Services


Cash Management


Sejak dikembangkan dari tahun 2009 sampai dengan sekarang, Cash Management BNItelah bertransformasi menjadi Solusi dan Layanan yang lebih unggul dan menjadipilihan utama Nasabah dalam bertransaksi. Demi menjawab tantangan dan kebutuhannasabah, BNI menyiapkan berbagai pilihan solusi dan layanan Cash Managementantara lain Payment Management, Collection Management, Liquidity Management,Value Chain Management, Open Banking Solutions, Garansi Bank Online dan lainnya.

Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN agar dapat mengoptimalkan Bisnis Global,BNI melalui Divisi Solusi Wholesale telah menginisiasi dengan menyediakanlayanan dan solusi transaksional dengan KCLN London sebagai Langkah awal.Langkah strategis ini dilakukan untuk memberikan value added baginasabah korporasi baik domestic maupun overseas untuk melakukantransaksi dengan mudah, nyaman, aman kapanpun dan dimanapun. BNI GlobalTransaction Banking akan lebih memperkuat Posisi BNI di duniaInternasional sebagai Bank Nasional (State Owned Bank) yangmengoptimalkan jaringan luar negeri terbanyak, mendukung Perusahaan Indonesiauntuk Go Global dan mendukung investor asing dalam melakukan transaksisecara digital dengan Global Transaction Banking Solutions.

Dengan menjadi Global Bank yang menyediakan solusi transaction banking yangterintegrasi dan customized untuk nasabah di berbagai penjuru duniaartinya BNI dapat mengoptimalkan potensi pasar yang selama ini belum tersentuhdi area Kantor Cabang Luar Negeri seperti kedutaan dan konsulat, BUMN,Indonesian related corporates, Perusahaan Indonesia yang memiliki bisnis, cabangatau representative office di luar negeri di samping bekerjasama denganFintech global player yang memiliki market di Indonesia.

Tentunya integrasi cash management dengan KCLN akan memberikan dampak positifdalam peningkatan CASA dan fee based income BNI dan untuk selanjutnya,cash management akan diintegrasikan juga dengan KCLN Tokyo dan diteruskan keKCLN lainnya.

BNIDirect


Pengertian :

BNIDirect merupakan kanal elektronik yang disediakan oleh BNI bagi nasabah nonperorangan untuk melakukan aktivitas transaksi keuangan dari rekening nasabah diBNI serta untuk memperoleh informasi transaksi yang tercatat di rekeningPerusahaan dengan lebih Cepat, Mudah dan Aman.

Cepat

  • Akses Internet 24 jam.
  • Tersedia dalam versi mobile (BNIDirect Mobile).
  • Real Time dalam melakukan Transaksi dan mendapatkan Informasi Rekening.

Mudah

  • User Friendly.
  • Dilengkapi dengan panduan transaksi (User Guide dan Quick Guide).
  • Dapat melakukan transaksi dimana saja.

Aman

  • Secure Line dengan Verisign Security Certification Socket Secure Line (SSL)128 bit.
  • Otorisasi transaksi menggunakan Electronic Signature (BNI e-Secure/Token)dengan nomor PIN yang dinamis.
  • Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan Password.
  • Pembagian kewenangan transaksi terdiri dari Maker, Approver dan Releaser,Matrix Kewenangan Transaksi dan Limit Transaksi.

Manfaat :

  1. Nyaman dan mudah dalam bertransaksi dengan dukungan fitur yang lengkap.
  2. Efisiensi dalam proses transaksi serta biaya.
  3. Real time dan fleksibilitas dalam mengakses dari manapun dan kapanpun.
  4. Aman dalam bertransaksi, dapat dilakukan pembagian kewenangan dan dilengkapidengan BNI e-Secure/Mobile Token untuk BNIDirect, dan OTP serta MPIN untukBNIDirect Mobile.
  5. User Level yang sangat fleksibel, dapat disesuaikan sesuai kebutuhannasabah.
  6. Dedicated customer service untuk menangani pre-transaction danpost-transaction.

Fitur :

  1. Menu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah :
    1. Account Information, antara lain :
      • Balance Inquiry.
      • Transaction Inquiry.
      • Account Statement, dan lain-lain.
    2. Transfer Management :
      • In-house Transfer.
      • Kliring (LLG).
      • RTGS.
      • Online Transfer.
      • International Fund Transfer.
    3. Mass Payment :
      • Bulk Payment.
      • Payroll.
    4. Liquidity Management, antara lain :
      • Cash Pooling.
      • Cash Distribution.
      • Range Balance, dan lain-lain.
    5. Tax Payment.
    6. Bill Payment.
    7. Utility Payment.
    8. Auto Debit.
    9. Virtual Account Management.
    10. Pembelian produk Pertamina (BNI POPS) :
      • Cash and Carry.
      • Product Allocation.
  2. Jumlah user dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  3. Akses atau kewenangan atas fitur dan rekening dapat ditentukan oleh nasabah.
  4. Otorisasi transaksi dilakukan dengan PIN dinamis yang dihasilkan olehelectronic signature (hard token (BNI e-Secure)/Mobile Token).
  5. Memiliki berbagai jenis format laporan yang dapat diunduh (download) atastransaksi nasabah dan dapat dikirimkan melalui email.
  6. Tersedia BNIDirect Mobile, yang memiliki fitur sebagai berikut :
    1. Salah satu User Interface untuk mengakses layanan BNIDirect melaluihandphone, dimana kedudukannya sama/setara dengan BNIDirect versiWeb.
    2. Proses yang di inisiasi melaui BNIDirect Mobile akan di eksekusioleh eksisting BNIDirect Apps Server.
    3. Menu-menu yang terdapat di BNIDirect versi Web tersedia juga diBNIDirect Mobile, perbedaannya adalah untuk BNIDirect Mobile hanyatersedia single transaction.
    4. Transaksi yang di inisasi dari BNIDirect web browser akan dapatdipantau dan dilihat di BNIDirect Mobile dan sebaliknya, transaksiyang di inisiasi oleh BNIDirect Mobile dapat di pantau melaluiBNIDirect web browser.
  7. Terdiri dari dua bahasa, yaitu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Sistem Keamanan :

