News


BNI Kelola Jasa Layanan Perbankan Pelindo III Tersedia Fasilitas SCF Rp 350 Miliar

Jakarta, 19 Desember 2017 -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terpilih menjadi bank umum yang mengelola dana pelayanan kepelabuhanan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III. BNI juga memberikan layanan employee benefit kepada 1.750 karyawan Pelindo III, dimana ke depan akan dikembangkan hingga pada penyediaan fasilitas dan produk konsumer. Melalui kerja sama ini, BNI juga menjadi bank yang menyediakan jasa penyaluran gaji bagi karyawan Pelindo III yang dilakukan secara tepat waktu, efisien, dan efektif menggunakan channel BNI Direct.

Sinergi BNI dengan Pelindo III itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Pembayaran dan Pengelolaan Gaji Karyawan (Payroll) untuk Karyawan Pelindo III antara Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati dengan Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto di Kantor Perwakilan PT Pelindo III, Jakarta, Selasa (19 Desember 2017).

Dalam rangka menindaklanjuti arahan dari Kementrian BUMN perihal implementasi  penerbitan ID Card BUMN, BNI sebagai bank yang bekerjasama dengan PT Pelindo III untuk pembayaran gaji karyawan juga telah menerbitkan ID BUMN karyawan PT Pelindo III.

ID Card ini tergolong pada kelompok produk uang elektronik yang di BNI diberi nama TapCash. Selain berfungsi sebagai ID Card, kartu ID BUMN ini juga berfungsi sebagai Uang Elektronik untuk kartu belanja, pembayaran toll, hingga kartu parkir. Selain itu, terdapat juga fungsi non finansial seperti Absensi, Kartu Kesehatan, hingga Kartu Akses.

Adi Sulistyowati mengatakan, kerja sama Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan antara BNI dengan Pelindo III kali ini diharapkan akan menjadi pintu masuk menuju kerja sama yang lebih luas antara BNI dengan Pelindo III, antara lain pengelolaan dana Pelindo III, penggunaan cash management BNI, dan pemberian fasilitas kredit untuk institusi Pelindo III dan karyawan Pelindo III. ”Kami berkeyakinan bahwa dengan kerja sama ini akan meningkatkan sinergi antara BNI dengan Pelindo III,” ujarnya.

Tersedia Fasilitas SCF

Kerja sama dengan Pelindo III ini merupakan kelanjutan kerja sama yang telah dilakukan kedua perusahaan dalam Integrated Billing System, yaitu pengelolaan layanan kapal dan layanan bongkar muat barang dengan satu sistem yang terintegrasi. Kerja sama ini membuka peluang dukungan yang lebih luas dari BNI dalam mengimplementasikan Integrated Billing System ini. Peluang kerja sama yang terbuka ke depan adalah pembiayaan kepada mitra kerja Pelindo III. BNI telah menyediakan skim khusus untuk pembiayaan kepada shipping line, dan perusahaan bongkar muat barang, yaitu skim Supply Chain Financing (SCF). Hingga saat ini, fasilitas SCF telah  tersedia sebesar Rp350 M.

“Kami berharap BNI dapat terus berperan aktif di dalam sistem pengelolaan keuangan perusahaan dan operasional pembayaran jasa-jasa pelabuhan dengan memberikan kemudahan channel pembayaran serta berbagai fasilitas untuk karyawan,” ujar Adi Sulistyowati.

Sinergi perusahaan pengelolan jasa kepelabuhanan dengan perbankan merupakan sinergi yang saling menguntungkan. Salah satunya dapat dilihat dari layanan cash management dari BNI yang dapat dimanfaatkan oleh Pelindo III dalam mengelola arus kas nya, dimana layanan cash management BNI sudah melayani lebih dari 95.000 transaksi keuangan di Pelindo III. Layanan Cash Management BNI yang diberikan adalah mulai dari fitur BNI Direct, BNI e-Tax, Virtual Account, Bill Payment, hingga Bank Guarantee. 

Adapun dari sisi Bisnis Konsumer, BNI juga melayani penyaluran gaji (payroll) untuk lebih dari 6.400 karyawan Kelompok Usaha Pelindo. Dengan penyaluran gaji yang tetap oleh BNI, maka terbuka peluang bagi karyawan Pelindo III untuk memanfaatkan produk-produk kredit consumer dari BNI. Hingga saat ini, sekitar 1.000 karyawan Pelindo III telah memanfaatkan Kredit BNI Fleksi.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Kiryanto,
Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387,
Email: bni@bni.co.id

Related

News Archive