News


BNI 70th Anniversary Main Event Tens of Thousands of Employees and Their Families Participated in Mass Funwalk

Jakarta, 24 Juli 2016 - Memasuki usia 7 dasawarsa, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengajak puluhan ribu karyawan dan keluarganya memenuhi kawasan Senayan dan sekitarnya untuk menggelar Funwalk, salah satu bagian dari acara puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 BNI. Selepas Funwalk untuk membudayakan gaya hidup sehat, para karyawan BNI dan keluarganya dimanjakan dengan sajian musik terkini yang menampilkan musisi-musisi ternama tanah air.

BNI juga berupaya berbagi kegembiraan dengan mengundang lebih dari 100 direksi badan-badan usaha milik negara (BUMN). Selain itu, sebanyak 70 karyawan teladan BNI yang selama ini berkarir di daerah-daerah terpencil diundang untuk hadir ke Jakarta, mengunjungi Kantor Pusat BNI, Museum Bank Indonesia, Museum BNI, dan mengikuti beberapa rangkaian acara puncak HUT BNI.

Rangkaian acara puncak peringatan HUT ke-70 BNI tersebut diberi tajuk BNI Day. BNI Day digelar di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (24 Juli 2016). Hadir pada kesempatan tersebut Menteri BUMN RI Rini Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan segenap direksi BNI lainnya. Jumlah karyawan BNI yang mengikuti perayaan HUT ke-70 tersebut belum termasuk peserta acara serupa yang digelar di sebelas wilayah lainnya secara serentak pada hari yang sama di seluruh Indonesia. Di daerah, Perayaan HUT BNI dilaksanakan dengan menggelar Funwalk, Funbike, dan beragam kreasi yang disesuaikan dengan ciri khas daerah setempat.

Sebelum mengikuti Funwalk, karyawan BNI dan keluarganya diajak untuk senam pagi secara massal di Lapangan Parkir Timur yang kemudian dilanjutkan dengan Funwalk mengikuti rute Senayan, Bundaran Semanggi, Jalan Jenderal Sudirman menuju Bundaran Senayan, dan kembali lagi ke Parkir Timur Senayan. Selepas Funwalk, para karyawan disuguhi sajian musik yang digelar di Jakarta Convention Center.

Musisi tanah air yang meramaikan acara tersebut antara lain Raisa, Noah, KLA Project, Kahitna, RAN, JKT48, Titi DJ, Ari Lasso, dan Lea Simanjuntak. Mereka tampil di 5 panggung yang berlainan. Di Hall A JCC, digelar sajian musik bertema Sinergi Kreasi, yang menampilkan RAN, JKT 48, dan GAC. Sementara di Hall B JCC, musik disajikan dalam balutan tema Sinergi Utama yang menampilkan Raisa, Kahitna, dan Noah. Adapun di Plenary Hall JCC, terdapat Titi DJ, Ari Lasso, dan KLA Project yang manggung dengan payung tema Sinergi Cipta. Di dua panggung lainnya yang digelar di Assembly Hall dan Cendrawasih Hall, terdapat Lea Simanjuntak dan Naura, yang bernyanyi dengan tema Sinergi Karya dan Sinergi Ceria.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN RI Rini Soemarno mengungkapkan, BNI dan segenap karyawannya patut bersyukur atas setiap pencapaian yang telah diraih sebagai entitas bisnis yang telah menjangkau usia 7 dasawarsa. Setelah 70 tahun, cita-cita untuk membangun sebuah bank nasional “Milik Republik”, seperti yang diidamkan pendiri BNI R.M. Margono Djojohadikoesoemo, lambat laun terus tergapai. Hal itu terlihat antara lain dari kemampuan BNI melayani lalu lintas dagang internasional, dimana pada saat ini BNI telah menjadi bank nasional dengan jaringan global terbanyak, yaitu 6 kantor cabang di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, New York, dan London, serta 2 subbranch, yaitu di Osaka dan Yangon.

Dukung Proyek
BNI memposisikan diri sebagai bank yang tidak hanya meraup keuntungan melainkan juga untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung program-program pemerintah yang mengutamakan kepentingan publik. Untuk itu, pertumbuhan kredit Business Banking BNI ditandai oleh tingginya dukungan terhadap pembiayaan proyek pemerintah.

Pembiayaan atas proyek infrastruktur mendominasi dari seluruh proyek pemerintah dengan share sebesar 28% terhadap total pembiayaan Business Banking. Per 30 Juni 2016, BNI mengalirkan Rp 77,2 triliun kredit infrastruktur. Dukungan terhadap pemerintah juga ditunjukkan BNI dengan mendorong program-program penyaluran kredit yang mendapatkan penjaminan pemerintah, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). BNI mencatatkan pertumbuhan signifikan pada penyaluran KUR. Penyaluran KUR pada akhir Kuartal II 2016 meningkat Rp 7,3 triliun atau tumbuh 331% dibandingkan periode yang sama tahun 2015.