  1. Nasabah memiliki Unique Company ID.
  2. User Level, User ID dan password ditentukan sendiri oleh nasabah. User Levelterdiri atas Maker, Approver dan Releaser.
  3. Transaksi menggunakan teknologi Encryption terkini.
  4. Hard Token/Mobile Token dan rekening yang akan diakses atau ditransaksikantelah didaftarkan terlebih dahulu.
  5. Untuk BNIDirect Mobile, autentikasi transaksi berupa OTP yang dikirimkan kehandphone milik user, terdapat penggunaan MPIN, komunikasi data antaraDevice dan App server ter-enkripsi AES 256.

Perangkat Sistem :

  1. Personal Computer/Notebook : minimum Intel Core Duo CPU 3 GB.
  2. RAM minimum 2 GB dengan space Hard Disk minimum 80GB.
  3. OS Microsoft Windows Professional version 202 Service Pack 2.
  4. Internet Explorer version 7 atau Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  5. Terkoneksi dengan jaringan internet.
  6. Untuk BNIDirect Mobile,
    1. Versi minimum Android : Lollipop.
    2. Versi minimum iOS : iOS 8.

Persyaratan :

Syarat untuk menjadi Nasabah Pengguna BNIDirect adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki rekening Simpanan (Giro dan/atau Taplus Bisnis Non Perorangan) ataurekening simpanan lainnya di BNI.
  2. Mengisi formulir/Aplikasi Pendaftaran BNIDirect yang dapat diperolah dikantor cabang terdekat atau melalui Sales Advisory kami.
  3. Untuk BNIDirect Mobile, nasabah telah terdaftar sebagai pengguna BNIDirect.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biaya layanan dapatmenghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Divisi Solusi Wholesale.

Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Bank Guarantee


BNI sebagai partner usaha memahami kebutuhan Anda dalam memperlancar transaksiperdagangan atau proyek yang umumnya mempersyaratkan penyertaan Jaminan Bank(Garansi Bank). Kami memahami tujuan dan kebutuhan Nasabah berbeda-beda, karenaitu kami telah mendesain produk Garansi Bank ini sesuai dengan tujuan dankebutuhan Anda.

BNI Garansi Bank merupakan pernyataan secara tertulis dari BNI yang berisikesanggupan untuk menjamin pembayaran sejumlah uang kepada penerima jaminan(bowheer), apabila pihak yang dijamin (applicant) wanprestasi atau tidak dapatmemenuhi kewajiban yang telah diperjanjikan dalam suatu perjanjian kerjasama/kontrak.

Jenis BNI Garansi Bank

  • Jaminan Penawaran (Bid Bond).
  • Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond).
  • Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond).
  • Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond).
  • Jaminan Sanggahan Banding.
  • Jaminan Lainnya (Jaminan Pembayaran, Jaminan Reklamasi, Jaminan dalam rangkaKepabeanan/Bea Cukai, dan sebagainya).

Manfaat BNI Garansi Bank

  • Menjamin Perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnis.
  • Dapat dipergunakan untuk transaksi domestik maupun internasional.

Keunggulan BNI Garansi Bank

  • Selesai pada hari yang sama.
  • Aman dan terpercaya.
  • Proses mudah.
  • Format dapat disesuaikan.
  • Biaya kompetitif.
  • Fleksibilitas jaminan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, BNI menghadirkan Garansi Bank Online(BNI e-Bank Guarantee dan m-BG Checking) sebagai solusi yangmemberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan permohonan penerbitan,pemantauan dan pengecekan garansi Bank secara online.

Manfaat bagi Nasabah

  • Mudah.
  • Hemat waktu dan biaya.
  • Aman.
  • Paperless.
  • Pengajuan dan pemantauan status penerbitan garansi Bank secara online.
  • Pengecekan warkat garansi Bank secara online.
  • Reporting penerbitan garansi Bank dan monitoring plafond garansi Bank secaraonline.

BNI e-Bank Guarantee

Adalah solusi web based yang memiliki fitur sebagai berikut :

  • e-Application
    Pengajuan permohonan penerbitan garansi Bank secara online yangdilengkapi dengan approval berjenjang.
  • e-Tracking
    Monitoring status penerbitan garansi Bank.
  • e-Reporting
    Report garansi Bank yang telah diterbitkan (sebagai applicant) danditerima (sebagai beneficiary).
  • e-Checking
    Pengecekan keabsahan warkat garansi Bank yang telah diterbitkan (sebagaiapplicant) dan/atau ditterima sebagai bowheer.
  • e-Plafond Monitoring
    Pemantauan plafond garansi Bank (maksimum, pemakaian dan sisa plafond).

