News


Waskita Karya Received Syndicated Financing To Construct Palembang Light Railway (LRT)

Jakarta, 30 September 2016 - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) sebagai kontraktor yang ditunjuk pemerintah dalam melaksanakan Pembangunan Proyek Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan mendapatkan dukungan pembiayaan dari sindikasi enam bank dan lembaga keuangan senilai Rp 4,59 triliun. Keenam anggota sindikasi tersebut adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. ("BTMU"), PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) ("PTSMI"), Bank Pembangunan Daerah Sumsel-Babel, dan bank bjb.

Pada pembiayaan ini, BNI berlaku sebagai Original Mandated Lead Arranger & Book Runner, dan BTMU sebagai Mandated Lead Arranger. Adapun BRI, PT SMI dan bank bjb sebagai Arranger, dan Bank Sumsel Babel sebagai partisipan. Dalam kesepakatan tersebut BNI memberikan komitmen senilai Rp 1,99 triliun; BTMU Rp 750 miliar; kemudian PT SMI, BRI, bank bjb masing-masing Rp 500 miliar; dan Bank BPD Sumsel-Babel sebesar Rp 350 miliar.

Penandatanganan Perjanjian Kredit antara WSKT dengan Anggota Sindikasi tersebut dilaksanakan di Jakarta, Jumat (30 September 2016). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama Waskita Karya Mohammad Choliq, Direktur Keuangan Waskita Karya Tunggul Rajagukguk, Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta, General Manager BTMU Cabang Jakarta Yusuke Katsuta dan Deputy General Manager BTMU Cabang Jakarta Pancaran Affendi, Direktur Kelembagaan BRI Kuswiyoto, Direktur Utama PT SMI Ibu Emma Sri Martini, Muhammad Adil (Direktur Utama BPD Sumsel Babel), dan Direktur Komersial bank bjb Suartini.

Proyek LRT Palembang sepanjang 23,4 kilometer dikerjakan oleh WSKT mulai bulan Oktober 2015 sampai dengan bulan Juni tahun 2018, atau menjelang berlangsungnya Asian Games. Nilai total kontrak proyek tersebut Rp 12,59 triliun.

Pada proyek LRT ini, WSKT mendapat penugasan sebagai kontraktor pelaksana berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 116 tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan (LRT) di Sumatera Selatan. Penerbitan Perpres ini didasarkan pertimbangan meningkatkan pelayanan transportasi dalam mendukung pembangunan di Sumatera Selatan, serta mendukung pelaksanaan Asian Games Tahun 2018.

Lingkup pekerjaan WSKT di proyek ini adalah membangun jalur termasuk konstruksi jalan layang, stasiun, dan fasilitas operasional. Dan dalam pelaksanaannya, WSKT mendapat bantuan dari pemerintah daerah berupa kemudahan perijinan, keringanan biaya perijinan, serta fasilitas perpajakan dan kepabeanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan Perpres 116/2015 jaringan LRT terdiri atas lintas pelayanan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II – Masjid Agung Palembang –Jakabaring Sport City. Panjang trase 23 kilometer dilengkapi dengan 13 (tiga belas) stasiun dan 9 (sembilan) sub stasiun,serta memiliki jembatan Sungai Musi,bentang sungai 350 meter.

Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta mengatakan, dukungan BNI dalam kredit sindikasi ini merupakan salah satu bentuk dukungan riil terhadap percepatan pembangunan proyek infrastruktur. Pembangunan LRT ini dalam jangka pendek akan memberikan manfaat terhadap kelengkapan infrastruktur yang digunakan selama Pesta Olahraga Se-Asia tahun 2018, dan dalam jangka panjang, LRT tersebut akan mempermudah mobilisasi masyarakat Palembang dan sekitarnya dengan moda transportasi yang lebih nyaman dan lebih terjangkau.

"Pembiayaan proyek LRT di Palembang ini menunjukkan bahwa percepatan pembangunan infrastruktur terus berlangsung, dan lembaga-lembaga keuangan memberikan dukungan penuh pada seluruh upaya untuk merealisasikan infrastruktur-infrastruktur penting tersebut," ujarnya.

