Berita


BNI Raih Predikat Best Customer Experience

BNI Raih Predikat Best Customer Experience

JAKARTA, 10 Mei 2023 - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI mengawali 2023 dengan torehan kinerja positif dan berkelanjutan, yang membuat perseroan dianugerahi sejumlah penghargaan.

BNI meraih predikat bank KBMI IV terbaik dalam memberikan pengalaman positif kepada nasabah - Exceptional Performance in Delivering Positive Customer Experience 2023 kategori Regular Banking yang dianugerahkan oleh CCSL (Carre Center for Customer Satisfaction & Loyalty) & Majalah Marketing.

Survei CCSL menempatkan BNI sebagai peringkat #1 dengan score ESEI sebesar 91,035, dengan grade Exceptional (lebih dari excellent), atas keberhasilan BNI dalam memberikan positive service experience kepada para nasabahnya.

Dalam melakukan survei, CCSL menggunakan tiga parameter pengukuran berbasis experience nasabah yaitu: Sense Index, Mood Index, dan Solution Index. Dari ketiga aspek penilaian, secara keseluruhan BNI memiliki nilai yang baik pada tahun 2023.

Direktur Network & Service BNI Ronny Venir mengatakan, pencapaian ini merupakan komitmen BNI dalam memberikan pelayanan terbaik dan solusi digital kepada seluruh nasabah yang akan berkorelasi positif terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah.

BNI akan terus memaksimalkan layanan dengan dukungan infrastruktur IT yang andal, memperluas sinergi dengan berbagai ekosistem untuk meningkatkan minat dan loyalitas masyarakat Indonesia dalam bertransaksi.

"Hal ini sebagai salah satu upaya bagi BNI dalam memberikan kemudahan dan kecepatan layanan kepada nasabah yang akan berdampak langsung terhadap peningkatan volume transaksi dan pertumbuhan bisnis perusahaan. Tentunya, tujuan utama kami adalah demi terciptanya kepuasan, loyalitas, dan keterikatan nasabah," ujarnya.

Selain itu, kata Ronny, BNI juga akan terus mempermudah transaksi bisnis nasabah melalui tiga champion product-nya, yaitu BNIDirect, API Open Banking, dan BNI Mobile Banking.

BNI Direct hadir sebagai solusi terintegrasi untuk layanan payment management, collection management, liquidity management, hingga value chain management untuk mempermudah transaksi dan bisnis, terutama nasabah korporasi.

Sementara API Open Banking hadir untuk mempermudah pelaku usaha mengembangkan bisnis digitalnya, dan BNI Mobile Banking menjadi andalan nasabah individu hingga korporasi dalam bertransaksi tanpa batasan tempat dan jeda waktu.

Digital Channel Transformation

Untuk meningkatkan pengalaman nasabah, BNI pun telah melakukan transformasi digital secara bertahap. Secara customized, customer experience dibangun melalui penyesuaian format outlet BNI berbasis digital dengan menyesuaikan lokasi maupun karakteristik dari outlet itu sendiri.

BNI membagi format outlet dan layanan berbasis digital ke dalam empat format yaitu super flagship, business flagship, digital first, dan tematik. 

Outlet super flagship melayani hampir semua kegiatan finansial. Outlet business flagship menjadi pusat pelayanan terpadu untuk komunitas bisnis, sedangkan outlet tematik untuk memberikan pengalaman yang mendalam bagi nasabah sesuai dengan tema lokasi.

Selain itu BNI juga memiliki BNI Xpora yang merupakan layanan one stop solution untuk mendukung UMKM Go Productive, Go Digital, dan Go Global. 

Peran Xpora tidak lepas dari keberadaan Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI yang berlokasi di Singapura, Hong Kong, Tokyo dan Osaka - Jepang, New York - Amerika Serikat, Seoul - Korea Selatan, London - Inggris, dan Amsterdam - Belanda. 

KCLN BNI juga memiliki tugas untuk menjadi mediator dari business matching antara UMKM lokal dengan para potential buyer di luar negeri, baik dari segmen diaspora maupun local business.

Selain melakukan transformasi jaringan, BNI juga berkomitmen untuk melayani para nasabah yang berada di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh outlet, melalui BNI Agen46. 

BNI Agen46 telah hadir di wilayah-wilayah blank spot dan wilayah terdepan, tertinggal dan terluar (3T). Hingga Maret 2023, jumlah BNI Agen46 telah mencapai 171.075 agen dan tersebar di lebih dari 6 ribu kecamatan dan 31 ribu desa/kelurahan di seluruh Indonesia. 

Dari sisi SDM, BNI meraih prestasi layanan pada ESEI 2023, seiring dengan kontribusi SDM (BNI Hi Movers) dalam memberikan layanan ekselen maupun dalam menghasilkan produk terbaik.

Ronny Venir menyampaikan perseroan terus meningkatkan kompetensi dan kapabilitas untuk menghasilkan BNI Hi movers yang andal dan mampu menghadapi tantangan dan tuntutan pada masa kini dan masa yang akan datang. 

"Tentunya BNI Hi Movers dididik dan dilatih untuk memiliki skillset sesuai kebutuhan pasar," tutup Ronny. (*)

Related

Arsip Berita