BNI m-BG Checking

Adalah pengecekan kebenaran warkat garansi Bank via mobile apps melalui scanningQR Code pada garansi Bank.

Cara mendapatkan layanan BNI e-Bank Guarantee dan m-BGChecking

  • Nasabah mengajukan pendaftaran sebagai user pengguna aplikasi BNI e-BankGuarantee ke kantor cabang Bni terdekat atau ke Divisi Transactional BankingServices (TBS).
  • Nasabah mendaftarkan nama user (maker, approver dan releaser) pada aplikasiBNI e-Bank Guarantee.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, nasabah akan mendapatkan username danpassword untuk mengakses dan menggunakan aplikasi BNI e-bank Guarantee dandiberikan pelatihan penggunaannya.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Digital Disbursement and Payment Management


A payment transaction management solution from BNI that makes institutional or corporate customers easier to settle their financial obligations and manage operations on time and accurate.

The need of payment reports for these obligations can also be obtained rapidly and in real-time, so that customers will immediately get a recapitulation of the required reports.

This solution is very useful for the settlement of customer obligation payments, both single and bulk (with a large number of transaction volumes) as well as facilitating reconciliation in the identification of customer operational expenses in real-time. :

BNI Virtual Account Debit (Virtual Account forDisbursement)


Virtual Account Debit is a 16-digit virtual account that has a purpose to assist fund distribution transactions where the virtual account is owned and administered by customers, which later it's given to customers' partners to be used as operational accounts with the source of debiting funds coming from pooling accounts.

Benefits :

  • Easy to identify payments/expenses of payment/transfer fund from customers’ accounts according to their needs.
  • Easy to monitor the process of Virtual Account transaction.
  • Easy to do reconcile of payments/expenses.
  • A Debit Card can be issued.
  • Customer can set the limit of transaction (in every Virtual Account) as needed.
  • Customer gets Virtual Account transaction report periodically at D+1 after transaction or in real-time (D+0) via Virtual Account portal or BNIDirect.
  • Transaction Channels: Branch offices, BNI ATMs, internet banking BNIDirect, ATM Bersama/other bank ATMs, BNI EDC machines.
  • Easy and short implementation time.
  • The report will be received by the PIC email, or it can be done by customers through BNIDirect or BNI Virtual Account Debit portal.

BNI Virtual Account Debit Requirements :

  • Has a BNI giro account as a source of funds account.
  • Signing BNI Virtual Account form.

For further information please contact us on :

Service Action Team (SAT) Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNIDirect


Merupakan kanal elektronik yang disediakan oleh BNI bagi nasabahnon perorangan untuk melakukan aktivitas transaksi keuangan darirekening nasabah di BNI serta untuk memperoleh informasitransaksi yang tercatat di rekening Perusahaan dengan lebihCepat, Mudah dan Aman.

Cepat

  • Akses Internet 24 jam.
  • Tersedia dalam versi mobile (BNIDirect Mobile).
  • Real Time dalam melakukan Transaksi dan mendapatkanInformasi Rekening.

Mudah

  • User Friendly.
  • Dilengkapi dengan panduan transaksi (User Guide dan QuickGuide).
  • Dapat melakukan transaksi dimana saja.

Aman

  • Secure Line dengan Verisign Security Certification SocketSecure Line (SSL) 128 bit.
  • Otorisasi transaksi menggunakan Electronic Signature (BNIe-Secure/ Token) dengan nomor PIN yang dinamis.
  • Dilengkapi dengan Company ID, User ID dan Password.
  • Pembagian kewenangan transaksi terdiri dari Maker, Approverdan Releaser, Matrix Kewenangan Transaksi dan LimitTransaksi.

Manfaat

  1. Nyaman dan mudah dalam bertransaksi dengan dukungan fituryang lengkap.
  2. Efisiensi dalam proses transaksi serta biaya.
  3. Real time dan fleksibilitas dalam mengakses dari manapun dankapanpun.
  4. Aman dalam bertransaksi, dapat dilakukan pembagiankewenangan dan dilengkapi dengan BNI e-Secure/ Mobile Tokenuntuk BNIDirect, dan OTP serta MPIN untuk BNIDirect Mobile.
  5. User Level yang sangat fleksibel, dapat disesuaikan sesuaikebutuhan nasabah.
  6. Dedicated customer service untuk menangani pre-transactiondan post-transaction.