Direktur Utama Waskita Karya Mohammad Choliq mengungkapkan bahwa Proyek LRT Palembang secara fisik dapat diselesaikan pada bulan Februari 2018 sehingga masih ada waktu sekitar 4 bulan untuk uji coba dan dapat digunakan sepenuhnya pada bulan Juni 2018 guna mendukung pelaksanaan Asian Games.

Direktur Kelembagaan BRI Kuswiyoto menyampaikan bahwa, pembiayaan ini sebagai bentuk komitmen BRI dalam mensukseskan program-program percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya wilayah Sumatera.

"Penandatanganan perjanjian fasilitas kredit ini merupakan wujud sinergi BUMN serta upaya nyata memberikan dukungan dana kepada Waskita Karya untuk terus mengembangkan usaha Waskita Karya dalam rangka mendorong pembangunan infrastruktur Indonesia. BRI sendiri telah menegaskan akan mendukung program-program pembangunan negara, terutama pada bidang energi, industri, dan infrastruktur. Infrastruktur merupakan salah satu sektor unggulan yang menjadi fokus ekspansi kredit BRI pada segmen Bisnis Banking", tambahnya

"Pembangunan LRT di Palembang akan membawa manfaat sangat besar bagi mobilisasi, keterbukaan akses dan pertumbuhan ekonomi Palembang. PT SMI sangat mendukung Waskita dalam mewujudkan pembangunan ini, dan senang dapat bersinergi dengan 5 bank lainnya untuk infrastruktur yang lebih baik di Palembang" Ujar Emma Sri Martini, Direktur Utama PT SMI.

General Manager BTMU Cabang Jakarta Yusuke Katsuta mengungkapkan, "The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. sudah beroperasi dan menyediakan jasa dan produk perbankan di Indonesia selama lebih dari 50 tahun, dan pembiayaan kali ini adalah salah satu bentuk komitmen kami untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur di Indonesia, dan pertumbuhan bisnis konsumen kami. Proyek Pembangunan LRT Palembang ini merupakan salah satu bagian dari proyek strategis nasional untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, and juga merupakan elemen pendukung pelaksanaan Pesta Olahraga Se-Asia, Asian Games, tahun 2018. Hal ini sejalan dengan salah satu misi kami untuk melayani masyarakat, serta mendorong pertumbuhan bersama dan berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik."

irektur Komersial bank bjb Suartini mengatakan "Penyaluran kredit sindikasi merupakan bentuk komitmen bank bjb dalam mendukung pengembangan infrastruktur serta pembangunan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di daerah dan nasional. Penyaluran kredit infrastruktur kami sudah tumbuh di kisaran 50%. Melalui skema kredit sindikasi, risiko yang muncul dapat diminimalisir."

Menurut Suartini, "Penyaluran kredit infrastruktur yang dilakukan pihaknya pun tidak hanya terbatas pada proyek-proyek infrastruktur di Jawa Barat, tetapi juga di sejumlah daerah lainnya dan untuk Proyek LRT Palembang, Kami melihat ada peluang yang baik sehingga kami ikut serta dalam menyalurkan pembiayaan pada proyek tersebut." imbuhnya.

Menurut Muhammad Adil (Direktur Utama BPD Sumsel Babel), pembentukan sindikasi ini merupakan sebagai dukungan BPD Sumsel Babel terhadap pembiayaan proyek strategis pemerintah dalam pembangunan daerah. Sampai dengan Bulan September 2016, ekspansi kredit BPD Sumsel Babel tumbuh menjadi Rp12,5 Triliun. Kami masih tetap optimis pertumbuhan kredit masih bagus terutama dengan adanya sejumlah proyek daerah pada periode tahun 2016 2018 atau menjelang berlangsungnya even Asian Games 2018 dan BPD Sumsel Babel akan mengoptimalkan bisnisnya pada berbagai proyek tersebut.

Perkembangan Proyek

Progres fisik lapangan yang sudah dicapai sampai dengan 16 September 2016 adalah sebesar 13,054% dengan panjang trase mencapai 23,4 km.

