Services


Corporate Digital Services


BNI memiliki Corporate Digital Services, salah satunya BNIDirect yang mengintegrasikan solusi bisnis dan tata kelola keuangan nasabah termasuk solusi bisnis internasional banking. Target nasabah dari layanan ini antara lain adalah nasabah korporasi, komersial dan usaha kecil maupun rintisan termasuk pebisnis luar negeri yang memiliki bisnis partner di Indonesia, pebisnis Indonesia yang jangkauan usahanya di luar negeri dan/atau memiliki group usaha di luar negeri, perwakilan pemerintah Indonesia yang ada di luar negeri serta para Diaspora Indonesia.

BNIDirect sebagai solusi platform cash management mempunyai berbagai fitur seperti Collection Management, Liquidity Management, Payment Management, Digital Bank Guarantee, Financial Supply Chain Management, Trade Online, serta API open banking untuk mendukung integrasi dan kemudahan transaksi perbankan pada platform yang dimiliki nasabah.

Inovasi baru lainnya yang segera dapat dinikmati oleh nasabah yaitu fitur/layanan BNIDirect dengan kapabilitas baru dengan akses yang seamless menuju semua layanan bisnis seperti cash management, garansi bank, FSCM, Trade dan FX pada satu platform. Online open account yang mempermudah Pengguna BNIDirect agar dapat langsung membuka rekening Giro dan Deposito sehingga tidak perlu berkunjung ke cabang serta executive dashboard yang mengkonsolidasikan semua aspek finansial dan informasi untuk mempermudah pengambilan keputusan.

Seiring perkembangan bisnis dan teknologi serta mengakomodasi kebutuhan nasabah, BNI mengembangkan BNIDirect Overseas sebagai platform digital transaksi bagi nasabah luar negeri yang memiliki bisnis partner di Indonesia, nasabah Indonesia yang jangkauan usahanya di luar negeri dan/atau memiliki group usaha di luar negeri, perwakilan pemerintah Indonesia yang ada di luar negeri serta para Diaspora Indonesia, sehingga seluruh tata kelola keuangan nasabah dapat diakses secara real time on line dimana saja dan kapan saja.

BNIDirect


Pengertian :

BNIDirect merupakan kanal elektronik yang disediakan oleh BNI bagi nasabah nonperorangan untuk melakukan aktivitas transaksi keuangan dari rekening nasabah diBNI dengan lebih cepat, mudah, dan aman. BNIDirect dapat diakses dengan WebBase, Mobile Apps dan API Base.

BNIDirect yang di akses melalui aplikasi mobile apps bernama BNIDirect Mobilesebagai tambahan aplikasi BNIDirect versi web. Transaksi yang di inisasi dariBNIDirect versi web akan dapat dimonitor dan dilihat di BNIDirect Mobile dansebaliknya, transaksi yang di inisiasi oleh BNIDirect Mobile dapat dimonitormelalui BNIDirect versi web.

Keunggulan BNIDirect

Cepat

  • Akses Internet 24 jam (untuk transaksi in-house dan online transfer)

Mudah

  • User Friendly.
  • Dilengkapi dengan panduan transaksi
  • Dapat melakukan transaksi dimana saja.

Aman

  • Secure Line dengan Verisign Security Certification Socket Secure Line(SSL)128 bit.
  • Otorisasi transaksi menggunakan Electronic Signature yaitu BNI e-Secure(Hard Token) atau mobile token (Soft Token)
  • Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan Password. Pembagian kewenangantransaksi terdiri dari Maker, Approver dan Releaser,Matrix KewenanganTransaksi dan Limit Transaksi.

Keunggulan Fitur BNIDirect :

  1. Menu yang fleksibel dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah
  2. Jumlah user dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan
  3. Akses kewenangan atas fitur dan rekening dapat ditentukan oleh nasabah
  4. Otorisasi transaksi dilakukan dengan PIN dinamis yang dihasilkan olehelectronic signature (BNI e-Secure/mobile token)
  5. Memiliki berbagai jenis format laporan yang dapat diunduh atas transaksinasabah dan dapat dikirimkan melalui email
  6. Terdiri dari dua bahasa, yaitu dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Keunggulan BNIDirect Mobile :

  1. Diakses melalui device yang berbasis Android dan iOS
  2. Tampilan sesuai ukuran layar
  3. Tidak perlu membawa Token
  4. Keamanan berlapis
  5. Auto update Fitur BNIDirect Mobile (tidak perlu install ulang)
  6. Mobile Apps Versi min. Android: Lollipop dan Versi min. iOS: iOS8

Syarat dan Ketentuan Menjadi Nasabah Pengguna BNIDirect Mobile :

  1. Sudah terdaftar pada aplikasi BNIDirect versi web
  2. Untuk nasabah baru, menggunakan Aplikasi Pendaftaran BNIDirect denganmenambahkan fitur BNIDirect Mobile dan mencantumkan nomor mobile/HPmasing-masing user
  3. Untuk nasabah lama (existing), menggunakan Aplikasi Maintenance BNIDirectuntuk ditambahkan fitur BNIDirect Mobile dan nomor mobile/ HP masing-masinguser.

Fitur Unggulan BNIDirect :

  1. Tax Payment
  2. Account Information
  3. Bill Payment
  4. Transfer Management
  5. Mass Payment
  6. BNI Pops
  7. Collection Management
  8. Liquidity Management
  9. SC Pay Management
  10. Information Management
  11. Collective DPLK
  12. BNI Kepabeanan
  13. Virtual Account Management
  14. Import / Export LC
  15. FSCM

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biaya layanandapatmenghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Divisi Solusi Wholesale.

Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Garansi Bank


BNI sebagai partner usaha memahami kebutuhan Anda dalam memperlancar transaksiperdagangan atau proyek yang umumnya mempersyaratkan penyertaan Jaminan Bank(Garansi Bank). Kami memahami tujuan dan kebutuhan Nasabah berbeda-beda, karenaitu kami telah mendesain produk Garansi Bank ini sesuai dengan tujuan dankebutuhan Anda.

BNI Garansi Bank merupakan pernyataan secara tertulis dari BNI yang berisikesanggupan untuk menjamin pembayaran sejumlah uang kepada penerima jaminan(bowheer), apabila pihak yang dijamin (applicant) wanprestasi atau tidak dapatmemenuhi kewajiban yang telah diperjanjikan dalam suatu perjanjian kerjasama/kontrak.

Jenis BNI Garansi Bank

  • Jaminan Penawaran (Bid Bond).
  • Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond).
  • Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond).
  • Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond).
  • Jaminan Sanggahan Banding.
  • Jaminan Lainnya (Jaminan Pembayaran, Jaminan Reklamasi, Jaminan dalamrangkaKepabeanan/Bea Cukai, dan sebagainya).