Fitur

  1. Menu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
    1. Account Information, antara lain :
      • Balance Inquiry.
      • Transaction Inquiry.
      • Account Statement, dan lain-lain.
    2. Transfer Management.
      • In-house Transfer.
      • Kliring (LLG).
      • RTGS.
      • Online Transfer.
      • International Fund Transfer.
    3. Mass Payment.
      • Bulk Payment.
      • Payroll.
    4. Liquidity Management, antara lain :
      • Cash Pooling.
      • Cash Distribution.
      • Range Balance, dan lain-lain.
    5. Tax Payment.
    6. Bill Payment.
    7. Utility Payment.
    8. Auto Debit.
    9. Virtual Account Management.
    10. Pembelian produk Pertamina (BNI POPS) :
      • Cash and Carry.
      • Product Allocation.
  2. Jumlah user dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  3. Akses atau kewenangan atas fitur dan rekening dapatditentukan oleh nasabah.
  4. Otorisasi transaksi dilakukan dengan PIN dinamis yangdihasilkan oleh electronic signature (hard token (BNIe-Secure)/ Mobile Token).
  5. Memiliki berbagai jenis format laporan yang dapat diunduh(download) atas transaksi nasabah dan dapat dikirimkanmelalui email.
  6. Tersedia BNIDirect Mobile, yang memiliki fitur sebagaiberikut :
    1. Salah satu User Interface untuk mengakses layananBNIDirect melalui handphone, dimana kedudukannyasama/ setara dengan BNIDirect versi Web.
    2. Proses yang di inisiasi melaui BNIDirect Mobile akandi eksekusi oleh eksisting BNIDirect Apps Server.
    3. Menu-menu yang terdapat di BNIDirect versi Webtersedia juga di BNIDirect Mobile, perbedaannyaadalah untuk BNIDirect Mobile hanya tersedia singletransaction.
    4. Transaksi yang di inisasi dari BNIDirect web browserakan dapat dipantau dan dilihat di BNIDirect Mobiledan sebaliknya, transaksi yang di inisiasi olehBNIDirect Mobile dapat di pantau melalui BNIDirectweb browser.
  7. Terdiri dari dua bahasa, yaitu dalam Bahasa Indonesia danBahasa Inggris.

Sistem Keamanan

  1. Nasabah memiliki Unique Company ID.
  2. User Level, User ID dan password ditentukan sendiri olehnasabah. User Level terdiri atas Maker, Approver danReleaser.
  3. Transaksi menggunakan teknologi Encryption terkini.
  4. Hard Token/ Mobile Token dan rekening yang akan diakses atauditransaksikan telah didaftarkan terlebih dahulu.
  5. Untuk BNIDirect Mobile, autentikasi transaksi berupa OTPyang dikirimkan ke handphone milik user, terdapat penggunaanMPIN, komunikasi data antara Device dan App serverter-enkripsi AES 256.

Perangkat Sistem :

  1. Personal Computer/ Notebook : minimum Intel Core Duo CPU 3GB.
  2. RAM minimum 2 GB dengan space Hard Disk minimum 80GB.
  3. OS Microsoft Windows Professional version 202 Service Pack2.
  4. Internet Explorer version 7 atau Mozilla Firefox atau GoogleChrome.
  5. Terkoneksi dengan jaringan internet.
  6. Untuk BNIDirect Mobile :
    1. Versi minimum Android : Lollipop.
    2. Versi minimum iOS : iOS 8.

Persyaratan

Syarat untuk menjadi Nasabah Pengguna BNIDirect adalah sebagaiberikut :

  1. Memiliki rekening Simpanan (Giro dan/atau Taplus Bisnis NonPerorangan) atau rekening simpanan lainnya di BNI.
  2. Mengisi formulir/Aplikasi Pendaftaran BNIDirect yang dapatdiperolah di kantor cabang terdekat atau melalui SalesAdvisory kami.
  3. Untuk BNIDirect Mobile, nasabah telah terdaftar sebagaipengguna BNIDirect.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biayalayanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI API Corporate

BNI has prepared an Open Banking to respond the disruption in the digital reform era, especially in the banking sector. BNI API Corporate solution which is intended for corporate and fintech customers, where customers can access banking services, especially for those who relate to transactional financial applications that are built independently by each company by integrating the BNI API. Through BNI API Corporate, B2B collaboration can be done easily..

There are 7 (seven) types of API that can be integrated with corporate customers :

  1. BNI API One Gate Payment
    Is a BNI integration solution with corporate customers, where corporate customers can directly access banking services by integrating it with corporate customer applications, including balance information services, account information, book-entry, transaction status and exchange rate information.
  2. BNI API Peer to Peer (P2P) Lending
    Is a BNI integration solution with fintech customers, where BNI is a Bank Partner; banking service providers for the purpose of opening investor accounts and digital payments/distributions of loans through P2P Lending's electronic system.
  3. BNI API Autopay
    Is a fund receipt facility provided by BNI to facilitate direct transaction payments (Direct Debit) on customer sites and/or applications equipped with a transaction limit setting system, and OTP as registration and transaction validation.
  4. BNI API Payment VA
    Is an API facility that can be used to make Virtual Account and Top Up Wallet payments (OVO, DANA, Paytren, Netzme, Shopee Pay, etc.) of companies that have collaborated with BNI on platforms or systems owned by customers.
  5. BNI API Rekening Dana Fintech (RDF)
    Is a solution for fintech companies that registered in OJK to open digital accounts to facilitate book-entry transactions by integrating them with an API.
  6. BNI API Rekening Dana Nasabah (RDN)
    Is an innovation in providing solutions for securities companies to open digital accounts for investors and can facilitate book-entry transactions by integrating them with an API.
  7. BNI API VA Debit Cardless
    Is a BNI Virtual Account Debit service that can be transacted through BNI channels, including BNI ATMs and BNI Tellers, without the need to use a debit card and only need to have a Virtual Account number. When transacting, the owner of the Virtual Account number will receive an OTP through SMS as validation. Transactions that can be carried out include checking Virtual Accpunt balances, cash withdrawals, and book-entry to BNI.

For further information please contact us on

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Collection Management


A solution for customers in receiving funds for the sale of products/services so that they can run effectively and efficiently, and can identify sales results quickly and accurately.