Ada 5 zona rute dan 13 stasiun yang dilewati oleh sarana transportasi ini. Berikut lima zona rute LRT Palembang, Sumatera Selatan :

Zona I

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin – Simpang Bandara – Simpangan Tanjung Api-Api

Zona II

Jalan Tanjung Api-Api – Jalan Kol. H. Burlian – Jalan Demang Lebar Daun – Simpang Polda

Zona III

Simpang Angkatan 45 – Jalan Angkatan 45 - Simpang Palembang Icon – Jalan Kapten A. Rivai – Simpang Charitas – Jalan Jenderal Sudirman

Zona IV

Jembatan Ampera – Jalan Gubernur H. A. Bastari dan Zona D

Zona V

Jakabaring Sport City

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Kiryanto,

Corporate Secretary BNI

Telp : 021-5728387,

Email : bni@bni.co.id

Hakim Putratama,

SVP Corporate Secretary Division of bank bjb

Telp : 022-4234868 Ext. 7102

Email : ir@bankbjb.co.id

Harry Amri Moesa,

Planning & Investment Promotion Department BTMU

Telp : 021-5706185

Email : harry_amri_moesa@id.mufg.jp

Faaris Pranawa,

Plt. Corporate Secretary

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

Telp : +6221 8082 5288

Fax : +6221 8082 5258

Email: corporatesecretary@ptsmi.co.id

Hari Siaga Amijarso,

Corporate Secretary

Telp : 021-575-1966

Fax. : 021-570-0916

Email : humas@bri.co.id

Teddy,

Corp secretary bank sumsel babel

08117889898

081367655104

Jakarta, 30 September 2016 - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), who will serve as a contractor appointed by the government in implementing Light Railway Development Project or Light Rail Transit (LRT) in Palembang, South Sumatra, has obtained financial support from a syndication of six banks and financial institutions amounting to Rp 4.59 trillion. The six syndicate members are PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. (BTMU), PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PTSMI), Bank Pembangunan Daerah Sumsel-Babel, and Bank bjb.

BNI serves as the Original Mandated Lead Arranger and Book Runner, and BTMU serves as Mandated Lead Arranger in the financing scheme. BRI, PT SMI and Bank bjb will act as Arranger, while Bank Sumsel Babel will act as participant. In the agreement, BNI committed Rp 1.99 trillion of funds; BTMU committed Rp 750 billion; PT SMI, BRI, Bank BJB each committed Rp 500 billion; and BPD Sumsel-Babel committed Rp 350 billion.

Loan Agreement signing between WSKT the Syndicate Members took place in Jakarta, on Friday (30 September 2016). Waskita Karya Director Mohammad Choliq, Waskita Karya Finance Director Tunggul Rajagukguk, BNI Corporate Business Director Herry Sidharta, BTMU Branch Jakarta General Manager Yusuke Katsuta, BTMU Branch Jakarta Deputy General Manager Beam Affendi, BRI Institutional Director Kuswiyoto, PT SMI President Director Emma Sri Martini, BPD Sumsel Babel Director Muhammad Adil, and Bank bjb Commercial Director Suartini attended the signing.

Work on the 23.4 kilometer WSKT Palembang LRT project started in October 2015 and will finish by June 2018, ahead of the Asian Games. The total value of the project contract is Rp 12.59 trillion.

WSKT received assignment as a contractor pursuant to Presidential Decree (Decree) No. 116 2015 on Accelerating the Implementation of Light Railway (LRT) in South Sumatra. Issuance of this regulation is based on considerations to improve transportation services in support of development in South Sumatra, as well as the implementation of the Asian Games 2018.

WSKT work scope in this project is to build lines, including construction of flyovers, stations, and operational facilities. WSKT also received help from local government through the facilitation of licensing, permit fee waivers, as well as tax and customs facilities in accordance with the provisions of the legislation.

Based on Presidential Decree 116/2015, LRT network will stretch from Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport, Palembang Grand Mosque, and then to Jakabaring Sport City. The 23 kilometer long trek is equipped with 13 (thirteen) stations and 9 (nine) sub stations, and has a 350 meters bridge over the Musi River.

BNI Corporate Business Director Herry Sidharta stated that BNI support in this syndicated loan is a form of real support to the accelerated development of infrastructure projects. In the short term, LRT development will provide benefits to overall infrastructure used for Asian Games in 2018; in the long term, LRT will facilitate the mobilization of Palembang and surrounding communities with more convenient and more affordable modes of transportation. "The financing of LRT project in Palembang showed the continuing acceleration of infrastructure development, and financial institutions full support towards all efforts to realize crucial infrastructure," he continued.

