PROGRAM KEMITRAAN

Program Kemitraan BNI adalah penyaluran pinjaman lunak pada masyarakat yang memiliki usaha mikro dan kecil yang potensial. Pinjaman lunak ini diberikan kepada masyarakat yang disebut sebagai mitra binaan untuk meningkatkan produktivitas dan mewujudkan kemandirian mereka. Termasuk dalam kegiatan Program Kemitraan adalah capacity buildinguntuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan, kepemimpinan, Manajemen keuangan, program dan evaluasiserta kegiatan promosi guna membentuk dunia usaha yang efektif dan berkelanjutan. Karakteristik mitra binaan adalah pengusaha yang belum mengenal perbankan secara teknis karena keterbatasan akses dalam menerima pinjaman dari perbankan. Besarnya potensi masyarakat pengusaha mikro yang belum tersentuh oleh praktek perbankan formal (unbankable market) adalah sasaran dari Program Kemitraan. Pengusaha kecil mikro tersebut diharapkan dapat meningkatkan beberapa hal antara lain aktivitas usaha, modal (modal kerja atau investasi), jiwa kewirausahaan akses ke perbankan, administrasi usaha,daya saing kualitas produk dan jangkauan pemasaran.capacity building dilakukan melalui kegiatan bantuan teknik, meliputi pendidikan dan pelatihan, bantuan teknik khusus dan penguatan jaringan. Melalui kegiatan ini, para mitra binaan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan memberdayakan diri mereka sehingga tumbuh menjadi pengusaha yang tangguh. Di tahun 2015 penyaluran dana Program Kemitraan BNI difokuskan pada Industri Kreatif, Agribisnis dan Kemaritiman.


Pemberdayaan masyarakat lemah menjadi program primadona yang banyak dilakukan oleh perusahaan. BNI sebagai pelopor pemberdayaan masyarakat mewujudkan sebuah program mahakarya bertajuk “Kampoeng BNI”, sebagai wujud kepedulian perusahaan dalam mengembangkan potensi ekonomi masyarakat khususnya di suatu daerah.

Optimalisasi Program Kemitraan dilakukan dengan memaksimalkan proses penyaluran pinjaman dan memberikan pendampingan melalui Sentra Kredit Kecil (SKC) dan kantor – kantor cabang Stand Alone (STA) BNI di seluruh Wilayah Indonesia. Tidak hanya itu, BNI juga melakukan sinergi dengan BUMN lain melalui kerjasama penyaluran dana Program Kemitraan.