Fitur-fitur Collection management Solution antara lain :

BNI Virtual Account Credit (Virtual Account for Collection)


Is a Virtual Account that is used to endorse the account receivable (AR)management of a Company/Institution so it can run effectively and efficiently. BNI Virtual Account offers easy identification of paying customers, accurate monitoring and reporting, and a quick reconciliation process. Virtual account in this case, is used for identifying the customer, where every Virtual Account payment will be automatically booked to the main bank account, which is the payment destination.

All of the features of BNI Virtual Account are accommodated in one single platform: BNI e-Collection, which can answer collection management requirements according to Customers' needs.

Fitur lengkap BNI Virtual Account terakomodir dalam platformBNI e-Collection yang dapat menjawab berbagaikebutuhan pengelolaan penerimaan dana (collectionmanagement) sesuai kebutuhan nasabah.

Benefit :

  • Customers can determine by themselves the name and the Virtual Account number as the destination account number and for customer identification.
  • The Virtual Account number and name will be shown in the account statement of every transactions.
  • The payment can be done from various BNI's payment channel and also other Bank's channel (BI Clearing/RTGS/Interbank Online Transfer) in IDR or USD.
  • Transaction report can be seen online through BNIDirect and also BNI e-Collection portal.
  • Relatively quick implementation process.
  • Paying Customer do not have to own BNI Bank account.
  • Customer can upload transaction data through BNI Direct or BNI e-Collection portal.
  • Transaction channels : offline branch, BNI ATM, BNIDirect, BNI SMS banking, ATM Bersama/Other Bank's ATM, other Bank's offline branch, other Bank's internet banking.

Persyaratan mendapatkan fasilitas BNI Virtual Account :

  • Have a BNI Checking Account as the pooling account or main account.
  • Sign a BNI Virtual Account registration form.

For further information please contact us on :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI Student Payment Center (BNI SPC)


Layanan khusus bagi Nasabah Institusi Pendidikan, universitasbaik negeri atau swasta yang ditujukan membantu pengelolaanpenerimaan pembayaran tagihan/biaya pendidikan/akademik secaraterintegrasi, meliputi fitur-fitur penerimaan pembayaran,rekonsiliasi, penyelesaian (settlement), sampai denganpelaporan.

Benefit :

Memberikan nilai tambah kepada Nasabah Institusi Pendidikan dankomunitas Peserta Didik (Mahasiwa/Pelajar), berupa solusilayanan penerimaan pembayaran biaya pendidikan/akademik, yangterintegrasi secara Host to Host, secara mudah, cepat, dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Autodebit


Adalah pembayaran otomatis yang ditarik dari rekening giro atautabungan setiap bulan dengan mata uang yang sama. Rekening yangdidebet harus terdaftar terlebih dahulu.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

BNI Autopayment (Autopay)


Is a collection feature that provided by BNI to facilitate payment transaction directly through Biller's website or application with adjustable daily limit of transaction and there is an OTP for registration validation.

Benefit :

  • Payment transaction can be done with only one click.
  • You don’t need to open other application to do the payment transaction.
  • Payment transaction can be done everywhere and anytime.
  • Transaction is secured with periodic validation.
  • Daily limit of transaction can be adjusted according to customer's need.

There are three types of BNI Autopayment that can be adjusted with customer's business needs:

Autopay Retail

Autopay Non Retail

Autopay Billing

For further information please contact us on :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp: (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id

Liquidity Management


Adalah solusi yang disediakan bagi Nasabah Non Perorangan agar pengelolaan cashflow keuangan Perusahaan/Institusi dapat selalu dijaga pada posisi yang idealuntuk memenuhi kebutuhan operasional Perusahaan.

Benefit :

  • Mendapatkan kemudahan untuk memindahkan (mengkonsolidasikan) dana Perusahaanyang tersebar di berbagai rekening BNI secara realtime dengan dukunganmekanisme perpindahaan dana secara otomatis (automatic sweeping).
  • Minimize operation handling cost.
  • Optimalisasi return sesuai instrumen yang dipilih oleh nasabah.

Persyaratan :

  • Membuka (memiliki) rekening Giro di BNI
  • Menandatangani formulir Pendaftaran.
  • Menyetujui term dan condition berikut skema pricing yang ditentukan.

Jenis :

Liquidity Management dapat dilakukan otomatis melalui Cabang atau BNIDirect,yaitu :

  1. Liquidity Management via Kantor Cabang
  2. Liquidity Management dengan pendaftaran via Kantor Cabang, yakni “BNI AccountSweep” yang memiliki beberapa fitur, antara lain :

    1. Account Sweep Online

      Transaksi pemindahan dana otomatis dari secondary account kerekening utama (primary account) secara real time(online) baik dengan fitur limit atau tanpa fitur limit(maksimum nominal sweep).

    2. Account Sweep Push

      Transaksi otomatis pemindahan/mengirimkan kelebihan dana dariprimary account ke secondary account dilakukansecara batch pada akhir hari (End Off Day) system Bank.

    3. Account Sweep Pull

      Transaksi otomatis pemindahan/mengambil kekurangan dana darisecondary account ke rekening primary accountdilakukan secara batch pada akhir hari (End Off Day) systemBank.

    4. Account Sweep Push-Pull

      Aktivitas memelihara saldo pada rekening primary accountdengan mengambil dari atau memindahkan ke secondary accountdimana pemindahan dilakukan secara batch pada akhir hari (EndOff Day) system Bank baik dengan fitur limit atau tanpafitur limit (maksimum nominal sweep).

