Berita


Trade Expo Indonesia (TEI) 2022, UMKM BNI Xpora dengan Buyer Republik Korea

Trade Expo Indonesia (TEI) 2022, UMKM BNI Xpora dengan Buyer Republik Korea

Jakarta, 20 Oktober 2022 -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI terus memperkuat dukungan terhadap pelaku usaha bisnis kecil dan menengah untuk memperluas penetrasi pasar global.

BNI bekerja sama dengan Kementrian Perdagangan melalui Atase Perdagangan Korea Selatan menjembatani UMKM ekspor Indonesia untuk bertemu buyer dari Korea melalui acara Business Forum & B2B Meeting dengan tema “Towards Stronger Trade Coorperation between Republic of Korea – Republic of Indonesia”.

Acara Business Forum & B2B Meeting merupakan rangkaian kegiatan dari event Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 yang diinisiasi Kementerian Perdagangan Indonesia yang tengah berlangsung sejak tanggal 19-23 Oktober 2022 di Indonesia Convention & Exhibition Center (ICE), BSD Tangerang.

Event ini dibuka oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan dihadiri Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistyanto, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Mr Park Tae Sung, Chairman of Korea Importers Association (KOIMA) Kim Byung-Kwan beserta tamu-tamu undangan dari KBRI Seoul, Atase Perdagangan Seoul dan anggota-anggota KOIMA.

Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati, Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies, dan Direktur Enterprise & Commercial Banking BNI Muhammad Iqbal hadir secara langsung di Ballroom BNI Menara Pejompongan, Jakarta (20/10).

Dalam kesempatan yang sama hadir 116 peserta pelaku usaha bisnis kecil dan menengah Indonesia dan 43 importir dari Republik Korea yang dipertemukan secara one-on-one meeting antara buyer dan seller dalam kegiatan business matching.

Dalam sambutannya, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menyampaikan penghargaan kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Korea, BNI, Sinar Mas Group, dan KOIMA atas dukungan yang diberikan sehingga kegiatan Forum Bisnis pada hari ini dapat terselenggara dalam rangka mendukung TEI 2022.

Dia juga mengapresiasi delegasi pelaku usaha Korea yang telah berpartisipasi dalam kegiatan TEI 2022, dan berharap dapat menghasilkan transaksi yang saling menguntungkan antara pelaku usaha Korea dan Indonesia.

“Semoga dalam business matching yang akan diselenggarakan setelah forum bisnis ini juga dapat menciptakan transaksi dan kontrak bisnis yang konkrit dan dapat membuka jaringan perdagangan tapi kedua negara untuk kerja sama yang lebih luas,” sebut Zulkifli.

Dalam kesempatan yang sama, Gandi mengapresiasi kegiatan Business Forum & B2B Meeting yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan RI melalui Atase Perdagangan Seoul dengan mengajak BNI dalam business matching antara KOIMA dengan pelaku usaha bisnis TEI dan UMKM BNI Xpora.

Dia mengapresiasi kedua belah pihak mampu melakukan tindak lanjut dari MOU antara BNI dan KOIMA yang telah dilaksanakan pada bulan Juni 2022.

“Semoga para pelaku usaha dapat terus meningkatkan transaksi ekspor dan mendorong produk-produk UMKM lokal Nusantara masuk ke pasar global. Terlebih, Korea Selatan merupakan salah satu mitra dagang terbesar Indonesia dengan nilai transaksi perdagangan prospektif,” sebutnya.

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menyampaikan BNI pun merasa bangga dapat memfasilitasi pertemuan antara importir dari anggota KOIMA dengan eksportir di bawah naungan Trade Expo Indonesia dan BNI Xpora.

Perseroan berkomitmen untuk semakin proaktif memfasilitasi transaksi trade dan fasilitas pembiayaan kepada para UMKM ekspor kebanggaan Indonesia.

BNI terus mengoptimalkan kehadiran Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI di Seoul, Tokyo, Hongkong, Singapore, London, New York dan representative office kami di Amsterdam.

BNI juga telah melakukan berbagai kerjasama business matching dengan para diaspora Indonesia untuk membantu UMKM dan pelaku usaha bisnis menembus pasar global tidak hanya di negara-negara lokasi KCLN BNI namun juga negara-negara lain antara lain Uni Emirat Arab dan Australia.

“Harapannya semakin banyak pelaku usaha bisnis kecil dan menengah BNI dapat berkolaborasi dan berhubungan dengan asosiasi importir internasional, sehingga dapat mendorong ekspor nasional,” pungkasnya. (*)

Related

Arsip Berita