Kode Etik


Menyempurnakan pedoman etika bagi seluruh Insan BNI dalam menjalankan aktivitas Perusahaan serta Lebih mendorong Pemahaman dan Kesadaran insan BNI terhadap penerapan prinsip-prinsip GCG.


Sebagaimana kita ketahui bersama, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (“BNI”) senantiasa berupaya berupaya menjalankan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (“GCG”) sebagaimana dikehendaki oleh segenap stakeholder. Untuk mewujudkan hal itu, BNI telah memiliki Code of Conduct (CoC) yang dinamakan Kode Etik BNI. CoC merupakan pedoman internal Perusahaan yang berisikan sistem nilai, etika bisnis, etika kerja, komitmen, serta penegakan terhadap peraturan-peraturan Perusahaan baik Insan BNI dalam menjalankan bisnis dan aktivitas lainnya, serta dalam berinteraksi dengan para pemangku kepentingan. Kode Etik BNI pertama kali dicanangkan oleh Direksi Nomor DIR/285 tanggal 10 Agustus 2001 dengan sebutan Code of Conduct Bank BNI.

Untuk mempercepat pencapaian visi, BNI melakukan revitalisasi dengan melakukan review Code of Conduct Bank BNI. Sejalan dengan perubahan call name Bank BNI menjadi BNI, maka sebutannya berubah menjadi Code of Conduct BNI atau disingkat dengan CoC BNI. Maksud dan tujuan dari revitalisasi Kode Etik BNI antara lain adalah pertama, untuk menyempurnakan pedoman etika bagi seluruh Insan BNI dalam menjalankan aktivitas Perusahaan serta lebih mendorong pemahaman dan kesadaran insan BNI terhadap penerapan prinsip-prinsip GCG. Kedua, sebagai kriteria dalam menilai apakah individu di dalam Perusahaan telah berperilaku sesuai dengan yang diinginkan Perusahaan atau menyimpang dari peraturan tersebut. Ketiga, mengidentifikasi standar-standar dan etika dalam Perusahaan agar sesuai dengan visi dan misi Perusahaan. Implementasi CoC di atas, diharapkan mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif bagi segenap Insan BNI, serta menciptakan kerja sama tim yang solid.

Pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya mengharapkan seluruh Insan BNI di manapun berada, agar mempedomani dan melaksanakan CoC dengan sungguh-sungguh dan konsisten, khususnya dalam melaksanakan tugas sehari-hari, sehingga visi dan misi Bank yang kita cintai ini dapat segera terealisasi.

Jakarta, 1 Desember 2010

Peter B. StokGatot M. Suwondo
Komisaris Utama Direktur Utama