Berita


BNI Lanjutkan 30.000 Swab Test di Pulau Kalimantan

Balikpapan, 25 Juli 2020 --- Sebagai wujud Komitmen BNI mendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di wilayah Kalimantan pada umumnya dan khususnya Kota Balikpapan, maka BNI Menyediakan 2.500 SWAB TEST GRATIS untuk Wilayah Kalimantan. Kota Balikpapan merupakan kota ke 10 untuk penyelenggaraan Swab test gratis.

Langkah ini merupakan bagian dari program mewujudkan BUMN yang terbebas dari virus Corona, #CovidSafeBUMN, dan salah satu rangkaian dari program “BNI Berbagi” yang memberikan 30.000 swab test gratis bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu, pemberian swab test ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-74 BNI, yang jatuh pada 5 Juli 2020.

Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu 25 Juli 2020 Bertempat di Halaman Parkir kantor Walikota Balikpapan.

Hadir pada acara tersebut Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Dr Andi Sri Juliarty, Direktur RS Pertamina Balikpapan dr M.N Khairudin Sp.B., Dandim 0905 Balikpapan Kol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Wakapolres Balikpapan AKBP Sebpril Sesa, S.I.K, Head Of Region BNI Wilayah Banjarmasin Mahrauza Purnaditya, Pemimpin Cabang BNI Balikpapan Bintara serta koordinator satgas BUMN Balikpapan.

Saat peresmian kegiatan swab test gratis, Head Of Region BNI wilayah Banjarmasin Mahrauza Purnaditya mengatakan "Program ini adalah kelanjutan dari langkah BNI membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar COVID-19 di Balikpapan dan sekitarnya. Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Balikpapan, BNI berkolaborasi dengan Pertamina Bina Medika IHC dalam hal ini RS Pertamina Balikpapan melaksanakan uji SWAB TEST secara GRATIS bagi masyarakat, tenaga medis, Gugus tugas, pegawai, rekanan dan Nasabah BNI. Kegiatan ini tentunya diharapkan mencegah penyebaran dan memberikan pemetaan COVID-19 secara tepat sehingga kondisi bisa normal kembali".Semoga kita selalu diberikan Kesehatan, Mari kita “Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal” tambahnya.

 

Secara simbolis Head Of Region BNI wilayah Banjarmasin Mahrauza  Purnaditya menyerahkan bantuan 500 swab test gratis untuk masyarakat kota balikpapan kepada walikota balikpapan Rizal Effendi.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang juga ketua gugus tugas Balikpapan menyampaikan terima kasih atas kepedulian BNI dalam upaya penanganan covid-19 di kota Balikpapan. Menurutnya swab test sebagai salah satu upaya mengetahui tertulat atau tidak seseorang dari covid-19 sangat penting untuk saat ini. Oleh karenanya masyarakat sebaiknya tidak takut untuk mengikuti kegiatan swab test sebab tujuannya untuk menjaga kesehatan dan keselematan bersama.

Pertamedika IHC dalam hal ini RS Pertamina Balikpapan sebagai grup RS BUMN yang memiliki keandalan dalam melakukan pemeriksaan skrining covid-19. Keputusan untuk menjalankan pemeriksaan lewat tes PCR swab yang menggunakan sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan tersebut dipilih karena menjadi pemeriksaan ini dinilai lebih akurat, sebab virus corona akan menempel di bagian dalam hidung atau tenggorokan saat masuk ke dalam tubuh. Hasil akhir dari pemeriksaan PCR swab ini nantinya akan benar benar memperlihatkan keberadaan virus SARS-COV2 di dalam Tubuh seseorang.

Direktur RS Pertamina Balikpapan Dr.M.N. Khairudin Sp.B mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona lebih luas lagi di wilayah balikpapan. Dalam kegiatan ini tim medis yang diturunkan sebanyak 9 orang yang terdiri dari 5 swabber (dokter), 2 perawat asisten swabber, 2 koordinator lapangan yang membantu dalam pelaksanaan acara.

Pada kegiatan tersebut terlihat animo masyarakat yang antusias mengikuti Swab Test gratis. Protokol kesehatan Covid-19 diterapkan dalam kegiatan ini. Mulai dari tahapan kedatangan peserta dilakukan cek suhu dan cuci tangan, registrasi awal, tempat duduk antrian yang menerapkan physical distancing, lokasi yg selalu disemprot desinfektan, hingga pelaksanaan lainnya hingga selesai. Selain itu Petugas medis yang melayani Swab Test ini juga menggunakan baju APD Lengkap.

Selama masa pandemi ini, bantuan CSR yang telah BNI berikan berupa bantuan tanggap darurat bencana wabah pandemic corona berupa Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan kepada rumah sakit rujukan yang tersebar di seluruh daerah, alat cuci tangan atau wastafel portabel dan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Corporate Secretary BNI

Telp: 021-5728387

Email: bni@bni.co.id

Related

Arsip Berita