    5. Account Sweep Online Loan-Dep

      Transaksi pemindahan dana otomatis dari rekening secondaryaccount yang berupa rekening pinjaman ke primaryaccount secara real time (online) baikdengan fitur limit atau tanpa fitur limit (maksimum nominalsweep).

    Seluruh fitur “BNI Account Sweep” hanya dapat dilakukan dalam mata uang yangsama (single currency).

  3. Liquidity Management via Internet Banking (BNIDirect) :
  4. Liquidity Management dengan pendaftaran via Internet Banking (BNIDirect)memiliki beberapa fitur, yaitu :

    1. Cash Pooling
      • Pemindahan dana ke satu rekening pooling dapat berjalan secaraharian atau diatur sesuai skedul tertentu pada jam-jam tertentu.
      • Sweeping dana (sweep in) dari multi account (sub account) kemain account (pooling account).
      • Sweeping dilakukan dalam mata uang yang sama (single currency)atau berbeda (multiple currency).
    2. Cash Distribution
      • Distribusi dana dari main account ke sub/target account dapatberjalan harian atau sesuai skedul tertentu.
      • Sweeping dana (sweep out) dari single account ke multipleaccount dilakukan secara otomatis pada jam-jam tertentu.
      • Sweeping dilakukan dalam mata uang yang sama (single currency)atau berbeda (multiple currency).
    3. Sweep Balance

      Pemindahan dana dari satu rekening ke rekening lainnya dapat diatursecara otomatis sesuai nominal yang dibutuhkan, baik dalam Rangebalance account (RBA), Target Balance Account(TBA), maupun Zero Balance Account (ZBA).

Untuk infomasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Transactional Banking Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
E-mail : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

BNI FSCM-SCF (BNI Financial Supply Chain Management-Supply Chain Financing)


Supply Chain Financing adalah solusi bisnis dalam suatu mata rantai pasokan yangdisesuaikan dengan kebutuhan Nasabah. Dengan platform BNI FSCM (BNI FinancialSupply Chain Management), Nasabah mendapatkan transparansi dalam pemantauan flowdocument dan money dari ketiga pihak (BNI, Korporat, dan Mitra Korporat),informasi real time, pencairan, pelunasan dan implementasi lebih flexible,memudahkan Nasabah dalam rekonsiliasi dokumen invoice secara paperless dan aman.Layanan BNI FSCM terbagi menjadi tiga solusi : Supplier Financing, DistributorFinancing, dan Receivable Financing.

Supplier Financing

Supplier Financing adalah fasilitas pengambilalihan tagihan Mitra Korporat(Supplier) kepada Korporat sebelum tanggal jatuh tempo untuk dibayarkan denganwaktu lebih cepat. Layanan Supplier Financing kami sediakan untuk Perusahaanyang ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat proses cash cycleproduksinya dengan cara memberikan talangan pembayaran tagihan yang telahdiakseptasi Korporat.

Manfaat Supplier Financing :

Bagi Korporat :

  • Bisnis yang berkesinambungan.
  • Menjadi ‘preferred buyer’.
  • Maksimalisasi Keuntungan.

Bagi Mitra Korporat (Supplier) :

  • Memperoleh pembayaran lebih cepat sehingga membantu perputaran workingcapital.
  • Kesinambungan pasokan kepada Korporat.
  • Memperoleh rate yang kompetitif.
  • Meningkatkan volume penjualan.

Distributor Financing

Distributor Financing Financing adalah fasilitas pembiayaan tagihan Korporatkepada Mitra Korporat (Distributor) pada saat tanggal jatuh tempo dan memberikanperpanjangan pelunasan tagihan dari Mitra Korporat kepada BNI. LayananDistributor Financing, kami sediakan untuk Perusahaan yang ingin meningkatkanpertumbuhan bisnis dan mengatur proses cash cycle produksinya dengan kelonggaranpelunasan tagihan Korporat. Dalam hal ini Mitra Korporat dapat melakukanpengaturan pelunasan tagihan sesuai kemampuan cash flownya.

Manfaat Distributor Financing :

Bagi Korporat :

  • Memperoleh kepastian pembayaran yang tepat waktu dan efisien.
  • Meningkatkan volume penjualan.
  • Memberikan kemudahan dan keamanan di dalam transaksi dokumen (Preferred).

Bagi Mitra Korporat (Distributor) :

  • Memperoleh Turn Of Payment (TOP) lebih lama sehingga membantu perputaranworking capital.
  • Fleksibilitas dalam pengaturan modal kerja.
  • Mendapatkan rate yang kompetitif.

Receivable Financing

Receivable Financing adalah fasilitas berupa pengambilalihan tagihan Korporatkepada Mitra Korporat (Distributor) untuk dibayarkan sebelum tanggal jatuh tempotagihan. Layanan Receivable Financing, kami sediakan untuk Korporat yang inginmeningkatkan pertumbuhan bisnis dan mempercepat proses cash cycle produksinyadengan talangan pembiayaan tagihan Korporat guna membiayai collectionpiutangnya. BNI memberikan talangan piutang Korporat untuk dibayarkan lebihcepat.