Manfaat BNI Garansi Bank

  • Menjamin Perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnis.
  • Dapat dipergunakan untuk transaksi domestik maupun internasional.

Keunggulan BNI Garansi Bank

  • Selesai pada hari yang sama.
  • Aman dan terpercaya.
  • Proses mudah.
  • Format dapat disesuaikan.
  • Biaya kompetitif.
  • Fleksibilitas jaminan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, BNI menghadirkan Garansi BankOnline(BNI e-Bank Guarantee dan m-BG Checking) sebagai solusiyangmemberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan permohonanpenerbitan,pemantauan dan pengecekan garansi Bank secara online.

Manfaat bagi Nasabah

  • Mudah.
  • Hemat waktu dan biaya.
  • Aman.
  • Paperless.
  • Pengajuan dan pemantauan status penerbitan garansi Bank secara online.
  • Pengecekan warkat garansi Bank secara online.
  • Reporting penerbitan garansi Bank dan monitoring plafond garansi Banksecaraonline.

BNI e-Bank Guarantee

Adalah solusi web based yang memiliki fitur sebagai berikut :

  • e-Application
    Pengajuan permohonan penerbitan garansi Bank secara onlineyangdilengkapi dengan approval berjenjang.
  • e-Tracking
    Monitoring status penerbitan garansi Bank.
  • e-Reporting
    Report garansi Bank yang telah diterbitkan (sebagai applicant)danditerima (sebagai beneficiary).
  • e-Checking
    Pengecekan keabsahan warkat garansi Bank yang telah diterbitkan(sebagaiapplicant) dan/atau ditterima sebagai bowheer.
  • e-Plafond Monitoring
    Pemantauan plafond garansi Bank (maksimum, pemakaian dan sisa plafond).

BNI m-BG Checking

Adalah pengecekan kebenaran warkat garansi bank via mobile apps melaluiscanningQR Code pada garansi Bank.

Cara mendapatkan layanan BNI e-Bank Guarantee danm-BGChecking

  • Nasabah mengajukan pendaftaran sebagai user pengguna aplikasi BNIe-BankGuarantee ke kantor cabang Bni terdekat atau ke Divisi SolusiWholesale (WHS).
  • Nasabah mendaftarkan nama user (maker, approver dan releaser) padaaplikasiBNI e-Bank Guarantee.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, nasabah akan mendapatkan usernamedanpassword untuk mengakses dan menggunakan aplikasi BNI e-bank Guaranteedandiberikan pelatihan penggunaannya.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Digital Disbursement and Payment management


Sebuah solusi pengelolaan transaksi pembayaran dari BNI yang memberikan kemudahankepada nasabah institusi atau perusahaan untuk melakukan penyelesaian ataskewajiban-kewajiban keuangannya dan pengelolaan operasional secara tepat waktudan akurat.

Kebutuhan atas laporan pembayaran kewajiban-kewajiban tersebut juga dapatdiperoleh secara cepat dan real-time, sehingga nasabah akan langsung mendapatkanrekapitulasi atas laporan-laporan yang dibutuhkan.

Solusi ini sangat bermanfaat untuk kemudahan penyelesaian pembayarankewajiban-kewajiban nasabah, baik yang bersifat single maupun massal (denganjumlah volume transaksi yang besar) serta memudahkan melakukan rekonsiliasidalam identifikasi pengeluaran operasional nasabah secara real-time.

BNI Virtual Account Debit (Penyaluran Dana Digital dan ManajemenPembayaran)


Virtual Account Debit adalah Virtual Account yang bertujuanuntukmembantu transaksi penyaluran dana(disbursement)dimana rekening Virtual Account tersebutdimiliki, diatasnamakandan diadministrasikan oleh NasabahPengguna, yang kemudiandiberikan kepada mitranya untuk dijadikansebagai rekeningoperasional dengan sumber dana pendebetanberasal dari RekeningPooling.

Keunggulan :

  • Kemudahan dalam identifikasi pembayaran/pengeluaran untukkeperluan pembayaran/transfer dana dari rekening sesuaikebutuhan yang dikehendaki.
  • Kemudahan dalam proses pemantauan transaksi Virtual Account.
  • Kemudahan dalam melakukan rekonsiliasipembayaran/pengeluaran.
  • Dapat diterbitkan Kartu Debit.
  • Dapat melakukan pengaturan limit transaksi (perrekeningvirtual) sesuai kebutuhan.
  • Memperoleh laporan transaksi Virtual Account secararutinpada H+1 setelah transaksi atau secara realtime (H+0)viaPortal Virtual Account ataupun BNIDirect.
  • Channel transaksi : kantor cabang, BNI ATM, internetbankingBNIDirect, ATM Bersama/ATM bank lain, Mesin EDC BNI.
  • Waktu implementasi yang mudah dan singkat.
  • Laporan akan diterima melalui email PIC yang ditunjuk, dapatdilakukan sendiri oleh customer melalui BNIDirect ataumelalui portal BNI Debit VA.

Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account Debit :

  • Memiliki rekening BNI Giro sebagai rekening sumber dana.
  • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account.

Untuk Infomasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNIDirect


Merupakan kanal elektronik yang disediakan oleh BNI baginasabahnon perorangan untuk melakukan aktivitas transaksikeuangan darirekening nasabah di BNI serta untuk memperolehinformasitransaksi yang tercatat di rekening Perusahaan denganlebihCepat, Mudah dan Aman.

Cepat

  • Akses Internet 24 jam.
  • Tersedia dalam versi mobile (BNIDirect Mobile).
  • Real Time dalam melakukan Transaksi dan mendapatkanInformasiRekening.

Mudah

  • User Friendly.
  • Dilengkapi dengan panduan transaksi (User Guide danQuickGuide).
  • Dapat melakukan transaksi dimana saja.

Aman

  • Secure Line dengan Verisign Security CertificationSocketSecure Line (SSL) 128 bit.
  • Otorisasi transaksi menggunakan Electronic Signature(BNIe-Secure/ Token) dengan nomor PIN yang dinamis.
  • Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan Password.
  • Pembagian kewenangan transaksi terdiri dari Maker,Approverdan Releaser, Matrix Kewenangan Transaksi danLimitTransaksi.