Waskita Karya Director Mohammad Choliq added that physical construction of Palembang LRT Project can be completed by February 2018, to allow four months for testing. The service will be fully operational in June 2018 in support of the Asian Games.

BRI Institutional Director Kuswiyoto stated that, this financing reflects BRI’s commitment of to the success of programs to accelerate infrastructure development in Indonesia, particularly Sumatra. "The signing of this loan facility is a form of synergy and real effort to provide funding support for Waskita Karya. By supporting Waskita Karya business development, we also encourage infrastructure development in Indonesia. BRI himself has confirmed it will support the country's development programs, particularly in the fields of energy, industry, and infrastructure. Infrastructure is one of the leading sectors of BRI credit expansion focus in the Business Banking segment,” he added

"The construction of LRT in Palembang will bring enormous benefits for the mobilization, open access, and economic growth of Palembang. PT SMI greatly supporti Waskita Karya in actualizing this development, and are pleased to be in synergy with five other banks for better infrastructure in Palembang," added PT SMI President Director Emma Sri Martini.

BTMU Branch Jakarta General Manager Yusuke Katsuta stated, "The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. have operated and provided banking products and services in Indonesia for more than 50 years. [Our role] in this financing is a form of our commitment to contribute to economic growth and infrastructure in Indonesia, and the growth of our consumer business. Palembang LRT Development Project is one part of a national strategic project to boost economic growth in the region, and is also an element supporting Asian Games 2018. This is in line with one of our missions to serve the community, and to encourage mutual growth and sustainability for a better world."

Bank bjb Commercial Director Suartini added, "This syndicated loan reflects Bank bjb’s commitment in supporting the development of infrastructure, with the expectation of economic boost in the region and nationally. Our credit distribution infrastructure is already growing at around 50%. Through the syndicated credit scheme, this risk can be minimized."

"Loan distribution infrastructure [by bjb] is not limited to infrastructure projects in West Java, but also in a number of other areas. We saw a good opportunity in LRT Palembang, hence our participation in channeling funds into the project," Suartini continued..

BPD Sumsel Babel Director Muhammad Adil noted that the formation of this syndication is BPD Sumsel Babel’s support to finance strategic government projects in regional development. “As of September 2016, credit expansion BPD Sumsel Babel has grown to Rp12.5 trillion. We are optimistic for strong credit growth, especially with the number of project areas in the 2016-2018 period, and ahead of the 2018 Asian Games. BPD Sumsel Babel will optimize its business on various projects in the future.”

Project Development

Physical progress of the field as per 16 September 2016 has reached 13.054% with trek length reaching 23.4 km.

There are 5 zones and 13 service stations passed by LRT. The following are five zones of LRT Palembang, South Sumatra :

Zone I
Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin – Simpang Bandara – Simpangan Tanjung Api-Api

Zone II
Jalan Tanjung Api-Api – Jalan Kol. H. Burlian – Jalan Demang Lebar Daun – Simpang Polda

Zone III
Simpang Angkatan 45 – Jalan Angkatan 45 - Simpang Palembang Icon – Jalan Kapten A. Rivai – Simpang Charitas – Jalan Jenderal Sudirman

Zone IV
Jembatan Ampera – Jalan Gubernur H. A. Bastari and Zone D

Zone V
Jakabaring Sport City

For more information, please contact :

Kiryanto
Corporate Secretary BNI
Telp : 021-5728387,
Email : bni@bni.co.id

Hakim Putratama
SVP Corporate Secretary Division of bank bjb
Telp : 022-4234868 Ext. 7102
Email : ir@bankbjb.co.id

Harry Amri Moesa
Planning & Investment Promotion Department BTMU
Telp : 021-5706185
Email : harry_amri_moesa@id.mufg.jp

Faaris Pranawa
Plt. Corporate Secretary
PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Telp : +6221 8082 5288
Fax : +6221 8082 5258
Email : corporatesecretary@ptsmi.co.id

Hari Siaga Amijarso
Corporate Secretary
Telp : 021-575-1966
Fax : 021-570-0916
Email : humas@bri.co.id

Teddy
Corp Secretary Bank Sumsel Babel
08117889898
081367655104

Related

News Archive