Manfaat Receivable Financing :

Bagi Korporat :

  • Memperoleh pembayaran piutang yang lebih cepat sehingga membantu dalamperputaran modal kerja.
  • Meningkatkan volume penjualan.
  • Memberikan kemudahan dan keamanan di dalam transaksi dokumen (Preferred).
  • Mendapatkan rate yang kompetitif.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Pengambilalihan SC Pay


SC Pay merupakan pengembangan dari fitur pemindahbukuan (inhousetransfer) secara terjadwal (forward value) yang ada diBNIDirect. Adapun perbedaan SC Pay dibandingkan dengan pemindahbukuan yang adasaat ini, terdapat mekanisme persetujuan oleh pihak penerima(beneficiary) untuk dapat melakukan transaksi SC Pay, sehingga membuatSC Pay menjadi janji bayar dari pengirim (remitter) kepada penerima.

Untuk memberikan benefit tambahan dari SC Pay, maka tersedia skemapengambilalihan (tagihan) SC Pay, dimana penerima dapat mengajukan percepatanpembayaran SC Pay dengan rate diskonto yang kompetitif.

Benefit :

  • Pemantauan jangka waktu SC Pay (aging payable).
  • Meningkatkan kualitas account payable dan accountreceivable.
  • Meningkatkan trust antara entitas bisnis yang terlibat.

Persyaratan :

  • Telah terdaftar sebagai pengguna BNIDirect.
  • Menyetujui syarat dan ketentuan berikut skema harga yang ditentukan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

Other Services

BNI ECOSmart


Merupakan solusi yang khusus dirancang untuk membantu nasabahPerusahaan dalam melakukan aktivitas pengelolaan member untukberbagai ecosystem secara optimal, efektif, efisien yangdilengkapi dengan berbagai fitur unggulan.

BNI ECOSmart juga dapat menjadi solusi bagi Perusahaan dalammelakukan pengelolaan dan pembuatan tagihan, pelaporan dandashboard pembayaran, monitoring pembayaran serta penyampaianinformasi dan berita.

Dengan BNI ECOSmart implementasi akanlebih mudah dan cepat dengan adanya pilihan skema integrasi yangtelah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

BNI ECOSmart telah didukung dengan layanan BNI e-Collection (BNIVirtual Account) yang dirancang untuk membantu managementPerusahaan dalam mengelola aktivitas penerimaan dana(collection) secara optimal, serta untuk identifikasi pembayar.Selain itu didukung juga dengan layanan BNIDirect untukkemudahan pembayaran operasional tenant dan tersedia pulaDashboard untuk kemudahan pelaporan.

Fitur

  • Mobile Friendly
    Seluruh tagihan dengan mudah diakses melalui mobileAplikasi BNI ECOSmart baik melalui Aplikasi IOS dan Android,
  • Informasi Tagihan
    Tidak perlu khawatir dengan melewatkan tanggal jatuhtempo tagihan, BNI ECOSmart memiliki fitur informasi tagihanlengkap dari mulai unpaid, on process hingga historytagihan,
  • User Guide
    Aplikasi mobile BNI ECOSmart sangat mudah digunakankarena dilengkapi dengan user guide yang akan menambahexperience dalam menggunakannya.
  • Real time notification
    Konfirmasi pembayaran secara otomatis dan realtime,
  • Handling Complaint
    Nasabah dapat menggunakan fitur help untuk mengajukankeluhan/complaint serta melakukan tracking atas prosescomplaint tersebut.
  • Chat with the Owner
    Nasabah dapat menggunakan fitur chat di aplikas BNIECOSmart Mobile untuk bertanya dan memberikan saran kepadaManagement.

Keunggulan

  • Cepat dan Mudah
    Implementasi mudah dan cepat dengan beberapa pilihanskema integrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnisAnda.
  • Fleksibilitas Implementasi
    Dapat di implementasikan di berbagai ekosistem seperti :Apartment, Kondotel, Pasar, Keanggotaan, Kawasan Industri,dan lain-lain.
  • Komunikasi Dua Arah
    kemudahan dalam melakukan komunikasi dua arah antaraManajemen dan client.
  • Fleksibilitas Cara Pembayaran
    Kemudahan pembayaran tagihan oleh customer Anda diseluruh chanel Bank di Indonesia.
  • Dashboard, Report & Rekonsiliasi Realtime & Online
    Tersedia Dashboard bagi manajemen dan sistem reportingdan rekonsiliasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmanajemen dan dapat diakses secara real time online (akurat,cepat, dan tepat).

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946

BNI eduPATROL


BNI eduPATROL atau BNI educationparental control adalah solusi Pendidikan bagi sekolah dan orang tuadalam monitoring perkembangan Pendidikan anak dengan fitur-fituryang menyesuaikan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)yang diimplementasikan pada masa pandemic Covid-19.

  1. Wali Murid.
    1. Paket Gold.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
      • Media Pembelajaran.
      • Rapat Online.
    2. Paket Silver.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
  2. Wali Kelas.
    1. Paket Gold.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.
    2. Paket Silver.
      • Live Chat.
      • Presensi.
      • Pengumuman.
      • Pembayaran.