Manfaat

  1. Nyaman dan mudah dalam bertransaksi dengan dukunganfituryang lengkap.
  2. Efisiensi dalam proses transaksi serta biaya.
  3. Real time dan fleksibilitas dalam mengakses dari manapundankapanpun.
  4. Aman dalam bertransaksi, dapat dilakukan pembagiankewenangandan dilengkapi dengan BNI e-Secure/ Mobile TokenuntukBNIDirect, dan OTP serta MPIN untuk BNIDirect Mobile.
  5. User Level yang sangat fleksibel, dapat disesuaikansesuaikebutuhan nasabah.
  6. Dedicated customer service untuk menanganipre-transactiondan post-transaction.

Fitur

  1. Menu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
    1. Account Information, antara lain :
      • Balance Inquiry.
      • Transaction Inquiry.
      • Account Statement, dan lain-lain.
    2. Transfer Management.
      • In-house Transfer.
      • Kliring (LLG).
      • RTGS.
      • Online Transfer.
      • International Fund Transfer.
    3. Mass Payment.
      • Bulk Payment.
      • Payroll.
    4. Liquidity Management, antara lain :
      • Cash Pooling.
      • Cash Distribution.
      • Range Balance, dan lain-lain.
    5. Tax Payment.
    6. Bill Payment.
    7. Utility Payment.
    8. Auto Debit.
    9. Virtual Account Management.
    10. Pembelian produk Pertamina (BNI POPS) :
      • Cash and Carry.
      • Product Allocation.
  2. Jumlah user dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  3. Akses atau kewenangan atas fitur dan rekeningdapatditentukan oleh nasabah.
  4. Otorisasi transaksi dilakukan dengan PIN dinamisyangdihasilkan oleh electronic signature (hard token(BNIe-Secure)/ Mobile Token).
  5. Memiliki berbagai jenis format laporan yang dapatdiunduh(download) atas transaksi nasabah dan dapatdikirimkanmelalui email.
  6. Tersedia BNIDirect Mobile, yang memiliki fitursebagaiberikut :
    1. Salah satu User Interface untuk mengakseslayananBNIDirect melalui handphone, dimanakedudukannyasama/ setara dengan BNIDirect versi Web.
    2. Proses yang di inisiasi melaui BNIDirect Mobileakandi eksekusi oleh eksisting BNIDirect AppsServer.
    3. Menu-menu yang terdapat di BNIDirect versiWebtersedia juga di BNIDirect Mobile,perbedaannyaadalah untuk BNIDirect Mobile hanyatersedia singletransaction.
    4. Transaksi yang di inisasi dari BNIDirect webbrowserakan dapat dipantau dan dilihat di BNIDirectMobiledan sebaliknya, transaksi yang di inisiasiolehBNIDirect Mobile dapat di pantau melaluiBNIDirectweb browser.
  7. Terdiri dari dua bahasa, yaitu dalam Bahasa IndonesiadanBahasa Inggris.

Sistem Keamanan

  1. Nasabah memiliki Unique Company ID.
  2. User Level, User ID dan password ditentukan sendiriolehnasabah. User Level terdiri atas Maker, ApproverdanReleaser.
  3. Transaksi menggunakan teknologi Encryption terkini.
  4. Hard Token/ Mobile Token dan rekening yang akan diaksesatauditransaksikan telah didaftarkan terlebih dahulu.
  5. Untuk BNIDirect Mobile, autentikasi transaksi berupa OTPyangdikirimkan ke handphone milik user, terdapat penggunaanMPIN,komunikasi data antara Device dan App serverter-enkripsi AES256.

Perangkat Sistem :

  1. Personal Computer/ Notebook : minimum Intel Core Duo CPU3GB.
  2. RAM minimum 2 GB dengan space Hard Disk minimum 80GB.
  3. OS Microsoft Windows Professional version 202 Service Pack2.
  4. Internet Explorer version 7 atau Mozilla Firefox atauGoogleChrome.
  5. Terkoneksi dengan jaringan internet.
  6. Untuk BNIDirect Mobile :
    1. Versi minimum Android : Lollipop.
    2. Versi minimum iOS : iOS 8.

Persyaratan

Syarat untuk menjadi Nasabah Pengguna BNIDirect adalahsebagaiberikut :

  1. Memiliki rekening Simpanan (Giro dan/atau Taplus BisnisNonPerorangan) atau rekening simpanan lainnya di BNI.
  2. Mengisi formulir/Aplikasi Pendaftaran BNIDirect yangdapatdiperolah di kantor cabang terdekat atau melaluiSalesAdvisory kami.
  3. Untuk BNIDirect Mobile, nasabah telah terdaftarsebagaipengguna BNIDirect.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan danbiayalayanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI API Corporate

BNI telah mempersiapkan Open Banking untuk menjawab disrupsidiera reformasi digital khususnya pada sektor perbankan.

Solusi BNI API Corporate yang diperuntukkan bagi NasabahKorporasimaupun Fintech, dimana nasabah dapat mengakses layananperbankan,terutama yang berkaitan dengan transaksional dalamaplikasikeuangan yang dibangun secara mandiri olehmasing-masingPerusahaan dengan mengintegrasikan langsung denganAPI BNI.

Melalui BNI API Corporate, Kerjasama B2B dapat dilakukandenganmudah.

Terdapat tujuh jenis API yang dapat diintegrasi dengannasabahkorporasi :

  1. BNI API One Gate Payment (OGP)
    Adalah solusi integrasi BNI dengan nasabahkorporasi,dimana nasabah korporasi dapat mengakses langsunglayananperbankan melalui integrasi dengan aplikasinasabahkorporasi antara lain layanan informasi saldo,informasirekening, pemindah bukuan, status transaksi daninfo kurs.
  2. BNI API Peer to Peer (P2P) Lending
    Adalah solusi integrasi BNI dengan nasabah fintech,dimana BNI sebagai Partner Bank; penyedia layanan perbankandalam rangka pembukaan rekening investor danpembayaran/penyaluran pinjam meminjam secara digital melaluisistem elektronik milik P2P Lending.
  3. BNI API Autopay
    Adalah fasilitas penerimaan dana yang disediakan olehBNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung(Direct Debit) pada situs dan/atau aplikasi nasabah yangdilengkapi dengan sistem pengaturan limit transaksi, sertaOTP sebagai validasi registrasi dan transaksi.
  4. BNI API Payment Virtual Account (VA)
    Adalah fasilitas API yang dapat digunakan untukmelakukan pembayaran Virtual Account dan Top Up Wallet (OVO,DANA, Paytren, Netzme, Shopee Pay, dan lain-lain) perusahaanyang telah bekerjasama dengan BNI pada platform atau sistemyang dimiliki nasabah.
  5. BNI API Rekening Dana Fintek (RDF)
    Adalah solusi untuk Perusahaan fintech yang terdaftardiOJK dalam pembukaan rekening secara digitaluntukmemfasilitasi transaksi pemindahbukuandenganmengintegrasikannya secara API.
  6. BNI API Rekening Dana Nasabah (RDN)
    Adalah inovasi BNI dalam memberikan solusi untukPerusahaan sekuritas dalam pembukaan rekening secara digitaluntuk investor dan dapat memfasilitasi transaksipemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.
  7. BNI API VA Debit Cardless
    Adalah layanan BNI Virtual Account Debit yang dapatditransaksikan melalui kanal BNI, antara lain ATM BNI danTeller BNI, tanpa perlu menggunakan kartu debit dan hanyaperlu memiliki nomor Virtual Account. Saat bertransaksi,pemegang nomor Virtual Account akan menerima SMS OTP sebagaivalidasi. Transaksi yang dapat dilakukan antara lain, ceksaldo VA, tarik tunai, dan pemindahbukuan ke BNI.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan danbiayalayanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Collection Management


