Berita


Business Matching UMKM AIPF 2023, BNI Xpora Kolaborasi dengan Atase Perdagangan Seoul

Business Matching UMKM AIPF 2023, BNI Xpora Kolaborasi dengan Atase Perdagangan Seoul

Jakarta, Kamis (7/9/2023) -- Product Champion PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yakni BNI Xpora berkolaborasi dengan Atase Perdagangan Seoul melakukan Business Matching antara UMKM dan Calon Buyer dari Korea Selatan.

BNI Xpora dan Atase Perdagangan Seoul bersama Kementrian Perdagangan serta GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia) bersama-sama mendukung UMKM Binaan menembus potensi pasar Korea Selatan dengan menggandeng Lotte Group Korea Selatan sebagai calon potential buyer atas produk-produk UMKM Indonesia.

Pada acara ini lebih dari 100 pelaku UMKM berpartisipasi untuk memperkenalkan produk mereka kepada para merchandiser. Agenda business matching ini juga bertepatan dengan ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023, yang mana adalah bank milik negara yang mendukung penuh forum internasional tingkat tinggi tersebut.

Acara ini dihadiri oleh COO Lotte Home Shopping Donkyu Lee, Director General KOTRA Janghee Lee, Director of Primary Product Export Development Kemetrian Perdagangan Merry Maryati, Atase Perdagangan Seoul Eko Prilianyo, Chairman of GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia) Adhi Lukman, serta Division Head Retail Productive Banking BNI Muhammad Safri Hidayat, serta Atase Perdagangan Seoul Eko Prilianto.

Dalam keterangannya, Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan menyampaikan dengan one on one Business Matching ini diharapkan para importir dari Lotte Group tertarik untuk memasarkan produk-produk UMKM Indonesia di Korea Selatan.

"Tentunya multiplier effect dari AIPF 2023 ini sangat kuat. Kami berharap agenda ini dapat meningkatkan volume transaksi ekspor dan pendapatan devisa negara, juga memperkenalkan produk-produk buatan Indonesia ke negeri Ginseng,” ungkapnya.

Sebagai orkestrator ekosistem ekspor UMKM, Putrama menjelaskan BNI Xpora akan terus mendukung kinerja ekspor produk lokal. 

Dengan jaringan outlet luar negeri BNI di 7 negara, BNI Xpora terus mengoptimalkan peran sebagai channel BNI dalam menembus akses pasar ke luar negeri. 

Dalam kesempatan ini, Putrama melanjutkan perseroan juga mengadakan seminar mengenai Potensi Pasar Korea Selatan bagi para pelaku UMKM khususnya yang bergerak di bidang produk makanan dan minuman, handicraft, serta produk ritel. 

"Program peningkatan kapasitas ini menunjukkan bahwa BNI Xpora akan terus menjadi salah satu  pemberdayaan UMKM Indonesia untuk terus maju, dan Melompat Lebih Tinggi untuk Indonesia," katanya. (*)

Related

Arsip Berita