Manfaat BNI EduPATROL :

  1. Untuk Orang Tua/Wali Siswa :
    • Mudah mengawasi aktivitas anak.
    • Pembayaran pendidikan anak dapat dimana saja dankapan saja.
    • Pengajuan izin tidak masuk sekolah lebih praktis.
    • Mudah dalam mengakses informasi, pengumuman atauinfo kegiatan sekolah.
    • Notifikasi elektronik melalui aplikasi padasmartphone.
  2. Untuk Siswa :
    • Mudah dalam melakukan absensi.
    • Mudah dalam mengakses informasi, pengumuman atauinfo kegiatan sekolah.
    • Mudah dalam mengetahui nilai (hasil ujian) darisekolah.
  3. Untuk Sekolah :
    • Sistem administrasi yang rapi, terpusat danterintegrasi.
    • Mudah dalam memberikan informasi kepada pihak orangtua, terkait siswa atau aktivitas sekolah secaraonline.
    • Penerimaan pembayaran biaya pendidikan langsung kedalam rekening sekolah.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT) TransactionalBankin Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

BNI Smart Redi


BNI Smart Redi adalah Solusi BNI untuk dunia perdagangan dandistribusi barang retail untuk mempermudah proses pemesanan,pengiriman, serta pembayaran pembelian barang berbasis teknologidan otomasi.

Fitur Portal BNI Smart Redi :

  1. Melihat total nominal pembelian dan penjualan yang pernahdilakukan.
  2. Melakukan purchase order dan melihat stock real time.
  3. Melakukan verifikasi pengiriman barang dengan scan QR-Code.
  4. Menerima invoice dan nomor Virtual Account untuk melakukanpembayaran tagihan.
  5. Melihat historikal pembelian yang pernah dilakukan.

Manfaat :

  1. 24 x 7 realtime online.
  2. Pembayaran melalui semua channel Bank (BNI dan Non BNI) dannon perbankan (keagenan).
  3. Proses integrasi yang cepat dan fleksibel.
  4. Mengakomodir berbagai metode pembayaran.
  5. Online reporting dan dashboard monitoring.
  6. Rekonsiliasi online secara otomatis.
  7. Notifikasi elektronik atas tagihan dan pembayaran, bagipengguna jasa nasabah.
  8. Excellence customer service support.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Cabang terdekat atau Service Action Team (SAT) TransactionalBankin Services
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id

BNI API Corporate


BNI telah mempersiapkan Open Banking untuk menjawab disrupsi diera reformasi digital khususnya pada sektor perbankan.

Solusi BNI API Corporate yang diperuntukkan bagi NasabahKorporasi maupun Fintech, di mana nasabah dapat mengakseslayanan perbankan, terutama yang berkaitan dengan transaksionaldalam aplikasi keuangan yang dibangun secara mandiri olehmasing-masing Perusahaan dengan mengintegrasikan langsung denganAPI BNI. Melalui BNI API Corporate, Kerjasama B2B dapatdilakukan dengan mudah.

Terdapat tujuh jenis API yang dapat diintegrasi dengan nasabahkorporasi :

  1. BNI API One Gate Payment
    Adalah solusi integrasi BNI dengan nasabah korporasi,dimana nasabah korporasi dapat mengakses langsung layananperbankan melalui integrasi dengan aplikasi nasabahkorporasi antara lain layanan informasi saldo, informasirekening, pemindah bukuan, status transaksi dan info kurs.
  2. BNI API Peer to Peer (P2P) Lending
    Adalah solusi integrasi BNI dengan nasabah fintech,dimana BNI sebagai Partner Bank sebagai penyedia layananperbankan dalam rangka pembukaan rekening investor danpembayaran/penyaluran pinjam meminjam secara digital melaluisistem elektronik milik P2P Lending.
  3. BNI API Autopay
    Adalah fasilitas collection yang disediakan oleh BNIuntuk memfasilitasi pembayaran transaksi secara langsung(Direct Debit) pada situs dan/atau aplikasi Biller yangdilengkapi dengan system pengaturan limit transaksi, sertaOTP sebagai validasi registrasi dan transaksi.
  4. BNI API Payment VA
    Adalah fasilitas API yang dapat digunakan untukmelakukan pembayaran Virtual Account dan Top Up Wallet (OVO,DANA, Paytren, Netzme, Shopee Pay, dan lain-lain) Perusahaanyang telah bekerjasama dengan BNI Pada platform atau sistemyang dimiliki biller/client.
  5. BNI API Rekening Dana Fintek
    Adalah solusi untuk Perusahaan fintech yang terdaftar diOJK dalam pembukaan rekening secara digital untukmemfasilitasi transaksi pemindahbukuan denganmengintegrasikannya secara API.
  6. BNI API Rekening Dana Nasabah
    Adalah inovasi BNI dalam memberikan solusi untukPerusahaan sekuritas dalam pembukaan rekening secara digitaluntuk investor dan dapat memfasilitasi transaksipemindahbukuan dengan mengintegrasikannya secara API.
  7. BNI API VA Debit Cardless
    Merupakan layanan BNI Virtual Account Debit yang dapatditransaksikan melalui channel-channel BNI, antara lain ATMBNI dan Teller BNI, tanpa perlu menggunakan kartu debit danhanya perlu memiliki nomor Virtual Account. Saatbertransaksi, pemegang nomor Virtual Account akan menerimaSMS OTP sebagai validasi. Transaksi yang dapat dilakukanantara lain, cek saldo VA, tarik tunai, dan pemindahbukuanke BNI.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan biayalayanan dapat menghubungi kami di :

Service Action Team (SAT)
Telp : (021) 29946046
Fax : (021) 5728874
Email : tbs_sat@bni.co.id
Whatsapp : 085850001946