Sebuah solusi untuk nasabah dalam melakukan penerimaan dana atas penjualanproduk/jasa sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta dapatmengidentifikasi hasil penjualan secara cepat dan akurat..

Fitur-fitur Collection management Solution antara lain :

BNI Virtual Account Kredit (Virtual AccountforCollection)


Adalah rekening virtual yang dibuka untuk mendukungpengelolaantransaksi penerimaan (collection)Perusahaan/Institusi agarberjalan efektif dan efisien. BNIVirtual Account menawarkankemudahan mengidentifikasimitra/pelanggan yang melakukanpembayaran, pemantauan danpelaporan yang akurat, sertakemudahan dan kecepatan dalam prosesrekonsiliasi.

Virtual Account dalam hal ini digunakan sebagaiidentifikasipelanggan atau penyetor, dimana setiap setoran padavirtualaccount tersebut otomatis akan terbuku ke dalam rekeningutamayang menjadi tujuan setoran.

Fitur lengkap BNI Virtual Account terakomodir dalam platformBNI e-Collection yang dapat menjawab berbagaikebutuhan pengelolaan penerimaan dana (collectionmanagement).

Keunggulan :

  • Nama dan Nomor Virtual Account sebagai nomor tujuantransferdan identifikasi pelanggan/penyetor, dapatditentukansendiri oleh customer.
  • Nama dan Nomor Virtual Account akan muncul di rekeningKoran(account statement) setiap transaksi.
  • Penyetoran dapat dilakukan di berbagai channelpembayaranmaupun dari Bank lain, (kliring/RTGS/transferantar BankOnline) baik dalam IDR maupun USD Dollar.
  • Hasil transaksi dapat dilihat secara online melaluiBNIDirectmaupun portal BNI e-Collection
  • Proses implementasi yang relatif singkat.
  • Penyetor tidak harus memiliki rekening di BNI.
  • Proses upload data dapat dilakukan sendiri olehcustomermelalui BNIDirect atau portalBNIe-Collection.
  • Kanal transaksi : kantor cabang, ATM BNI, internetbankingcorporate BNIDirect, SMS banking BNI, ATM Bersama/ATMBanklain, kantor cabang Bank lain, internet banking Banklain.

Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account :

  • Memiliki rekening BNl Giro sebagai rekening poolingataurekening utama.
  • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Layanan Penjemputan dan Pengantaran Uang (Pick-up & DeliveryServices)


Adalah layanan pengambilan/penjemputan uang (tunai/cek ataubilyet giro) dari lokasi Nasabah untuk disetorkan ke rekeningNasabah di BNI, dan atau layanan pengantaran uang tunai yangberasal dari pencairan dana dari rekening nasabah untukdiantarkan ke lokasi nasabah sesuai nominal dan lokasi yangtelah disepakati.

Manfaat :

  • Nasabah dapat merealisasikan hasil penjualan/penerimaan danake dalam rekeningnya di Bank secara aman, cepat, danefisien.
  • Nasabah dapat merealisasikan pencairan dana secara tunaidari rekening mereka di Bank dan diterima oleh nasabahsecara aman, cepat, dan efisien.

Persyaratan :

  • Memiliki rekening BNI Giro.
  • Memenuhi ketentuan minimum rata-rata pengendapan dana Giroyang ditentukan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI Student Payment Center (BNI SPC)


Layanan khusus bagi Nasabah Institusi Pendidikan, universitasbaiknegeri atau swasta yang ditujukan membantu pengelolaanpenerimaanpembayaran tagihan/biaya pendidikan/akademik secaraterintegrasi,meliputi fitur-fitur penerimaan pembayaran,rekonsiliasi,penyelesaian (settlement), sampai denganpelaporan.

Benefit :

Memberikan nilai tambah kepada Nasabah Institusi Pendidikandankomunitas Peserta Didik (Mahasiwa/Pelajar), berupasolusilayanan penerimaan pembayaran biaya pendidikan/akademik,yangterintegrasi secara Host to Host, secara mudah, cepat, danaman.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Autodebit


Adalah pembayaran otomatis yang ditarik dari rekening giroatautabungan setiap bulan dengan mata uang yang sama. Rekeningyangdidebet harus terdaftar terlebih dahulu.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI Autopayment (Autopay)


Adalah fasilitas penerimaan dana yang disediakan oleh BNI untukmemfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung pada situsdan/atau aplikasi Biller dengan limit harian yang dapat diatursesuai kebutuhan dan OTP sebagai validasi Registrasi.

Keunggulan BNI Autopay :

  • Transaksi pembayaran hanya dalam sekali tekan.
  • Tidak perlu membuka aplikasi lain.
  • Transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
  • Transaksi dijamin aman dengan validasi berkala.
  • Limit harian transaksi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat tiga jenis BNI Autopay yang dapat disesuaikan dengankebutuhan nasabah, diantaranya :

  • Autopay Retail
  • Autopay Non-Retail
  • Autopay Billing

Mudah, aman, simpel dan tanpa batas, termonitor.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Liquidity Management


Adalah solusi yang disediakan bagi Nasabah Non Perorangan agar pengelolaancashflow keuangan Perusahaan/Institusi dapat selalu dijaga pada posisi yangidealuntuk memenuhi kebutuhan operasional Perusahaan.

Benefit :

  • Mendapatkan kemudahan untuk memindahkan (mengkonsolidasikan) danaPerusahaanyang tersebar di berbagai rekening BNI secara realtime dengandukungan mekanisme perpindahaan dana secara otomatis (automaticsweeping).
  • Minimize operation handling cost.
  • Optimalisasi return sesuai instrumen yang dipilih oleh nasabah.

Persyaratan :

  • Membuka (memiliki) rekening Giro di BNI
  • Menandatangani formulir Pendaftaran.
  • Menyetujui term dan condition berikut skema pricing yang ditentukan.