Selaras dengan tema HUT ke-70 BNI: Sinergi Kembangkan Negeri, BNI memastikan kerja sama dengan badan-badan usaha milik usaha terus berjalan. Oleh karena itu, pada akhir Semester I 2016, BNI mencatatkan peningkatan kredit pada BUMN 28,6% YOY menjadi Rp 65,02 triliun. Untuk itu, BNI menegaskan posisinya untuk tetap menjadi bank yang mendukung sepenuhnya upaya penguatan kemandirian ekonomi, sejalan dengan salah satu program Nawacita Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yaitu berdaulat di bidang ekonomi. Hal tersebut sejalan dengan cita-cita pembentukan BNI sebagai bank pertama milik negara setelah Kemerdekaan yang menjadi tonggak kedaulatan ekonomi dan moneter Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BNI Debit Online
BNI sebagai bank yang sudah berusia 7 dekade, berupaya membagi kebahagiaannya melalui berbagai program menarik di segmen konsumer melalui produk-produknya, antara BNI Debit Online. Promo-promo BNI Debit Online dapat diperoleh pada situs-situs yang mendukung transaksi digital seperti Banyuwangi-mall.com, Sleman-Mall.com, Bhinneka.com, Dinomarket.com, lazada.com, Saqina.co.id, Nusatrip.com, Lakupon.com, Fabelio.com, Berrybenka.com, Hijabenka.com, dan Sepulsa.com.

Kegiatan CSR
Sebagai bagian dari upaya mendukung Program pemerintah dalam kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, serta dalam mewujudkan misi BNI ke 4 yaitu meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab kepada lingkungan dan komunitas, BNI menetapkan beragam Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). PKBL BNI ini ditujukan untuk berbagi kebahagiaan dan rasa syukur BNI dengan berbagai elemen masyarakat yang kurang beruntung atau tinggal di daerah yang tertinggal.

Program tersebut adalah membantu para Pahlawan Devisa atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Perhatian BNI antara lain dengan memperluas layanan perbankan yang paling diperlukan oleh para TKI, seperti pembukaan kantor cabang khusus remitansi di Singapura yaitu di BNI City Plaza Remittance Center pada tanggal 17 Februari 2016 lalu. BNI juga membantu pemerintah untuk merealisasikan pemulangan TKI dari Kuala Lumpur yang merupakan salah satu bagian dari HUT BNI. Terdapat sekitar 70 TKI yang akan dipulangkan ke tanah air.

Sebagai bentuk perhatian kepada keluarga TKI di tanah air, BNI juga menggelar program Pasar Murah di beberapa desa asal TKI. Pihak yang berhak memperoleh paket-paket hemat tersebut adalah keluarga TKI yang mendapat kiriman uang dari TKI di luar negeri, para debitur KUR Mikro, para nasabah TabunganKu, serta para nasabah Laku Pandai. Event tahunan yang digelar BNI sejak tahun 2010 ini juga digelar sebagai apresiasi atas loyalitas nasabah pengguna produk BNI Smart Remittance.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387, Email: bni@bni.co.id

Jakarta, July 24, 2016 - Entering its 7th decade, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, or BNI, invited tens of thousands of its employees and their families to head down to Senayan and the surrounding area and participated in Funwalk, one of the main event for BNI's 70th Anniversary celebration. At the end of the funwalk, BNI's employees and their families are being treated by the musical performances from the top Indonesian artists.

BNI, in an attempt to share the festivity, also invited more than 100 of the board of directors of other SOEs. Furthermore, as many as 70 of BNI's best employees, who have been building up their career in remote places, were invited to be part of the event in Jakarta, to visit BNI's head office, and Bank Indonesia Museum.

The main event of BNI's 70th Anniversary was titled BNI Day. BNI Day was held in Senayan, Jakarta, Sunday (July 24, 2016). The event was honored with the presence of Minister of SOE, Rini Soemarno, BNI President Director, Achmad Baiquni, and the rest of the board of directors. The number of BNI's employees participated in the event above didn't include the participants of similar events held in eleven other places at the same time on the same day throughout the country. In other regions, BNI's Anniversary celebration was marked by Funwalk. Funbike, and other events customized to the area's own characteristic.

