Tresuri & Financial Institutional BNI, pada acara The Asian Banker Annual Business Achievement Awards Dinner 2014, di Kuala Lumpur (21/05). Menurut Suwoko, dengan diraihnya penghargaan secara berturut-turut ini membuktikan bahwa BNI memiliki produk dan layanan trade yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor lain dan prestasi ini terus akan dipertahankan.

Keberhasilan BNI meraih penghargaan ini tidak lepas dari faktor pendukung antara lain:

  • Berpengalaman menangani trade finance sejak didirikannya BNI pada tahun 1946
  • Jaringan yang luas, dengan dukungan jaringan cabang dalam negeri sebanyak 1695 outlet dan 5 cabang luar negeri serta dukungan lebih dari 1695 bank koresponden di s eluruh dunia
  • Layanan pemrosesan dokumen trade finance yang dipusatkan di Trade Processing Center bersertifikasi ISO 9001 : 2008 memastikan layanan yang terstandar dan aman,
  • Sumber daya manusia yang kompeten di bidang trade finance dan bersertifikasi Internasional (CDCS)
  • Produk dan layanan yang inovatif , terintegrasi dan customer centric, dan komitment untuk meningkatkan kualitas layanan dari same-day-service menjadi half-day-service yang di support oleh sistem yang canggih.
  • Tersedianya layanan advisory dan pemasaran di bidang trade finance oleh tim Marketing Representative Officers (MRO) di seluruh wilayah pusat bisnis trade finance di Indonesia
  • Pelaksanaan transaksi trade finance dengan prinsip prudent dan Risk management yang komprehensif dan terintegrasi.
  • Produk dan layanan transaksi trade finance yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan berorientasi pada pelanggan.
  • Sistem layanan elektronik terintergrasi yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi trade finance, yang dikenal dengan BNI Smart Trade Portal (BSTP), sehingga nasabah dapat mengikirmkan dokumen ataupun aplikasi pembukaan LC via online dan langsung terhubung dengan Trade Processing Center kami. Kami merupakan bank nasional pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan ini sebagai nilai tambah bagi layanan kepada nasabah.

Sepanjang periode tahun 2013, BNI berhasil meningkatkan volume transaksi trade finance sebesar 27,8% di bandingkan tahun sebelumnya. Dan untuk tahun ini, BNI menargetkan peningkatan volume bisnis trade finance sebesar 30%. Dengan volume tersebut BNI menjadi salah satu market leader di bidang layanan trade finance perbankan di Indonesia.

The Leading Counterparty Bank in Indonesia
Mengikuti kesuksesan pada bisnis remittansi dan perdagangan internasional, BNI mulai menunjukkan peingkatan dalam bisnis bank to bank baik dalam lingkup domestik maupun internasional yang dibuktikan dengan berhasilnya BNI meraih penghargaan sebagai The Leading Counterparty Bank in Indonesia.

Sejak 3 tahun terakhir BNI memfokuskan diri untuk bekerjasama dan aktif dalam bersinergi dengan bank bank lokal yang bertujuan untuk mendorong market domestik dalam meningkatkan transaksi perdagangan internasional.

BNI fokus pada peningkatan bisnis bank to bank transaksi seperti pembiayaan transaksi export import dari bank lokal. Transaksi bank to bank financing bertumbuh secara significant dari tahun ke tahun. Berawal di tahun 2011, BNI berhasil membukukan transaksi yang terus bertumbuh dengan tingkat pertumbuhan rata rata diatas 50 persen setiap tahunnya.

Selain bank to bank financing, fokus bisnis FI lainnya adalah dalam hal penerbitan bank guarantee under counter guarantee. BNI saat ini menjadi salah satu bank preferensi dalam penerbitan bank guarantee under counter guarantee. Salah satu keunggulan BNI dalam bisnis ini adalah kecepatan proses dan fleksibilitas dalam penerbitan bank guarantee under counterguaranty. Bekerja sama dengan bank koresponden di seluruh dunia, BNI menerbitkan ribuan bank guarantee setiap tahunnya.

Untuk terus menunjang bisnisnya, BNI Aktif untuk terus memperluas jaringan bank koresponden di luar negeri dengan tetap memperhatikan azas kehati-hatian. Saat ini BNI telah menjalin hubungan koresponden dengan hampir mencapai 2000 bank koresponden di seluruh dunia

Related