Jenis :

Liquidity Management dapat dilakukan otomatis melalui Cabang atau BNIDirect,yaitu:

  1. Liquidity Management via Kantor Cabang
  2. Liquidity Management dengan pendaftaran via Kantor Cabang, yakni “BNIAccountSweep” yang memiliki beberapa fitur, antara lain :

    1. Account Sweep Online

      Transaksi pemindahan dana otomatis dari secondary accountkerekening utama (primary account) secara realtime(online) baik dengan fitur limit atau tanpafitur limit(maksimum nominal sweep).

    2. Account Sweep Push

      Transaksi otomatis pemindahan/mengirimkan kelebihan danadariprimary account ke secondary accountdilakukansecara batch pada akhir hari (End Off Day) systemBank.

    3. Account Sweep Pull

      Transaksi otomatis pemindahan/mengambil kekurangan danadarisecondary account ke rekening primaryaccountdilakukan secara batch pada akhir hari (End OffDay) systemBank.

    4. Account Sweep Push-Pull

      Aktivitas memelihara saldo pada rekening primaryaccountdengan mengambil dari atau memindahkan kesecondary accountdimana pemindahan dilakukan secara batchpada akhir hari (EndOff Day) system Bank baik dengan fiturlimit atau tanpafitur limit (maksimum nominal sweep).

    5. Account Sweep Online Loan-Dep

      Transaksi pemindahan dana otomatis dari rekeningsecondaryaccount yang berupa rekening pinjaman keprimaryaccount secara real time (online)baikdengan fitur limit atau tanpa fitur limit (maksimumnominalsweep).

    Seluruh fitur “BNI Account Sweep” hanya dapat dilakukan dalam mata uangyangsama (single currency).

  3. Liquidity Management via Internet Banking (BNIDirect) :
  4. Liquidity Management dengan pendaftaran via Internet Banking(BNIDirect)memiliki beberapa fitur, yaitu :

    1. Cash Pooling
      • Pemindahan dana ke satu rekening pooling dapat berjalansecaraharian atau diatur sesuai skedul tertentu pada jam-jamtertentu.
      • Sweeping dana (sweep in) dari multi account (sub account) kemainaccount (pooling account).
      • Sweeping dilakukan dalam mata uang yang sama (singlecurrency)atau berbeda (multiple currency).
    2. Cash Distribution
      • Distribusi dana dari main account ke sub/target accountdapatberjalan harian atau sesuai skedul tertentu.
      • Sweeping dana (sweep out) dari single account ke multipleaccountdilakukan secara otomatis pada jam-jam tertentu.
      • Sweeping dilakukan dalam mata uang yang sama (singlecurrency)atau berbeda (multiple currency).
    3. Sweep Balance

      Pemindahan dana dari satu rekening ke rekening lainnya dapatdiatursecara otomatis sesuai nominal yang dibutuhkan, baik dalamRangebalance account (RBA), Target BalanceAccount(TBA), maupun Zero Balance Account (ZBA).

Untuk infomasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

BNI FSCM-SCF (BNI Financial Supply Chain Management-Supply Chain Financing)


Supply Chain Financing adalah solusi bisnis dalam suatu mata rantai pasokanyangdisesuaikan dengan kebutuhan Nasabah. Dengan platform BNI FSCM (BNIFinancialSupply Chain Management), Nasabah mendapatkan transparansi dalampemantauan flowdocument dan money dari ketiga pihak (BNI, Korporat, dan MitraKorporat),informasi real time, pencairan, pelunasan dan implementasi lebihflexible,memudahkan Nasabah dalam rekonsiliasi dokumen invoice secara paperlessdan aman.Layanan BNI FSCM terbagi menjadi tiga solusi : Supplier Financing,DistributorFinancing, dan Receivable Financing.

Supplier Financing

Supplier Financing adalah fasilitas pengambilalihan tagihan MitraKorporat(Supplier) kepada Korporat sebelum tanggal jatuh tempo untuk dibayarkandenganwaktu lebih cepat. Layanan Supplier Financing kami sediakan untukPerusahaanyang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat proses cashcycleproduksinya dengan cara memberikan talangan pembayaran tagihan yangtelahdiakseptasi Korporat.

Manfaat Supplier Financing :

Bagi Korporat :

  • Bisnis yang berkesinambungan.
  • Menjadi ‘preferred buyer’.
  • Maksimalisasi Keuntungan.

Bagi Mitra Korporat (Supplier) :

  • Memperoleh pembayaran lebih cepat sehingga membantu perputaranworkingcapital.
  • Kesinambungan pasokan kepada Korporat.
  • Memperoleh rate yang kompetitif.
  • Meningkatkan volume penjualan.

Distributor Financing

Distributor Financing Financing adalah fasilitas pembiayaan tagihanKorporatkepada Mitra Korporat (Distributor) pada saat tanggal jatuh tempo danmemberikanperpanjangan pelunasan tagihan dari Mitra Korporat kepada BNI.LayananDistributor Financing, kami sediakan untuk Perusahaan yang inginmeningkatkanpertumbuhan bisnis dan mengatur proses cash cycle produksinya dengankelonggaranpelunasan tagihan Korporat. Dalam hal ini Mitra Korporat dapatmelakukanpengaturan pelunasan tagihan sesuai kemampuan cash flownya.

Manfaat Distributor Financing :

Bagi Korporat :

  • Memperoleh kepastian pembayaran yang tepat waktu dan efisien.
  • Meningkatkan volume penjualan.
  • Memberikan kemudahan dan keamanan di dalam transaksi dokumen (Preferred).

Bagi Mitra Korporat (Distributor) :

  • Memperoleh Turn Of Payment (TOP) lebih lama sehingga membantuperputaranworking capital.
  • Fleksibilitas dalam pengaturan modal kerja.
  • Mendapatkan rate yang kompetitif.

Receivable Financing

Receivable Financing adalah fasilitas berupa pengambilalihan tagihanKorporatkepada Mitra Korporat (Distributor) untuk dibayarkan sebelum tanggaljatuh tempotagihan. Layanan Receivable Financing, kami sediakan untuk Korporatyang inginmeningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat proses cash cycleproduksinyadengan talangan pembiayaan tagihan Korporat guna membiayaicollectionpiutangnya. BNI memberikan talangan piutang Korporat untuk dibayarkanlebihcepat.