The event started with BNI's employees and their families participated in mass morning exercise in Lapangan Parkir Timur, which then followed by Funwalk around Senayan route, Semanggi roundabout, Jendral Sudirman Road towards Senayan roundabout, and then back to Lapangan Parkir Timur Senayan. Following the Funwalk, the participants headed to Jakarta Convention Center for musical performances.

Indonesian musicians who performed in the events were, among othes, Raisa, Noah, KLA Project, Kahitna, RAN, JKT48, Titi DJ, Ari Lasso, and Lea Simanjuntak. They performed in 5 different stages. In Hall A JCC, the performances were themed Creativity Synergy, which featured RAN, JKT 48, and GAC. In Hall B JCC, the theme was Main Synergy and featured Raisa, Kahitna, and Noah. In Plenary Hall JCC, on the other hand, Titi DJ, Ari Lasso, and KLA Project performed with the theme Creation Synergy. Two other stages where held in Assembly Hall and Cendrawasih Hall, and featured Lea Simanjuntak and Naura, who performed with the theme Work Synergy and Cheerful Synergy, respectively.

In her opening speech, SOE Minister, Rini Soemarno said that BNI and its entire employees should be thankful with every achievements as a business entity during the last seven decades. After 70 years, the dream to build a national bank 'Owned by the Republic', as visioned the founder of BNI, R.M. Margono Djojohadikoesoemo, are being reached gradually. This was reflected in BNI's capacity to cater international trade, as BNI is now has become a national bank with the widest global network, which include 6 branches abroad, in Singapore, Hong Kong, Tokyo, Seoul, New York, and London, as well as 2 subbranch in Osaka and Yangon. 

Project Support

BNI positioned itself as a bank that is not only profit oriented, but also here to support in increasing the quality of life of the Indonesian people and support governmental programs which put forward public interest. Therefore, the growth of BNI Business Banking reflected its strong support towards financing governmental projects.

Financing of infrastructure projects dominates the whole governmental projects with 28% share of the total Business Banking financing. As per 30 June, 2016, BNI disburse Rp 77,2 trillion of infrastructure credit loan. The support towards government was also shown by BNI through supporting government loan guarantee disbursement program, whcih is Kredit Usaha Rakyat (KUR). BNI noted a significant growth in KUR disbursement. KUR disbursement at the end of second Quarter 2016 increased to Rp 7,3 trillion or increased by 331% in comparison with the same period in 2015.

In line with BNI's 70th Anniversary theme: Synergy Develop the Nation, BNI ensured cooperation with SOEs to continue. Moreover, at the and of the first semester 2016, BNI noted a loan increase on SOE of 28.6% YOY to Rp 65,02 trillion. Therefore, BNI affirm its position to continue to become a supporting bank for the effort towards economic independence, in line with one of Joko Widodo and Jusuf Kalla administration's Nawacita program, which is economic sovereignty. It is within the same vision of the foundation of BNI as the first state bank following the nation's independence to become the bedrock of economic and monetary sovereignty of the Republic of Indonesia.

BNI Debit Online

BNI, as a 7 decade old bank, is trying to share happiness through various attractive program in the consumer segment through its product, such as BNI Debit Online. BNI Debit Online promo can be enjoyed through the sites which support digital transaction such as Banyuwangi-mall.com, Sleman-Mall.com, Bhinneka.com, Dinomarket.com, lazada.com, Saqina.co.id, Nusatrip.com, Lakupon.com, Fabelio.com, Berrybenka.com, Hijabenka.com, and Sepulsa.com.

CSR Activity

As part of the effort to support governmental programs towards economic independence by stimulating domestic sectors which are economically strategic, as well as realizing BNI 4th mission, which is to strengthen a sense of care and responsibility towards community and the environment, BNI launched various Partnering Program and Environmental Patronage (PKBL). PKBL BNI is aimed at sharing BNI's happiness and thankfulness with many elements in the community who are underprivileged or live in remote places.

The program entails helping Indonesian migrant workers. BNI's focus includes expanding banking services needed by Indonesian migrant workers, such as BNI City Plaza Remittance Center, a branch specifically serving fund remittance in Singapore, which opened on February 17, 2016. As part of BNI Anniversary event, BNI also assisted the government in facilitating about 70 Indonesian migrant workers from Kuala Lumpur, to return to their hometowns during Ied holiday period.

BNI further showed its concern for Indonesian migrant workers and their families by holding Thrift Market event in a number of home villages. The worker's family received thrift packages and transferred money from the workers abroad, and enjoyed facilities for KUR Micro lenders, as well as TabunganKu and Laku Pandai customers. The annual event, initially launched in 2010, reflected its appreciation for loyal customers using BNI Smart Remittance.

For further information, please contact :

Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Phone : 021-5728387, Email : bni@bni.co.id

Related

News Archive