Manfaat Receivable Financing :

Bagi Korporat :

  • Memperoleh pembayaran piutang yang lebih cepat sehingga membantudalamperputaran modal kerja.
  • Meningkatkan volume penjualan.
  • Memberikan kemudahan dan keamanan di dalam transaksi dokumen (Preferred).
  • Mendapatkan rate yang kompetitif.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Pengambilalihan SC Pay


SC Pay merupakan pengembangan dari fitur pemindahbukuan(inhousetransfer) secara terjadwal (forward value) yang adadiBNIDirect. Adapun perbedaan SC Pay dibandingkan dengan pemindahbukuan yangadasaat ini, terdapat mekanisme persetujuan oleh pihakpenerima(beneficiary) untuk dapat melakukan transaksi SC Pay, sehinggamembuatSC Pay menjadi janji bayar dari pengirim (remitter) kepadapenerima.

Untuk memberikan benefit tambahan dari SC Pay, maka tersedia skemapengambilalihan(tagihan) SC Pay, dimana penerima dapat mengajukan percepatanpembayaran SC Paydengan rate diskonto yang kompetitif.

Benefit :

  • Pemantauan jangka waktu SC Pay (aging payable).
  • Meningkatkan kualitas account payable danaccountreceivable.
  • Meningkatkan trust antara entitas bisnis yang terlibat.

Persyaratan :

  • membuka (memiliki) rekening Giro di BNI
  • menandatangani formulir Pendaftaran
  • menyetujui term & condition berikut skema pricing yang ditentukan

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Others

BNI ECOSmart


Merupakan solusi yang khusus dirancang untuk membantunasabahPerusahaan dalam melakukan aktivitas pengelolaan memberuntukberbagai ecosystem secara optimal, efektif, efisienyangdilengkapi dengan berbagai fitur unggulan.

BNI ECOSmart juga dapat menjadi solusi bagi Perusahaandalammelakukan pengelolaan dan pembuatan tagihan, pelaporandandashboard pembayaran, monitoring pembayaran sertapenyampaianinformasi dan berita.

Dengan BNI ECOSmartimplementasi akanlebih mudah dan cepat dengan adanya pilihan skemaintegrasi yangtelah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

BNI ECOSmart telah didukung dengan layanan BNI e-Collection(BNIVirtual Account) yang dirancang untuk membantumanagementPerusahaan dalam mengelola aktivitas penerimaandana(collection) secara optimal, serta untuk identifikasipembayar.Selain itu didukung juga dengan layanan BNIDirectuntukkemudahan pembayaran operasional tenant dan tersediapulaDashboard untuk kemudahan pelaporan.

Fitur

  • Mobile Friendly
    Seluruh tagihan dengan mudah diakses melaluimobileAplikasi BNI ECOSmart baik melalui Aplikasi IOS danAndroid,
  • Informasi Tagihan
    Tidak perlu khawatir dengan melewatkan tanggaljatuhtempo tagihan, BNI ECOSmart memiliki fitur informasitagihanlengkap dari mulai unpaid, on process hinggahistorytagihan,
  • User Guide
    Aplikasi mobile BNI ECOSmart sangat mudahdigunakankarena dilengkapi dengan user guide yang akanmenambahexperience dalam menggunakannya.
  • Real time notification
    Konfirmasi pembayaran secara otomatis dan realtime,
  • Handling Complaint
    Nasabah dapat menggunakan fitur help untukmengajukankeluhan/complaint serta melakukan tracking atasprosescomplaint tersebut.
  • Chat with the Owner
    Nasabah dapat menggunakan fitur chat di aplikasBNIECOSmart Mobile untuk bertanya dan memberikan sarankepadaManagement.

Keunggulan

  • Cepat dan Mudah
    Implementasi mudah dan cepat dengan beberapa pilihanskema integrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnisAnda.
  • Fleksibilitas Implementasi
    Dapat di implementasikan di berbagai ekosistem seperti:Apartment, Kondotel, Pasar, Keanggotaan, KawasanIndustri,dan lain-lain.
  • Komunikasi Dua Arah
    kemudahan dalam melakukan komunikasi dua arahantaraManajemen dan client.
  • Fleksibilitas Cara Pembayaran
    Kemudahan pembayaran tagihan oleh customer Andadiseluruh chanel Bank di Indonesia.
  • Dashboard, Report & Rekonsiliasi Realtime & Online
    Tersedia Dashboard bagi manajemen dan sistemreportingdan rekonsiliasi yang dapat disesuaikan dengankebutuhanmanajemen dan dapat diakses secara real time online(akurat,cepat, dan tepat).

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

BNI eduPATROL


BNI eduPATROL atau BNIeducationparental control adalah solusi Pendidikan bagi sekolah dan orangtuadalam monitoring perkembangan Pendidikan anak denganfitur-fituryang menyesuaikan dengan metode Pembelajaran JarakJauh (PJJ)yang diimplementasikan pada masa pandemic Covid-19.

  1. Wali Murid.
    1. Paket Gold.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
      • Media Pembelajaran.
      • Rapat Online.
    2. Paket Silver.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
  2. Wali Kelas.
    1. Paket Gold.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
    2. Paket Silver.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.

Manfaat BNI EduPATROL :

  1. Untuk Orang Tua/Wali Siswa :
    • Mudah mengawasi aktivitas anak.
    • Pembayaran pendidikan anak dapat dimana sajadankapan saja.
    • Pengajuan izin tidak masuk sekolah lebih praktis.
    • Mudah dalam mengakses informasi, pengumuman atauinfokegiatan sekolah.
    • Notifikasi elektronik melalui aplikasipadasmartphone.
  2. Untuk Siswa :
    • Mudah dalam melakukan absensi.
    • Mudah dalam mengakses informasi, pengumuman atauinfokegiatan sekolah.
    • Mudah dalam mengetahui nilai (hasil ujian)darisekolah.
  3. Untuk Sekolah :
    • Sistem administrasi yang rapi, terpusatdanterintegrasi.
    • Mudah dalam memberikan informasi kepada pihakorangtua, terkait siswa atau aktivitas sekolahsecaraonline.
    • Penerimaan pembayaran biaya pendidikan langsungkedalam rekening sekolah.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT)TransactionalBankin Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

BNIFX


BNIFX adalah platform digital berbasis web yang dapat diakses melalui jaringan internet oleh Nasabah Corporate untuk melakukan transaksi Valas non-fisik secara langsung dengan Dealer BNI Tresuri. Nasabah dapat mengakses BNIFX melalui web browser dengan mengetik https://bnifx.bni.co.id

FITUR BNIFX :

  1. News
  2. Kurs valas yang realtime dan hittable.
  3. Melakukan verifikasi pengiriman barang dengan scan QR-Code.
  4. Nasabah bisa bertransaksi dengan melakukan "Click & Done" atau dapat meggunakan fitur "nego" untuk negosiasi kurs yang lebih kompetitif.
  5. Report untuk menampilkan laporan histori transaksi valas.
  6. Integrasi dengan BNIDirect, sehingga nomor tiket transaksi BNIFX dapat langsung di-input di BNIDirect untuk melakukan proses settlement transaksi.

KEUNGGULAN DAN MANFAAT BNIFX :

  1. BNIFX bukan merupakan aplikasi (APK) yang di-install di PC, melainkan web-based sehingga Nasabah dapat mengakses BNIFX melalui jaringan internet dengan mengetik https://bnifx.bni.co.id.
  2. Kemudahan tools untuk Nasabah Direct Dealing bertransaksi dengan Dealer Divisi Tresuri, selain melalui telepon dan email.
  3. Kenyamanan, Nasabah Corporate dapat melakukan transaksi melalui platform yang secure dan accountable.
  4. Mendapatkan informasi harga Kurs Real Time yang kompetitif dan "hittable".
  5. Kemudahan transaksi Jual-Beli valas dengan "Click & Deal".
  6. Nasabah dapat menggunakan fitur "Nego" untuk negosiasi harga langsung dengan Dealer Divisi Tresuri.
  7. Timing transaksi, efisiensi waktu dan biaya komunikasi, dibandingkan dengan transaksi existing melalui telepon atau email.
  8. Nasabah mendapatkan Konfirmasi Transaksi setelah Deal Done yang dikirimkan ke email nasabah yang terdaftar, yang di-generate secara otomatis oleh sistem seketika itu juga.
  9. Nasabah dapat menggunakan nomor tiket transaksi dan memilih settlement transaksi melalui BNIDirect atau Teller Cabang.
  10. Nasabah dapat menampilkan Laporan Historis Transaksi.

AKTIFASI TRANSAKSI MELALUI BNIFX :

  1. Nasabah Corporate Direct Dealing mengisi dan menandatangani Formulir Pendaftaran BNIFX.
  2. Nasabah diberikan user ID untuk login oleh Divisi Tresuri, setelah user ID didaftarkan di System Admin oleh Divisi Tresuri.
  3. Password akan dikirimkan secara otomatis oleh system ke email nasabah yang terdaftar.
  4. Nasabah Login ke https://bnifx.bni.co.id.
  5. Nasabah memilih Mata Uang, Nominal, dan melakukan Klik kurs.
  6. Apabila Nasabah sudah setuju dengan kurs yang diberikan, Input Tujuan dan Dokumen Transaksi.
  7. Nasabah akan mendapatkan Nomor Tiket dan Konfirmasi Transaksi yang dikirim otomatis oleh sistem ke email yang sudah didaftarkan.
  8. Nasabah dapat menggunakan nomor tiket tersebut untuk melakukan penyelesaian transaksinya melalui Teller di Cabang atau di BNIDirect.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT)TransactionalBankin Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

BNI Trade Online


BNI Trade Online (BTO) adalah layanan digital yang dapat digunakan oleh nasabah BNI untuk menyampaikan permohonan transaksi trade secara online tanpa harus datang ke outlet/cabang BNI, yaitu dengan mengakses alamat bnidirectng.bni.co.id (web based).

Letter of Credit (LC)

Letter of Credit (LC) adalah jaminan pembayaran dari issuing Bank kepada pihak penerima (beneficiary), apabila dokumen yang telah dipresentasikan oleh beneficiary sesuai dengan syarat-syarat LC, UCP 600, dan standar praktik perbankan internasional (complying presentation).
Dapatkan kemudahan bertransaksi dengan partner bisnis anda di luar negeri menggunakna produk LC ekspor dan LC impor kami.

LC Ekspor

Jenis Layanan yang tersedia :

  • LC’s advising and amendments.
  • LC’s transfer.
  • LC’s confirmation.
  • Export’s draft negotiation.
  • Export’s discount notes.
  • LC’s document collection.
  • Non LC’s document collection.

Keuntungan/Manfaat Produk :

  • Dapat diterima di seluruh dunia melalui jaringan korespondensi global BNI.
  • Pemrosesan permohonan penerbitan LC dapat diselesaikan di hari yang sama.
  • Pengiriman dokumen yang tersentralisasi melalui Export Bill Collection Services (EBCS), dan kerja sama dengan jasa kurir ternama di dunia.
  • Fasilitas monitoring transaksi dan tagihan ekspor melalui aplikasi BNI Trade Online

Persyaratan :

  • Eksportir harus merupakan nasabah BNI.
  • Menyerahkan aplikasi pengambilalihan tagihan ekspor.
  • Menyerahkan original Dokumen ekspor.
  • Telah dilakukan Penilaian Risiko atas transaksi yang akan dilaksanakan.

LC Impor

Jenis Layanan yang tersedia :

  • LC’s issuing.
  • LC’s amendment.
  • LC’s realization.
  • Documents’ acceptance.
  • Checking documents.
  • Documents’ settlement payment.
  • LC’s refinancing.
  • Non LC’s import document inward collection.

Keuntungan/Manfaat Produk :

  • Dapat diterima di seluruh dunia melalui jaringan korespondensi global BNI.
  • Dokumen anda akan diperiksa oleh petugas yang ahli dan bersertifikasi.
  • Fasilitas Refinancing LC dengan harga dan bunga yang kompetitif.

Persyaratan :

  • Importir harus merupakan nasabah BNI.
  • Dilengkapi dengan Angka Pengenal Impor (API)/Nomor Ijin Berusaha (NIB).
  • Menyerahkan aplikasi pembukaan atau amendment LC’s.
  • Menyerahkan cover transaksi yang sesuai.

Documentary Collection and Bill Collection Financing

Documentary Collection merupakan sistem pembayaran dengan cara penjual mengirimkan barang kepada pembeli dan melakukan penagihan pembayaran dengan menggunakan dokumenmelalui jasa Bank.

Jenis Layanan Yang TersediaKeuntungan/Manfaat ProdukPersyaratan
  • Inward Documentary Collection (Incoming Collection)
  • Inward Bill Collection Financing
  • Dapat diterima di seluruh dunia melalui jaringan korespondensi global BNI.
  • Pemrosesan permohonan pembiayaan Dapat diselesaikan di hari yang sama.
  • Dokumen anda akan diperiksa oleh petugas yang ahli dan bersertifikasi.
  • Fasilitas pembiayaan dengan harga dan bunga yang kompetitif.
  • Importir harus merupakan nasabah BNI.
  • Dilengkapi dengan Nomor Identifikasi Impor.
  • Menyerahkan aplikasi Inward Bill Collection Financing.
  • Menyerahkan cover transaksi yang sesuai
  • Outward Documentary Collection (Incoming Collection)
  • Outward Bill Collection Financing
  • Dapat diterima di seluruh dunia melalui jaringan korespondensi global BNI.
  • Dokumen anda akan diperiksa oleh petugas yang ahli dan bersertifikasi.
  • Pemrosesan permohonan pembiayaan dapat diselesaikan di hari yang sama.
  • Pengiriman dokumen yang tersentralisasi melalui Export Bill Collection Services (EBCS), dan kerja sama dengan jasa kurir ternama di dunia.
  • Fasilitas pembiayaan dengan harga dan bunga yang kompetitif.
  • Eksportir harus merupakan nasabah BNI.
  • Menyerahkan aplikasi Bill Collection Financing.
  • Menyerahkan original Dokumen ekspor.
  • Telah dilakukan Penilaian Risiko atas transaksi yang akan dilaksanakan.
  • SKBDN (Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri) atau Local Letter of Credit

    SKBDN adalah setiap janji tertulis dari Bank (Bank Pembuka) yang diterbitkan berdasarkan permintaan tertulis dari Pemohon (Applicant) yang mengikat Bank Pembuka untuk melakukan pembayaran kepada penerima.

    Jenis Layanan yang tersediaKeuntungan/Manfaat ProdukPersyaratan
    SKBDN Masuk
    • Dapat diterima di seluruh Indonesia melalui jaringan domestik BNI.
    • Dokumen anda akan diperiksa oleh petugas yang ahli dan bersertifikasi.
    • Fasilitas Refinancing SKBDN dengan harga dan bunga yang kompetitif.
      • Penjual harus merupakan nasabah BNI.
      • Menyerahkan aplikasi pengambilalihan tagihan.
      • Menyerahkan original dokumen.
      • Telah dilakukan Penilaian Risiko atas transaksi yang akan dilaksanakan.
      SKBDN Keluar
      • Dapat diterima di seluruh Indonesia melalui jaringan domestik global BNI.
      • Pemrosesan permohonan penerbitan SKBDN dapat diselesaikan di hari yang sama.
      • Pengiriman dokumen yang tersentralisasi melalui Export Bill Collection Services (EBCS), dan kerja sama dengan jasa kurir ternama di Indonesia.
      • Fasilitas monitoring transaksi dan tagihan melalui aplikasi BNI Trade Online
      • Dapat diterima di seluruh Indonesia melalui jaringan domestik global BNI.
      • Pemrosesan permohonan penerbitan SKBDN dapat diselesaikan di hari yang sama.
      • Pengiriman dokumen yang tersentralisasi melalui Export Bill Collection Services (EBCS), dan kerja sama dengan jasa kurir ternama di Indonesia.
      • Fasilitas monitoring transaksi dan tagihan melalui aplikasi BNI Trade Online

      Standby Letter of Credit (SBLC) & Demand Guarantee

      Standby Letter of Credit (SBLC) adalah suatu janji tertulis apapun namanya atau maksudnya yang merupakan jaminan dari Bank yang bersifat irrevocable yang diterbitkan atas permintaan applicant untuk membayar kepada pihak ketiga atau beneficiary terhadap kemungkinan terjadinya wanprestasi dari applicant.

      Jenis Layanan yang tersedia :

      • Performance Standby.
      • Advance Payment Standby.
      • Bid Bond Standby.
      • Financial Standby.
      • Commercial Standby.

      Keuntungan/Manfaat Produk :

      Dapat diterima di seluruh dunia melalui jaringan korespondensi global BNI. Mengurangi resiko kerugian yang ditanggung Pemegang jaminan (SBLC) bila pihak yang dijamin melalaikan kewajiban karena pemegang jaminan akan mendapat ganti rugi (pembayaran) dari bank.

      Persyaratan :

      • Applicant harus merupakan nasabah BNI.
      • Menyerahkan aplikasi pembukaan atau amendment SBLC.
      • Menyerahkan cover transaksi yang sesuai.

      BNI Open Account Financing

      Merupakan pembiayaan tagihan yang diberikan oleh BNI kepada Eksportir/Penjual/Mitra Korporat melalui pengambilalihan tagihan dalam metode pembayaran perdagangan, yaitu Open Account.

      Jenis Layanan yang tersediaKeuntungan/Manfaat ProdukPersyaratan
      OAF (Korporat) – Pemberian fasilitas pembiayaan berdasarkan Penilaian Risiko Korporat
      • Fasilitas pembiayaan dengan harga dan bunga yang kompetitif
      • Pelaksanaan pembiayaan dapat dilakukan terhadap nilai dokumen penjualan/ekspor dengan mata uang yang telah memiliki catatan kurs pada Bank Indonesia
      • Korporat harus merupakan nasabah BNI.
      • Mitra Korporat/supplier telah mendapatkan rekomendasi tertulis dari Korporat.
      • Mitra Korporat menyerahkan Surat Pernyataan dan Permohonan Pencairan.
      • Mitra Korporat menyerahkan asli/fotokopi invoice/kuitansi/faktur yang telah mendapatkan akseptasi dari Korporat.
      OAF (Penjual) – Pemberian fasilitas pembiayaan berdasarkan Penilaian Risiko Penjual/Eksportir
      • Meningkatkan Modal Kerja dan Likuiditas menggunakan pembiayaan dengan tenor sampai dengan 6 bulan.
    • Penjual/Eksportir harus merupakan nasabah BNI.
    • Menyerahkan Surat permohonan dan Persetujuan Open Account Financing.
    • Fotokopi invoice/faktur/kuitansi atau Dokumen sejenis yang aslinya Telah disampaikan oleh Eksportir/Supplier kepada pihak Importir/Pembeli.
    • Menyerahkan cover transaksi yang sesuai.
    • Keuntungan/Manfaat Produk BNI Trade Online :

      Web Based Service, 24-Hours Service, Same Day Service, Flexible Approval Matrix, Trade Status Tracking, Trade Calendar, Trade Transaction Report, Secure, Helpdesk

      Cara Pendaftaran dan Detail Produk :

      Melengkapi formulir aplikasi BNI Trade Online dan menyerahkan kepada Advisory Jasa Transaksional/Trade Finance Officer/Cabang terdekat. Untuk informasi lebih lanjut agar menghubungi Trade and Remittance Customer Inquiry Unit kami di 021-29946099. Formulir dapat diakses di link https://bni.co.id/id-id/bisnis/internasional/tradefinance/tradeonline. Anda juga dapat menghubungi Trade Finance Officer (TFO) kami di https://www.bni.co.id/id-id/bisnis/internasional/tradefinance/tradefinanceofficer.